Mengenal Internal Link Adalah serta Manfaat dan Strateginya

admin

Mengenal Internal Link Adalah serta Manfaat dan Strateginya

Internal link adalah salah satu jenis tautan yang bermanfaat untuk meningkatkan website SEO. Bagi orang – orang yang sudah lama terjun di dunia SEO, pasti sudah sangat mengenal istilah link. Jika Anda masih pemula, sebaiknya pahami dengan benar tentang internal link dalam SEO.

Selain internal link, ada juga eksternal link yang merupakan kebalikannya. Eksternal link juga merupakan tautan yang berfungsi untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Namun tautan eksternal digunakan sebagai jalan agar pengunjung dapat mengunjungi website lainnya.

Baik eksternal atau internal link adalah strategi dalam website building yang harus dipahami oleh Anda jika ingin berkarya di bidang SEO. Namun sayangnya, tidak semua jenis tautan itu bisa digunakan di berbagai kondisi, sehingga membutuhkan strategi tepat untuk memakainya.

Sebelum memahami bagaimana strategi paling tepat untuk menggunakannya, sebaiknya Anda pahami dulu apa pengertian dari tautan internal dan apa saja manfaatnya dalam membangun website, agar nantinya juga mudah memahami bagaimana strategi yang harus dilakukan.

Mengenal Pengertian Internal Link Adalah

Internal link jika diartikan secara sederhana artinya adalah tautan dari bagian dalam. Jenis tautan ini memang banyak digunakan oleh para pembuat website sesuai dengan Namanya, yaitu tautan untuk menuju bagian dalam lainnya dari sebuah website.

Sederhananya, internal link adalah adalah tautan yang diletakkan di dalam sebuah website, kemudian ketika ada pengunjung yang klik tautan tersebut, pengunjung akan menuju halaman lainnya namun masih dalam 1 website yang sama.

Bedanya dengan eksternal link adalah tautan eksternal akan mengantarkan pengunjung keluar dari website menuju website lainnya. Dengan kata lain website yang dikunjungi dari tautannya sudah tidak memiliki hubungan lagi dengan website yang sebelumnya dikunjungi.

Memasukkan tautan internal dalam sebuah website sangat penting dalam bentuk anchor text karena dapat memudahkan google melakukan indeks pada website. Jika sudah diindeks dengan mudah oleh google, pasti naik ranking bukan menjadi hal yang sulit lagi untuk website Anda.

Permainan meletakkan eksternal dan internal link juga sudah biasa dilakukan oleh beberapa penyedia jasa SEO website. Itu sebabnya mereka dapat menaiki peringkat tinggi di halaman google dengan mudah. Namun jangan khawatir tertinggal, karena Anda juga bisa melakukannya.

Dengan memahami pengertiannya, Anda pasti mengerti bahwa manfaat dari meletakkan tautan internal akan sangat memudahkan pengunjung menikmati konten tulisan dalam website.

Baca juga: Cara Cek Blog SEO Friendly Tanpa Menggunakan Tools Bantuan

Manfaat Internal Link untuk Artikel SEO

Setelah memahami apa pengertiannya, sebaiknya Anda juga memahami apa saja manfaat dari meletakkan tautan internal dalam sebuah website. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan untuk kemajuan website SEO.

1. Memudahkan pengunjung situs

Manfaat utamanya adalah untuk memudahkan pengunjung situs dalam membaca konten yang sudah disediakan. Dengan menekan tautan yang sudah disediakan, pengunjung bisa langsung menuju halaman yang menyediakan lanjutan informasi dari halaman yang sebelumnya dibaca.

Dengan begitu, pengunjung tidak perlu membuka website lain untuk membaca informasi yang lebih lengkap. Penggunaan internal link ini sangat cocok untuk Anda yang menjelaskan banyak hal, misalnya informasi umum tentang digital marketing agency jakarta serta penawaran jasanya.

2. Menghindari bounce rate

Menggunakan tautan internal juga memudahkan Anda menghindari bounce rate atau istilah lainnya adalah waktu pengunjung saat mengunjungi website Anda yang cukup sebentar. Mengalami bounce rate tentu bukan hal bagus, karena itu artinya pengunjung mudah bosan.

Hal ini bisa disebabkan oleh layout, desain atau kerapian tulisan yang kurang sesuai sehingga membuat pengunjung tidak betah. Namun hal lain yang memungkinkan bounce rate adalah ketika pembaca merasa tidak mendapatkan informasi secara lengkap di website tersebut.

Internal link adalah salah satu cara untuk menghindari bounce rate karena pengunjung bisa lebih lama mengunjungi situs Anda. Dengan adanya navigasi ke halaman berikutnya, itu artinya Anda bisa memasukkan informasi dengan sangat lengkap.

3. Meningkatkan ekuitas link

Manfaat berikutnya adalah dapat meningkatkan ekuitas link. Dengan kata lain ekuitas website Anda akan meningkat karena google merasa situs tersebut sangat layak dipromosikan ke halaman utama. Hal ini menguntungkan karena Anda akan mudah mendapat pengunjung.

Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan ekuitas link, namun tentu saja meletakkan internal link adalah salah satu cara ampuh untuk meningkatkan ekuitas tersebut. Jika selama ini Anda kesulitan meningkatkan ekuitas, pastikan mencoba meletakkan tautan internal.

Dengan berbagai manfaat tersebut, sudah seharusnya Anda semakin ingin meletakkan tautan internal agar mendapat banyak pengunjung. Itu sebabnya, Anda juga harus belajar bagaimana strategi dalam menggunakannya.

Strategi Penting Memakai Internal Link

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, menggunakan eksternal atau internal link tidak selalu dapat dilakukan di segala kondisi. Oleh karena itu Anda harus tahu bagaimana strategi dalam meletakkannya agar tautan ini tepat sasaran. Berikut strategi yang bisa Anda ikuti.

1. Memasukkan kata kunci pada link

Strategi paling tepat untuk menggunakan internal link adalah dengan memasukkan kata kunci pada tautan. Pastikan kata kuncinya sudah sama dengan kata kunci di dalam konten SEO. Cara memasukkan kata kunci ke dalam tautan juga mudah karena biasanya tautan dibuat sendiri.

Kata kunci pada tautan akan semakin memudahkan navigasi pengunjung ke halaman yang seharusnya. Hal ini juga sangat perlu dilakukan untuk menghindari eror saat mengarahkan pengunjung ke halaman lain.

Baca juga: SEO Friendly: Cara Mendapatkan Peringkat Tinggi di Google

2. Meletakkan internal link di halaman pertama

Strategi selanjutnya adalah dengan meletakkan tautan internal di halaman pertama. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengunjung menemukan tautan tersebut agar bisa ke halaman selanjutnya.

Meletakkan tautan ini di halaman pertama juga memudahkan google untuk langsung menemukan tautannya. Sehingga penilaian dari SEO akan semakin mudah dilakukan dan Anda mudah mendapatkan nilai plus untuk menaikkan peringkat.

3. Pastikan tautan menuju halaman yang tepat

Strategi berikutnya dalam meletakkan internal link adalah dengan memastikan tautan menuju halaman yang tepat. Hal ini sangat perlu karena Anda tidak bisa mengkhianati kepercayaan dan kenyamanan pengunjung saat membaca informasi di dalam website.

Strategi ini tidak hanya berpengaruh pada penilaian google terhadap kualitas konten di dalam website, namun juga berpengaruh pada penilaian para pengunjung. Jika pengunjung sengaja dibawa ke website lainnya yang tidak berkaitan, pasti pengunjung tidak akan merasa nyaman.

4. Menggunakan hanya secukupnya

Anda sudah memahami bahwa adanya tautan internal akan menambah waktu pengunjung membaca konten di dalam website. Hal ini akan menghindari bounce rate pada website. Namun jika pengunjung terlalu lama di dalam website, tentu hal ini tidak bagus juga.

Lama waktu pengunjung akan menambah keuntungan bagi website Anda. Namun bagi pengunjung yang terlalu lama, pasti mereka tidak akan merasa nyaman. Sehingga sebaiknya jangan membuat pengunjung bosan dengan cara memakai internal link secukupnya saja.

Dengan mencoba beberapa strategi tersebut, tentu Anda akan semakin mudah meningkatkan jumlah pengunjung. Namun coba gunakan eksternal link agar lebih mudah. Hal ini karena baik eksternal atau internal link adalah cara tepat untuk mengoptimasi website SEO.

Published On: Agustus 24th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!