Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing?

Dedi

kelebihan dan kekurangan digital marketing

Kelebihan dan kekurangan digital marketing harus Anda ketahui jika ingin menerapkannya pada strategi pemasaran bisnis Anda. Perkembangan teknologi dan internet yang pesat saat ini membuka peluang bagi berbagai jenis bisnis untuk menghasilkan pendapatan. Dengan dukungan teknologi dan media sosial, setiap orang memiliki kemampuan untuk menjual produk atau layanan kepada siapa saja dan dari mana saja.

Semua ini menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan tren digital marketing yang terus berkembang. Dengan demikian, bisnis saat ini memiliki peluang lebih besar untuk mencapai pasar yang lebih luas. Serta meningkatkan potensi keberhasilannya melalui eksploitasi kemajuan teknologi dan internet. Namun, sebelum Anda melakukannya, pastikan Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan digital marketing.

Kelebihan Digital Marketing

Apabila Anda ingin memasarkan produk maupun layanan Anda melalui digital marketing. Penting untuk memahami dengan baik kelebihan dan kekurangan dari digital marketing. Hal ini karena sebagai seorang pebisnis, setiap strategi pemasaran harus disusun berdasarkan data dan penelitian, bukan hanya mengikuti trend semata.

Lalu apa sajakah kelebihan dan kekurangan dari digital marketing? Mari ketahui kelebihan digital marketing terlebih dahulu:

1. Penghematan Biaya

Keuntungan pertama dalam menerapkan strategi digital marketing adalah penghematan biaya. Dengan menggunakan platform digital, Anda tidak perlu mengalokasikan anggaran besar untuk pelaksanaannya. Bahkan, beberapa platform menyediakan opsi gratis untuk menjalankan strategi pemasaran digital.

Bahkan, efisiensi biaya dari digital marketing dapat mencapai 50-75%. Dengan demikian, hasil yang diperoleh tetap memuaskan dan sebanding. Dibandingkan dengan metode pemasaran konvensional, biaya yang dikeluarkan dalam strategi digital marketing relatif lebih terjangkau.

2. Jangkauan Global

Kelebihan strategi digital marketing tidak hanya terletak pada efisiensi biaya, tetapi juga pada jangkauan yang sangat luas. Dengan biaya yang terbatas, Anda dapat memasarkan produk tidak hanya di berbagai wilayah Indonesia, tetapi juga memiliki potensi menjangkau pasar internasional.

Jangkauan global memberikan peluang untuk meraih pendapatan lebih besar. Terutama jika produk yang Anda tawarkan memiliki kualitas unggul dan dibutuhkan oleh pelanggan di berbagai lokasi. Dengan digital marketing, Anda tetap menjangkau pelanggan lokal dan juga pelanggan luar kota bahkan mancanegara.

3. Penjangkauan Segmen Konsumen yang Simultan

Strategi pemasaran digital memungkinkan penerapan yang simultan untuk mencapai beberapa segmen konsumen sekaligus. Dengan menyesuaikan parameter demografis dari setiap segmen, strategi ini dapat berjalan lebih optimal, terutama jika Anda telah memiliki pemahaman yang jelas terkait dengan buyer persona.

4. Pelaksanaan Cepat yang Luar Biasa

Menurut data dari Statistic Brain, rata-rata perhatian seseorang saat berselancar di internet hanya sekitar 8,25 detik. Sementara itu, strategi pemasaran digital memungkinkan Anda menarik perhatian pengguna internet dalam waktu yang sangat singkat.

Oleh karena itu, penting untuk melengkapi strategi pemasaran digital dengan kemampuan copywriting yang handal guna menciptakan konten yang mampu memikat audiens dalam waktu singkat.

5. Efektivitas Luas dalam Menjangkau Konsumen

Pemasaran digital tidak hanya membantu mencapai konsumen secara menyeluruh. Namun juga memberikan efektivitas pemasaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pemasaran konvensional. Hal ini disebabkan oleh kemampuan untuk menjangkau langsung pihak yang berperan sebagai pengambil keputusan.

6. Meningkatkan Keterlibatan Brand

Dua faktor utama yang mempengaruhi proses transaksi bisnis adalah kemampuan bisnis dalam menyelesaikan masalah konsumen dan kedekatan hubungan antara pebisnis dan konsumen. Strategi pemasaran digital adalah langkah untuk mendekatkan bisnis Anda dengan konsumen.

Melalui berbagai interaksi yang bisnis Anda lakukan, konsumen akan membentuk pandangan positif terhadap brand Anda. Jika citra positif ini didukung oleh kualitas produk dan layanan yang unggul. Maka bisnis Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam meningkatkan volume transaksi penjualan.

7. Meningkatkan Loyalitas Brand

Hal yang tak kalah pentingnya adalah bahwa melalui strategi pemasaran digital, Anda dapat meningkatkan loyalitas terhadap brand. Kesetiaan terhadap brand memiliki peran penting dalam mendorong konsumen untuk melakukan transaksi kembali atau melakukan pemesanan berulang. Semakin tinggi tingkat kesetiaan terhadap brand, bisnis Anda akan menjadi lebih stabil.

Baca Juga: Cara Kerja Digital Marketing dan Manfaatnya

Kekurangan Digital Marketing

Setelah Anda mengetahui kelebihan digital marketing. penting juga untuk memahami beberapa aspek yang menjadi kelemahan dari strategi digital marketing. Terdapat enam kekurangan utama yang perlu diwaspadai, antara lain:

1. Memerlukan Waktu yang Lama

Meskipun penerapan strategi marketing memungkinkan Anda untuk menjalankan aktivitas pemasaran dengan cepat, namun hasilnya tidak dapat dirasakan secara instan. Hal ini juga berlaku dalam pembuatan konten pemasaran yang membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, penting untuk mengalokasikan waktu yang cukup besar sebagai bagian dari investasi yang diperlukan. Fakta ini terungkap dalam hasil riset yang dilakukan oleh Social Media Today, yang menyatakan bahwa seorang digital marketer rata-rata menghabiskan sekitar 6 jam per hari. Bahkan, 1 dari 3 praktisi digital marketing mengalokasikan waktu online lebih dari 11 jam per hari.

2. Berpotensi Memicu Respon Negatif

Kemampuan digital marketing dalam menjangkau audiens secara luas dapat menjadi kelebihan dan kelemahan. Kelemahan ini terletak pada risiko respons negatif yang dapat muncul dari pengguna internet. Jangkauan yang luas bisa membuat pesan merek Anda dianggap salah oleh sebagian orang.

Di samping itu, fenomena trolling di internet dapat menjadi pemicu respons negatif dari warganet. Oleh karena itu, melakukan antisipasi terhadap kemungkinan tersebut menjadi suatu keharusan.

3. Terkadang Susah Dikontrol

Memprediksi hasil dari strategi digital marketing bisa menjadi tugas yang sulit. Kadang-kadang, konten pemasaran bisa menjadi viral, namun tidak bisa dipastikan bahwa seluruh kampanye pemasaran akan berjalan sesuai rencana.

4. Kesulitan dalam Menghitung ROI

Meskipun ada berbagai alat pengukur keberhasilan yang tersedia di internet, tidak semua dapat memberikan laporan yang dapat diandalkan. Selain itu, memahami laporan tersebut memerlukan pemahaman yang mendalam. Ini penting agar Anda dapat mengidentifikasi return of investment (ROI) dengan akurat.

5. Rentan Ditiru dan Mudah Disalin

Strategi digital marketing cenderung dapat dengan mudah dijiplak oleh pesaing bisnis. Terlebih lagi, kemungkinan besar pihak yang meniru strategi pemasaran digital Anda adalah pesaing langsung. Dampaknya, penjualan produk Anda dapat mengalami penurunan yang signifikan.

6. Persaingan yang Ketat

Dalam era ini, digital marketing menjadi pilihan utama bagi jutaan bisnis untuk menjalankan operasional mereka. Selain menghasilkan produk berkualitas tinggi, kreativitas dalam membuat iklan dan promosi menjadi kunci sukses.

Meskipun persaingan sangat ketat, tantangan ini dapat dianggap sebagai peluang dan tantangan sekaligus. Di tengah persaingan sengit, kemampuan untuk menonjolkan nilai yang ditawarkan oleh perusahaan dan membedakan diri dari pesaing sangat krusial.

7. Banyak Bergantung Pada Teknologi

Pergeseran dari metode konvensional ke digital memerlukan penggunaan berbagai aplikasi untuk menciptakan iklan yang efektif hingga melakukan analisis hasil kampanye. Ini berarti profesi ini menuntut Anda untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang cepat.

Penting untuk diingat bahwa setiap aplikasi dan teknologi memiliki fitur dan teknik yang berbeda, yang memerlukan pemahaman mendalam. Selain itu, pemahaman ekspektasi prospek juga krusial, mengingat perbedaan antara presentasi visual di layar dengan realitas.

Seperti warna produk yang dapat dipengaruhi oleh pencahayaan, proses editing, dan faktor lainnya. Maka dari itu, menjaga ekspektasi prospek menjadi bagian integral dalam menyajikan pengalaman yang memuaskan bagi konsumen.

8. Membutuhkan Pengalaman dan Keahlian

Pemasaran digital merupakan strategi yang memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi. Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, melibatkan berbagai aplikasi dan teknologi yang memerlukan kemampuan dan pengalaman khusus agar dapat dimanfaatkan secara efektif.

Proses pelaksanaan pemasaran digital juga tidak dapat dijalankan dengan cepat, terutama bagi mereka yang baru terjun ke dalamnya. Secara faktual, pemasaran digital merupakan suatu proses yang berlangsung secara berkelanjutan. Dan juga menyesuaikan diri dengan tahapan yang dialami oleh perusahaan.

Baca Juga: Daftar Digital Marketing Agency Terbaik di Indonesia

Penutup

Nah itulah penjelasan kelebihan dan kekurangan digital marketing. Dengan memperhatikan beberapa aspek tersebut, penerapan strategi pemasaran digital dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi para pebisnis. Terutama jika dilakukan dengan perhitungan yang matang.

Untuk meningkatkan visibilitas dan meraih kesuksesan dalam dunia bisnis melalui strategi pemasaran digital. Pilihan yang tepat adalah mengandalkan keahlian dan pengalaman dari jasa digital marketing agency Jakarta, seperti Toprank Indonesia.

Dengan menyajikan berbagai layanan digital marketing yang komprehensif, Toprank Indonesia memberikan solusi terbaik untuk memperkuat citra dan meningkatkan kehadiran online bisnis Anda. Tim profesional kami tidak hanya menguasai tren terbaru dalam dunia digital, tetapi juga berdedikasi untuk merancang strategi pemasaran yang efektif.

Mulai dari SEO (Search Engine Optimization), manajemen media sosial, hingga kampanye iklan. Dengan bekerja sama Jasa SEO Jakarta Toprank, Anda bukan hanya mendapatkan layanan terbaik, tetapi juga mitra strategis yang akan membantu bisnis Anda tumbuh dan bersaing secara efektif di pasar digital yang semakin kompetitif.

Anda dapat menggunakan SEO agency kami untuk meningkatkan ranking dan traffic website Anda. Atau Anda juga bisa menggunakan jasa Google Ads kami untuk mendatangkan pelanggan potensial dengan waktu yang lebih cepat. Bahkan Anda bisa menggunakan jasa manajemen media sosial kami untuk mempromosikan bisnis Anda di media sosial.

Published On: Desember 19th, 2023 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!