Salah Satu Penyedia Layanan Search Engine Adalah?

Dedi

salah satu penyedia layanan search engine adalah

Salah satu penyedia layanan search engine adalah Google yang menjadi search engine paling populer di dunia untuk saat ini. Google LLC adalah perusahaan teknologi yang ada di Amerika, perusahaan ini menyediakan berbagai layanan terbaru berbasis teknologi masa kini.

Meskipun ada banyak search engine lain seperti Yahoo, Bing dan Baidu, Google mendominasi pasar dengan hampir 50% pengguna internet memilihnya. Jika Anda penasaran dengan salah satu penyedia layanan search engine adalah Google, maka lanjut membaca artikel ini.

Mengenal Google Search

Google Search adalah mesin pencari web milik Google LLC, yang merupakan salah satu mesin pencari paling populer di dunia maya. Setiap harinya, ratusan juta kueri dimasukkan oleh pengguna internet melalui berbagai layanan yang disediakan oleh Google Search.

Hasil pencarian di Google diberikan berdasarkan sejumlah faktor, termasuk peringkat prioritas yang dikenal sebagai “PageRank”. Google Search juga menyediakan banyak opsi pencarian kustom dengan menggunakan operator Boolean, seperti pengecualian (“-xx”), alternatif (“xx OR yy”), dan kartu liar (“x * x”).

Tujuan utama Google Search adalah melakukan pencarian teks pada dokumen-dokumen publik yang tersedia di server web, termasuk format HTML, PDF, dan lainnya. Ini berbeda dengan layanan pencarian data lain seperti Google Image Search. Larry Page dan Sergey Brin mengembangkan Google Search pada tahun 1997.

Google Search tidak hanya menyediakan fungsi dasar pencarian kata, tetapi juga menyertakan minimal 22 fitur istimewa. Beberapa di antaranya melibatkan sinonim, ramalan cuaca, zona waktu, pergerakan saham, peta, data gempa. Jadwal bioskop, bandar udara, daftar rumah, dan skor olahraga.

Terdapat juga fitur khusus untuk penanggalan, seperti rentang angka (contohnya, 70 hingga 73), harga, suhu, konversi mata uang (seperti “10.5 cm in inches”). Perhitungan matematika (seperti “3*4+sqrt(6)-pi/2”), pelacakan paket, paten, kode wilayah, dan penerjemahan bahasa.

Pada bulan Juni 2011, Google meluncurkan “Google Voice Search” dan “Search by Image,” memungkinkan pengguna melakukan pencarian menggunakan perintah suara dan gambar. Pada bulan Mei 2012, Google memperkenalkan fitur pencarian semantik Knowledge Graph untuk pengguna di Amerika Serikat.

Google Search memiliki pesaing utama seperti Baidu dan Soso.com di Tiongkok serta Korea Selatan. Naver.com di Korea Selatan, Yandex di Rusia, Seznam.cz di Ceko, dan Yahoo! di Jepang dan Taiwan. Pesaing potensial selanjutnya termasuk Bing.

Baca Juga: Cara Mendaftarkan Blog ke Search Engine Google Terbaru

Cara Kerja Google Search

Setelah tahu salah satu penyedia layanan search engine adalah Google, pastinya Anda juga penasaran dengan cara kerja Google Search. Google Search beroperasi dengan metode khusus yang memungkinkannya menghasilkan dan menyajikan hasil pencarian kepada pengguna. Berikut penjelasan cara kerja Google Search:

1. Crawling

Crawling atau perayapan adalah proses penting dalam mengumpulkan informasi dari seluruh halaman yang terhubung pada suatu situs web. Dalam tahap awal kerja search engine Google, proses ini memastikan bahwa semua halaman dari satu ke yang lainnya, dan dari satu link ke link lainnya, dianalisis secara menyeluruh. Tugas ini dijalankan oleh software yang dikenal sebagai crawler, yang menjadi komponen integral dalam search engine Google.

2.  Indexing

Setelah proses crawling selesai, langkah selanjutnya adalah indexing. Indexing merupakan tahap identifikasi kata-kata dan tulisan yang akan memasukkan halaman tersebut ke dalam database search engine dengan menggunakan keyword tertentu.

Dengan kata lain, setelah web crawler menyelesaikan tugasnya, informasi yang dikumpulkannya disimpan dalam database atau entry list yang disebut sebagai indeks. Oleh karena itu, proses crawling dan indexing merupakan dua komponen yang tak terpisahkan dalam strategi SEO pada search engine Google.

3. Processing

Processing terjadi setelah search engine menerima permintaan dari pengguna, seperti contohnya ketika pengguna mengetikkan kata kunci “jual sepatu” pada mesin pencarian. Pada tahap ini, Google Search melakukan proses dengan membandingkan kata kunci “jual sepatu” dengan halaman-halaman website dari berbagai situs yang telah terindeks dalam database mesin pencari.

4. Calculating Relevancy

Setiap halaman website umumnya memiliki beberapa kata kunci yang diinputkan ke dalam mesin pencarian. Misalnya, ketika menggunakan kata kunci atau keyword “Resep Nasi Goreng”. Maka Google Search akan melakukan proses dengan menghitung tingkat relevansi atau keterkaitan dari setiap halaman website yang telah terindeks untuk masing-masing kata kunci yang dimasukkan.

5. Ranking

Langkah terakhir melibatkan pengambilan hasil yang paling relevan dari kata kunci atau keyword yang telah diproses sebelumnya. Hasil ini kemudian ditampilkan dalam daftar hasil mesin pencarian atau search engine yang terdapat di browser. Hasilnya akan diurutkan berdasarkan tingkat kesesuaian atau relevansi, sehingga yang paling sesuai atau relevan dengan pencarian akan muncul teratas dalam daftar tersebut.

Perlu diingat bahwa setiap tahunnya, Google Search secara rutin melakukan pembaruan terhadap algoritma yang terkait dengan teknik relevansi untuk menampilkan hasil pencarian. Tujuan dari pembaruan ini adalah untuk memastikan bahwa hasil pencarian yang ditampilkan benar-benar akurat dan relevan sesuai dengan kata kunci yang dicari atau diinput.

Meskipun dasar sistem pencarian pada search engine itu sama, perbedaannya terletak pada algoritma relevansi yang digunakan. Inilah yang menyebabkan sedikit perbedaan dalam hasil pencarian antara Google, Yahoo, dan search engine lainnya.

Algoritma pada search engine ini berfungsi untuk memastikan bahwa pengguna dapat mendapatkan informasi yang paling relevan dari sumber yang dapat dipercaya.

Baca Juga: Cara Menghapus Default Search Engine dari Google Chrome

Penutup

Nah itulah jawaban atas pertanyaan salah satu penyedia layanan search engine adalah. Google adalah search engine yang sangat populer di Indonesia, menjadi sarana utama bagi banyak orang dalam mencari informasi, produk, dan layanan secara online.

Sebagai pemilik bisnis yang ingin memperluas jangkauan dan meningkatkan visibilitas online. Anda memiliki peluang besar untuk memanfaatkan keberadaan Google sebagai platform potensial untuk menjangkau pelanggan baru.

Dengan memahami pentingnya Search Engine Optimization (SEO) dalam strategi pemasaran digital, Anda dapat meningkatkan posisi situs web bisnis Anda di hasil pencarian Google. Untuk mencapai hal ini, Anda dapat mengandalkan keahlian dan pengalaman SEO Agency Toprank Indonesia.

Toprank Indonesia adalah perusahaan yang ahli dalam mengoptimalkan situs web agar lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Dengan menggabungkan potensi Google sebagai alat pencarian utama dan jasa SEO Jakarta dari Toprank Indonesia.

Maka Anda dapat memastikan bahwa situs web bisnis Anda tidak hanya terlihat oleh lebih banyak orang. Melainkan juga muncul di bagian atas hasil pencarian, meningkatkan peluang mendapatkan traffic yang relevan dan konversi bisnis yang lebih tinggi.

Jadi, jangan ragu untuk menggunakan layanan SEO dari digital marketing agency Jakarta Toprank Indonesia yang sudah berpengalaman. Situs web bisnis Anda akan dioptimalkan dengan strategi SEO yang efektif mendatangkan prospek dan konversi yang pada akhirnya meningkatkan penjualan.

Published On: Februari 2nd, 2024 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!