SEO Specialist merupakan seseorang yang menggeluti bidang SEO sebagai seorang praktisi dan terbiasa melakukan optimasi sebuah website untuk mesin pencari seperti Google. SEO Specialist merupakan seseorang yang sangat mengerti tentang seluk beluk dan konsep dari SEO sendiri dan juga digital marketing secara umum. Maka tak heran, jika jasa SEO ini sendiri sangat dibutuhkan pada saat ini. Biasanya yang membutuhkan jasa dari seorang SEO adalah seorang pemilik perusahaan atau bisnis yang ingin meningkatkan penjualannya melalui optimasi dari website dan search engine.

Seorang SEO Specialist biasanya berfokus pada optimasi konten website melalui keywords atau kata kunci yang sudah di riset secara mendalam. Dengan menggunakan keyword yang tepat, maka pengguna mesin pencari dapat menemukan website dengan mudah, sehingga bisa menaikkan traffic website secara organik. Hal ini tentunya penting, karena setiap bisnis berlomba – lomba agar website bisa muncul di halaman pertama. Maka dari itu, disinilah peran seorang SEO dibutuhkan, untuk tugas dan taggung jawabnya SEO Specialist memiliki banyak peranan, berikut adalah job desknya.

Tugas dan Tanggung Jawab SEO Specialist

1. Memastikan Traffic & Ranking Website Tinggi

Salah satu tugas utama dari seorang SEO adalah memastikan bahwa website klien yang dikelola oleh seorang specialist tersebut trafficnya tubuh naik tiap harinya dan akhirnya bisa mendapat rangking di halaman pertama. Untuk mendapatkan page 1 tidaklah mudah, perlu waktu dan proses yang cukup panjang dari awal hingga selesai. Maka dari itu seorang SEO Specialist haruslah merupakan seorang yang memiliki kesabaran dalam mengelola optimasi sebuah website dan mengerti proses SEO itu sendiri.

Seorang SEO Specialist dapat dikatakan berhasil jika bisa mendatangkan banyak traffic ke website yang dikelola, serta bisa membuat website masuk ke halaman pertama Google atau mungkin hingga menempati ranking 1 SERP. Hal ini tentunya memerlukan effort yang mendalam, agar bisa muncul ke page one. Terlebih lagi proses SEO bisa memakan waktu yang cukup lama, bahkan hingga berbulan – bulan, maka dari itu konsistensi dan kesabaran juga menjadi sebuah kunci dari strategi SEO yang baik dan benar.

2. Riset Kompetitor & Keyword yang Dioptimasi

Sebelum SEO Specialist melakukan optimasi, terlebih dahulu harus melakukan riset keyword yang kira – kira tepat dan cocok untuk dijadikan kata kunci utama. Keyword inilah yang nantinya akan dioptimasi oleh seorang SEO Specialist, sehingga halaman website bisa menempati halaman SERP. Keyword ini ditentukan melalui analisis matriks, seperti volume pengguna search engine yang mencari kata kunci tersebut, kata kunci ini nilai nya berbeda – beda dari satu keyword ke keyword yang lain, tergantung tingkat persaingan dan kompetitor yang menggunakan kata kunci tersebut pada satu bidang yang sama.

Untuk menentukan keywords ini juga tidak mudah, haruslah dipilih yang kira – kira relevan dengan bisnis website yang akan dioptimasi. Disamping itu juga, seorang SEO Specialist perlu menganalisa website dan sektor bisnis kompetitor untuk mengetahui jika website kompetitor mempunyai kelebihan atau kekurangan. Dengan adanya riset kompetitor ini juga nantinya seorang SEO bisa mendapatkan informasi yang lebih mendalam, sehingga bisa dijadikan komparasi antara proyek yang akan optimasi atau yang sedang dikelola dengan website kompetitor lain yang sudah terlebih dahulu menempati halaman pertama.

3. Mengoptimasi Website Secara Menyeluruh

Optimasi sebuah website yang dilakukan oleh seorang SEO haruslah menyeluruh dan detail, dari mulai analisa on page serta konten lainnya. Lalu strategi link building yang diterapkan juga harus bagus, serta tidak lupa kecepatan website atau pagespeed. Hasil dari website yang teroptimasi dengan baik tentunya akan menghasilkan ranking yang bagus pula, muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Perlu anda katehui, bahwa semakin bagus optimasi website yang dilakukan, maka semakin tinggi juga trafik yang akan di dapatkan. Jika sebuah website tidak teroptimasi dengan baik, maka bisa jadi website tersebut mendapatkan ranking yang lebih rendah atau bahkan tidak terindeks sama sekali oleh mesin pencari.

4. Memantau Matriks & Indikator Performa SEO

Seorang SEO Specialist juga harus bisa mengimplementasikan dan menjalankan strategi SEO yang sudah ia rancang dengan benar. Dia juga harus sering – sering memantau website yang dikeolanya, hal ini bertujuan untuk meng-update informasi terkait ranking dari halaman tersebut serta memperhatikan apa saja yang telah di ubah pada website tersebut saat proses SEO sedang berlangsung.

Seorang yang ahli SEO akan mengidentifikasi mana saja aspek strategi SEO yang kurang efektif saat ini dan apa saja yang harus diperlukan agar traffic yang didapat bisa meningkat dan tidak turun. Disamping itu ia juga harus mengevaluasi performa SEO website yang dikelola,untuk melihat apakah perlu dilakukan penyesuaian – penyesuaian lainnya agar optimasinya lebih sempurna.

Published On: January 10th, 2023 / Categories: SEO News / Tags: /