Potensi Bisnis Online Menjanjikan di Indonesia

“Bisnis Online” Suatu hal yang kini tidak asing di telinga masyarakat terutama generasi milenial. Bisnis online semakin bertambah minatnya, bagaimana tidak? Segala informasi bahkan kegiatan kini banyak dapat diakses melalui internet baik dari komputer maupun smartphone! Apalagi menurut laporan Data Statista pada tahun 2018, data pengguna internet di Indonesia mencapai 95,2 Juta! Pengguna yang banyak ini menjadikan potensi ini sangat menjanjikan.

Ada beberapa alasan kenapa orang memilih bisnis online:

  • Modal Kecil: karena hanya cukup dengan modal ponsel, paket data atau wifi, kalian bisa memulai mencari keuntungan di bisnis ini.
  • Fleksibel: Apapun kegiatan kalian, baik pelajar, mahasiswa, karyawan bahkan ibu rumah tangga, selalu ada waktu untuk melakukan bisnis online.
  • Potensi Besar: Banyak sekali potensi atau bakat yang dapat dikembangkan dengan bisnis online, maka tak heran banyak yang memilih ini.

Sebelum kita memasuki pembahasan utama tentang bisnis online dan apa saja peluangnya, mungkin berberapa dari pembaca bertanya kepada penulis:

“Saya tidak punya bakat, apa bisa?”

“Bisnis online kan hanya jual barang aja?”

“Susah gak sih untuk mulainya?”

Nah, agar pembaca makin paham dan yakin betapa gampangnya mulai bisnis online, yuk kita bahas selengkapnya dibawah ini!

1001 Peluang di Bisnis Online

Meskipun ini terdengar klise, namun ada benarnya bahwa di bisnis online kalian bisa melakukan atau menemukan banyak bakat atau skill baru. Sangat bisa karena kini, kalian bisa banyak belajar seperti dari tutorial baik dari social media maupun beberapa website. Youtube salah satunya platform yang banyak dikunjungi untuk belajar skill baru maupun tutorial.

Suka Kopi atau mau buka usaha kopi? Bisa belajar dari video tutorial youtube

Bisnis Kopi

Bisnis Online, Lebih Dari Sekedar Jualan Barang Online

Bisnis online bukan berarti Online Shop saja, banyak hal yang bisa kalian lakukan dilapak ini, mulai dari usaha berfaedah bahkan usaha gak berfaedah bisa dikerjakan di dunia maya ini, gak percaya? Liat yuk foto dibawah ini!

Jasa Pawang Hujan

Pawang Hujan aja sekarang buka bisnis online

Terdengar aneh bahkan gak berfaedah bagi berberapa orang, tapi fakta. Pawang Hujan aja bisa memanfaatkan bisnis online, jadi gak alasan lagi dong untuk tidak memulai bisnis online?

Banyak hal yang kalian bisa lakukan, yuk simak dibawah ini:

Punya barang untuk dijual? Bisa Buka Online Shop!

Bisnis Online

Hobi masak, suka bikin barang unik, atau mungkin sekedar reseller? Tenang, kalian bisa mulai usaha kalian di E-Commerce ini. Ditambah, sekarang banyak platform yang bisa kalian manfaatkan untuk menjual barang kalian seperti di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibi, Amazon dan sejenisnya. Kalian juga bisa menjadi dropshipper atau menggunakan social media seperti Instagram atau Facebook sebagai lapak toko online kalian. 

Suka Fashion? Yuk Buka Fashion Online!

Bisnis Fashion Online

Bisnis Fashion saat ini merupakan bisnis menjanjikan di dunia, termasuk di Indonesia. Pasalnya, Fashion memiliki target pasar yang luas terutama dikalangan kalangan milenial, masyarakat menengah dan di daerah metropolitan.

Terlebih, di Indonesia sendiri target pasar fashion sangat luas seperti fashion hijab, gamis, aksesoris, rok, sepatu, celana dll.

Dari beragam jenis fashion tersebut bisa Anda pilih salah satu atau fokus pada satu kategori yang Anda minati. Selanjutnya bisa dibuat target pasar apakah fokus untuk anak, remaja, dan dewasa.

Membuka bisnis online ini tak perlu menyewa tempat dan modal yang besar. Karena sejatinya bisnis online termasuk gratis yang bisa dipasarkan lewat smartphone melalui akun sosial media yang kalian gunakan.

Selain bisa diposting lewat sosial media, Anda pun bisa memasarkannya lewat marketplace yang ada di Indonesia. Beragam marketplace di Indonesia telah hadir dengan memiliki kelebihan tersendiri. Maka tugas Anda selanjutnya adalah memilih marketplace yang sesuai dengan keinginan Anda.

Suka Trading Online? Yuk Gunakan Platform Trading Online

Trading Online

Trading online kini juga merupakan kegiatan yang kerap sering dilakukan di platform online. Pasalnya, modal yang dikeluarkan tidak besar dan terdapat banyak website maupun aplikasi terpercaya untuk melakukan trading online. Karena kemudahannya ini, meskipun kalian pekerja karyawan full time, kalian tetap bisa melakukan kegiatan trading online ini, tentu dengan aplikasi yang telah diverifikasi oleh OJK ya.

Suka Desain Grafis? Yuk Bikin Portofolio di Online

Bisnis Desain Grafis

Para desainer grafis full time ataupun freelancer kini telah banyak memanfaatkan platform online ini untuk menunjukkan portofolio mereka. Tak hanya sekedar membuat portofolio, kalian juga dapat menjual stock desain di berberapa platform.

Terdapat banyak platform yang kalian bisa akses untuk portofolio seperti Behance, Medium, Pinterest, Tumblr dan sejenisnya. Kalian juga bisa memanfaatkan social media seperti Instagram untuk menampilkan katalog desain seindah mungkin. 

Punya Bakat Menulis? Ada Banyak Lowongan Penulis Atau Kalian bisa menjadi penulis Artikel maupun blogger!

Bisnis Penulis Artikel

Online Platform juga menjadi lapak segar untuk para penulis yang ingin menuangkan bakat tulisannya. Baik itu Artikel, Blog, Resume, Jurnalistik bahkan komik!

Anda bisa menggunakan berberapa platform seperti WordPress, Blogspot, Medium dan sejenisnya. Bahkan anda bisa mendapatkan profit sebagai penulis freelance. 

Bisa SEO Atau Web Developer? Internet adalah  Lapak Menjanjikan!

Bisnis SEO

Namanya Juga Internet, Tentu masyarakat banyak membutuhkan jasa seperti Web Developer untuk membuat web dan SEO (Search Engine Optimization) demi meningkatkan traffic pengunjung website mereka. Ada banyak Jasa SEO maupun Web Developer yang bisa kalian cari, salah satunya Top Rank Indonesia, Jasa SEO Terbaik di Jakarta.

Suka Fotografi? Ayo jadi Fotografer Freelance & Jual Stok Foto di Online!

Bisnis Fotografi

Fotografi kini juga tidak terlepas dengan kehadiran platform online. Pasalnya, dengan online, para Fotografer kini dapat mempresentasikan portofolio mereka terutama di social media Instagram. Baik itu fotografer wedding, produk dll, konsumen akan banyak melirik jasa ini melalui online. Fotografer juga dapat menjual stok foto mereka melalui berberapa platform online seperti Shutterstock, iStock dan sejenisnya. 

Menjadi Penerjemah Online

Bisnis Penerjemah Online

Kata siapa penerjemah hanya bisa bekerja di institusi atau tetap di perkantoran tertentu? Kini, kalian juga bisa menuangkan bakat terjemahan kalian di online. Terlebih, banyak perusahaan maupun peorangan yang mencari penerjemah lepas, baik dekat maupun internasional. Mulai dari penerjemah artikel, E-Book, E-Journal, Komik bahkan subtitle film! Potensi yang besar bukan? 

Youtuber, Vlogger? Potensi Yang Besar!

Youtuber

Ashiap!” Satu kata yang gak asing bahkan hampir diketahui oleh sebagian besar masyarakat. Iya, Atta Hallilintar yang dinobatkan sebagai Youtuber Indonesia dengan Subscribers tertinggi di Indonesia, juga dengan kekayaan mencapai milyaran rupiah!

Youtube kini tak dapat dipungkiri, mejadi lapak bergengsi untuk saling menujukkan bakat atau sekedar mencari profit baik dengan konten berfaedah bahkan yang gak berfaedah sekalipun mampu meraup profit. Tentu dengan banyaknya youtuber dan konten yang hampir sama, kalian harus tentukan dulu Niche kalian, terutama khas dari konten yang kalian mau tampilkan. Ada banyak kategori yang kalian bisa lakukan seperti, Konten Entertainment seperti Froyonion, LastDay Production, Raditya Dika dan sejenisnya. Atau konten edukasi seperti Kok Bisa, Calon Sarjana, Shinny Peanut, Nihonggo Mantappu dan masih banyak lagi. Tidak perlu tergesa-gesa mengincar profitnya, selama kalian serius dan membuat kontennya sebaik mungkin, pasar penonton akan tertarik dengan karya kalian.

Lalu, Sulitkah memulai bisnis online?

Tentu tidak, memulai bisnis secara online tebilang mudah. Selama kalian mempunyai kemauan, semangat dan tentu tujuan jelas, kalian bisa memulai selangkah demi selangkah. Ingat, selalu lakukan dengan kualitas sebaik mungkin, maka profit akan mengikuti kerja keras dan kerja cerdas kalian.

Tags

top
WhatsApp chat