Apa itu MSN Search Engine? Mari Cari Tahu Disini!

Dedi

Apa itu MSN Search Engine

MSN Search Engine adalah mesin pencari web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Microsoft. Pada awalnya, itu disertakan sebagai bagian dari portal MSN (Microsoft Network), yang menawarkan berbagai layanan dan konten online. Namun, seiring berjalannya waktu, Microsoft melakukan serangkaian perubahan dan transformasi pada mesin pencari mereka.

Mungkin Anda sangat asing dengan MSN Search Engine, karena memang sudah berganti nama menjadi Bing. Kami yakin, bahwa Anda lebih familiar dengan istilah Bing dibandingkan MSN Search. Nah, untuk lebih mengenal MSN Search Engine mari pelajari MSN Search Engine di artikel ini.

Apa itu MSN Search Engine?

Pada awalnya, MSN Search adalah mesin pencari yang dimiliki dan dioperasikan oleh Microsoft. MSN Search diluncurkan oleh Microsoft pada tahun 1998 sebagai bagian dari layanan portal MSN (Microsoft Network). Mesin pencari ini bertujuan untuk menyediakan hasil pencarian web bagi pengguna MSN.

Namun, seiring berjalannya waktu, Microsoft melakukan beberapa perubahan pada mesin pencari mereka. Pada tahun 2009, Microsoft mengganti nama MSN Search menjadi Bing. Ini adalah  mesin pencari utama yang digunakan oleh Microsoft. Bing terus dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam berbagai produk dan layanan Microsoft.

Bing adalah mesin pencari yang mencoba menyediakan pengalaman pencarian yang relevan dan kaya dengan berbagai fitur, termasuk gambar, video, dan integrasi dengan layanan Microsoft lainnya. Meskipun MSN Search Engine sudah tidak lagi menjadi merek utama, banyak orang masih merujuk pada layanan pencarian Microsoft sebagai “MSN” atau “Bing.”

Sebagai tambahan, MSN (Microsoft Network) sendiri adalah portal internet yang menyediakan berbagai konten dan layanan, termasuk berita, cuaca, hiburan, dan lainnya. Meskipun MSN Search telah digantikan oleh Bing, MSN masih tetap berfungsi sebagai portal yang menyajikan berbagai konten online.

Baca Juga: Jenis-Jenis Search Engine Paling Populer di Dunia

Sejarah MSN Search Engine

MSN Search Engine, sebuah produk pencarian web yang dikembangkan oleh Microsoft, mencakup mesin pencari, indeks, dan perayap web. Pada tanggal 12 September 2006, MSN Search berubah nama menjadi Live Search.

Live Search memberikan pengguna kemampuan untuk mencari informasi khusus melalui tab pencarian yang mencakup Web, berita, gambar, musik, desktop, lokal, dan Microsoft Encarta.

Dengan tujuan menjadikan lebih dari 2,5 miliar pertanyaan di seluruh dunia setiap bulannya menjadi “lebih bermanfaat dengan memberikan konsumen akses yang lebih baik terhadap informasi dan jawaban yang lebih tepat atas pertanyaan mereka,”.

MSN Search berusaha memberikan pengalaman pencarian yang kaya. Menu konfigurasi dapat diakses untuk mengubah mesin pencari default di Internet Explorer, meskipun kritik terkadang muncul karena keterbatasan pilihan dan ketidakmampuan memasukkan URL khusus tanpa menginstal add-on.

Diluncurkan pada musim gugur tahun 1998 dengan hasil pencarian dari Inktomi, MSN Search kemudian mengalami beberapa perubahan. Pada awal tahun 1999, MSN Search meluncurkan versi yang menampilkan daftar dari Looksmart yang dipadukan dengan hasil dari Inktomi kecuali untuk waktu yang singkat pada tahun 1999 ketika hasil dari AltaVista digunakan sebagai gantinya.

Sejak itu, Microsoft terus meningkatkan MSN Search dengan menyediakan hasil mesin pencari buatan mereka sendiri, yang indeksnya diperbarui setiap minggu atau bahkan setiap hari. Pada bulan November 2004, program beta diluncurkan, berdasarkan penelitian selama beberapa tahun, dan keluar dari versi beta pada bulan Februari 2005.

Layanan ini juga mencakup pencarian gambar yang didukung oleh pihak ketiga, Picsearch, dan mulai menyediakan hasil pencariannya ke portal mesin pencari lain untuk meningkatkan daya saing di pasar.

Sejarah Live Search

Beta publik pertama dari Live Search diluncurkan pada 8 Maret 2006, dengan rilis final pada 11 September 2006, menggantikan MSN Search. Pada tanggal 21 Maret 2007, Microsoft mengumumkan pemisahan pengembangan pencarian dari keluarga layanan Windows Live, mengubah namanya menjadi Live Search.

Live Search diintegrasikan ke dalam Platform Pencarian dan Iklan Langsung yang dipimpin oleh Satya Nadella, bagian dari divisi Platform dan Sistem Microsoft. Dalam kerangka ini, Pencarian Langsung digabungkan dengan Microsoft adCenter.

Selama transisi dari MSN Search ke Live Search, Microsoft berhenti menggunakan Picsearch sebagai penyedia pencarian gambar mereka. Sebagai gantinya, mereka mulai menggunakan algoritma pencarian gambar internal mereka sendiri.

Pada tanggal 23 Mei 2008, Microsoft mengumumkan penghentian Live Search Books dan Live Search Academic, mengintegrasikan hasil akademik dan pencarian buku ke dalam pencarian reguler. Ini juga mengakibatkan penutupan Program Penerbit Buku Live Search.

Windows Live Expo dihentikan pada 31 Juli 2008, diikuti oleh penghentian Live Search Macros, layanan pembuatan mesin pencari kustom. Dan Live Product Upload pada 15 Mei 2009, yang memungkinkan pedagang mengunggah informasi produk ke Produk Pencarian Langsung.

Terakhir, Live Search QnA diubah namanya menjadi MSN QnA pada 18 Februari 2009, tetapi dihentikan pada 21 Mei 2009, dalam serangkaian reorganisasi dan konsolidasi penawaran pencarian Microsoft.

Citra MSN Search Menjadi Bing

Microsoft menyadari potensi masalah dengan branding yang terkait dengan kata “Live”. Sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan identitas baru bagi layanan pencarian mereka, Live Search resmi digantikan oleh Bing pada tanggal 3 Juni 2009.

Pemilihan nama “Bing” melibatkan kelompok fokus, dengan Microsoft menentukan bahwa nama tersebut mudah diingat, pendek, mudah dieja, dan dapat berfungsi sebagai URL di seluruh dunia. Nama tersebut dipilih karena diharapkan dapat mengingatkan orang pada “momen penemuan dan pengambilan keputusan”.

Konsultan branding Interbrand membantu Microsoft dalam pencarian nama terbaik untuk mesin pencari baru. Selain itu, nama tersebut memiliki kesamaan dengan kata ‘bingo’, yang memiliki makna bahwa sesuatu yang dicari telah ditemukan atau diwujudkan, seperti yang terjadi saat memenangkan permainan Bingo.

Meskipun belum dikonfirmasi sebagai singkatan resmi, Guardian melaporkan bahwa “Bing Is Not Google” menjadi lelucon yang disukai oleh para insinyur software Microsoft.

Qi Lu, presiden Microsoft Online Services, mengumumkan bahwa nama resmi Bing dalam bahasa Mandarin adalah bì yìng. Yang secara harfiah berarti “sangat pasti akan merespons” atau “sangat pasti akan menjawab” dalam bahasa China.

Saat diuji secara internal oleh karyawan Microsoft, nama kode Bing adalah Kumo (くも), berasal dari kata Jepang untuk laba-laba (蜘蛛; くも, kumo) serta cloud (; くも, kumo), mengacu pada cara di mana mesin pencari “mencari laba-laba” sumber daya Internet untuk menambahkannya ke database mereka, serta komputasi awan.

Sebelum peluncuran Bing, pangsa pasar halaman pencarian web Microsoft (MSN dan Live search) masih relatif kecil. Meskipun Google tetap mendominasi, pangsa pasar Bing meningkat hingga berhasil menyalip Yahoo!

Baca Juga: Situs Yandex Adalah: Fitur, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengenalan Bing di MSN Search

Setelah Anda mengetahui sejarah MSN Search Engine, Anda juga perlu tahu pengertian Bing. Bing, sebagai salah satu mesin pencari web di bawah naungan Microsoft, resmi diperkenalkan pada 3 Juni 2009.

Mesin pencari web, atau search engine, berfungsi sebagai program komputer yang dirancang khusus untuk mencari berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan seperti www, ftp, atau newsgroup di sejumlah komputer dalam satu jaringan.

Pengenalan Bing pertama kali dilakukan oleh CEO Microsoft, Steve Ballmer, dalam konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat. Bing merupakan upaya pelestarian yang dilakukan oleh Microsoft setelah tiga mesin pencari sebelumnya, yaitu Windows Live Search, Live Search, dan MSN Search.

Microsoft, sebagai perusahaan multinasional Amerika Serikat dengan kantor pusat di Redmond, Washington. Mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung berbagai produk serta jasa terkait dengan komputer.

Didirikan pada 4 April 1975 oleh dua pendiri dunia, Bill Gates dan Paul Allen, Microsoft adalah pembuat perangkat lunak terbesar di dunia dengan pendapatan yang mencerminkan kebesaran dan nilai perusahaan yang sangat tinggi.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang MSN Search Engine. Jika Anda menghadapi tantangan dalam meningkatkan peringkat situs web dan berusaha untuk mendatangkan lebih banyak lalu lintas. Maka, Anda dapat menggunakan layanan Search Engine Optimization (SEO) dari Toprank Indonesia.

Kami dapat memanfaatkan keahlian SEO dalam mengoptimalkan konten, struktur situs, dan strategi pemasaran online secara menyeluruh. Sebab, kami memiliki pengalaman yang luas dalam industri SEO. Anda dapat menghubungi tim SEO agency kami untuk informasi lebih lanjut!

Tidak hanya itu, jasa SEO kami juga telah membantu ratusan klien untuk mencapai tujuan mereka masing-masing. Dengan metode terkini dalam algoritma mesin pencari, kami dapat membantu meningkatkan peringkat situs web Anda di berbagai mesin pencari, termasuk Bing.

Published On: Desember 7th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!