SEO Friendly: Cara Mendapatkan Peringkat Tinggi di Google

admin

SEO Friendly: Cara Mendapatkan Peringkat Tinggi di Google

Pada pembahasan kali ini mari Kita bahas alasan SEO friendly adalah cara mendapatkan peringkat tinggi di Google.

Kenapa harus SEO Friendly?

Alasan kenapa harus SEO friendly adalah karena Sebuah situs web perlu dioptimalkan oleh SEO (Search Engine Optimization) karena mesin pencari seperti Google tidak memiliki pemahaman langsung tentang konten seperti manusia.

Sebuah situs web perlu dioptimalkan SEO (Search Engine Optimization) karena mesin pencari seperti Google tidak memiliki pemahaman langsung tentang konten seperti manusia.

Misalnya, mesin pencari tidak dapat secara intrinsik mengenali apa itu “apel” seperti kita manusia. Oleh karena itu, dengan membuat situs web menjadi SEO friendly, kita memastikan bahwa konten dan struktur situs dapat dengan mudah dipahami dan diindeks oleh mesin pencari, seperti Google.

Dengan demikian, situs web memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan peringkat yang baik dalam hasil pencarian dan ditemukan oleh pengguna yang mencari informasi terkait.

Namun, peringkat tinggi di Google melibatkan lebih banyak faktor di luar SEO saja. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas secara lebih dalam.

Apa itu Peringkat Google?

Peringkat Google merujuk pada posisi atau urutan di mana sebuah halaman web muncul dalam hasil pencarian Google ketika pengguna melakukan pencarian dengan kata kunci atau frasa tertentu. Pada dasarnya, peringkat Google menunjukkan seberapa dekat halaman web tersebut dengan halaman pertama hasil pencarian.

Misalnya, jika Anda memiliki situs web yang menjual bunga dan seseorang mencari “beli bunga online,” peringkat Google akan menunjukkan apakah situs web Anda muncul di urutan atas hasil pencarian atau mungkin di halaman kedua, ketiga, dan seterusnya.

Peringkat yang lebih tinggi pada hasil pencarian memiliki nilai penting karena sebagian besar pengguna cenderung hanya melihat atau mengklik tautan yang muncul di halaman pertama hasil pencarian. Oleh karena itu, tujuan dari SEO Friendly adalah untuk meningkatkan peringkat Google agar situs web lebih mudah ditemukan oleh calon pengunjung. 

Baca juga: SEO Copywriting Pengertian dan Panduan Lengkap Membuatnya

Apakah Peringkat Google Penting?

Ya peringkat google itu penting dalam konteks optimisasi mesin pencari (SEO) dan visibilitas online secara umum. Mari kita ibaratkan google adalah sebuah perpustakaan.

Bayangkan Google sebagai perpustakaan besar yang penuh dengan buku-buku (situs web). Setiap kali seseorang datang ke perpustakaan (melakukan pencarian), mereka ingin menemukan buku yang paling berguna atau sesuai dengan apa yang mereka cari.

Peringkat Google adalah seperti letak buku di rak perpustakaan. Semakin tinggi peringkat, semakin dekat buku itu dengan mata yang melihat (pengguna yang mencari). Ketika seseorang mencari sesuatu di perpustakaan Google, buku-buku dengan peringkat lebih tinggi akan muncul di dekat depan, mirip dengan buku-buku yang diletakkan di bagian depan rak.

Tentu saja, setiap perpustakaan memiliki sistem untuk menempatkan buku-buku di rak. Google juga memiliki sistem seperti ini, yang disebut algoritma. Algoritma ini mempertimbangkan berbagai faktor, seperti seberapa relevan konten buku dengan permintaan pencarian, seberapa sering buku itu dipinjam oleh orang lain (tautan balik atau backlink), dan seberapa cepat buku itu dapat diambil (kecepatan muat halaman).

Jadi, dengan meningkatkan peringkat di Google, pemilik situs web berusaha membuat “buku” (situs web) mereka lebih diperhatikan oleh Google, sehingga bisa ditempatkan di rak yang lebih dekat dengan mata yang mencari, dan lebih banyak orang bisa menemukannya di perpustakaan online yang besar ini.

Anda dapat meningkatkan peringkat website Anda di Google dikerjakan secara profesional dan bergaransi. Anda bisa menghubungi Digital Marketing Agency Jakarta.

Apa Tujuan Mendapatkan Peringkat Tinggi di Google dengan SEO Friendly?

Tujuan utama dari usaha untuk mendapatkan peringkat tinggi di Google dengan SEO friendly adalah untuk meningkatkan visibilitas dan keterlihatan situs web Anda di halaman hasil pencarian. Ini memiliki manfaat besar dalam beberapa hal:

  • Meningkatkan Trafik Organik: Peringkat tinggi akan membantu situs web Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian, sehingga lebih banyak orang akan melihat tautan Anda dan kemungkinan lebih besar mengkliknya. Ini bisa membawa lebih banyak pengunjung ke situs Anda tanpa perlu membayar iklan.
  • Peningkatan Kredibilitas dan Kepercayaan: Pengguna sering percaya bahwa situs web yang muncul di peringkat atas adalah yang paling relevan dan memiliki otoritas. Dengan mendapatkan peringkat tinggi, Anda dapat memperoleh kredibilitas lebih di mata pengguna.
  • Meningkatkan Brand Awareness: Semakin tinggi peringkat Anda, semakin banyak orang yang akan melihat dan mengenali merek atau bisnis Anda. Ini membantu membangun brand awareness dan mengenalkan lebih banyak orang kepada produk atau layanan Anda.
  • Peningkatan Penjualan dan Konversi: Dengan lebih banyak lalu lintas organik yang berkualitas, Anda memiliki peluang lebih besar untuk mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan yang sebenarnya. Pengunjung yang datang melalui hasil pencarian cenderung lebih terarah dan tertarik pada topik yang relevan.
  • Efektivitas Biaya: Mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian organik biasanya tidak memerlukan biaya langsung, seperti dalam iklan berbayar. Ini membuat SEO menjadi investasi jangka panjang yang dapat menghasilkan hasil yang signifikan tanpa biaya terus-menerus.
  • Persaingan yang Lebih Baik: Di era digital, kebanyakan orang mencari informasi atau produk secara online. Dengan peringkat tinggi, Anda bisa lebih unggul dalam persaingan dengan pesaing Anda di pasar online.

Jadi, tujuan dari mendapatkan peringkat tinggi di Google adalah untuk memaksimalkan potensi situs web Anda, meningkatkan kehadiran online Anda, dan memanfaatkan manfaat yang ditawarkan oleh lalu lintas organik yang lebih besar dan lebih terarah. Apabila Anda ingin mendapatkan posisi pertama di pencarian Anda dapat gunakan jasa seo yang sudah terpercaya dan berpengalaman. 

Cara Mendapat Peringkat Tinggi di Google

Mari kita bahas beberapa cara mendapatkan peringkat tinggi di Google dengan SEO friendly adalah

  • Lakukan Optimasi SEO On-Page

On-Page SEO friendly adalah strategi untuk memperbaiki peringkat situs Anda di Google dengan mengoptimalkan elemen di dalam halaman situs Anda. Ini adalah cara cepat karena Anda dapat melakukannya dengan cepat, dan tunggu hasilnya dalam beberapa hari.

Tentu, Anda ingin mengarahkan kata kunci utama yang ingin Anda targetkan di halaman Anda. Ini berarti menggunakan kata kunci tersebut di judul halaman (title tag), deskripsi halaman (meta description), dan di konten. Pastikan penggunaan kata kunci terlihat alami, dan hindari pengulangan berlebihan yang tidak alami.

Selain itu, pastikan konten Anda berkualitas dan relevan dengan kata kunci Anda. Gunakan struktur heading (H1, H2, H3) untuk membagi konten menjadi bagian-bagian yang jelas, dan gunakan gambar dengan deskripsi yang relevan dan atribut alt yang menjelaskan gambar.

Optimalkan URL dengan kata kunci jika memungkinkan, dan pastikan halaman Anda dimuat dengan cepat untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna.

Intinya, On-Page SEO melibatkan beberapa langkah sederhana untuk memastikan halaman Anda terlihat relevan dan berkualitas di mata Google, dan ini bisa memberikan hasil yang cepat dalam peningkatan peringkat situs Anda.

Baca juga: Jumlah Karakter Meta Description SEO dan Tips Membuatnya

  • Tambahkan LSI Keyword pada Halaman

LSI keywords (Latent Semantic Indexing keywords) adalah kata-kata dan frasa yang memiliki hubungan atau relevansi erat dengan topik atau konten halaman web Anda. Mereka adalah kata-kata yang cenderung muncul bersama-sama atau berhubungan dengan kata kunci utama yang Anda targetkan.

Konsep LSI berasal dari teknik yang digunakan oleh mesin pencari untuk memahami hubungan antara kata-kata dalam konteks tertentu. Mesin pencari menggunakan metode ini untuk mengenali pola dan hubungan makna antara kata-kata, sehingga mereka bisa memahami lebih baik tentang apa yang sebenarnya dimaksudkan oleh konten halaman.

Contoh, jika Anda menulis tentang “sepatu olahraga”, LSI keywords bisa termasuk kata-kata seperti “lari”, “latihan fisik”, “perlengkapan olahraga”, “sepatu lari”, dan lain sebagainya.

Penting untuk tidak berlebihan menggunakan LSI keywords. Ingatlah bahwa konten tetap harus relevan, informatif, dan mudah dimengerti oleh pembaca manusia. Dalam konteks SEO friendly adalah LSI keywords sebaiknya alami dan tidak mengganggu alur tulisan.

  • Perbaikan Teknikal SEO

Teknikal SEO itu seperti memperbaiki mesin mobil agar berjalan lebih baik. Tujuannya adalah agar situs web Anda dapat ditemukan dan dimengerti dengan baik oleh mesin pencari seperti Google.

Ini melibatkan berbagai hal teknis di belakang layar. Bayangkan Anda ingin pastikan mesin mobil Anda dalam kondisi bagus agar bisa melaju lebih cepat. Begitu juga dengan situs web Anda, kita ingin memastikan halaman-halaman situs dapat diakses dan dimengerti oleh mesin pencari.

Teknikal SEO adalah langkah pertama yang penting dalam strategi SEO Anda. Ini membantu mesin pencari mengerti apa yang ada di situs Anda dan memastikan situs Anda ditemukan oleh orang ketika mereka mencari sesuatu di Google.

  • Sesuaikan Konten dengan Search Intent

Menyesuaikan Konten dengan Search Intent adalah prinsip penting dalam optimisasi SEO yang berfokus pada memberikan jawaban yang relevan dan memuaskan terhadap niat atau tujuan pencarian pengguna.

Pada dasarnya, setiap kali seseorang mencari sesuatu di mesin pencari, mereka memiliki niat tertentu. Misalnya, niat bisa berupa mencari informasi, mencari produk untuk dibeli, mencari panduan langkah-demi-langkah, atau mencari tempat tertentu. Sesuaikan konten Anda dengan niat ini berarti menghadirkan informasi yang paling sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna.

  • Kurangi Bounce Rate

Mengurangi bounce rate adalah tentang membuat orang tetap lebih lama di situs Anda dan melihat lebih banyak halaman. Bayangkan Anda memiliki toko kecil yang ingin orang datang dan berbelanja lebih banyak daripada sekadar melihat satu barang dan pergi. Dalam konteks SEO friendly adalah bounce rate harus dikurangi dengan membuat pengunjung “mengelilingi toko” lebih lama.

Cara mengurangi Bounce Rate

  • Buat Konten Menarik: Anda ingin menulis atau membuat halaman dengan informasi yang menarik perhatian dan berguna bagi pengunjung. Ini seperti menawarkan barang yang menarik di toko Anda.
  • Mudah Ditemukan: Pastikan pengunjung bisa dengan mudah menemukan apa yang mereka cari di situs Anda, seperti ketika Anda menandai barang-barang dengan jelas di toko Anda.
  • Cepat Dimuat: Anda ingin situs Anda dimuat dengan cepat, seperti toko yang memiliki kasir yang cepat sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama.
  • Buat Tampilan Responsif: Pastikan situs Anda terlihat baik baik di komputer maupun pada ponsel. Ini seperti membuat toko Anda rapi dan menarik di semua area.
  • Tambahkan Internal Link: Dengan menampilkan artikel terkait atau halaman lain yang mungkin diminati. Jika seseorang melihat produk tertentu di toko Anda, Anda mungkin ingin menunjukkan produk lain yang relevan dengannya.
  • Menggunakan Multimedia: Penggunaan gambar, video, dan elemen multimedia lainnya dapat membuat halaman Anda lebih menarik. Namun, pastikan konten multimedia tidak membuat halaman lambat dimuat.
  • Tambahkan External Link: Pastikan tautan eksternal yang Anda gunakan relevan dan membawa pengunjung ke sumber yang berkualitas.

Semua ini dirancang untuk membuat orang lebih lama tinggal dan menjelajahi situs Anda, sehingga mereka bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dan informasi. Semakin lama mereka tinggal, semakin baik situs Anda akan dilihat oleh mesin pencari dan semakin banyak kesempatan bagi Anda untuk berkomunikasi dengan mereka.

  • Buat Konten Berkualitas Tinggi

Dengan membuat konten berkualitas tinggi atau High-Quality Content memberikan pengunjung dengan informasi yang benar-benar bermanfaat dan membuat mereka ingin kembali lagi ke situs Anda untuk lebih banyak konten hebat. Bayangkan Anda adalah seorang penulis yang ingin menulis cerita yang sungguh menakjubkan dan menarik bagi pembaca. Konten berkualitas luar biasa ini bisa berupa artikel yang sangat informatif, panduan langkah-demi-langkah, video menarik, atau gambar yang menginspirasi.

Menciptakan konten berkualitas tinggi atau high-quality content melibatkan beberapa langkah penting untuk memastikan konten Anda bermanfaat, menarik, dan relevan bagi pembaca. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Penelitian Topik: Pilih topik yang menarik dan relevan bagi audiens Anda. Lakukan penelitian mendalam untuk memahami kebutuhan, pertanyaan, atau masalah yang ingin Anda selesaikan melalui konten Anda.
  • Sumber Daya yang Kaya: Kumpulkan informasi yang akurat dan berharga. Gunakan sumber-sumber terpercaya dan data terbaru untuk memberikan informasi yang berkualitas.
  • Struktur yang Jelas: Susun konten Anda dengan struktur yang terorganisir, seperti pengenalan, poin utama, dan kesimpulan. Ini membuat konten lebih mudah dipahami oleh pembaca.
  • Gaya Penulisan yang Menarik: Gunakan gaya penulisan yang ramah dan mudah dimengerti. Hindari bahasa yang terlalu teknis atau rumit, kecuali jika Anda menghadapi audiens yang memiliki latar belakang tertentu.
  • Tampilkan Bukti dan Contoh: Mendukung pernyataan Anda dengan bukti, statistik, atau contoh konkret. Ini memberikan kekuatan pada konten Anda dan membuatnya lebih meyakinkan.
  • Visual Menarik: Sertakan elemen visual seperti gambar, grafik, atau video yang mendukung dan mengilustrasikan konten Anda. Ini bisa membantu menjelaskan konsep yang kompleks dengan lebih baik.
  • Tautan Internal dan Eksternal: Tautkan ke sumber daya lain yang relevan di dalam situs Anda (tautan internal) dan ke sumber daya eksternal yang dapat dipercaya. Ini memberikan kedalaman dan konteks tambahan.
  • Cek Tatabahasa dan Ejaan: Pastikan konten Anda bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan. Konten yang rapi dan bebas dari kesalahan membuat kesan positif.
  • Penting bagi Pembaca: Fokuslah pada apa yang bermanfaat bagi pembaca Anda. Pikirkan tentang bagaimana konten Anda dapat memberikan solusi atau informasi yang berguna bagi mereka.
  • Buka Peluang Diskusi: Di akhir konten, ajukan pertanyaan atau buka kesempatan bagi pembaca untuk berbagi pandangan mereka. Ini dapat mendorong interaksi dan keterlibatan.
  • Sesuaikan Gaya dan Format: Sesuaikan gaya dan format konten dengan audiens Anda. Apakah itu artikel panjang, daftar, panduan langkah-demi-langkah, atau jenis konten lainnya yang sesuai.

Membuat konten berkualitas tinggi memerlukan usaha dan perencanaan, tetapi hasilnya dapat membuat situs Anda lebih berharga bagi pengunjung dan membantu dalam upaya SEO Anda.

  • Tambahkan Backlink

Menambahkan backlink seperti mendapatkan surat rekomendasi dari teman. Ketika situs web lain memberi backlink yang mengarah ke situs Anda, itu seperti mereka merekomendasikan situs web Anda kepada orang lain.

Tautan balik penting karena membantu mesin pencari seperti Google mengerti bahwa situs Anda memiliki nilai dan kredibilitas. Namun, ingatlah bahwa tidak semua tautan sama. satu backlink dari situs-situs yang bagus dan relevan jauh lebih berharga daripada banyak backlink dari situs yang kurang berkualitas.

Cara-cara untuk mendapatkan tautan balik:

  • Buat Konten Berkualitas Tinggi: Buat konten yang begitu bermanfaat dan menarik sehingga orang ingin membagikannya dengan tautan balik. Konten berkualitas tinggi cenderung lebih mungkin diperhatikan oleh penerbit situs web lain.
  • Backlink Relevan: Pastikan tautan balik datang dari situs web yang memiliki hubungan atau relevansi dengan konten Anda. Tautan yang relevan lebih dihargai oleh mesin pencari.
  • Backlink Dari Sumber Terpercaya: Upayakan mendapatkan backlink dari situs web yang dianggap otoritatif dan terpercaya di bidangnya. Backlink dari sumber yang berkualitas lebih berpengaruh dalam meningkatkan otoritas situs Anda.
  • Guest Posting: Tulis artikel tamu untuk situs web lain yang relevan dengan niche Anda. Ini bisa menjadi cara efektif untuk mendapatkan backlink sambil menunjukkan keahlian Anda.
  • Bekerja dengan Penulis Tamu: Jika Anda memiliki konten berkualitas tinggi di situs Anda, tawarkan kepada penulis tamu untuk berkontribusi. Ini dapat menghasilkan backlink dan membantu Anda membangun relasi dengan para penulis.
  • Backlink dari Profil Sosial dan Direktori: Pastikan Anda memiliki backlink ke situs Anda di profil media sosial dan direktori industri yang relevan.
  • Internal Link yang Baik: Selain backlink, pastikan Anda memiliki internal link yang baik di situs Anda. Ini membantu menjaga pengunjung berkeliling di berbagai halaman situs Anda.
  • Promosi Konten: Setelah Anda mempublikasikan konten berkualitas, promosikan melalui media sosial, email, atau saluran lainnya. Semakin banyak orang melihat konten Anda, semakin besar kemungkinan mendapatkan backlink.
  • Kualitas Lebih Penting dari Kuantitas: Ingatlah bahwa beberapa backlink tinggi lebih berharga daripada banyak backlink berkualitas rendah. Jangan fokus hanya pada jumlah tautan, tetapi pastikan setiap backlink memiliki nilai yang signifikan.

Ingat, mendapatkan backlink butuh waktu dan kesabaran. Tetapi backlink yang baik bisa membantu situs Anda menjadi lebih dikenal oleh mesin pencari dan membantu meningkatkan peringkat Anda.

Published On: Agustus 8th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!