Siapa Pembuat Mesin Pencari Google?

Dedi

pembuat mesin pencari google

Penasaran dengan pembuat mesin pencari Google? Perayaan ulang tahun ke-27 Google dilaksanakan pada 27 September 2023, menandai perjalanan panjang sejak proyek awal yang digagas oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1996. Saat itu, keduanya masih menjadi mahasiswa pascasarjana di Stanford University.

Mereka memulai pengembangan mesin pencari yang awalnya disebut “BackRub” dan dioperasikan melalui server di kampus mereka. Pada tahun 1997, Larry mengganti nama BackRub setelah berdiskusi dengan teman-teman mahasiswa, termasuk rekan mereka Sean Anderson. Jika Anda penasaran dengan profil pembuat mesin pencari Google, yuk simak penjelasan lengkap kami ini.

Profil Larry Page Pembuat Mesin Pencari Google

Salah satu pembuat mesin pencari Google yang bernama lengkap Lawrence Edward Page lahir pada 26 Maret 1973, di East Lansing, Michigan, Amerika Serikat (AS). Ayahnya, Dr. Carl Victor Page, merupakan seorang profesor ilmu komputer dan kecerdasan buatan di Michigan State University,

Sementara ibunya, Gloria, mengajar pemrograman komputer di sana. Rumah keluarga Page dipenuhi dengan komputer pribadi dan majalah ilmiah generasi pertama. Kakak laki-lakinya, Carl Page, juga dikenal sebagai seorang pengusaha internet yang sukses.

Page memulai pendidikan tingkat dasarnya di sekolah Montessori dan melanjutkan ke sekolah menengah East Lansing. Setelah lulus, dia memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi di Universitas Michigan. Di mana akhirnya meraih gelar Sarjana atau Bachelor of Science di bidang teknik. Page adalah seorang siswa berprestasi di universitas tersebut.

Setelah lulus, Lawrence Page melanjutkan studi pasca-sarjana di bidang ilmu komputer di Stanford University, Palo Alto, California. Di sana, ia melakukan proyek penelitian pertamanya dengan menganalisis pola hubungan antara situs yang berbeda di World Wide Web.

Selama waktu ini, Page bertemu dengan mahasiswa pascasarjana ilmu komputer lainnya, Sergey Brin, dan merekrutnya untuk bergabung dalam proyek penelitiannya. Menurut Biography, Lawrence Page menikah dengan ilmuwan peneliti Lucinda Southworth sejak tahun 2007, dan pasangan tersebut dikaruniai dua anak.

Profil Sergey Brin Pembuat Mesin Pencari Google

Pembuat mesin pencari Google yang lainnya adalah Sergey Mikhailovich Brin yang lahir pada 21 Agustus 1973 di Moskow, Uni Soviet. Ayahnya, Mikhail Brin, dan ibunya, Evgenia Brin (née Krasnokutskaya), adalah matematikawan lulusan Moscow State University. Ketika Brin berusia enam tahun, keluarganya pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1979.

Brin memulai pendidikannya di Sekolah Dasar Paint Branch Montessori di Adelphi, Maryland. Ayahnya, seorang profesor matematika di University of Maryland, turut berperan dalam mengembangkan minat Brin dalam matematika. Setelah lulus dari Eleanor Roosevelt High School pada September 1990, Brin melanjutkan kuliah di University of Maryland, College Park.

Di sana, ia memilih jurusan Ilmu Komputer dan Matematika, meraih gelar Bachelor of Science pada tahun 1993. Brin kemudian melanjutkan pendidikan ilmu komputernya di Stanford University dengan beasiswa dari National Science Foundation, meraih gelar master pada Agustus 1995.

Tak lama setelah kuliah di Stanford, Brin mulai tertarik pada internet dan mesin pencari, menulis banyak artikel tentang penambangan data dan ekstraksi pola. Ia juga mengembangkan perangkat lunak yang mempermudah konversi TeXT ke HTML.

Brin menikahi Anne Wojcicki di Bahama ada Mei 2007. Wojcicki adalah seorang analis bioteknologi lulusan Yale University dan pendiri 23andMe.

Brin memiliki pengaruh besar di dunia teknologi melalui perannya sebagai salah satu pendiri Google bersama Larry Page. Google, sebagai perusahaan teknologi terkemuka, menyediakan layanan yang mencangkup berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Seperti mencari informasi, navigasi menggunakan peta, dan belanja online.

Pada tahun 2008, Brin menyumbangkan sebagian besar kekayaannya ke Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, dimana ibunya menerima perawatan untuk Parkinson.

Buku “Sergey Brin and Larry Page: The Creators of Google” memberikan gambaran mendalam tentang dua tokoh yang telah membawa dunia ke ujung jari kita melalui kontribusi mereka dalam teknologi dan pencarian informasi.

Baca Juga: Pengertian Search Engine, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

Awal Berdirinya Google

Setelah Anda mengetahui profil dari dua orang pembuat mesin pencari Google, Anda juga perlu tahu awal mulanya Google berdiri. Selama menjalani program pascasarjana, Larry Page dan Sergey Brin, bersama-sama mengembangkan sebuah mesin pencari yang diperkenalkan pada tahun 1998.

Meskipun awalnya mereka merasa tidak selaras satu sama lain karena perbedaan dalam setiap topik pembicaraan mereka. Namun akhirnya mereka menemukan kesamaan minat dalam bidang mesin pencari. Kesepakatan pun tercapai untuk menjalankan mesin pencari tersebut dengan nama Google.

Google didasarkan pada teknologi PageRank yang sudah dipatenkan, menggunakan struktur tautan antar situs web untuk menentukan peringkat suatu situs. Keduanya kemudian menggarap suatu proyek besar yang menjadi kontribusi penting mereka dalam pembentukan Google.

Proyek tersebut berkaitan dengan analisis data besar berdasarkan gugusan informasi. Dokumen hasil kerja mereka, yang berjudul “The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine,” menjadi salah satu dari sepuluh makalah ilmiah paling banyak diakses di Stanford University.

Saat masih menjadi mahasiswa di universitas, Page menciptakan printer inkjet menggunakan balok-balok Lego. Page memimpin Google sebagai co-presiden bersama Brin hingga tahun 2001 ketika mereka mempekerjakan Eric Schmidt sebagai ketua dan kepala eksekutif Google. Saat ini, Page mengelola Google bersama dengan Brin dan Schmidt sebagai tim kepemimpinan tritunggal.

Baca Juga: Salah Satu Penyedia Layanan Search Engine Adalah?

Kantor Pertama Google

Perjalanan Google menuju kesuksesan penuh liku-liku. Dimulai sebagai proyek penelitian oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1996 ketika keduanya masih mahasiswa pascasarjana di Stanford University. Awalnya, mereka bekerja pada proyek penelitian bersama yang berkembang menjadi mesin pencari bernama BackRub, yang dijalankan dengan server di kampus.

Pada saat mendirikan Google, mereka berhasil mendapatkan investasi awal sebesar $100.000 dari salah satu pendiri Sun, Andy Bechtolsheim (senilai Rs 1,3 miliar). Kantor pertama Google berlokasi di sebuah garasi yang kini dimiliki oleh CEO YouTube, Susan Wojcicki.

Seiring dengan pertumbuhan perusahaan, Google mulai merekrut insinyur dan membentuk tim penjualan. Kantor pusat Google kemudian pindah ke GooglePlex di Mountain View, California. Google telah berkembang menjadi sebuah perusahaan raksasa dengan lebih dari 50.000 karyawan di 50 negara.

Google terus berinovasi dengan mengakuisisi perusahaan teknologi dan menyempurnakan produknya yang digunakan secara global. Selain sebagai salah satu pembuat mesin pencari Google, Larry Page menjabat sebagai CEO perusahaan dari 2011 hingga 2015.

Pada Agustus 2015, Google, yang masih dijalankan oleh Page, melakukan restrukturisasi dengan mendirikan perusahaan induk bernama Alphabet Inc., bertujuan untuk mendorong kewirausahaan dan inovasi. Hingga saat ini, Larry Page menjabat sebagai CEO Alphabet Inc., sementara posisi CEO Google telah dipegang oleh Sundar Pichai.

Penutup

Nah itulah penjelasan tentang profil dua orang pembuat mesin pencari Google. Di zaman yang serba digital ini, peluang untuk memperluas jangkauan bisnis Anda semakin besar dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh Google.

Salah satu cara efektif untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui penerapan strategi pemasaran online yang terfokus, di mana Anda dapat mengandalkan bantuan profesional dari Toprank Indonesia yang merupakan digital marketing agency Jakarta.

Toprank Indonesia sebuah perusahaan dengan pengalaman yang luas dalam mengoptimalkan kinerja website melalui layanan jasa SEO jakarta. Dengan menggabungkan kekuatan teknologi Google dan keahlian SEO dari Toprank Indonesia. Anda dapat memastikan bahwa bisnis Anda tidak hanya terlihat oleh lebih banyak konsumen potensial. Tapi juga mampu bersaing secara efektif di pasar digital yang kompetitif seperti saat ini.

Jadi, jangan ragu untuk menghubungi SEO agency Toprank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan digital marketing Anda. Kami pastikan situs web Anda dioptimasi oleh SEO specialist berpengalaman dan profesional!

Published On: Februari 2nd, 2024 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!