Lazy Load: Pengertian, Manfaat dan Cara Menerapkannya

admin

Lazy Load Pengertian, Manfaat dan Cara Menerapkannya

Lazy load adalah teknik yang memungkinkan konten website seperti gambar, video, dan elemen visual lainnya untuk dimuat hanya ketika diperlukan oleh pengguna. Dalam hal ini, ketika pengunjung membuka halaman website, hanya konten penting seperti teks dan elemen dasar lainnya yang dimuat. Sementara gambar yang besar dan memerlukan waktu pemuatan yang lama akan dimuat secara perlahan ketika pengguna scroll ke bawah.

Teknik ini membuat website lebih cepat dimuat dan pengunjung tidak harus menunggu terlalu lama untuk melihat konten website secara keseluruhan. Dengan meminimalkan beban loading, website juga akan menjadi lebih SEO friendly dan mengurangi kemungkinan bounce rate. Dalam penggunaannya, lazy load dapat diterapkan dengan menggunakan plugin khusus atau coding script yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan website.

Apa itu Lazy Load?

Lazy loading adalah sebuah teknik yang sangat efektif dalam meningkatkan kinerja sebuah situs web. Teknik ini mengatur loading gambar dan video di halaman situs dengan menunda prosesnya hingga saat diperlukan.

Sehingga meminimalkan beban awal yang harus dibawa oleh pengguna saat mengakses situs tersebut. Dengan menerapkan teknik lazy loading, situs web dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih cepat dan lebih responsive.

Dan dapat mengurangi waktu pemuatan halaman serta menghemat penggunaan bandwidth. Teknik ini sangat bermanfaat terutama di era dimana konten visual seperti gambar dan video semakin dominan dalam pengalaman web.

Dengan menggunakan teknik ini, website dapat mempercepat waktu muat halaman dan mengurangi beban server. Ini karena tidak semua konten atau gambar dimuat sekaligus pada saat awal pembukaan halaman website. Dengan demikian, pengguna juga dapat menghemat kuota internet dan mengalami pengalaman penggunaan website yang lebih lancar dan cepat.

Penerapan lazy loading dapat sangat bergantung pada teknologi dan alat yang Anda gunakan untuk mengembangkan situs web atau aplikasi. Namun, tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kinerja dan pengalaman pengguna dengan memuat sumber daya secara cerdas hanya saat diperlukan.

Baca juga: Apa itu UX Writer?

Manfaat Lazy Load

Manfaat dari penggunaan teknik lazy loading dalam pengembangan web dan aplikasi sangat bervariasi. Dan ini dapat berdampak positif pada kinerja, pengalaman pengguna, dan efisiensi sumber daya. Berikut beberapa manfaat utama dari lazy loading:

1. Peningkatan Kecepatan Halaman

Lazy loading memungkinkan halaman web atau aplikasi untuk dimuat lebih cepat. Ini karena hanya sumber daya yang diperlukan pada saat itu yang dimuat, mengurangi beban awal pada waktu pemuatan halaman. Pengguna dapat melihat dan berinteraksi dengan konten yang relevan lebih cepat.

2. Pengurangan Beban Server

Dengan hanya memuat sumber daya yang diperlukan, server menghemat bandwidth dan daya pemrosesan. Ini dapat mengurangi biaya operasional dan memungkinkan server menangani lebih banyak permintaan dari pengguna.

3. Penghematan Bandwidth Pengguna

Pengguna dengan koneksi internet yang lambat atau kuota terbatas akan mendapatkan manfaat dari lazy loading. Mereka hanya akan mengunduh sumber daya saat benar-benar diperlukan, menghemat bandwidth mereka dan memastikan pengalaman yang lebih baik.

4. Pengalaman Pengguna yang Lebih Responsif

Lazy loading memungkinkan pengguna untuk mulai berinteraksi dengan halaman lebih cepat, bahkan jika seluruh halaman belum selesai dimuat. Ini membuat pengalaman pengguna terasa lebih responsif dan meminimalkan waktu menunggu.

5. Efisiensi Sumber Daya

Dengan menunda pemuatan elemen-elemen yang tidak langsung terlihat oleh pengguna. Lazy loading membantu mengoptimalkan penggunaan sumber daya, seperti memori dan CPU, yang dapat digunakan untuk tugas-tugas lain.

6. Penyesuaian dengan Berbagai Perangkat

Dalam konteks responsive web design, lazy loading memungkinkan sumber daya yang sesuai dengan perangkat pengguna dimuat. Sehingga tidak perlu memuat gambar beresolusi tinggi pada perangkat seluler yang memiliki layar kecil, misalnya.

7. Peningkatan SEO

Meskipun ini bukan manfaat langsung. Namun lazy loading dapat membantu SEO dengan mengurangi waktu pemuatan halaman, yang merupakan faktor penting dalam peringkat mesin pencari. Mesin pencari seperti Google mempertimbangkan kecepatan dalam memberikan ranking.

8. Pengurangan Overhead pada Jaringan

Pengurangan permintaan sumber daya yang tidak diperlukan pada awalnya dapat mengurangi overhead pada jaringan, yang merupakan faktor penting dalam situasi dengan koneksi yang tidak stabil. Dengan demikian, lazy loading adalah teknik yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi situs web atau aplikasi, serta meningkatkan pengalaman pengguna.

Baca juga: Kisaran Biaya SEO Website yang Wajib Anda Ketahui

Cara Menerapkan Lazy Loading pada Situs Web

Menerapkan lazy loading pada sebuah situs web melibatkan beberapa langkah teknis. Dan metode yang Anda gunakan akan tergantung pada jenis sumber daya yang ingin Anda muat. Berikut adalah beberapa langkah umum untuk menerapkan lazy loading pada website:

  1. Untuk menggunakan teknik Lazy Load secara mudah, Anda dapat menggunakan plugin Lazy Load yang tersedia di platform seperti WordPress dan Drupal.
  2. Anda dapat menggunakan beberapa script JavaScript seperti jQuery Lazy dan Unveil.js. Namun, cara ini memerlukan sedikit pengetahuan tentang bahasa pemrograman.
  3. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan teknik CSS seperti background-image dan data URI untuk mengimplementasikan Lazy Load pada gambar.
  4. Anda dapat menerapkan Lazy Load dapat dilakukan dengan cara memuat frame kosong pada awalnya dan kemudian memuat frame konten dengan waktu tertunda.
  5. Anda juga bisa menerapkan Lazy Load pada konten dengan mengatur nilai “display” menjadi “none” menggunakan CSS dan kemudian, saat menjangkau viewport tertentu, dapat mengubah nilai “display” menjadi “block”.

Dalam menerapkan teknik Lazy Load, perlu diperhatikan bahwa agar tidak mengganggu pengalaman penggunaan website. Halaman yang dimuat secara Lazy Load harus tetap terlihat responsif dan mudah diakses.

Inilah Plugin Lazy Load WordPress Terbaik

Untuk menerapkan lazy loading pada situs web berbasis WordPress, Anda dapat menggunakan berbagai plugin yang dirancang khusus untuk tujuan ini. Berikut adalah beberapa plugin lazy load WordPress terbaik yang bisa Anda pertimbangkan:

1. WP Rocket

WP Rocket adalah salah satu plugin cache populer untuk WordPress, dan itu juga mencakup fitur lazy loading. Ini adalah solusi all-in-one yang mudah digunakan dan dapat membantu mempercepat situs WordPress Anda dengan cara yang aman dan efisien.

2. WP Smush

WP Smush adalah plugin optimasi gambar yang memungkinkan Anda untuk mengompres dan mengoptimalkan gambar Anda. Fitur lazy loading juga termasuk dalam plugin ini, sehingga Anda dapat mengurangi waktu pemuatan halaman dengan mudah.

3. BJ Lazy Load

Plugin ini menawarkan opsi sederhana untuk mengaktifkan lazy loading untuk gambar, iframe, dan gambar latar belakang. Ini adalah solusi yang ringan dan dapat dikonfigurasi dengan mudah. Anda dapat memilih plugin ini untuk membantu Anda mempercepat loading konten website Anda.

4. a3 Lazy Load

A3 Lazy Load juga merupakan salah satu plugin Lazy Load terbaik yang dapat digunakan untuk mempercepat waktu muat halaman. Plugin ini juga memiliki fitur tambahan seperti mengoptimalkan gambar, memperbaiki cache website, dan lain-lain.

5. Lazy Load for Videos

Jika Anda memiliki banyak video di situs web Anda, Lazy Load for Videos adalah plugin yang berguna. Ini memungkinkan video untuk dimuat secara malas, sehingga halaman web Anda tidak membebani waktu pemuatan dengan video yang belum dimainkan.

6. Lazy Load Optimizer

Plugin optimasi gambar ini mencakup opsi untuk lazy loading gambar. Ini juga memiliki kemampuan kompresi gambar untuk mengurangi ukuran gambar, yang membantu dalam mempercepat waktu pemuatan halaman.

Kesimpulan

Kecepatan loading website merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam Search Engine Optimization (SEO). Dengan menerapkan teknik Lazy Load, kecepatan loading website dapat ditingkatkan sehingga dapat membantu meningkatkan peringkat website pada mesin pencari.

Dengan menerapkan teknik Lazy Load, website dapat menjadi lebih cepat, lebih ringan, dan mengoptimalkan performanya. Hal ini dapat memberikan pengalaman penggunaan website yang lebih baik dan membantu meningkatkan peringkat di mesin pencari.

Jika Anda ingin memiliki website yang cepat, peringkat meningkatkan dan menghasilkan traffic berkualitas banyak, Anda dapat menggunakan Jasa SEO Profesional Toprank Indonesia. Website Anda pastinya dioptimasi dengan teknik White Hat SEO yang efektif untuk meningkatkan ranking dan mendatangkan lebih banyak traffic organic.

Silahkan hubungi agency Jakarta Toprank Indonesia untuk info jasa SEO Jakarta dan Indonesia lebih lanjut!

Published On: Oktober 19th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!