Traffic Penjualan Adalah Cara Mengetahui Peningkatan Bisnis

admin

Traffic Penjualan Adalah Cara Mengetahui Peningkatan Bisnis

Memahami traffic penjualan adalah hal yang penting bagi setiap pemilik bisnis. Dengan hasil analisa traffic yang tepat, dapat membantu bisnis membuat strategi yang tepat dalam meningkatkan penjualan. Dengan memahami karakter traffic, maka Anda akan bisa memahami seperti apa calon pembeli Anda dan bagaimana cara menjadikan mereka konsumen loyal.

Traffic

Traffic adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seberapa banyak orang yang datang dan melihat situs web Anda, mirip dengan banyaknya kendaraan yang melintas di jalan raya. 

Bayangkan situs web Anda sebagai rumah, dan traffic adalah tamu yang datang ke rumah Anda. Saat orang mengunjungi situs web Anda, ini dihitung sebagai “traffic”. Anda bisa melihat traffic ini seperti sejumlah besar tamu yang datang ke pesta di rumah Anda.

Apa itu traffic penjualan?

Traffic penjualan adalah ketika orang-orang datang ke situs web atau toko online Anda dan benar-benar tertarik untuk membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan. Ini adalah lalu lintas yang bisa berubah menjadi pembeli, bukan hanya orang yang sekedar melihat saja.

Dengan berfokus pada traffic penjualan adalah kita dapat meningkatkan peluang kita untuk membuat lebih banyak penjualan dan sukses dalam bisnis online kita.

Menambah Traffic Dengan Keyword Yang Tepat

Menambah traffic ke situs web Anda dengan menggunakan kata kunci yang tepat merupakan langkah penting dalam strategi SEO (Search Engine Optimization). Kata kunci yang tepat meningkatkan visibilitas situs Anda di mesin pencari, memungkinkan pengguna yang mencari topik yang relevan dan meningkatkan traffic penjualan yang tujuannya adalah membantu pengguna untuk menemukan situs Anda.

Gunakan jasa SEO dari Toprank Indonesia untuk menambah traffic website Anda dan meningkatkan traffic penjualan. Toprank Indonesia adalah Digital Marketing Agency Jakarta yang sudah dipercaya oleh banyak perusahaan besar di Indonesia.

Baca juga: Cara Meningkatkan Penjualan Online Dalam 30 Hari

Intent Keyword

Intent keyword adalah kata atau frasa yang digunakan oleh orang ketika mereka mencari sesuatu di mesin pencari dengan tujuan tertentu. Kata kunci ini mencerminkan apa yang ingin mereka temukan atau lakukan.

Ini penting karena saat kita membuat konten atau mengoptimalkan situs web untuk mesin pencari, kita perlu memahami apa yang orang cari. Berikut adalah beberapa jenis intent keyword yang bisa kita temui:

  • Intent Navigasi
    Ini ketika orang ingin langsung pergi ke situs web tertentu. Misalnya, mereka mencari “YouTube” karena ingin ke situs YouTube.
  • Intent Informasi
    Ini saat orang mencari informasi tentang suatu topik. Contohnya, mencari “cara bicara dengan kucing” atau “fungsi vitamin C pada Jeruk.”
  • Intent Komersial
    Ketika orang sedang mencari produk atau layanan tertentu, mungkin karena ingin membeli atau membandingkan. Contoh: “harga laptop bekas merk Dell” atau “ulasan hotel di Bali dekat pantai Kuta.”
  • Intent Transaksional
    Orang mencari sesuatu yang spesifik untuk melakukan tindakan. Misalnya, mereka mencari “beli sepatu online”, “jasa seo bali” atau “unduh lagu MP3 gratis.”

Memahami intent keyword membantu kita menyusun konten yang sesuai dengan apa yang orang cari, sehingga situs kita lebih muncul dalam hasil pencarian yang relevan. Ini membuat pengunjung lebih tertarget dan meningkatkan peluang kesuksesan kita dalam mencapai tujuan yang kita inginkan, seperti meningkatkan penjualan produk atau menginformasikan publik tentang suatu topik.

Strategi Menambah Traffic

Strategi yang tepat untuk menambah traffic penjualan adalah dengan menggunakan kata kunci yang tepat:

  1. Penelitian Kata Kunci
    Lakukan penelitian mendalam tentang kata kunci yang paling relevan dengan konten atau layanan yang Anda tawarkan. Gunakan alat seperti Google Keyword Planner atau Ubersuggest untuk menemukan kata kunci yang memiliki volume pencarian yang baik dan tingkat persaingan yang masuk akal.
  2. Fokus pada Kata Kunci Long-Tail
    Kata kunci long-tail adalah frase yang lebih panjang dan spesifik. Meskipun volume pencarian untuk kata kunci ini mungkin lebih rendah, mereka cenderung menghasilkan lalu lintas yang lebih berkualitas, karena mereka mencerminkan niat yang lebih spesifik dari pengguna.
  3. Integrasi Kata Kunci ke dalam Konten
    Setelah Anda mengidentifikasi kata kunci yang relevan, pastikan untuk mengintegrasikannya ke dalam konten situs Anda dengan alami. Jangan berlebihan menggunakan kata kunci, tapi usahakan untuk mencakupnya dalam judul, subjudul, paragraf, dan konten yang berkaitan.
  4. Optimalkan Meta Tag

Meta tag, seperti judul halaman (title tag) dan deskripsi meta (meta description), adalah bagian penting dalam optimasi kata kunci. Pastikan judul halaman dan deskripsi meta Anda menggambarkan konten halaman dengan baik dan termasuk kata kunci utama.

  1. Buat Konten Berkualitas
    Isi situs Anda dengan konten berkualitas yang relevan dan informatif. Konten yang bagus akan menarik pengunjung organik dan dapat berpotensi mendapatkan tautan (backlink) dari situs lain, yang juga membantu meningkatkan peringkat situs Anda di mesin pencari.
  2. Gunakan Link Internal
    Gunakan tautan internal yang relevan dalam konten Anda untuk mengarahkan pengunjung ke halaman lain di situs Anda. Ini membantu meningkatkan lalu lintas di berbagai halaman situs Anda.
  3. Pantau dan Tingkatkan
    Pantau kinerja kata kunci Anda melalui alat analitik seperti Google Analytics. Jika Anda melihat kata kunci yang menghasilkan traffic penjualan adalah yang paling baik, pertimbangkan untuk membuat konten lebih lanjut yang terkait dengan kata kunci tersebut.

Baca juga: Target Menggunakan SEO untuk Strategi Pemasaran Digital

Tools Analisa Keyword

Ada banyak alat analisis keyword yang dapat membantu Anda dalam strategi SEO dan pencarian kata kunci. Berikut beberapa di antaranya:

  • Google Keyword Planner
    Ini adalah alat gratis dari Google Ads yang membantu Anda menemukan kata kunci yang relevan dan memberikan informasi tentang volume pencarian dan perkiraan persaingan.
  • Ahrefs
    Alat ini sangat populer untuk analisis SEO dan penelitian kata kunci. Anda dapat melihat kata kunci yang digunakan pesaing, volume pencarian, perkiraan lalu lintas, dan banyak lagi. Dengan menggunakan Ahrefs meningkatkan traffic penjualan adalah hal yang bisa dicapai dengan baik.
  • SEMrush
    Ini adalah alat serbaguna yang tidak hanya memungkinkan analisis kata kunci, tetapi juga memantau peringkat, melacak backlink, dan memberikan wawasan kompetitif.
  • Moz Keyword Explorer
    Alat ini membantu Anda menemukan kata kunci baru, memberikan perkiraan volume pencarian, kesulitan kompetitif, dan saran yang dapat membantu Anda mengoptimalkan konten.
  • KeywordTool.io
    Alat ini membantu Anda menemukan kata kunci panjang yang lebih spesifik (long-tail keywords) berdasarkan kata kunci utama.
  • Ubersuggest
    Dikembangkan oleh Neil Patel, alat ini memberikan wawasan tentang kata kunci, termasuk volume pencarian, ide kata kunci baru, dan analisis pesaing.
  • AnswerThePublic
    Alat ini membantu Anda menemukan pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang seputar kata kunci tertentu, yang dapat menjadi ide konten yang bermanfaat.
  • Google Trends
    Alat ini memungkinkan Anda melihat tren dalam volume pencarian dari waktu ke waktu, serta melihat popularitas kata kunci berdasarkan wilayah geografis.
  • Keyword Surfer (Ekstensi Chrome)
    Ekstensi ini memberikan perkiraan volume pencarian dan data terkait kata kunci langsung di hasil pencarian Google.

Pilih alat yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan untuk menggunakan data dari alat tersebut untuk merencanakan strategi kata kunci Anda. Kombinasikan informasi dari beberapa alat untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang kata kunci yang akan Anda gunakan. Dengan bantuan tools yang tepat meningkatkan traffic penjualan adalah hal bisa dicapai dengan lebih terstruktur.

Published On: Agustus 11th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!