Mengenal Pagespeed Test Google dan Cara Menggunakannya

admin

Mengenal Pagespeed Test Google dan Cara Menggunakannya

Pagespeed Test Google adalah alat yang dapat digunakan untuk mengetahui performa website dalam hal kecepatan loading dan responsifitasnya. Alat ini akan memberikan laporan yang sangat detail tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan loading dan kinerja website. Ini termasuk ukuran file gambar, javascript yang di-load pada halaman, dan halaman yang terkait.

Dengan menggunakan Pagespeed Test Google. Anda dapat mengoptimalkan website Anda agar dapat memperoleh waktu loading yang lebih cepat dan pengalaman pengguna yang lebih baik pada website mereka. Alat ini juga dapat membantu website mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam mesin pencari. Hal ini karena performa website yang baik dan kecepatan loading yang cepat adalah faktor penting dalam algoritma mesin pencari.

Apa itu Pagespeed Test Google?

PageSpeed Insights adalah alat yang disediakan oleh Google untuk menganalisis kinerja situs web dalam hal kecepatan dan kinerja. Alat ini dirancang untuk membantu pemilik situs web dan pengembang memahami sejauh mana situs web mereka memenuhi standar kecepatan dan kinerja yang diinginkan oleh Google.

Tujuannya adalah untuk memberikan wawasan tentang bagaimana meningkatkan kecepatan. Dan juga kinerja situs web Anda sehingga pengguna dapat mengakses konten dengan lebih cepat dan nyaman. Pagespeed Test Google menilai situs web berdasarkan sejumlah faktor, termasuk:

  1. PageSpeed Insights mengukur berapa lama waktu yang diperlukan untuk memuat halaman situs web. Semakin cepat halaman Anda dimuat, semakin baik.
  2. Alat ini menilai sejauh mana situs web Anda dioptimalkan untuk perangkat seluler. Kinerja yang baik pada perangkat seluler menjadi lebih penting dengan meningkatnya penggunaan perangkat seluler.
  3. PageSpeed Insights memberikan rekomendasi dan peringatan tentang praktik terbaik yang harus diikuti untuk meningkatkan kinerja situs web Anda.
  4. Alat ini dapat memberikan hasil pengoptimalan gambar dan file situs web agar ukurannya lebih kecil, yang dapat mengurangi waktu pemuatan.
  5. Alat ini juga menilai sejauh mana situs web Anda mematuhi standar web, seperti HTML, CSS, dan JavaScript.

Setelah menganalisis situs web Anda, Pagespeed Test Google memberikan skor dan rekomendasi untuk perbaikan. Dengan menggunakan informasi ini, Anda dapat mengoptimalkan situs web Anda agar lebih cepat dan responsive. Serta dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan mendukung peringkat pencarian yang lebih baik.

Baca juga: Cara Optimasi Image SEO untuk Tingkatkan Performa Website

Manfaat Menggunakan Pagespeed Test Google

Pagespeed Test Google dapat membantu membuat website Anda menjadi lebih cepat dan meningkatkan performanya secara keseluruhan. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan Pagespeed Test Google untuk mengetahui performa website:

1. Mengetahui performa website

Pagespeed Test Google dapat memberikan gambaran tentang performa website Anda dalam hal kecepatan loading dan responsifitasnya. Hal ini dapat membantu Anda mengetahui bagaimana kinerja website Anda dan memberikan ide tentang bagaimana meningkatkannya.

2. Mengoptimalkan website

Pagespeed Test Google dapat menunjukkan faktor-faktor yang dapat membuat website Anda menjadi lambat dalam hal loading dan responsivitas. Seperti ukuran file gambar yang besar, javascript yang banyak dan website yang terlalu besar. Dengan informasi ini, Anda dapat mengoptimalkan website Anda agar menjadi lebih cepat dan responsif.

3. Meningkatkan pengalaman pengguna

Dengan menggunakan Pagespeed Test Google secara teratur, Anda dapat memastikan bahwa website Anda selalu memberikan pengalaman pengguna yang optimal. Karena kecepatan loading yang cepat dan responsivitas yang baik sangat penting bagi pengguna untuk mendapatkan pengalaman pengguna yang baik pada website Anda.

4. Meningkatkan peringkat Google

Pagespeed Test Google juga dapat membantu meningkatkan peringkat website Anda dalam mesin pencari Google. Hal ini karena performa website yang baik dan kecepatan loading yang cepat adalah faktor penting dalam algoritma mesin pencari.

5. SEO yang lebih baik

Kecepatan pemuatan halaman adalah salah satu faktor yang digunakan oleh mesin pencari seperti Google untuk menentukan peringkat situs web dalam hasil pencarian. Dengan mengoptimalkan kinerja situs Anda. Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian, yang dapat membawa lebih banyak traffic organik.

6. Analisis detail

PageSpeed Insights memberikan analisis yang rinci tentang berbagai aspek kinerja situs web Anda. Ini mencakup rekomendasi untuk mengurangi waktu pemuatan, mengkompres gambar, mengoptimalkan file CSS dan JavaScript, dan banyak lagi. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan.

7. Dukungan Google

Google adalah mesin pencari terbesar di dunia. Dan menggunakan alat yang mereka sediakan dapat membantu Anda memahami persyaratan yang mereka inginkan dari situs web dalam hal kecepatan dan kinerja. Ini dapat berkontribusi pada kesuksesan Anda dalam pencarian online.

8. Alat Gratis

PageSpeed Insights adalah alat gratis yang dapat digunakan oleh siapa saja. Anda tidak perlu membayar untuk mengakses dan menggunakan alat ini. Sehingga memungkinkan pengembang dan pemilik situs web dengan anggaran terbatas untuk mengoptimalkan kinerja situs mereka.

Baca juga: Inilah Kisaran Biaya SEO Website

Cara Menggunakan Pagespeed Test Google

Google PageSpeed Insights adalah alat yang berguna untuk memantau dan meningkatkan kinerja situs web Anda dalam hal kecepatan dan pengalaman pengguna. Menggunakan alat ini secara berkala dapat membantu Anda memastikan bahwa situs web Anda tetap optimal dan responsif.

Anda dapat menggunakan alat PageSpeed Test Google (Google PageSpeed Insights) dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Google PageSpeed Insight.

Buka browser favorit Anda (seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox) dan kunjungi situs PageSpeed Insights di alamat web berikut: https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ atau cukup lakukan pencarian di Google dengan kata kunci “Google PageSpeed Insights.”

2. Masukkan URL Situs Web

Di halaman PageSpeed Insights, Anda akan melihat sebuah kotak teks yang meminta Anda untuk memasukkan URL situs web yang ingin Anda analisis. Ketik atau tempelkan URL situs web yang ingin Anda uji kinerjanya ke dalam kotak ini.

3. Klik “Analyze”

Setelah Anda memasukkan URL situs web, klik tombol “Analyze” (Analisis). Alat ini akan memulai proses analisis kinerja situs web Anda.

4. Tunggu Hasil Analisis

PageSpeed Insights akan melakukan analisis kinerja situs web Anda dan memberikan skor serta rekomendasi perbaikan. Ini mungkin memerlukan beberapa detik hingga beberapa menit tergantung pada kompleksitas situs web Anda dan kondisi jaringan Anda.

5. Terima Hasil dan Rekomendasi

Setelah analisis selesai, Anda akan melihat hasilnya di layar. Skor kinerja situs web Anda akan ditampilkan baik untuk versi desktop maupun perangkat seluler (Mobile). Anda juga akan melihat rekomendasi untuk perbaikan yang dapat membantu Anda meningkatkan kinerja situs web.

6. Baca Rekomendasi dan Tindak Lanjuti

Untuk setiap rekomendasi, PageSpeed Insights akan memberikan informasi tentang masalah yang terkait dan langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk memperbaikinya. Anda dapat membaca rekomendasi ini untuk memahami cara mengoptimalkan situs web Anda.

Analisis akan menunjukkan skor kecepatan dan responsivitas website Anda pada perangkat mobile dan desktop. Skor ini berkisar dari 0-100, di mana skor yang lebih tinggi menunjukkan performa yang lebih baik.

7. Periksa Rincian Lebih Lanjut

Anda dapat mengklik pada setiap rekomendasi atau elemen laporan untuk mendapatkan rincian lebih lanjut dan panduan implementasi yang lebih spesifik. Dalam laporan, Anda juga akan melihat rekomendasi tentang bagaimana meningkatkan performa website Anda.

Rekomendasi ini dapat meliputi cara mengoptimalkan gambar, mengurangi jumlah kode CSS dan JavaScript, atau menyesuaikan pengaturan server.

8. Tindak Lanjuti

Dengan rekomendasi dan panduan yang diberikan oleh PageSpeed Insights. Anda dapat mulai melakukan perbaikan pada situs web Anda sesuai dengan saran yang diberikan untuk meningkatkan kinerja situs.

Cara Membaca Analisis PageSpeed Tes Google

Membaca analisis PageSpeed Google dapat memberikan wawasan tentang kinerja situs web Anda dan memberikan informasi tentang area yang perlu ditingkatkan. Analisis PageSpeed Insights Google biasanya terdiri dari beberapa elemen utama:

1. Field Data dan Origin Summary

Field Data dan Origin Summary mengukur kecepatan berdasarkan dua aspek utama, yaitu First Contentful Paint (FCP) dan First Input Delay (FID). First Contentful Paint (FCP) adalah waktu di mana elemen pertama, seperti gambar atau teks, muncul pada halaman web.

Sementara itu, First Input Delay (FID) mengukur jarak waktu antara saat pengunjung berinteraksi pertama kali dengan situs web, misalnya dengan mengklik tautan atau tombol, dan saat browser merespons interaksi tersebut.

Untuk menilai kecepatan sebuah situs web, penting untuk mempertimbangkan baik FCP dan FID. Situs web dianggap cepat jika keduanya memiliki nilai yang rendah, menunjukkan bahwa konten muncul dengan cepat dan respon terhadap interaksi pengguna sangat responsif.

Dalam konteks Field Data dan Origin Summary, jika nilai keduanya tinggi, ini biasanya menunjukkan kinerja situs web yang baik dan akan ditandai dengan warna hijau.

2. Data Lab

Bagian ini akan menampilkan 6 data seperti berikut:

  1. First Contentful Paint: Menunjukkan kapan gambar atau teks pertama muncul pada halaman.
  2. Speed Index: Mengukur seberapa cepat isi halaman menjadi jelas. Semakin rendah nilai Speed Index, semakin baik.
  3. Time to Interactive: Waktu pertama di mana halaman dianggap sepenuhnya interaktif.
  4. First Meaningful Paint: Mengukur kapan konten utama halaman pertama kali muncul.
  5. First CPU Idle: Menandakan waktu pertama ketika pengunjung dapat melakukan input pada halaman.
  6. Estimated Input Latency: Menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh website untuk merespons input yang diberikan oleh pengguna.

3. Opportunities (Peluang)

Opportunities mengidentifikasi tindakan-tindakan optimalisasi yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan kinerja kecepatan website.

4. Diagnostics (Diagnostik)

Diagnostics berisi rincian tentang kinerja website Anda yang belum dibahas dalam analisis sebelumnya.

5. Passed Audits (Lulus Audit)

Passed Audits berisi laporan mengenai langkah-langkah optimalisasi yang telah berhasil Anda terapkan.

Kesimpulan

Pagespeed Test Google menjadi alat yang sangat berguna dalam membantu meningkatkan kecepatan dan performa situs web Anda. Alat ini memberikan umpan balik yang berguna tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan kecepatan situs Anda. Seperti ukuran file gambar yang terlalu besar, kode JavaScript yang kompleks, dan cache browser yang tidak efektif.

Dengan menggunakan Pagespeed Test Google, Anda dapat mengidentifikasi masalah. Dan dapat melakukan perbaikan pada situs web Anda untuk meningkatkan waktu muatnya dan kinerjanya secara keseluruhan. Hal ini akan membantu memenuhi harapan pengguna dan juga dapat meningkatkan peringkat SEO situs web Anda.

Jika Anda ingin website Anda memiliki performa yang baik, ranking bagus di hasil pencarian dan menghasilkan banyak traffic berkualitas. Itu artinya Anda perlu menggunakan jasa SEO profesional. Dengan bantuan SEO Agency profesional, website Anda dioptimasi tidak hanya dari segi konten saja melainkan juga performa website.

Anda bisa mempercayakan situs web bisnis Anda kepada marketing agency Jakarta Toprank Indonesia. Kami siap membantu meningkatkan performa website Anda dan meningkatkan ranking serta traffic website Anda. Hubungi kami sekarang!

Published On: Oktober 19th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!