Sitelink Adalah: Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Dedi

Sitelink Adalah, Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Sitelink adalah link yang dikumpulkan dan ditampilkan secara otomatis di bawah iklan Google untuk situs web yang sama. Sitelinks menampilkan link ke halaman utama dan beberapa halaman penting dalam situs web. Ini memudahkan pengguna untuk mencari informasi yang mereka inginkan.

Dengan link ini, memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi yang mereka cari secara langsung, tanpa perlu melalui halaman utama situs web. Halaman sitelinks ditentukan oleh Google untuk meningkatkan kualitas dan kesimpulan dari hasil pencarian.

Apa itu Sitelink?

Sitelink adalah link sub-halaman yang ditampilkan pada hasil pencarian sebuah situs web. Sitelink mengacu pada link tambahan yang muncul di bawah hasil pencarian organik situs web dalam halaman hasil mesin pencari seperti Google.

Link-link ini memberikan pengguna akses langsung ke halaman-halaman spesifik di dalam situs web, yang dapat membantu meningkatkan navigasi dan mengarahkan pengguna ke halaman-halaman yang paling relevan atau penting.

Jumlah sitelink yang terlihat dapat bervariasi, mulai dari dua kolom dengan 4-6 sitelink hingga satu kolom dengan 4 sitelink, sesuai dengan contoh di atas. Penting untuk dicatat bahwa tidak semua kata kunci menghasilkan sitelink. Hanya kata kunci yang terkait dengan nama jasa atau perusahaan (brand) yang dapat menampilkan sitelink.

Sitelink biasanya muncul dalam bentuk daftar horizontal di bawah deskripsi singkat situs web yang ditampilkan dalam hasil pencarian. Pengguna dapat mengklik sitelink untuk langsung menuju ke bagian spesifik dari situs web yang terkait dengan kebutuhan atau pertanyaan mereka.

Pemanfaatan sitelink dapat meningkatkan visibilitas dan kemungkinan kunjungan ke berbagai bagian penting dari situs web Anda. Strategi SEO sering melibatkan pengaturan sitelink untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan meningkatkan kesempatan konversi.

Baca Juga: Meta Description Adalah: Pengertian, Dan Manfaatnya untuk SEO

Manfaat Sitelink Bagi SEO

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa sitelink adalah link tambahan yang muncul di hasil pencarian mesin pencari. Manfaat sitelink melibatkan peningkatan visibilitas, relevansi, dan kemudahan navigasi bagi pengguna. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari penggunaan sitelink:

1. Meningkatkan Kepercayaan Pengunjung

Sitelink umumnya muncul sebagai sub-halaman teratas pada hasil pencarian Google SERP. Namun, tidak semua kata kunci atau situs web dapat memperoleh sitelink ini, menunjukkan bahwa situs web yang menampilkan sitelink cenderung populer dan memiliki optimasi SEO yang baik.

Keberadaan sitelink juga menandakan bahwa hasil pencarian teratas dengan sitelink adalah jawaban yang paling relevan di SERP. Situs web yang memiliki sitelink berpotensi mendapatkan lebih banyak pengunjung potensial.

2. Meningkatkan Click Through Rate

Sitelink mendominasi bagian atas layar, mendorong audiens untuk mengklik salah satu tautan yang tersedia. Karena sitelink merupakan sub-halaman dari situs web yang sama, tingkat klik pada halaman tersebut secara alami meningkat.

3. Memperbaiki Kinerja Internal Linking

Sama seperti pembahasan sebelumnya, sitelink memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi halaman-halaman populer dalam situs web. Ini akan meningkatkan kinerja internal linking dalam praktik SEO. Internal linking juga membimbing dan mendorong audiens untuk mengeksplorasi lebih dalam ke dalam situs.

4. Meningkatkan Awareness Situs Web

Menduduki posisi teratas pada hasil pencarian mesin pencari memberikan keuntungan besar. Dengan mempertahankan posisi tersebut, situs web Anda akan semakin dikenal dan diakui oleh audiens, meningkatkan kesadaran tentang keberadaan dan konten situs Anda.

5. Memperlihatkan Halaman yang Populer

Pemahaman konsep sitelink oleh audiens akan mengindikasikan bahwa sub-halaman yang disorot oleh sitelink merupakan halaman-halaman utama dan paling signifikan dalam situs web tersebut. Dengan demikian, audiens dapat dengan mudah mengakses halaman-halaman yang relevan dengan kebutuhan mereka.

Baca Juga: 10 Cara Optimasi SEO Instagram untuk Meningkatkan Penjualan

Cara Membuat Google Sitelink

Setelah Anda mengetahui manfaat sitelink, Anda juga perlu tahu cara membuatnya. Berikut beberapa cara membuat Google sitelink untuk meningkatkan visibilitas situs web Anda:

1. Buat Nama Website yang Unik

Sitelink muncul dalam hasil pencarian dengan kata kunci tertentu yang terkait dengan nama merek. Namun, tidak semua merek akan memperoleh link tersebut. Hal ini hanya berlaku untuk merek dengan nama yang unik dan muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.

Contohnya, jika bisnis Anda berfokus pada industri perjalanan, memberi nama website “Jasa Travel Indonesia” mungkin akan sulit mendapatkan sitelink. Ini karena tujuan pencarian pengguna cenderung lebih kepada daftar jasa perjalanan di Indonesia daripada mencari nama merek secara khusus.

Sebaiknya, pilihlah nama website yang lebih unik seperti ” TrekTrove.com” atau ” TravelVibez.com”. ini bertujuan untuk meningkatkan peluang mendapatkan link dan relevansi dengan pencarian pengguna.

2. Lakukan Optimalisasi SEO

Seperti yang telah dibahas pada poin pertama, sitelink pada Google cenderung diberikan kepada website yang muncul di halaman pertama hasil pencarian. Untuk meningkatkan peringkat website Anda di Google, diperlukan upaya dalam melakukan optimalisasi SEO. Optimalisasi SEO dapat diterapkan melalui dua teknik utama, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page.

Teknik SEO On Page adalah upaya optimalisasi yang dilakukan di dalam website itu sendiri. Fokus utamanya adalah memberikan nilai tambah bagi pengunjung, mempermudah eksplorasi website, membuat pengunjung betah. Dan memudahkan mesin pencari dalam memahami struktur website.

Sementara itu, SEO Off Page adalah strategi yang dilakukan di luar website. Tujuannya adalah meningkatkan peringkat SERP, meningkatkan tingkat keberhasilan halaman website. Ini juga membangun kepercayaan dan otoritas website dimata mesin pencari, serta meningkatkan reputasi website secara keseluruhan.

3. Buat Internal Link

Internal link merujuk pada link yang mengarah ke halaman lain dalam satu situs web yaitu di dalam website yang sama. Semakin banyak internal link yang dibuat, semakin memudahkan Google untuk mengidentifikasi halaman-halaman yang populer di situs web Anda. Ini kemudian dapat dipertimbangkan sebagai kandidat sitelink.

Contohnya, apabila Anda secara konsisten membuat link ke halaman kontak, Google akan menganggap bahwa halaman tersebut memiliki popularitas yang signifikan di dalam situs web Anda. Jadi, buat internal link pada halaman yang paling penting dalam situs web Anda.

4. Tingkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah kemampuan konsumen untuk mengenali atau mengingat suatu merek, seperti nama, gambar, logo, atau slogan yang terkait dengan merek tersebut. Semakin akrab orang dengan suatu merek, semakin sering mereka cenderung mencari merek tersebut di mesin pencari seperti Google.

Dengan meningkatnya pencarian merek di Google, peluang untuk mendapatkan sitelink juga semakin besar. berikut cara untuk meningkatkan brand awareness:

  1. Tetapkan kata kunci yang relevan pada setiap halaman website untuk memudahkan orang menemukan dan mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencarian.
  2. Hasilkan konten berkualitas tinggi sebagai bagian dari strategi SEO. Ini dapat meningkatkan posisi website pada mesin pencarian dan menarik perhatian pengunjung untuk tetap berada di website.
  3. Bangun blog di website dengan menyediakan artikel yang memberikan nilai tambah bagi pengunjung. Sehingga memperkuat keterlibatan dan kepercayaan terhadap brand Anda.
  4. Lakukan evaluasi rutin terhadap strategi SEO untuk memastikan kinerja optimal dan perbaikan terus-menerus.

5. Buat Struktur dan Navigasi Website yang Jelas

Dengan struktur dan navigasi website yang terorganisir, proses crawling dan indexing oleh Google akan menjadi lebih efisien, meningkatkan peluang untuk mendapatkan sitelink. Sebagai contoh, jika Anda menjual sepatu, Anda dapat merancang struktur website seperti “contohwebsite.com/sepatu/nike/sport”.

Pastikan juga bahwa website Anda dilengkapi dengan halaman navigasi utama yang komprehensif, seperti Homepage, Produk, Layanan, Blog, Tentang Kami, atau Hubungi Kami. Ini akan membantu pengguna dengan mudah menavigasi dan memahami konten yang tersedia di situs Anda. Serta mendukung upaya Google dalam mengindeks halaman-halaman tersebut untuk potensial sitelink.

6. Buat Sitemaps XML dan HTML

Sitemaps XML adalah daftar halaman website yang disusun untuk membantu mesin pencari dalam menemukan dan mengindeks konten website dengan lebih efisien. Sementara itu, sitemaps HTML adalah daftar halaman yang disusun khusus untuk pengunjung website, memberikan panduan navigasi yang lebih baik.

Untuk membuat sitemaps, berikut adalah langkah-langkah pendaftaran sitemaps website Anda melalui Google Search Console:

  1. Masuk ke beranda Google Search Console.
  2. Pilih menu “Sitemaps”.
  3. Tambahkan file “sitemaps.xml” dan klik tombol “submit”.
  4. Setelah berhasil, status “Success (Sukses)” akan muncul pada daftar sitemaps. Jika belum berhasil, tunggu proses hingga berhasil.

Kesimpulan

Sitelink adalah link tambahan yang muncul di hasil pencarian mesin pencarian. Link ini mengarahkan pengguna langsung ke halaman-halaman spesifik di situs web Anda. Tujuannya adalah membantu pengguna untuk mengeksplorasi lebih lanjut tentang produk, layanan, atau informasi yang relevan.

Sitelink membantu meningkatkan visibilitas dan efektivitas kampanye periklanan online Anda. Misalnya, jika Anda memiliki website toko online sepatu, maka ada link yang mungkin mencakup tautan langsung ke kategori sepatu pria, sepatu wanita, diskon khusus, atau halaman testimoni pelanggan.

Jika Anda belum terlalu paham dengan sitelink, Anda bisa bisa konsultasi kepada Toprank Indonesia sebagai digital marketing agency Jakarta. Kami mempunyai tim yang ahli dan profesional dalam menangani situs web dan optimasi SEO. Anda bisa berdiskusi kepada kami kapanpun diinginkan.

Berlokasi di Jakarta, kami siap melayanai permintaan klien akan jasa SEO Jakarta. Hal ini karena banyak klien kami yang berasal dari kota Jakarta. Dan, tata-rata dari mereka menggunakan layanan kami untuk bisa meningkatkan situs web agar bisa mendatangkan traffic yang potensial.

Dengan SEO Agency Toprank, Anda bisa fokus pada bisnis inti. Tim kami akan mengelola situs web Anda dengan baik, agar bisa mendapatkan leads. Hal ini adalah moto utama kami, membantu dan meningkatkan website klient agar bisa bersaing dan mendapatkan benefit yang lebih tinggi.

Published On: November 24th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!