Pahami Cara Kerja SEO On Page Supaya Pengunjung Berdatangan

admin

Pahami Cara Kerja SEO On Page Supaya Pengunjung Berdatangan

Memahami cara kerja SEO On Page akan membantu dalam mengoptimalkan beragam elemen situs. Sehingga bisa muncul sebagai peringkat atas di halaman hasil pencarian search engine.

Apabila SEO On Page diterapkan secara konsisten, tentu akan membantu meningkatkan kredibilitas bisnis termasuk menaikkan angka penjualan. Strategi ini semakin penting mengingat masyarakat mulai menyukai aktivitas searching produk sebelum membelinya.

Jadi, agar memperoleh hasil maksimal, mari mulai mempelajari SEO On Page. Ketika memprioritaskan teknik ini, Anda akan bisa mulai menerapkan SEO Off Page untuk memperkuat situs di search engine.

Memahami Cara Kerja SEO On Page

Ketika membahas SEO On Page, sangat erat kaitannya dengan konten atau artikel pada suatu website. Lantas, tujuan penerapan teknik ini ialah agar konten menghadirkan sinyal yang nantinya menjadi indikator oleh search engine.

Sebab, Google crawl mempunyai pembacaan konten yang berbeda dari manusia. Sinyal akan dimanfaatkan oleh Google guna mendeteksi apakah suatu halaman situs mempunyai konten atau tidak.

Ketika membahas cara kerja SEO On Page, tentu Anda perlu memahami apa yang search engine kehendaki. Jadi, nantinya begitu pengunjung datang ke situ Anda, tidak terjadi pentalan atau bounce rate yang presentasenya tinggi.

Search engine menginginkan konten di mana relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna internet. Tidak berhenti pada relevan, namun juga menjadikan pengguna betah untuk berlama-lama berada di situs.

Apabila pengunjung hanya datang sebentar pada situs tanpa melakukan aktivitas lainnya, tentu akan menjadi sinyal buruk. Jika hak demikian terjadi, ada risiko ranking situs Anda menurun.

Risikonya akan jauh lebih besar ketika ada kompetitor yang lebih baik. Misalnya yang memberikan informasi lebih lengkap. Kemudian mampu memikat pengunjung untuk melakukan interaksi di dalam situs seperti berlangganan email atau melakukan pembelian.

Terdapat sejumlah faktor yang mendukung SEO On Page. Mulai dari konten, judul, permalink, meta description, alt gambar, internal link hingga kecepatan situs.

Cara kerja SEO On Page begitu berkaitan dengan beragam faktor di dalam halaman website. Ketika mengoptimalkan beragam elemen, tentu search engine akan bisa mengenali isi konten lantas menampilkannya di halaman hasil pencarian.

Baca juga: Pengertian SEO Menurut Para Ahli, Bukan Sekedar Buat Konten

Komponen dalam SEO On Page

SEO On Page mempunyai beragam komponen yang saling berkaitan. Apabila ingin menerapkan strategi ini, tentu perlu mengenali beberapa komponennya berikut ini.

1. Konten

Komponen paling penting ialah konten. Anda perlu menawarkan konten yang informatif dan mampu menjadi solusi dari pertanyaan para pengguna internet.

Ketika konten memuat informasi lengkap dan kredibel, tentu akan ada banyak pengguna internet yang tertarik untuk berkunjung. Jika kesulitan untuk membuat konten, dapat mengandalkan jasa SEO.

2. Heading

Heading atau sub judul mempunyai fungsi memudahkan pengguna internet ketika hendak memahami beragam poin penting di dalam artikel. Jadi, bisa menjadi panduan untuk mengetahui apa saja pokok bahasan dari artikel.

3. Struktur URL

URL ialah alamat dari suatu website atau konten pada internet. URL yang optimal perlu memuat kata kunci yang relevan, terstruktur, tidak terlampau panjang dan mudah dibaca. Jadi, URL akan mudah pula dikenali oleh search engine.

4. Title Tag

Title tag ialah judul artikel yang tampil pada bagian bawah URL di halaman hasil pencarian search engine. Title tag perlu memuat kata kunci yang relevan dan tampak menarik bagi para pengguna internet supaya mereka mau berkunjung ke ke website Anda.

5. Meta Deskripsi

Meta deskripsi ialah penjelasan singkat yang terlihat pada bagian bawah judul di halaman hasil pencarian. Deskripsi akan menjadi gambaran isi konten sehingga memberi kepastian apakah kontennya sesuai dengan apa yang diperlukan oleh pengguna internet.

Meta deskripsi tidak kalah penting dengan isi konten. Apabila ingin mendapatkan meta deskripsi yang memikat pengguna internet, Anda dapat memesannya melalui digital marketing agency jakarta.

Mengoptimalkan SEO On Page dengan Keyword

Seperti yang Anda tahu, konten adalah komponen penting dalam SEO On Page. Akan tetapi, konten akan kurang sempurna tanpa adanya keyword di dalamnya. Oleh sebab itu, mari mengoptimalkannya menggunakan cara di bawah ini.

1. Riset Kata Kunci

Apabila ingin memaksimalkan cara kerja SEO On Page, Anda perlu riset kata kunci sebelum membuat konten. Anda perlu mempelajari persaingan kata kunci yang ada di internet.

Ketahui apa saja trend kata kunci dan traffic pada kata kunci yang diinginkan. Termasuk kompetitor yang juga menerapkan kata kunci sama dengan Anda.

Analisis kata kunci dapat dilakukan mengandalkan beragam tools khusus. Contohnya saja Ahrefs, Ubersuggest hingga MOZ. Biasanya tools ini dapat diandalkan ketika hendak melakukan riset kata kunci.

2. Menciptakan Artikel dengan Menyematkan Kata Kunci

Setelah mendapatkan kata kunci, lanjutkan dengan membuat konten. Pastikan menyematkan kata kunci ke dalam konten secara strategis. Bukan sekedar memasukkannya secara sembarangan pada konten.

Seperti yang Anda tahu, menciptakan konten dengan menyematkan kata kunci merupakan konsep penting dalam SEO. Artikel situs yang memuat topik tertentu akan bisa ditemukan oleh search engine.

Lantas, ketika pengguna internet memasukkan kata kunci tertentu, search engine akan menampilkan konten yang memuat kata kunci tersebut. Tanpa adanya kata kunci, tentu search engine tidak dapat menampilkan konten Anda.

3. Menyematkan Kata Kunci pada Sub Judul

Apakah cukup dengan menyematkan kata kunci pada konten? Tentu tidak karena masih perlu menyematkannya pada sub judul. Bukan sekedar menyematkannya di dalam isi artikel.

Search engine memang cenderung menyukai konten yang rapi, terstruktur dan human friendly. Jadi, optimalkan kata kunci pada konten yang memuat sub judul.

Baca juga: Pengertian SEO On Page dan Optimalisasi

Cara Lain untuk Mengoptimalkan SEO On Page

Mengoptimalkan SEO On Page tentu tidak cukup hanya dengan membuat konten berkualitas yang memuat kata kunci. Terapkan pula beberapa strategi di bawah ini.

1. Merancang Judul yang Menarik

Jangan pernah mengabaikan pentingnya judul pada konten. Judul berperan memikat pengguna internet untuk membaca konten Anda. Jika judulnya kurang menarik, bukankah mereka enggan untuk berkunjung ke situs Anda?

Judul yang menarik juga tidak melupakan kata kunci. Anda perlu merancang judul yang menarik dengan kata kunci di dalamnya. Sehingga search engine bisa menemukan konten Anda.

2. Optimalkan SEO On Page dengan Merancang Meta Description

Begitu selesai menciptakan judul dan konten yang menarik, perhatikan pula bagian meta description. Ketika menuliskannya, pastikan menyematkan kata kunci yang relevan supaya memperkuat halaman situs pada search engine.

3. Menambahkan Gambar atau Video

Lengkapi konten dengan gambar atau video. Karena, jika hanya berupa teks, pengunjung akan merasa bosan saat membacanya. Terutama jika artikelnya cukup panjang.

Jadi, coba tambahkan satu atau dua gambar di setiap konten sehingga tampak menarik bagi pengunjung. Boleh pula menambahkan video untuk memudahkan pengunjung memahami isi konten.

Bahkan, adanya video juga memberikan kesempatan lebih besar bagi konten untuk tampil pada halaman hasil pencarian search engine. Peluangnya jauh lebih besar daripada konten yang tidak memuat video.

4. Memasukkan Internal Link

Internal link bermanfaat dalam mengarahkan pengunjung ketika hendak berpindah dari satu halaman menuju halaman lainnya di situs yang sama. Jadi, cukup klik satu link untuk beralih ke konten lainnya.

Strategi SEO adalah salah satu strategi yang semakin penting, mengingat masyarakat sering melakukan aktivitas searching produk sebelum membelinya. Jadi, memahami cara kerja SEO On Page akan membantu mendatangkan pengunjung ke situs Anda. Namun jika Anda tidak ingin kesulitan bisa gunakan jasa seo Jakarta dari Toprank Indonesia.

Published On: September 4th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!