Pentingnya digital marketing harus dipahami oleh para pelaku bisnis jika bisnisnya ingin mudah ditemukan oleh konsumen melalui internet. Perlu diketahui bahwa internet mengubah cara konsumen menemukan, mengevaluasi, dan membeli produk dan layanan.

Strategi pemasaran telah berkembang dan bisnis perlu mengikuti perkembangan zaman. Pentingnya digital marketing terletak pada kenyataan bahwa bisnis dapat menjangkau konsumen secara global. Itu juga tidak mahal dan menawarkan banyak pilihan untuk terhubung dengan pelanggan potensial di seluruh dunia. Content marketing, SEO, SEM, SMM, dan Email marketing semuanya membantu meningkatkan pengenalan merek dan memberitahu klien tentang produk/layanan Anda.

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah penggunaan saluran atau teknologi digital untuk menjual atau mempromosikan produk atau layanan. Jenis digital marketing bisa berupa Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM) Pay Per Click (PPC) Content Marketing, Email marketing, Influencer dan semuanya yang berada di bawah payung pemasaran digital.

Sederhananya, jika Anda didorong untuk membeli sesuatu saat online, maka itulah pemasaran digital yang bekerja. Teknik digital marketing yang dirancang dengan baik dapat membantu merek Anda tampil di hadapan audiens target Anda.

Apabila sebuah bisnis mampu menjangkau konsumen secara global, maka membuka peluang untuk mendapatkan lebih banyak prospek dan konversi. Anda juga bisa promosi sepanjang hari, ini artinya, bisnis Anda dapat diakses oleh calon pelanggan 24 jam nonstop tanpa harus Anda berjaga disana.

Pentingnya Digital Marketing Untuk Kesuksesan Sebuah Bisnis

Digital Marketing dapat membawa banyak peluang dan pertumbuhan bagi bisnis. Hal ini dapat menyebabkan eksposur dan lebih banyak penjualan. Bagaimanapun, tujuan Anda sebagai pemilik bisnis adalah untuk meningkatkan omset Anda. Berikut alasan mengapa digital marketing penting bagi bisnis:

1. Jangkauan Lebih Global

Tahukah Anda bahwa lebih dari 7,7 miliar orang menggunakan Internet di seluruh dunia? Sudah menjadi kebiasaan dari kehidupan kita sehari-hari untuk melakukan pencarian, memeriksa media sosial, dan membeli produk secara online.

Dan jika bisnis Anda ingin mendapatkan keuntungan dari basis audiens yang besar ini, memaksimalkan kehadiran online Anda adalah kuncinya. Di sinilah digital marketing masuk ke dalam strategi promosi Anda. Pemasaran digital adalah tentang menjangkau orang yang tepat pada waktu yang tepat. Oleh karena itu, untuk memulainya, seseorang harus memiliki toko online yang menarik dengan navigasi yang mudah untuk meningkatkan jangkauan audiens.

Digital marketing akan memungkinkan bisnis Anda untuk menargetkan orang-orang yang cenderung tertarik membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan. Dengan memposting konten berkualitas tinggi dan mempelajari siapa yang mengunjungi website atau terlibat dengan postingannya, maka Anda  akan mendapatkan wawasan tentang audiens targetnya dan menyesuaikan strategi yang lebih efektif.

*Baca Juga: Pengertian, Contoh, dan Tugas Digital Marketing

Dalam proses ini, berbagai media dalam digital marketing pada akhirnya dapat membantu dalam membangun merek Anda. SEO, SEM, PPC, SMM dan jenis pemasaran online  lainnya menjadi media yang dapat membantu Anda mencapai tujuan online Anda.

Pemasaran digital menempatkan Anda pada posisi untuk menjangkau pelanggan yang siap bertindak. Bergantung pada posisi mereka dalam perjalanan pelanggan , mereka mungkin ingin mendaftar uji coba gratis atau meminta informasi lebih lanjut.

Atau, mungkin mereka sudah membeli dan mungkin ingin merujuk teman untuk mendapatkan diskon. Apa pun tahapnya, pemasaran online meyakinkan pelanggan potensial untuk mengambil tindakan yang Anda inginkan. Pemasaran digital secara unik memungkinkan Anda menjangkau pelanggan yang siap bertindak sekarang, secara real time.

2. Pesaing Anda Sudah Melakukannya

Salah satu alasan pentingnya digital marketing bagi pelaku bisnis, karena pesaing sudah menggunakannya. Banyak pesaing Anda telah memanfaatkan digital marketing untuk mendapatkan pelanggan online.

Anda dapat memeriksa apa yang dilakukan pesaing Anda dan mencatatnya. Anda dapat menggunakan apa yang Anda ketahui untuk membuat strategi yang lebih baik untuk mendorong lebih banyak pelanggan ke bisnis Anda daripada pesaing Anda.

Jika Anda tidak secepatnya bertindak dan tetap bertahan pada strategi pemasaran lama, maka bisnis Anda akan tertinggal jauh. Pesaing Anda sudah menjangkau ribuan bahkan jutaan konsumen di seluruh wilayah Indonesia bahkan mancanegara.

*Baca Juga: Mengenal Layanan Digital Marketing Agency

Pesaing Anda telah membuat akun media sosial, mengelola website dengan menerapkan teknik SEO, dan menjalankan iklan berbayar untuk menjangkau prospek baru. Alasan ini sendiri menjadi salah satu alasan mengapa Anda harus menggunakan digital marketing.

Jika Anda ingin bisnis Anda bersaing dengan bisnis orang lain, Anda harus melakukan apa yang dilakukan pesaing Anda dan  melakukannya lebih baik dari mereka. Dengan mengabaikan pemasaran digital, Anda sudah tertinggal dari pesaing Anda.

Ada alat pemasaran digital yang tersedia secara online yang digunakan para profesional untuk platform pemasaran online mereka. Beberapa alat ini akan membantu bisnis memata-matai pesaing. Anda akan mengetahui semua strategi yang mereka terapkan pada merek mereka.

3. Mampu Bersaing dengan Perusahaan Besar

Digital marketing tidak akan membeda-bedakan tingkatan bisnis, siapapun dapat bersaing untuk mendapatkan pelanggan online. Dengan pemasaran digital, bisnis kecil sekalipun dapat bersaing dengan perusahaan besar. Selagi Anda menerapkan strategi pemasaran digital yang efektif, maka Anda dapat mengalahkan merek-merek besar.

Menganalisis pesaing adalah kegiatan utama dalam pemasaran digital. Kegiatan ini penting untuk mengikuti persaingan terutama di antara merek-merek yang berkembang pesat dan menjadi pesaing terberat Anda. Anda dapat menggunakan saluran seperti SEO, PPC, media sosial untuk mengarahkan konsumen ke bisnis Anda.

4. Hemat Biaya dan Lebih Cepat

Banyak orang berpikir bahwa digital marketing adalah pemasaran yang mahal. Tapi tahukah Anda bahwa digital marketing lebih terjangkau daripada pemasaran tradisional? Jika Anda adalah bisnis yang memiliki sumber daya terbatas, mengeluarkan uang untuk beriklan secara tradisional tidaklah cukup.

Memasang iklan di papan reklame dan membuat selebaran brosur bukanlah cara efektif untuk mendatangkan pelanggan dengan cepat. Lagi pula cara ini juga mahal, Anda hanya akan membuang uang dan energi jika Anda membagikan selebaran brosur kepada orang-orang tidak membutuhkan produk atau layanan Anda.

Tetapi dengan pemasaran digital, bisnis kecil pun dapat segera memulai prosesnya. Anda hanya perlu mempelajari tentang digital marketing dan kemudian mencoba salah satu jenis pemasaran digital seperti pemasaran media sosial, SEO, SEM dan banyak lagi.

5. Menargetkan Pelanggan Potensial

Jika pemasaran tradisional akan sulit untuk menargetkan pelanggan potensial, maka dengan digital marketing, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Kemampuan untuk menargetkan prospek potensial adalah salah satu alasan paling jelas mengapa pemasaran digital itu penting.

Coba bayangkan saja Anda bisa memasarkan produk atau layanan Anda langsung ke orang-orang yang memiliki minat pada produk atau layanan Anda. Dengan pemasaran digital, Anda memiliki kemampuan untuk langsung menjangkau prospek yang tertarik dengan bisnis Anda.

Cara menargetkan pelanggan potensial dengan digital marketing yaitu memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh konsumen dengan melibatkan keyword relevan. Apabila Anda mampu menciptakan strategi pemasaran yang tepat, maka orang-orang yang datang pada bisnis Anda adalah mereka yang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

6. Mampu Meningkatkan Konversi

Jika Anda ingin mengetahui pentingnya media digital, lihatlah hasil yang dihasilkannya untuk bisnis.  Tidak seperti pemasaran tradisional, pemasaran digital memiliki pengembalian investasi yang lebih tinggi dan tingkat konversi yang lebih tinggi, yang berarti bisa mendapatkan penjualan yang lebih tinggi.

Anda dapat mengukur CRO (Conversion rate Optimisation) secara real-time. Data tersebut dapat membantu memahami persentase keseluruhan penelusuran yang dikonversi menjadi prospek dengan membeli produk. PPC, Social Media Marketing, layanan SEO , pemasaran afiliasi adalah beberapa saluran aktif untuk berkomunikasi dan mendapatkan konversi tinggi.

Apa yang baik untuk diketahui adalah Anda menghabiskan lebih sedikit waktu dan uang saat menggunakan pemasaran digital untuk mempromosikan merek Anda. Anda dapat memperoleh hasil lebih besar dengan strategi  pemasaran digital yang tepat.

Nah, itulah alasan pentingnya digital marketing di era digitalisasi khususnya untuk bisnis. Jika Anda butuh layanan digital marketing seperti jasa pembuatan website, jasa SEO, Google Ads dan pemasaran online lainnya. Jangan ragu untuk menghubungi Toprank Indonesia, kami dapat membantu mempromosikan bisnis Anda dengan strategi digital marketing yang efektif untuk mendatangkan pelanggan.

Published On: January 18th, 2023 / Categories: Tips Digital / Tags: , /