Dalam dunia digital marketing, mungkin anda sering mendengar dua strategi umum yang sering orang gunakan, yaitu Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Meskipun kedua strategi ini mempunyai keunggulan masing-masing, tetapi tetap memanfaatkan search engine.

Namun tahukan anda, apa perbedaan SEO dan SEM? Lalu bagaimana kelebihan dan kekurangan dari SEO dan SEM? Untuk memahami kedua hal ini, anda bisa melihat penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization adalah teknik sistematis untuk mengoptimasi keyword yang ada pada sebuah website. SEO bertujuan agar website bisa terindeks oleh mesin pencari dan ditampilkan dalam hasil pencarian yang umum disebut SERP (Search Engine Result Page).

SEO sendiri merupakan salah satu cara agar anda bisa meningkatkan traffic website anda sehingga nantinya banyak orang yang datang mengunjungi website anda dan diharapkan akan banyak calon pelanggan juga yang akan datang dari sekian banyak traffic pengunjung tersebut.

Search Engine Optimization sendiri berfokus pada optimasi konten website anda melalui beberapa keywords atau kata kunci penting yang sebelumnya harus dilakukan riset secara mendalam. Dengan menggunakan keyword yang tepat, maka pengguna mesin pencari pun dapat menemukan website anda dengan mudah dan  anda bisa menaikkan traffic website anda secara organik.

SEO sendiri secara umum dibagi menjadi dua tipe. Pertama adalah SEO On Page, yaitu aktivitas SEO yang berfokus pada konten dan segala halaman yang berhubungan dengan tampilan website. SEO On Page biasanya berkutat pada penempatan target keyword secara strategis di web atau blog, baik itu melalui judul, heading dan subheading, meta title dan meta description snippet website tersebut, dsb.

Salah satu aspek penting dari On page SEO yaitu mencakup seberapa cepat website tersebut memuat halaman, biasanya hal ini bergantung pada banyaknya javascript atau plugin di webpage tersebut, ukuran image, dll. Hal tersebut adalah beberapa aspek yang berkaitan dengan SEO On page.

Lain halnya dengan SEO Off page, biasanya dalam aspek off page hal yang ditekankan adalah membangun backlink yang mempunyai kualitas tinggi  atau yang biasa sering disebut link building. Link building terdiri dari internal link-building dan eksternal link building,nantinya kedua hal ini berguna untuk membangun otoritas website anda sehingga crawler atau bot mesin pencari menganggap situs anda merupakan situs web yang terpercaya, selain itu Off Page juga membantu dalam promosi website atau bisnis anda.

Pengertian Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing sendiri sebenarnya hampir mirip dengan SEO secara sekilas, keduanya sama – sama mengoptimasi website agar menduduki peringkat teratas dalam SERP, akan tetapi jika SEO optimasi website agar mendapatkan traffic secara organik, SEM sendiri menggunakan iklan sebagai penunjang nya. SEM sendiri dalam penerapannya menggunakan banyak metode.

Metode – metode tersebut antara lain adalah PPC atau Pay Per Click dimana kampanye iklan ini hanya perlu anda bayar ketika orang lain mengklik iklan anda. Lalu ada juga yang dinamakan Pay Per Thousand impression yang anda hanya perlu membayar ketika ada 1000 orang yang melihat iklan anda dan yang terakhir adalah Pay Per Conversion dimana anda hanya akan membayar ketika tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya tercapai (seperti jumlah user baru, produk terjual, dll).

Perbedaan SEO dan SEM

1. Kecepatan Hasil

Perbedaan yang mendasar antara keduanya adalah kecepatan masing – masing strategi yang berbeda dalam mencapai tujuan strategi digital marketing masing – masing. Dalam konteks ini SEM biasanya akan lebih cepat mendapatkan hasil dibanding SEO yang membutuhkan waktu yang agak lama dikarenakan banyaknya hal yang harus dioptimasi.

2. Target

Perbedaan yang lain adalah bagaimana penentuan target audiens yang diinginkan, jika SEO sendiri tidak bisa secara gamblang menetapkan target secara spesifik  dikarenakan sifatnya yang organik, lain halnya dengan SEM, SEM dalam penerapannya bisa menetapkan target iklan yang akan anda kampanyekan sesuai dengan kriteria – kriteria tertentu sehingga nantinya strategi SEM dapat menjangkau orang – orang yang memang merupakan target iklan kita dan lebih spesifik.

3. Rentang Waktu

Salah satu perbedaan yang signifikan dari kedua hal tersebut adalah bagaimana rentang waktu proses masing – masing strategi. Dalam penerapan strategi SEO dibutuhkan waktu yang tidak sedikit, anda perlu membutuhkan waktu hingga berbulan – bulan untuk melihat adanya progress sehingga dibutuhkan proses optimasi yang konsisten dalam waktu yang cukup lama. Disisi lain ketika anda menggunakan SEM maka prosesnya pun relatif lebih singkat dari awal anda optimasi hingga iklan tersebut ditampilkan ke target – target audiens yang anda terapkan di awal.

4. Biaya

Selain itu faktor biaya juga jadi pembeda antara keduanya, dalam melakukan SEO anda bisa mengeluarkan biaya yang hanya sedikit atau bahkan tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Untuk menjalankan SEM anda perlu mengeluarkan biaya yang terbilang lebih tinggi dibandingkan dengan SEO, besaran biaya nya bisa variatif tergantung jenis kampanye iklan anda.

5. Click Through Ratio (CTR)

Dikarenakan hasil SERP yang ditampilkan melalui proses SEM memiliki ikon “iklan” atau “ads” banyak pengguna yang cenderung enggan untuk mengklik webpage atau link tersebut. Umumnya disini dapat dikatakan potensi dari SEO sendiri sebenarnya lebih besar karena merupakan hasil yang organik, akan tetapi hal ini tidak berlaku untuk beberapa kasus tertentu.

Keuntungan Menggunakan SEO

1. Lebih Hemat Biaya dan Cost

Seperti yang sudah dijelaskan perbedaan yang signifikan antara SEO dan SEM adalah biaya yang dikeluarkan. Ketika anda menggunakan teknik seo, anda bisa menaikkan traffic website anda secara organik tanpa mengeluarkan biaya yang tinggi atau bahkan bisa tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun.

2. Website Teroptimasi Dengan Baik

Website yang teroptimasi dengan baik akan berdampak pada meningkatnya traffic pengunjung website tersebut, pengunjung website yang banyak ini tentunya juga akan menarik costumer – costumer potensial yang dapat menjadi pelanggan setia bisnis anda di kemudian hari.

3. Baik Untuk Strategi Jangka Panjang

Meskipun SEO memerlukan waktu yang cukup lama dalam mencapai hasil, akan tetapi jika kita melihat SEO merupakan suatu hal yang penting untuk keberlangsungan bisnis dan strategi digital marketing anda. Dengan adanya strategi SEO yang baik anda dapat dengan mudah menggunakannya sebagai pondasi untuk strategi digital marketing kedepannya, selain itu SEO juga dapat meningkatkan Brand Awareness.

Keuntungan Menggunakan SEM

1. SEM Cenderung Lebih Tepat Sasaran

Dalam kampanye iklan menggunakan SEM seperti melalui google ads, target dari audiens akan lebih tepat saran karena nantinya iklan hanya akan ditampilkan kepada orang – orang yang memang sudah ditentukan sebelumnya dan masuk kedalam kriteria – kriteria tertentu dan tentunya hal ini membuat strategi ini cenderung lebih terfokus, relevan dan spesifik.

2. Hasil Yang Lebih Cepat

Meskipun tidak instan akan tetapi hasil yang diinginkan ketika menggunakan SEM akan lebih cepat dibandingkan dengan anda menggunakan SEO. Iklan anda akan lebih mudah mencapai target audiens dalam waktu yang relatif singkat, sehingga anda tidak perlu menunggu waktu yang terlalu lama dalam proses digital marketing anda ketika menggunakan SEM.

3. Penggunaanya Mudah Untuk Dikontrol

Dengan menggunakan SEM anda dapat dengan mudah menentukan target, biaya dan jangka waktu kampanye iklan. Selain itu anda juga bisa menentukan media yang anda akan gunakan untuk iklan, seperti Display Ads, Video Ads ataupun Apps Ads. Hal ini membuat anda dapat mengiklankan produk atau jasa anda melalui berbagai saluran yang variatif sehingga akan semakin tinggi eksposur bisnis anda di target market.

Meskipun kedua hal tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Akan tetapi, strategi pemasaran digital yang lebih baik adalah ketika anda menggunakan keduanya secara bersamaan, ketika anda menggunakan keduanya secara beriringan, nantinya hasil dari strategi digital marketing Anda pun akan lebih optimal dan tidak memiliki kekurangan di salah satu atau beberapa aspek.

Published On: March 2nd, 2022 / Categories: Tips Digital /