7 Strategi Internet Marketing Paling Populer

Internet Marketing

Perkembangan Internet semakin dahsyat dari tahun ke tahun. Makin banyak strategi yang dipakai untuk menghadapi kompetisi di dunia maya. Tapi dari semua yang ada, strategi internet marketing selalu dipakai oleh pebisnis online. Bagaimana tidak? Bisa dilihat banyak bisnis online bermunculan di internet.

Alasan menggunakan strategi internet marketing adalah karena lebih efektif dan cepat. Bahkan mulai banyak pebisnis online yang ikut-ikutan melakukan strategi internet marketing. Hal ini membuat persaingan tinggi dan ketat. Akan tetapi anda bisa memanfaatkan beberapa internet marketing lainnya.

*Baca Juga: Megenal Digital Marketing Agency Beserta Manfaat dan Jenisnya

Strategi Internet Marketing yang Wajib Anda Coba!

  • Content Marketing

Konten merupakan tulang punggung internet, semua hal yang tampak secara kasat mata di internet berupa tulisan, gambar, video, dsb disebut sebagai konten. Content marketing diartikan sebagai proses membuat dan membagikan materi online seperti video, blog, dan post di social media. Mempromosikan brand atau merek dengan maksud menstimulasi minat kepada masyarakat untuk produk atau layanan.

Dalam internet marketing, content marketing memegang peranan paling penting. Tanpa content marketing, strategi lainnya mungkin tidak akan menjadi efektif. Dimana tujuan content marketing adalah untuk menstimulasi minat calon pelanggan kepada suatu produk atau layanan jasa. Konten bisa mengedukasi calon pelanggan potensial mengenai produk atau layanan yang kita jual. Bayangkan, tanpa konten, bagaimana pelanggan akan tahu mengenai produk yang anda jual?

  • Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu komponen dalam Internet marketing yang tak kalah powerful. Email marketing merupakan sebuah metode dimana anda bisa secara langsung terhubung dengan calon pelanggan. Dalam melakukan email marketing tentunya anda harus memiliki alamat email calon pelanggan. Anda bisa mendapatkan email pelanggan dengan cara pasang fitur subscribe/berlangganan di situs web.

Baca Juga:  Apa itu Reseller? Cara Menjadi Reseller Sukses

Pengunjung yang tertarik dengan produk atau layanan yang anda jual mungkin akan menaruh email mereka untuk berlangganan newsletter. Anda juga harus rajin mengirimkan newsletter yang berisikan promosi produk ataupun konten lain untuk meningkatkan minat pelanggan terhadap produk yang Anda jual. Email marketing ini selangkah lebih maju untuk mendapatkan sales/penjualan.

  • SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah sebuah proses untuk memaksimalkan jumlah pengunjung ke sebuah situs web dengan memastikan situs web tersebut muncul di halaman pertama hasil pencarian. Bila anda menginginkan lebih banyak trafik organic, maka sudah saatnya anda mempraktikkan SEO. Anda perlu memaksimalkan website Anda supaya muncul di rank pertama, kedua, atau ketiga google.

Meskipun yang paling baik adalah muncul di rank pertama, karena user akan mengklik konten di halaman pertama dan jarang sekali menuju page kedua, ketiga, dan seterusnya hingga ke sepuluh. Sejatinya kalau Anda paham dasar-dasar SEO, tidak sulit untuk melakukannya. ini bisa mendatangkan lebih banyak trafik organic ke website Anda, selain murah tidak ada biaya yang dipungut.

  • Optimasi Conversion Rate

Goal utama dari Internet marketing adalah konversi (conversion). Maka dari itu, anda harus bisa mengoptimasi Conversion Rate (tingkat konversi). Untuk mengoptimasi CR bisa dilakukan dengan kombinasi antara UI/UX dan copywriting. Gunakan copywriting untuk menyampaikan pesan. Gunakan desain UI/UX untuk membuat pengunjung mudah melakukan pembelian, sehingga konversi tercipta.

  • Sosial Media

Sosial media menjadi kekuatan besar bagi internet marketing. Sosial media menjadi media yang mumpuni untuk bisa berkomunikasi langsung dengan calon pelanggan anda. Hanya saja, visibility dan komunikasi tidaklah cukup untuk membangun sebuah brand atau bisnis. Anda perlu membuat konten yang bagus dan luar biasa, agar pengguna sosial media mau membagikan konten tersebut ke teman-teman mereka.

Trafik organic memang sangat bagus dan bisa bertahan lama. Akan tetapi biaya yang dikeluarkan bisa lebih besar, karena harus dilakukan terus menerus. Tapi paid ads kadang sesekali bisa dipakai untuk kampanye produk yang tertarget. Paid ads bisa memberikan hasil keuntungan dengan pasti, cara ini sangat cocok untuk anda yang ingin melakukan kampanye produk-produk tertentu secara cepat. Contoh paid ads yang terkenal adalah Google Ads, Youtube Ads, dan Facebook advertising platform.

  • Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan strategi Internet marketing yang relatif baru. Influencer marketing menggunakan jasa selebgram untuk mempromosikan suatu produk. Influencer atau selebgram umumnya memiliki ribuan hingga jutaan pengikut (follower) di akun Instagram, YouTube, atau Facebook. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk melakukan promosi lewat Influencer tersebut. Pengikut dari para influencer atau ini biasanya loyal dan percaya, sehingga ada kemungkinan mereka membeli produk.

Baca Juga:  Penjelasan dan Cara Memperbaiki Error 404 (Not Found)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

20 − thirteen =

top
WhatsApp chat