Short Tail Keyword Adalah: Definisi dan Manfaatnya

admin

Short Tail Keyword

Short tail keyword adalah jenis keyword yang memiliki volume pencarian yang tinggi, tapi bersaing dengan banyaknya situs web yang juga menggunakan kata kunci yang sama. Dalam penerapan SEO pastinya tidak lepas dari keyword, baik itu short tail keyword atau long tail keyword.

Keyword merupakan kata kunci yang menjadi fokus dalam SEO, sehingga memilih keyword yang tepat sangat penting untuk meningkatkan traffic dan ranking suatu situs web. Jika sebelumnya kami telah membahas tentang long tail keyword, maka di artikel kali ini kami akan membahas tentang short tail keyword. Mulai dari pengertiannya, manfaat dan cara untuk menemukannya.

Apa itu Short Tail Keyword?

Short-tail keywords atau kata kunci ekor pendek juga dikenal dengan istilah head term, adalah jenis keyword dalam SEO yang terdiri dari 1-2 kata kunci saja. Jenis keyword ini biasanya memiliki volume pencarian yang tinggi namun persaingannya juga tinggi.

Kata kunci ini umumnya sangat umum dan luas dalam arti bahwa mereka tidak spesifik tentang topik tertentu. Sebagai contoh, kata kunci seperti ‘sepatu,’ ‘makanan,’ atau ‘wisata’ adalah contoh dari short tail keywords.

Kata kunci ekor pendek seringkali memiliki volume pencarian yang tinggi karena mereka mencakup berbagai macam informasi atau produk. Namun, kata kunci ini juga cenderung lebih kompetitif dalam hal peringkat di mesin pencari.

Hal ini karena banyak situs web bersaing untuk peringkat yang sama. Selain itu, ketika pengguna mencari kata kunci pendek, mereka mungkin tidak memiliki niat yang jelas, sehingga mengarahkan mereka ke berbagai jenis konten.

Karena persaingannya yang besar, biasanya jangkauan short tail keyword ini lebih luas dan umum, sehingga seringkali memerlukan strategi SEO yang lebih matang untuk bisa bersaing. Kendati demikian, short tail keyword masih menjadi bagian penting dalam pengembangan SEO karena bisa memberikan traffic besar jika berhasil dioptimalkan dengan baik.

Manfaat Short Tail Keyword

Short tail keywords adalah jenis keyword yang memberikan banyak manfaat bila dioptimalkan dengan tepat dalam strategi SEO.  Berikut adalah beberapa manfaat utama dari penggunaan short tail keywords:

  1. Menghasilkan Trafik yang Tinggi
    Kata kunci pendek biasanya memiliki volume pencarian yang tinggi, sehingga dengan menargetkan kata kunci ini pada situs web dapat membantu meningkatkan jumlah pengunjung dan traffic yang masuk ke situs web.
  1. Meningkatkan Brand Awareness
    Menggunakan kata kunci umum yang terkait dengan industri atau produk Anda dapat membantu meningkatkan brand awareness And. Ini karena situs web Anda muncul dalam hasil pencarian yang luas.
  1. Meningkatkan Ranking di Mesin Pencari
    Kata kunci pendek adalah kata kunci yang paling umum dicari di mesin pencari dan memiliki persaingan yang tinggi. Namun, jika situs web Anda mampu menempati peringkat teratas pada kata kunci ini, maka ini akan membantu meningkatkan ranking situs Anda di mesin pencari.
  1. Meningkatkan Lebih Banyak Peluang
    Kata kunci ekor pendek memiliki potensi untuk menarik lebih banyak peluang melalui mesin pencari. Lebih banyak jumlah pengunjung juga berarti lebih banyak peluang untuk mendapatkan pelanggan potensial.
  1. Meningkatkan Konversi
    Penggunaan kata kunci pendek secara langsung terkait dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan kata lain, pengguna yang mencari short tail keyword umumnya memiliki niat yang lebih besar untuk membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan.
  1. Kesempatan untuk Pencarian Branded
    Jika Anda memiliki merek yang dikenal luas. Menggunakan nama merek Anda sebagai short tail keyword dapat membantu Anda mengarahkan traffic  yang relevan ke situs web Anda saat orang mencari merek Anda secara khusus.

Tantangan Menggunakan Short Tail Keyword

Menggunakan keywords pendek dalam strategi SEO atau pemasaran online dapat menghadirkan beberapa tantangan. Terutama karena keyword ini seringkali umum dan sangat kompetitif. Berikut adalah beberapa tantangan utama yang mungkin Anda hadapi ketika menggunakan short tail keywords:

  1. Kompetisi Tinggi
    Short tail keyword seringkali memiliki tingkat kompetisi yang sangat tinggi. Banyak website bersaing untuk peringkat yang sama dalam hasil mesin pencari untuk kata kunci tersebut. Ini membuat sulit untuk mencapai peringkat yang baik, terutama jika Anda berkompetisi dengan situs-situs besar dan mapan.
  1. Niat Pengguna yang Tidak Jelas
    Orang yang mencari informasi menggunakan short tail keyword mungkin tidak memiliki niat yang jelas atau spesifik. Mereka mungkin mencari informasi umum atau hanya menjelajahi. Sehingga mengubah pengunjung menjadi pelanggan atau melakukan tindakan tertentu bisa menjadi lebih sulit.
  1. Kurangnya Relevansi
    Short tail keyword seringkali kurang relevan dibandingkan dengan long tail keyword yang lebih spesifik. Ini dapat mengakibatkan pengunjung yang mungkin tidak tertarik dengan konten atau produk Anda.
  1. Biaya Iklan yang Tinggi
    Jika Anda menggunakan iklan berbayar seperti Google Ads untuk short tail keyword, Cost Per Click (CPC) bisa sangat tinggi karena tingkat persaingan yang tinggi. Ini dapat menguras anggaran Anda dengan cepat.
  1. Sulitnya Peringkat
    Mengoptimalkan situs web Anda untuk keyword pendek bisa menjadi tugas yang sulit dan memerlukan upaya yang signifikan dalam hal SEO, backlinking, dan konten berkualitas tinggi. Mencapai peringkat teratas dalam hasil pencarian bisa sangat menantang.
  1. Tidak Mencakup Topik yang Lebih Spesifik
    Kata kunci pendek mungkin tidak mencakup topik atau sub-niche tertentu dalam industri Anda. Ini berarti Anda mungkin kehilangan audiens yang mencari informasi yang lebih spesifik.
  1. Kurangnya Konversi
    Karena pengunjung yang datang melalui short tail keyword mungkin tidak memiliki niat yang kuat. Tingkat konversi (misalnya, pembelian produk atau langganan) bisa lebih rendah dibandingkan dengan pengunjung yang datang melalui Long Tail keyword yang lebih terfokus.

Baca juga: Keyword Stuffing, Pengertian dan Cara Menghindarinya

Cara Mencari Short Tail Keyword

Mencari kata kunci pendek yang relevan dan efektif dalam konteks SEO adalah langkah penting untuk meningkatkan visibilitas situs web Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk mencari short tail keywords:

  1. Google Suggest
    Cukup ketikkan kata kunci umum yang berkaitan dengan produk atau layanan yang ditawarkan di mesin pencari Google. Google akan menampilkan saran kata-kata kunci yang paling relevan dan populer yang digunakan oleh orang di seluruh dunia.
  1. Google Keyword Planner
    Alat gratis dan efektif untuk mencari keyword pendek adalah Google Keyword Planner. Alat ini memberikan saran kata kunci populer serta menyediakan statistik seperti volume pencarian, tingkat persaingan, dan harga iklan.
  1. Google Trends
    Alat ini memberikan informasi tentang tren pencarian yang sedang naik atau menurun terkait dengan kata kunci yang dicari. Google Trends dapat membantu menemukan short tail keyword yang terkait dengan musim atau tren terbaru.
  1. Analisis Pesaing
    Analisis kata kunci pesaing Anda bisa menjadi sumber yang baik untuk menemukan keyword pendek populer dan efektif. Cari website pesaing Anda dan lihat kata kunci apa yang mereka gunakan di halaman utama mereka.
  1. Brainstorming
    Membuat daftar short tail keyword potensial dengan berpikir kreatif dan mengumpulkan ide-ide baru dari berbagai sumber. Seperti pelanggan Anda atau dari katalog produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Setelah Anda mengumpulkan berbagai ide kata kunci, penting untuk mengevaluasi dan memilih kata kunci yang paling relevan dengan bisnis atau situs web Anda. Peringkat kata kunci dapat berubah seiring waktu, jadi lakukan pemantauan dan penyesuaian secara teratur untuk memastikan strategi kata kunci Anda tetap efektif.

Kesimpulan

Short tail keyword memiliki banyak keuntungan dalam meningkatkan traffic, brand awareness, ranking di mesin pencari, peluang, dan konversi. Namun, juga perlu diingat bahwa persaingan yang tinggi dan biaya iklan yang lebih tinggi di platform iklan digital dapat menjadi sisi negatif.

Jika Anda butuh bantuan jasa SEO Jakarta untuk mengoptimalkan website bisnis Anda dengan konten-konten yang melibatkan keyword-keyword relevan, seperti short tail dan long tail keyword. Jangan ragu untuk menggunakan layanan SEO dari Toprank Indonesia.

Toprank Indonesia adalah digital marketing agency Jakarta yang menyediakan layanan digital marketing lengkap. Salah satu layanan digital marketing yang paling dicari klien adalah jasa SEO. Silahkan hubungi kami apabila Anda ingin website Anda dioptimasi oleh jasa SEO profesional dan ahli!

 

Published On: September 29th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!