Strategi Efektif SEO Menggunakan Long Tail Keyword

admin

Strategi Efektif SEO Menggunakan Long Tail Keyword

Memahami dan menggunakan long tail keywords membantu Anda mengoptimalkan upaya SEO Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam pencarian online dan mencapai audiens yang relevan dengan bisnis atau proyek Anda.

Long Tail Keyword

Penjelasan Long Tail Keyword

Istilah long tail keyword merujuk pada frasa pencarian yang terdiri dari tiga atau lebih kata. Biasanya, istilah ini digunakan dalam konteks optimisasi mesin pencari (SEO) dan digital marketing. Long tail keywords memiliki tingkat volume pencarian yang lebih rendah dibandingkan dengan kata kunci umum yang lebih pendek, tetapi sering kali lebih spesifik dan ditargetkan

Contoh:

  • Kata Kunci Umum: Sepatu
  • Long Tail Keyword: Sepatu lari Nike untuk trek gunung

Dalam contoh di atas, “sepatu” adalah kata kunci umum yang mungkin memiliki volume pencarian tinggi, tetapi persaingan juga akan sangat tinggi. Sementara itu, “sepatu lari Nike untuk trek gunung” adalah long tail keyword yang lebih spesifik. Meskipun volume pencariannya lebih rendah, ini dapat menarik orang-orang yang benar-benar mencari jenis sepatu yang spesifik.

Kelebihan Menggunakan Long Tail Keyword

  • Trafik Terarah

Long tail keyword membantu Anda menjangkau audiens yang lebih tepat. Orang yang mencari long tail keyword cenderung memiliki niat yang lebih jelas, sehingga trafik yang dihasilkan memiliki potensi konversi yang lebih tinggi.

  • Minim Persaingan

Kata kunci umum sering memiliki persaingan yang tinggi. Dengan menggunakan long tail keyword, Anda dapat menghindari persaingan yang ketat dan lebih mudah mendapatkan peringkat yang baik di halaman hasil pencarian.

  • Peningkatan Konversi

Karena long tail keyword lebih relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna, peluang untuk mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan meningkat. Pengguna yang menemukan konten Anda melalui long tail keyword cenderung sudah dalam tahap pemikiran atau pembelian.

Baca juga: Cara Mencari Kata Kunci di Google Secara Gratis

Sifat Long Tail Keyword

Spesifik

Spesifik dalam konteks long tail keyword merujuk pada tingkat rincian dan detail yang lebih tinggi dalam frasa pencarian. Ketika seseorang mencari sesuatu di mesin pencari dengan menggunakan kata kunci yang spesifik, mereka mencoba untuk menggambarkan kebutuhan atau informasi yang sangat tertentu.

Dengan menggunakan long tail keyword yang spesifik, Anda dapat menargetkan audiens yang lebih tepat, menyediakan informasi yang lebih relevan, dan memenuhi kebutuhan spesifik pengguna. Ini membantu memadukan niat pencarian pengguna dengan konten atau produk yang Anda tawarkan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan peluang konversi.

Panjang

Dalam konteks kata kunci atau frasa pencarian, panjang merujuk pada jumlah kata yang digunakan dalam sebuah long tail keyword. Panjang long tail keyword umumnya lebih dari dua atau tiga kata, dan bisa mencapai lima atau lebih kata tergantung pada seberapa spesifik atau rinci yang ingin dinyatakan oleh pencari informasi.

Trafik Rendah

Trafik rendah dalam konteks long tail keyword mengacu pada jumlah pencarian atau kunjungan yang lebih sedikit yang berasal dari pengguna yang menggunakan frasa pencarian yang sangat spesifik atau panjang. Long tail keyword cenderung memiliki trafik rendah jika dibandingkan dengan kata kunci umum atau pendek. Namun, meskipun memiliki trafik yang lebih sedikit, long tail keyword memiliki manfaat khusus yang membuatnya tetap berharga dalam strategi SEO dan konten. 

Cara Mencari Long Tail Keyword

Pastikan kata kunci yang Anda pilih masih relevan dengan konten Anda dan sesuai dengan target audiens Anda.

Menggunakan Google

Menggabungkan berbagai metode yang ditawarkan oleh Google dapat membantu Anda mendapatkan berbagai ide long tail keywords yang dapat meningkatkan visibilitas dan daya saing SEO Anda.

Manfaatkan People Also Ask

Memanfaatkan fitur People Also Ask tidak hanya membantu Anda menemukan long tail keywords, tetapi juga memberikan wawasan yang berharga tentang kebutuhan dan pertanyaan yang dihadapi oleh audiens Anda. Dengan memahami apa yang dicari oleh pengguna, Anda dapat menghasilkan konten yang lebih relevan dan berharga.

Manfaatkan Google Autocomplete

Pemanfaatan Google Autocomplete adalah cara yang cepat dan mudah untuk menemukan long tail keywords dan mendapatkan wawasan tentang apa yang dicari oleh pengguna. Ini dapat membantu Anda mengoptimalkan konten Anda dan merancang strategi SEO yang lebih efektif.

Manfaatkan Related Searches

Dengan memanfaatkan fitur Related Searches di hasil pencarian Google, Anda dapat menemukan long tail keywords yang lebih spesifik dan mendapatkan wawasan yang berguna tentang minat dan kebutuhan pengguna. Hal ini membantu Anda mengarahkan upaya SEO dan konten dengan lebih efektif.

Baca juga: Pengertian Kata Kunci SEO, Fungsi dan Jenisnya Disini!

Menggunakan Selain Google

Gunakan Answer The Public

Answer The Public adalah alat riset kata kunci yang sangat berguna untuk menemukan long tail keywords dan mendapatkan wawasan tentang apa yang dicari oleh pengguna terkait dengan topik tertentu. Alat ini mengumpulkan data dari hasil pencarian Google dan mengorganisasikannya dalam bentuk visualisasi yang mudah dipahami.

Berikut adalah cara Anda dapat memanfaatkan Answer The Public:

  • Masukkan Kata Kunci

Kunjungi situs web Answer The Public dan masukkan kata kunci utama yang ingin Anda riset. Alat ini akan menghasilkan daftar pertanyaan, pernyataan, dan frasa yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.

  • Visualisasi Data

Answer The Public akan menghasilkan diagram lingkaran (wheel) yang menampilkan pertanyaan-pertanyaan yang sering dicari oleh pengguna, berdasarkan kata kunci yang Anda masukkan. Anda juga akan melihat pernyataan-pernyataan dan variasi kata kunci lainnya.

  • Ide Konten

Diagram lingkaran Answer The Public dapat memberikan inspirasi untuk konten baru. Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam visualisasi ini atau membuat artikel yang merespons pernyataan-pernyataan yang ada.

  • Download Data

Anda dapat mengunduh hasil riset dalam bentuk CSV atau gambar untuk referensi lebih lanjut atau berbagi dengan tim Anda.

  • Filter Data

Anda dapat menyaring pertanyaan-pertanyaan berdasarkan kata tanya (misalnya, “apa”, “bagaimana”, “kapan”) untuk memfokuskan riset pada jenis pertanyaan tertentu.

Gunakan Soovle

Soovle adalah alat riset kata kunci yang mengumpulkan saran otomatis dari berbagai mesin pencari dan platform populer, termasuk Google, Bing, Yahoo, Amazon, Wikipedia, YouTube, dan lebih banyak lagi. Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan wawasan tentang kata kunci yang paling dicari di berbagai platform.

Berikut adalah cara Anda dapat memanfaatkan Soovle:

  • Masukkan Kata Kunci

Kunjungi situs web Soovle dan mulai mengetikkan kata kunci utama yang ingin Anda riset. Alat ini akan mulai menampilkan saran otomatis dari berbagai mesin pencari dan platform.

  • Lihat Daftar Saran Otomatis

Anda akan melihat daftar saran otomatis dari berbagai sumber seperti Google, Bing, Yahoo, Amazon, YouTube, dan lainnya. Ini memberikan Anda wawasan tentang kata kunci yang populer di berbagai platform.

  • Identifikasi Long Tail Keywords

dapat melihat daftar kata kunci yang muncul dari berbagai sumber dan mengidentifikasi long tail keywords yang relevan dengan bisnis atau topik Anda.

  • Filter dan Susun Prioritas

Anda dapat menggunakan opsi filter untuk memilih sumber yang paling relevan atau paling banyak digunakan untuk tujuan Anda. Anda juga dapat mengganti urutan kata kunci berdasarkan prioritas.

  • Ide Konten

Soovle dapat memberikan inspirasi untuk konten baru. Anda dapat menggunakan saran otomatis dari berbagai platform untuk membuat konten yang sesuai dengan minat dan kebutuhan audiens Anda di berbagai kanal.

  • Download Data

Anda dapat mengunduh daftar kata kunci yang dihasilkan dalam bentuk CSV atau teks untuk referensi lebih lanjut atau analisis lebih mendalam.

  • Mengidentifikasi Perbedaan Platform

Dengan melihat saran otomatis dari berbagai mesin pencari dan platform, Anda dapat mengidentifikasi perbedaan dalam permintaan pencarian di berbagai lingkungan online.

Untuk meningkatkan peringkat website Anda dengan strategi SEO yang efektif, gunakan Jasa SEO Toprank Indonesia yang merupakan Digital Marketing Agency Jakarta yang sudah dipercaya banyak perusahaan di Indonesia.

Published On: Agustus 23rd, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!