Segini Gaji Digital Marketing Pemula, Anda Tertarik?

Dedi

gaji digital marketing pemula

Penasaran dengan gaji digital marketing pemula? Gaji yang ditawarkan dalam bidang digital marketing tergolong cukup besar. Ini mencerminkan permintaan yang tinggi akan individu yang memiliki keahlian khusus dalam meningkatkan kesuksesan perusahaan melalui dunia digital yang terus berkembang.

Dengan pertumbuhan teknologi yang pesat dan kebutuhan bisnis untuk memanfaatkan potensi online, maka peran digital marketing menjadi semakin penting. Dengan demikian, bagi orang-orang yang memiliki minat dan kompetensi di bidang ini. Digital marketing tidak hanya menawarkan karir yang menarik, tetapi juga peluang finansial yang menggiurkan.

Ruang Lingkup Kerja Digital Marketing

Sebelum menjelajahi lebih dalam mengenai gaji digital marketing pemula, penting untuk memahami peran utama yang dimainkan oleh para praktisi di bidang ini. Tugas seorang digital marketer mencakup beragam tanggung jawab.

Yaitu mulai dari melakukan penelitian tentang target pasar, merancang konten pemasaran, menganalisis kampanye iklan, mengoptimalkan situs web, dan tugas-tugas lainnya. Dari uraian ini, dapat diperoleh pemahaman bahwa keberadaan digital marketing memiliki peran krusial dalam memasarkan produk atau jasa.

Dengan memanfaatkan digital marketing, kegiatan pemasaran dapat menjadi lebih efektif, tepat sasaran, dan tentunya lebih cepat. Pendekatan ini jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan mengandalkan strategi pemasaran konvensional.

Sejalan dengan perkembangan zaman, dapat diprediksi bahwa profesi di bidang digital marketing akan semakin menjadi kebutuhan utama bagi perusahaan dalam beberapa tahun ke depan. Berikut ruang lingkup kerja di bidang digital marketing:

1. Search Engine Optimization (SEO)

Menyusun strategi untuk membentuk brand awareness melalui konten-konten yang terdapat di situs web. Tugas seorang pemasar digital melibatkan penelitian kata kunci, optimalisasi kinerja situs web, dan pembuatan konten yang relevan untuk audiens.

2. Content Marketing

Menyusun konten berkualitas dan menarik untuk konsumen dan target pasar merupakan tugas digital marketing. Konten-konten ini akan muncul di berbagai platform seperti media sosial, website email marketing, iklan, dan lainnya.

3. Social Media Marketing (SMM)

Mengelola pemasaran melalui media sosial, yang merupakan ranah krusial dalam pemasaran digital. Sebagian besar konsumen saat ini sangat akrab dengan berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok. Twitter dan YouTube.

4. Online Ads

Selain pemasaran melalui media sosial, seorang pemasar digital juga memiliki keahlian dalam mengelola kampanye iklan daring di berbagai saluran media sosial. Tujuan dari iklan daring ini adalah untuk mencapai konsumen dengan target yang lebih tepat.

Baca Juga: Tugas Digital Marketing dan Penjelasan Lengkapnya

Gaji Digital Marketing Pemula

Menurut data dari Indeed, gaji rata-rata digital marketer berkisar antara 5 hingga 6 juta rupiah per bulan. Angka ini umumnya berlaku untuk pemula, namun dapat bervariasi tergantung pada kebijakan perusahaan, tipe pekerjaan, dan Upah Minimum Regional (UMR) di daerah setempat.

Dibawah ini adalah estimasi gaji digital marketer berdasarkan jenis pekerjaan. Silakan tinjau untuk mengetahui sektor yang mungkin sesuai dengan minat Anda:

1. Content Strategist

Jika Anda tertarik dalam dunia kreasi berbagai jenis konten, maka pekerjaan sebagai content strategist mungkin sesuai untuk Anda. Seorang content strategist bertanggung jawab untuk merancang konsep atau ide konten yang sesuai dengan pasar target perusahaan.

Bagi pemula (tingkat staf), gaji dalam bidang pemasaran digital untuk posisi ini berkisar antara 5-6 juta rupiah per bulan. Besaran gaji ini umumnya disesuaikan dengan Upah Minimum Regional (UMR) di setiap daerah.

2. SEO Specialist

Seorang SEO specialist memiliki tanggung jawab untuk mengoptimalkan situs web agar muncul di halaman pertama hasil pencarian, memudahkan konsumen dalam menemukannya. Dapat dilihat bahwa peran SEO specialist sangat penting dalam pemasaran digital.

Gaji seorang spesialis SEO biasanya berada dalam kisaran 7-9 juta rupiah. Namun, besaran gaji ini juga tergantung pada pengalaman kerja dan jenis perusahaan tempat bekerja.

3. E-commerce Specialist

Seorang e-commerce specialist memiliki tugas utama dalam menciptakan konten yang sesuai dengan target pasar. Tanggung jawabnya melibatkan berbagai platform, termasuk marketplace, situs web, email marketing, dan lainnya.

Gaji rata-rata untuk pemula di bidang pemasaran digital ini adalah sekitar 6 juta rupiah. Seiring dengan bertambahnya pengalaman kerja, potensi kenaikan gaji dapat mencapai 8 juta rupiah.

4. Social Media Manager

Seorang social media manager bertanggung jawab atas perencanaan pemasaran yang akan diimplementasikan di berbagai platform media sosial. Tugasnya mencakup riset konten, perencanaan konten, penjadwalan, hingga pembuatan laporan media sosial.

Meskipun posisi social media manager umumnya ditempatkan pada level senior, peluang ini juga terbuka bagi lulusan baru. Gaji yang ditawarkan oleh perusahaan biasanya bergantung pada pengalaman kerja dan portofolio. Rentang gaji untuk social media manager berkisar antara 10 hingga 12 juta rupiah.

5. Content Marketing Manager

Posisi ini juga termasuk dalam kategori senior. Seorang content marketing manager memiliki tanggung jawab terhadap seluruh proses pemasaran melalui berbagai saluran. Ini mencakup media sosial, situs web, e-commerce, hingga iklan.

Dikarenakan tugasnya yang melibatkan pengawasan terhadap semua aspek konten dalam pemasaran digital, gaji seorang content marketing manager cenderung cukup besar, berkisar antara 11 hingga 13 juta rupiah.

6. Digital Marketing Analyst

Seorang digital marketing analyst biasanya terlibat dalam tugas-tugas analisis, seperti mengukur tren pemasaran, menganalisis pesaing, dan mengumpulkan data. Informasi yang dihasilkan dari analisis tersebut menjadi dasar pertimbangan dalam pelaksanaan rencana pemasaran secara daring.

Dengan tanggung jawab tersebut, seorang digital marketing analyst dapat menghasilkan gaji mulai dari 10 juta per bulan. Besaran gaji ini dapat meningkat seiring dengan pengalaman kerja yang terkumpul.

Baca Juga: Daftar Digital Marketing Agency Terbaik di Indonesia

Gaji Digital Marketing Berdasarkan Industri

Gaji digital marketing pemula sangat dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk industri, lokasi, dan tingkat pengalaman kerja. Sebagai contoh, gaji seorang profesional digital marketing di industri fashion dapat berbeda dengan rekan seprofesi di sektor teknologi. Selain itu, perbedaan gaji juga dapat terlihat antara kota besar seperti Jakarta dan kota kecil.

Berikut ini besaran gaji digital marketing pemula berdasarkan industry:

1. Industri E-commerce

Di era digital saat ini, industri e-commerce terus mengalami perkembangan pesat dan memerlukan kehadiran para ahli digital marketing untuk efektif memasarkan produk mereka. Berdasarkan informasi dari Jobs.id, gaji rata-rata bagi pemula dalam bidang digital marketing di industri e-commerce mencapai sekitar 5 juta rupiah per bulan.

2. Industri Teknologi

Industri teknologi menjadi salah satu sektor yang sedang booming di era digital ini. Gaji digital marketing pemula dalam industri teknologi cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan sektor lainnya. Menurut data yang diperoleh dari Qerja, rata-rata gaji digital marketing pemula di industri teknologi berkisar antara 5 juta hingga 7 juta rupiah per bulan.

3. Industri Kreatif

Industri kreatif, termasuk bidang advertising, public relations, dan branding, juga membutuhkan kehadiran tenaga ahli digital marketing. Berdasarkan data dari Jobplanet, gaji rata-rata digital marketing pemula di industri kreatif mencapai sekitar 5 juta rupiah per bulan.

Selain dari faktor industri, lokasi juga turut mempengaruhi tingkat gaji bagi para pemula dalam bidang digital marketing. Kota-kota metropolitan seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya cenderung menawarkan kisaran gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan kota-kota kecil.

Berdasarkan data dari Salary Explorer, rata-rata gaji digital marketing pemula di Jakarta mencapai sekitar 6,8 juta rupiah per bulan. Sementara di Bandung dan Surabaya berkisar sekitar 4,5 juta rupiah per bulan. Perlu diingat bahwa angka-angka ini bersifat relatif dan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Selain itu, tingkat pengalaman kerja juga memainkan peran penting dalam menentukan besaran gaji digital marketing. Semakin lama seseorang berkarir di bidang ini, semakin tinggi pula tingkat gajinya. Sebagai pemula, gaji awal biasanya berada dalam kisaran Rp4 juta hingga Rp5 juta per bulan.

Penting untuk dicatat bahwa seseorang dengan pengalaman kerja yang lebih panjang dalam industri digital marketing cenderung mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan rekan seprofesinya yang baru memulai karir.

Penutup

Menggunakan jasa digital marketing agency Jakarta dapat menjadi alternatif efisien daripada mempekerjakan seorang pemasar digital pemula. Dengan berkolaborasi dengan Toprank Indonesia, Anda dapat menghemat biaya gaji yang tinggi dan menghindari proses pelatihan yang intensif.

Toprank Indonesia menyediakan berbagai layanan digital marketing yang dapat membantu Anda dalam menjangkau dan mendapatkan pelanggan secara online. Anda bisa menggunakan jasa SEO Jakarta Toprank untuk meningkatkan ranking dan traffic website.

Anda juga bisa menggunakan jasa Google Ads kami untuk mengiklankan produk atau layanan Anda di hasil pencarian Google. Anda juga bisa menggunakan jasa web design, jika ingin memiliki situs web yang profesional. Selain itu, masih ada banyak layanan digital marketing kami lainnya.

Anda bisa langsung menghubungi jasa SEO agency kami untuk mengoptimalkan situs web Anda. Toprank Indonesia siap melayani Anda dengan senang hati, Anda bisa berkonsultasi kepada kami kapan saja.Tim kami akan membantu Anda dalam permasalah digital marketing.

Published On: Desember 18th, 2023 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!