Membuat Website Cepat Terindex Mesin Pencari

Cepat Terindex Mesin Pencari

Terindeks oleh mesin pencari adalah hal yang sangat penting bagi kemajuan blog/website anda. Tanpa terindeks, blog anda akan sepi pengunjung dan terlihat mati. Meskipun anda menulis konten panjang berkualitas sekalipun, tetap saja website anda akan sepi pengunjung.

Lalu bagaimana agar konten pada blog anda cepat terindex oleh mesin pencari? Anda bisa melakukan submit url ke beberapa situs webmaster. Namun pada umumnya mesin pencari berbeda-beda, sehingga untuk beberapa layanan webmaster yang diberikan juga pasti berbeda. Nah, untuk mempermudah melakukan indexing terhadap website anda, ikut beberapa hal dibawah ini.

*Baca Juga: Begini Cara Test Ping Ke Google Secara Mudah di PC

Cara Membuat Website Cepat Terindex Mesin Pencari

  • Submit ke Search Engine Google/Bing

Sitemap adalah sebuah daftar isi yang menerangkan tentang apa yang ada pada blog/website anda, sitemap.xml bisa disebut peta situs yang berisi link-link halaman situs Anda, dengan melakukan submit sitemap, google akan cepat mengenali link-link yang harus diindex dari halaman blog Anda.

Arti sitemap disini bukanlah daftar isi seperti halaman buku, melainkan sitemap yang berupa XML, XML adalah sebuah bahasa program yang hanya dimengerti oleh mesin pencari. Untuk submit sitemap anda pada google bisa di Google Webmaster Tools, untuk Bing/Yahoo silahkan submit ke Bing Webmaster Tools.

  • Melakukan Ping website/blog anda

Ping adalah sarana yang sangat berguna memperingatkan mesin pencari dan direktori untuk pembaruan dalam konten anda. Ping pada mulanya merupakan metode untuk blogger untuk memperingatkan mesin pencari pada konten baru di blog mereka. Namun, telah berkembang di mana setiap orang dapat menggunakannya untuk memperbarui (update) bukan hanya blog tapi juga website.

Baca Juga:  Ini Dia 4 Jenis SEO Secara Umum

Ping website/Blog artinya memberikan sebuah pemberitahuan kepada mesin pencari untuk segera melakukan crawling terhadap website yang telah melakukan pembaharuan.

Anda bisa memanfaatkan situs Ping otomatis yang gratis. Sebagai contoh adalah googleping dapat Anda searching di Google “automatic ping”. Namun kami sarankan bahwa memanfaatkan Ping blog tidak perlu sering, hanya perlu gunakan satu situs penyedia layanan ping saja dengan melakukan ping 1x sehari. Hal ini agar dianggap sudah cukup, karena berpotensi blog kena spam.

  • Social Bookmarking/Social Media

Salah satu cara yang sangat cepat agar blog anda terindex mesin pencari adalah dengan Bagikan (share) konten anda pada situs social seperti Twitter, Facebook, Digg, Linkedin, dll. Media Sosial: Media sosial merupakan tempat berbagi yang efektif yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan artikel baru yang Anda buat, Selain itu website anda juga akan mendapatkan traffic dari situs social media tersebut.

  • Semakin tua domain semakin cepat terindeks

Banyak orang bilang, alasan website/blog cepat terindex adalah karena website/blog yang sudah lama dibuat alias tua. Umumnya website/blog yang memiliki nilai authority tinggi, bisa menjadikan website tersebut berarti bagi mesin pencari. Maka dari itu, ada yang namanya backlink untuk memberikan value kepada website anda agar mendapatkan nilai yang berarti seperti nilai authority yang baik.

  • Membuat Internal link ke halaman lain

Internal link juga bisa mempercepat proses indexing website/blog. Manfaat Internal link dapat memberikan backlink berkualitas ke website anda. Hal ini juga akan meningkatkan ranking website/blog anda di mesin pencari. Akan tetapi pembuatan internal link idealnya menggunakan anchor text, bukan sembarang link. Fungsinya agar halaman cepat terindex, serta langsung bisa meningkatkan SEO On-Page.

  • Membuat artikel yang unik dan berkualitas

Cepat atau tidaknya website terindex oleh mesin pencari dipengaruhi oleh konten. Tidak sulit untuk mesin pencari mengindex sebuah artikel yang unik dan original, ketimbang mengindex artikel hasil copy paste. Semakin original dan unik, maka website/blog akan semakin cepat terindex oleh mesin pencari.

Baca Juga:  Kekurangan & Kelebihan SEO Vs Adwords

Jangan lupa juga bahwa Meta Description yang unik juga bisa mempengaruhi proses indexing. Dan yang pasti tetap memasukan beberapa keyword pada artikel dan Meta Description tanpa berlebihan.

Jika konten yang ada pada website anda sudah lama, maka mesin pencari tidak akan menjelajahi website anda secara teratur. Maka dari itu, anda perlu menjaga blog anda setiap saat dengan cara memperbarui halaman dengan konten yang usang. Sebagai alasan kenapa banyak blog mempunyai peringkat baik, karena pemilik website sering memperbarui situs mereka dengan konten baru yang berkualitas.

top
WhatsApp chat