Fungsi search engine adalah penyedia berbagai informasi yang dibutuhkan oleh pengguna internet. Pengguna search engine dapat menemukan berbagai informasi dengan mengetikan keyword di bilah pencarian. Setelah itu, search engine menampilkan hasil pencarian sesuai dengan apa yang Anda cari.

Search engine seperti Google akan menampilkan hasil pencarian yang paling relevan di halaman pertama sehingga pengguna dapat menemukan informasi yang benar-benar mereka butuhkan. Jika Anda masih bertanya-tanya tentang fungsi search engine atau mesin pencari, mari simak penjelasan  kami di bawah ini.

Apa Itu Search Engine?

Search Engine adalah program perangkat lunak yang membantu orang menemukan informasi yang mereka cari secara online menggunakan kata kunci atau frasa. Search engine dapat memberikan hasil dengan cepat, bahkan dengan jutaan situs web yang ada di Internet. Mereka terus menerus mengindeks setiap halaman yang mereka temukan.

Mesin pencari adalah portal ke miliaran halaman web yang tersedia atas permintaan pengguna atau penanya. Pengguna membuat permintaan dengan memasukkan kata kunci tertentu ke mesin pencari tempat portal menghasilkan hasil sesuai dengan permintaan.

Perayap web adalah program produk apa pun yang memindai tujuan berdasarkan kata kunci yang dimasukkan pengguna di mesin pencari. Indeks web adalah stasiun kerja internet, mengembalikan miliaran reaksi ke miliaran pertanyaan secara konsisten, dengan perayap web sebenarnya adalah Google, Yahoo, dan Bing.

*Baca Juga: Tujuan Utama Search Engine Optimization (SEO)

Mesin Pencari membantu pengguna mencari informasi di internet menggunakan kata kunci. Saat pengguna memasukkan istilah pencarian, mesin pencari akan memunculkan hasil pencarian dengan memperlihatkan judul halaman situs web dan meta deskripsi.

Perlu Anda ingat, bahwa search engine tidak hanya Google saja, namun ada banyak jenis mesin pencari lainnya di dunia yang juga memiliki banyak penggunanya. Dan setiap mesin pencari memiliki algoritmanya masing-masing, sehingga peringkat website akan berbeda-beda di setiap mesin pencari.

Apa Fungsi Search Engine?

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa search engine adalah alat pencarian yang dapat memunculkan informasi setelah Anda mengetikan kata kunci atau frasa tertentu. Nah untuk lebih detailnya, berikut fungsi search engine secara umum:

1. Sarana untuk Mencari Informasi

Search engine merupakan tempat, media atau sarana bagi pengguna internet untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Search engine menyediakan beragam informasi di seluruh  dunia dan dapat diakses dengan sangat mudah oleh penggunanya.

2. Efektif untuk Browsing

Hampir semua informasi dapat ditemukan di mesin pencari. Selain itu mesin pencari menyajikan informasi paling relevan di halaman pertama hasil pencarian. Mesin pencari melakukan berbagai proses untuk dan memilih konten  paling relevan dari ribuan  konten yang terindeks.

3. Bahasa Pencarian yang Lengkap

Mesin pencari seperti Google digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia, itu mengapa Google menyajikan informasi-informasi sesuai dengan Bahasa yang digunakan untuk pencarian. Tidak hanya Google, namun semua mesin pencari memiliki  bahasa pencarian yang lengkap.

4. Sumber Penghasilan

Apakah Anda percaya bahwa search engine juga berfungsi sebagai sumber penghasilan? Ada jutaan pencarian produk dan layanan setiap hari melalui mesin pencari.  Dan jika bisnis Anda tampil di halaman depan di hasil pencarian audiens target Anda, maka kemungkinan mereka mengunjungi situs web Anda dan melakukan tindakan lebih lanjut seperti mengkonversi misalnya.

Cara Kerja Search Engine

Search engine selalu merubah algoritma mereka, ini bertujuan supaya hasil yang disajikan benar-benar relevan dengan pencarian penggunanya. Algoritma adalah program yang memberi peringkat situs web  sekaligus untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Mereka bertujuan untuk memahami bagaimana pengguna mencari dan memberi pengguna jawaban terbaik untuk permintaan pengguna. Ini berarti mengutamakan kualitas tertinggi dan halaman yang paling relevan. Berikut cara kerja search engine:

  • Perayapan – Mesin pencari menggunakan program yang disebut spider bot atau perayap untuk menjelajahi internet. Mereka melakukan ini setiap beberapa hari, sehingga konten mungkin sudah kadaluwarsa hingga bot merayapi situs web Anda lagi.
  • Pengindeksan – Mesin pencari akan mencoba memahami dan mengkategorikan konten pada halaman web melalui “kata kunci”. Mengikuti praktik terbaik SEO akan membantu mesin pencari memahami konten Anda sehingga Anda dapat menentukan peringkat untuk permintaan pencarian yang tepat.
  • Peringkat – Hasil pencarian diberi peringkat berdasarkan banyak faktor. Mungkin termasuk kepadatan kata kunci, kecepatan web, teks, gambar, meta deskripsi dan link. Tujuan mesin pencari adalah menampilkan hasil pencarian yang paling relevan.

Untuk pertama-tama, mesin pencari akan mengumpulkan berbagai informasi melalui proses yang dikenal sebagai “perayapan”. ” Perayap web”, perangkat lunak yang dirancang oleh mesin pencari untuk memeriksa URL secara metodis. Perayap ini mengambil informasi dari ratusan miliar situs web, menilai aspek situs web, seperti kode backend dan salinan yang dibaca pengunjung saat mereka membuka laman website.

Setelah informasi di indeks, pengguna dapat mencari melalui indeks tersebut dengan mengetik kueri di bilah pencarian. Pencarian ini memicu algoritma rumit yang menyaring indeks masif untuk menemukan hasil yang paling relevan.

*Baca Juga: Membuat Website Cepat Terindex di Mesin Pencari

Saat Anda mengirimkan kueri, algoritma secara bersamaan menilai arti kueri Anda, relevansi halaman web yang di indeks, kualitas konten pada halaman web tersebut, fungsionalitas halaman web tersebut, dan konteks pencarian Anda.

Algoritma Search Engine adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebutkan prosedur untuk pemrosesan data, penghitungan, dan penalaran otomatis.

Meskipun sebagian besar search engine akan memberikan tips tentang cara meningkatkan peringkat tinggi di hasil pencarian, algoritma yang digunakan dijaga dengan baik dan sering diubah untuk menghindari penyalahgunaan. Namun dengan mengikuti praktik terbaik search engine optimization  (SEO), Anda dapat memastikan bahwa:

  • Mesin pencari dapat dengan mudah merayapi situs web Anda. Anda juga dapat meminta mereka untuk merayapi konten baru.
  • Konten Anda di indeks untuk kata kunci yang tepat sehingga dapat muncul untuk pencarian yang relevan.
  • Konten Anda dapat mendapat peringkat tinggi di SERP.
  • Menghasilkan lebih banyak traffic

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui fungsi search engine yang sesungguhnya. Jika Anda ingin memanfaatkan mesin pencari untuk menjadi sumber penghasilan, Anda bisa konsultasi kepada Toprank Indonesia. Kami adalah layanan jasa SEO terbaik untuk meranking kata kunci dan website Anda agar berada di Halaman pertama Google.

Published On: January 13th, 2023 / Categories: SEO News / Tags: , /