Banyak orang berpikir bahwa branding hanya dibutuhkan untuk bisnis saja. Padahal, branding juga penting bagi beberapa orang, seperti influencer, freelancer, programmer, dan lain sebagainya. Personal branding bisa menjadi citra diri dari seseorang.

Citra diri yang positif dan profesional menentukan kredibilitas seseorang di mata orang lain. Ada beberapa hal penting dalam citra diri, yaitu otentik, konsisten, menarik untuk orang-orang di sekitar, dan dikenal banyak orang atau familiar.

Dalam dunia kerja maupun bisnis, membangun citra diri menjadi hal yang penting dah harus diperhatikan. Beberapa tokoh dunia juga berhasil sukses karena didukung oleh citra diri yang bagus. Anda bisa lihat beberapa contohnya dibawah ini.

Contoh Personal Branding

Ada beberapa contoh personal branding dari tokoh-tokoh terkenal di dunia yang mungkin bisa jadi inspirasi kalian, berikut diantaranya:

1. Bill Gates

Siapa yang tidak kenal sosok Bill Gates? CEO sekaligus pendiri Microsoft ini berhasil membangun citra dirinya sebagai salah satu sosok orang terkaya di dunia. Hal ini karena Bill Gates berhasil membangun perusahaan teknologi yang berguna bagi banyak orang.

2. Victoria Beckham

Saat menyebut nama Victoria Beckham, mungkin langsung terlintas bahwa dia adalah istri David Beckham. Image yang dibangun sangat kuat, berkat sosok David Beckham yang juga terkenal. Victoria berhasil membangun citra dirinya sebagai trendsetter fashion.

Selain tokoh dunia di atas, ada berapa publik figur Indonesia yang memiliki citra diri cukup kuat. Contohnya Jerome Polin yang dikenal sebagai mahasiswa berprestasi yang menyukai matematika. Lalu Raffi Ahmad yang terkenal sebagai artis multitalenta, Susi Pudjiastuti yang dikenal sebagai pebisnis wanita yang berani serta tegas.

Manfaat Personal Branding

Membangun personal branding pada dasarnya untuk menciptakan nilai positif terhadap diri sendiri. Membangun citra diri ini bisa menjadi investasi di masa depan. Berikut beberapa manfaat membangun personal branding.

1. Sebagai pembeda

Setiap orang itu istimewa dan unik tetapi tidak semua orang bisa menunjukkannya. Membangun citra diri akan membuat seseorang terlihat unik dan otentik. Hal ini tentu dapat membuat orang lain akan lebih mudah untuk mengingat Anda.

2. Sebagai daya tarik untuk promosi

Seperti halnya sebuah produk yang akan lebih menarik dengan branding yang kuat. Seseorang juga perlu citra yang bagus dan menarik supaya lebih mudah diingat.

Melalui citra diri yang baik, seseorang bisa dipromosikan untuk naik jabatan, lulus seleksi pekerjaan, dan lain sebagainya. Membangun citra diri tidak bisa dilakukan begitu saja, harus dilakukan dengan konsisten agar Anda di sukai oleh orang-orang sekitar.

3. Sebagai pengendali sekitar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa citra diri seseorang yang kuat dapat mempengaruhi orang-orang di sekitarnya. Dalam kata lain, citra diri adalah magnet yang dapat mengendalikan orang-orang atau bahkan kondisi sekitar.

Orang biasanya akan percaya pada seseorang yang dapat membawa kondisi ke arah yang lebih baik. Kepercayaan tersebut tentu tidak diberikan pada semua orang tetapi hanya orang-orang yang memiliki citra diri yang memang bagus dan meyakinkan.

4. Sebagai prestise dan jaminan kualitas

Citra diri yang baik juga bermanfaat untuk menunjukkan profesionalitas dan kemampuan. Membentuk citra diri sebagai pekerja yang kompeten, karyawan yang rajin, dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat kualitas diri juga ikut naik.

Terkadang seseorang tidak terlalu diperhitungkan padahal ia sangat kompeten. Kondisi tersebut bisa terjadi pada seseorang yang tidak membangun citra diri mereka dengan baik sehingga orang lain pun memandangnya dengan sebelah mata.

5. Sebagai pembuka jalan untuk peluang baru

Personal branding bermanfaat untuk membantu Anda lebih mudah diingat orang lain. Hal ini bisa saja membuka peluang baru di masa depan yang mungkin tidak pernah diduga.

Misalnya, saat ada proyek baru perusahaan bisa saja menghubungi Anda bukan orang lain karena yang mereka ingat Anda berkualitas dalam mengerjakan tugas yang diperintahkan.

Selain manfaat yang telah di sebutkan di atas, membangun citra diri juga penting secara profesional. Dalam dunia kerja, citra diri sangat penting untuk dibangun dengan baik. Citra diri memiliki banyak manfaat seperti berikut ini.

  • Meningkatkan kredibilitas
  • Membangun koneksi
  • Menumbuhkan kepercayaan diri

Cara Membangun Personal Branding

Eksistensi seseorang sangat ditentukan oleh citra diri yang mereka bangun, baik itu di kehidupan sosial, tempat kerja, maupun lainnya. Lantas, bagaimana cara membangun personal branding yang baik dan bagus? Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Tentukan tujuan

Dalam membangun citra diri sebaiknya diawali dengan menentukan tujuan yang ingin diraih. Jika memiliki tujuan yang lebih jelas, akan lebih mudah untuk menentukan strategi yang tepat dalam membangun citra diri.

2. Lakukan riset

Membangun citra diri yang baik tidak hanya mengenai diri sendiri, tetapi juga memperhatikan orang lain di sekitar. Hal ini terkait persaingan di dunia kerja, Anda perlu memiliki citra diri yang memukau agar lebih dikenal orang lain.

Anda dapat mengamati bagaimana orang-orang di sekitar seperti kebiasaannya, etos kerja, kualitas kerjanya, dan lain-lain. Hal ini bisa menjadi semangat untuk Anda bisa menonjolkan citra diri yang lebih unik.

3. Tentukan karakter yang ingin ditonjolkan

Ada banyak sekali karakter orang, tetapi akan lebih mudah diingat untuk mereka yang memiliki karakter paling kuat. Misalnya saja karakter seseorang yang ramah, lucu, mahir dalam teknologi, berkarisma, dan lain sebagainya.

Tentukan di awal seperti apa karakter yang ingin Anda tonjolkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Jangan lupa untuk konsisten dengan menonjolkan karakter tersebut agar orang-orang lebih mudah mengingatnya.

4. Jangan berbohong

Hal terpenting yang tidak boleh dilupakan dalam membangun citra diri adalah kejujuran. Meski tujuannya untuk menarik perhatian orang-orang di sekitar, namun sebaiknya originalitas tetap dijaga. Reputasi yang dibangun susah payah bisa hancur jika ternyata seseorang menjiplak identitas orang lain.

Anda harus menjadi diri Anda sendiri bukan bersandiwara dengan karakter orang lain. Misalnya saja untuk seorang travel blogger yang sering jalan-jalan ke luar negeri, pastikan semua yang ditampilkan memang pengalaman sendiri bukan milik orang lain.

*Baca Juga: Cara Membuat Logo Perusahaan yang Bagus

Sama seperti branding produk, orang lain akan lebih tertarik dengan yang orisinal dana otentik. Jika ingin membangun branding produk untuk bisnis, Anda bisa mengandalkan Toprank Indonesia. Jasa SEO dan penyedia layanan digital marketing yang berpengalaman untuk membantu meningkatkan branding dan penjualan produk.

Itulah beberapa hal penting mengenai personal branding. Melalui citra diri yang baik, akan lebih mudah untuk Anda dalam meningkatkan karir maupun bisnis.

Published On: November 22nd, 2022 / Categories: Tips Digital / Tags: /