SEO Vs Adwords … Who is the Winner ?

ToprankIndonesia.com – Berkembangnya dunia internet semakin mempermudah setiap orang dalam melakukan aktivitasnya. Salah satunya adalah untuk dunia marketing. SEO dan PPC Adwords telah menjadi strategi marketing online yang digunakan oleh para internet marketer ataupun oleh para pengusaha yang ingin memajukan bisnisnya lewat internet. Kedua konsep ini memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan yang lainnya.

SEO-vs-PPC-battleSEO sendiri pada dasarnya merupakan sebuah teknik alami sedangkan Adwords merupakan sebuah teknik berbayar yang mana para pengiklan akan membayar sejumlah uang terhadap jumlah klik yang menuju website mereka.

Namun baik SEO maupun adword sebenarnya dapat digunakan dalam berbagai kondisi, jika ingin hasil yang instan maka dapat menggunakan jasa Adwords untuk mempromosikan situs. Namun jika website tersebut ingin dioptimasi secara alami maka dapat menggunakan teknik SEO atau menggunakan jasa SEO untuk mengerjakannya.

Adapun beberapa perbedaan ataupun kelebihan dari SEO Vs Adwords, antara lain yaitu :

SEO (Search Engine Optimization)

  • SEO merupakan cara organik agar website Anda dapat tampil di halaman pertama mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo. SEO memerlukan  pemeliharaan dan perlu dipertahankan dari waktu ke waktu untuk memastikan ranking website kita tidak turun.
  • Selain itu SEO juga merupakan salah satu cara yang bagus untuk melakukan  membangun “Brand Awareness” brand kita lewat internet.
  • Konsep SEO sederhana – mengoptimalkan website Anda menjadi “Google Friendly”, namun untuk proses optimasinya membutuhkan waktu yang lumayan lama. Rata-rata sekitar 3-6 bulan untuk melihat hasilnya.
  • Dengan Adwords bila budget iklan anda sudah habis maka iklan akan berhenti ditayangkan. Sedangkan listing organik (dengan SEO) website anda akan tetap tampil di halaman pertama pencarian Google (dengan catatan SEO tetap dijaga dan tidak ada perubahan algoritma Google yang signifikan).

Google AdWords (Pay Per Click iklan)

  • Pay Per Click iklan, juga dikenal sebagai PPC, adalah strategi INSTANT untuk mendapatkan menampilkan website kita di halaman pertama  mesin pencari Google dengan membayar biaya Pay Per Click kepada Google. Google AdWords memiliki sistem yang memungkinkan pengguna untuk menawar pada kata kunci tertentu untuk menentukan peringkat dalam hasil pencarian teratas. Sebagai contoh jika bisnis Anda menjual mobil bekas, Anda akan tawaran pada kata kunci seperti “mobil bekas”, “mobil bekas murah” dll, dan ketika seseorang “mobil bekas” di Google, website Anda akan muncul semua jalan di atas dari hasil pencarian. Bentuk pemasaran online adwords dapat sangat efektif jika digunakan dengan benar dan ROI dapat diukur sangat akurat.
  • Kelebihan yang paling gampang di lihat dengan SEO yaitu Iklan adwords lebih cepat muncul. Penggunaan Google Adwords adalah cara cepat menampilkan iklan kita di Search Engine Result Page dalam hitungan jam. Google Adwords berbeda denggan SEO, bila menggunakan SEO hasilnya baru akan kelihatan dalam proses yang cukup panjang dan bisa dalam hitungan bulanan untuk bisa ada di SERP tergantung kompetisi keyword yang ada.
  • Meskipun Google AdWords terdengar seperti alat pemasaran online yang sederhana dan mudah digunakan, tetapi tepat memerlukan keahlian khusus.  Menjalankan kampanye Google AdWords juga kadang sangat rumit dan memakan waktu, namun tidak seperti SEO, Google AdWords akan memberikan hasil yang langsung. Menemukan sebuah perusahaan pemasaran online profesional untuk menjalankan kampanye Google AdWords Anda akan mengoptimalkan ROI Anda dan memastikan bahwa iklan mesin pencari Anda sudah benar dan profesional.
  • Google Adwors Memanjakan Anda Dengan Fitur Remarketing. Seperti yang telah disinggung di atas,   Google Adwords adalah salah satu dari saluran (channel) yang mendatangkan traffic atau visitor (pengunjung) dalam skema berbayar (paid). Tentu saja, sifat berbayarnya ini memiliki konsekuensi logis dimana Google akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengejar konversi. Ingatlah   bagaimana   kekuatan   fitur   Google   Adwords   ini: remarketing, Fitur   ini memungkinkan Anda (dengan memanfaatkan teknologi cookie Google Adwords) tetap ‘menangkap’ visitor yang telah tertarik   dengan   produk   atau   advertising Anda (dengan telah mengklik iklan Anda sebelumnya). Dengan remarketing, iklan Anda (bisa dalam bentuk banner, misalnya) akan selalu tampil di setiap halaman para   publisher   Adsense   di   manapun   visitor  itu   berkunjung   di   situs-situs yang memasang   Adsense   sampai   mereka   menekan   F5 .   Jadi   sifat   komplementer (penguat/pelengkap)   Google   Adwords   akan   menjadi   kekuatan   tersendiri   dari semua aktivitas promosi bisnis Anda.

Kesimpulan Pemasaran Online Marketing SEO vs Adwords…

Pada dasarnya SEO dan AdWords memiliki kelebihan dan kekurangan. Memilih salah satu dari yang lain tergantung keputusan bisnis anda. Namun, memilih keduanya akan selalu menjadi keputusan yang baik. Menjalankan kampanye AdWords Google saat melakukan SEO pada website Anda adalah solusi pemasaran online utama. Ini akan memastikan bahwa Anda memperoleh hasil yang real-time dan lalu lintas ke situs Anda dari Google AdWords tetapi Anda juga akan meningkatkan kualitas SEO sebagai mesin pencari ingin menampilkan situs yang mendapatkan banyak lalu lintas.

Tags

top
WhatsApp chat