11 SEO Checker Terbaik untuk Audit Website

admin

SEO Checker

SEO Checker adalah Menganalisa dan mengoptimasi website memang sangat erat berhubungan dengan SEO atau Search Engine Optimization. SEO menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas pada situs web, sehingga situs web dapat dengan mudah ditemukan dari hasil pencarian Google.

Pemilik website memang harus siap untuk mengoptimasi websitenya sebagai salah satu strategi, terutama jika Anda mengelolanya sendiri. Namun tidak perlu khawatir, dalam mengoptimasi situs web saat ini dapat dilakukan dengan mudah melalui bantuan SEO Checker maupun jasa digital marketing agency.

10 SEO Checker Terbaik

Google menjadi sebuah mesin pencarian terbesar dan banyak digunakan dengan caranya sendiri untuk melihat kualitas sebuah konten di dalam situs web. Agar bisa memberikan pengalaman terbaik para penggunanya, Google memilih situs web yang berkualitas dan relevan untuk ditampilkan dalam pencarian. Nah untuk bisa di pandang baik oleh mesin pencari, anda harus mengaudit website dengan tools berikut ini.

1. SEMrush

SEMrush yang dirilis pada 2008 yang bisa dimanfaatkan untuk mengoptimasi website. Anda bisa mendapatkan panduan mengenai apa yang harus dilakukan dari dashboard. Tanpa membutuhkan waktu lama, Anda bisa mengetahui apa saja yang kurang dalam website dan bagaimana cara optimasinya.

Tampilan Antarmuka SEMrush juga bisa dikatakan mudah digunakan dengan fitur analisis yang cukup lengkap. Contohnya seperti audit website dan keyword tracking sehingga bisa mengetahui kata kunci yang tepat untuk digunakan.

2. Google Search Console

Karena banyak situs web mengejar peringkat pada mesin pencarian Google, mengapa tidak memanfaatkan fitur di Google, yaitu Search Console? Google Search Console merupakan perangkat lunak yang penggunaannya mudah dan dapat menunjukkan garis besar proses Google dalam menampilkan hasil pencarian.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan tes, apakah konten yang ada dalam situs sudah cukup relevan jika menggunakan kata kunci pencarian tersebut.

Anda juga bisa mencoba Google Webmaster Tools dalam menganalisis konten dengan memasukkan URL. Kemudian, Anda bisa melihat hasilnya, apakah konten tersebut memenuhi standar SEO Google atau belum. Anda juga mendapatkan kuota penggunaan fetch sebanyak 500 kali dalam seminggu.

Baca juga: Website Builder Terbaik Tanpa Perlu Ngoding

3. Check My Link

Blog atau situs web berkualitas bisa dinilai dari internal dan external link yang ada dalam artikel dan Anda bisa menggunakan Check My Link untuk memastikan semua link masih aktif. Jika masih aktif maka link akan berwarna hijau. Sedangkan yang sudah tidak bisa dikunjungi akan berwarna merah.

4. Alat Moz Pro

Dengan berlangganan Moz Pro Tools, Anda bisa mendapatkan beragam informasi rutin mengenai rekomendasi perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai situs web peningkatan kinerja.

Moz Pro Tools menawarkan sumber untuk membantu mengoptimalkan SEO website atau blog Anda. Selain itu, ada sumber yang dapat digunakan untuk meningkatkan lalu lintas situs web dan menganalisis konten apakah sesuai standar atau tidak.

5. Kartu Laporan SEO

SEO Report Card menjadi SEO Checker yang dapat digunakan untuk membandingkan situs web. Tidak sampai itu saja, jika Anda menambahkan informasi, SEO Report Card bisa menampilkan informasi penting seperti, analisis peringkat, pembuatan tautan, analisis di tempat, aksesibilitas situs web, metrik kepercayaan, dan pengindeksan saat ini.

6. Perata Situs HubSpot

Pada tahun 2007, HubSpot merilis alat yang dapat digunakan untuk menganalisis penggunaan SEO dan relevansinya terhadap keseluruhan situs web dengan nama Website Grader dengan berbagai sistem laporan yang didasarkan pada kunci metrik, seperti kinerja, kesiapan seluler, SEO, dan keamanan.

7. Pemeriksaan Situs SEO

Selain bisa menampilkan nilai SEO, SEO SiteCheckup juga bisa memberikan informasi mengenai bagaimana Anda bisa meningkatkan kualitas situs web dengan hanya memasukkan URL.

Beberapa fiturnya seperti keyword dan heading, kelengkapan informasi, tingkat keamanan, hingga simulasi tampilan website untuk mobile dan penghitungan jumlah kata kunci yang sering digunakan.

Jika Anda belum memiliki akun, Anda hanya bisa melakukan check up pada satu website dalam sehari. Dengan membuat akun, Anda bisa melakukan check up sebanyak 5 kali.

Namun, Jika Anda ingin membuat laporan untuk banyak situs web, Anda bisa membeli paket berlangganan mulai harga Rp 300 ribu per bulan. Anda juga bisa memanfaatkan fitur trial 14 hari.

8. Screaming Frog SEO Spider

Satu ini merupakan audit SEO yang sering digunakan para pemasar digital. Selain antarmuka yang mudah digunakan, Screaming Frog juga bisa digunakan untuk menganalisis setiap aspek SEO pada sebuah URL.

Mulai dari perkembangan, pengecekan efektivitas hingga peluang situs web dalam menaikkan peringkat dengan menggunakan SEO, dan penganalisisan masalah juga kekurangan pada konten terkait penggunaan link, kata kunci, dan sebagainya.

Baca juga: Personal Branding: Contoh, Manfaat, dan Cara Membangunnya

9. Alat Audit SEO Ditemukan

Found juga menawarkan alat yang dapat digunakan untuk menganalisis situs web. Selain melakukan audit, tool ini juga bisa memberikan laporan lengkap mengenai hasil analisis SEO dan berbagai masalah lain yang biasa terjadi di website.

Seperti halnya alat-alat lain, cara penggunaannya juga begitu mudah. Anda hanya perlu memasukkan alamat URL dan akan muncul halaman dengan hasil analisis.

10. Alat SEO Varvy

Satu lagi tool yang sangat berguna, yaitu Varvy’s SEO Overview Tool dengan fungsi fokus pada setiap faktor dari situs web, meski tidak menyeluruh.

Proses cepat yang hanya dalam hitungan menit bisa membuat banyak pengguna memanfaatkan alat ini saat membutuhkan hasil analisis cepat. Selain itu, alat ini juga cocok bagi pengguna yang tidak membutuhkan analisis mendalam di beberapa faktor penting yang berkaitan dengan situs web SEO.

SEO Checker ini dapat menganalisis berbagai hal penting, seperti kekuatan domain, link yang digunakan, faktor yang ada hubungannya dengan media sosial, SEO di gambar, dan sebagainya. Selain itu, terdapat hasil kecepatan akses, analisis teknikal SEO, dan sebagainya.

Tool ini juga memiliki sesuatu yang tidak dimiliki kebanyakan SEO lain, yaitu Image SEO. Jadi, Anda bisa menganalisis kekuatan SEO untuk setiap gambar di situs web Anda.

11. QuickSprout

Satu lagi sebuah alat yang dapat menyajikan analisis mendalam mengenai situs web berdasarkan sisi teknis SEO. QuickSprout Website Analyzer merupakan salah satu alat yang bisa bekerja cepat dan dengan proses analisis menyeluruh.

Selain cepat, penggunaannya juga mudah. Anda hanya perlu memasukkan alamat URL dan tinggal menunggu beberapa menit sampai data ditampilkan.

QuickSprout Website Analyzer juga bisa membantu Anda menganalisis SEO, penggunaan tag, kecepatan situs , sosial, kata kunci, tautan, hingga membandingkan dengan situs lain.

Demikianlah artikel dari kami jasa seo jakarta semoga dapat membantu Anda.

Published On: Februari 21st, 2022 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!