Backlink Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

admin

Backlink Adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Cara Mendapatkannya

Backlink adalah salah satu faktor yang berperan penting dalam SEO marketing, backlink, juga dikenal sebagai inbound link atau incoming link. Ini adalah tautan yang diterima oleh situs web Anda dari situs web lain. Backlink membantu mesin pencari untuk memahami popularitas dan otoritas situs web Anda karena mengindikasikan bahwa situs web Anda dianggap relevan dan berharga oleh situs web lain.

Semakin banyak situs web berkualitas tinggi yang memberikan backlink pada situs web Anda, semakin baik untuk peringkat SEO Anda. Namun, penting juga untuk memperhatikan kualitas backlink tersebut. Karena backlink dari situs web spam atau berkualitas rendah dapat merugikan peringkat situs web Anda. Jadi, mari pahami apa itu backlink, Anda bisa mempelajarinya di artikel ini!

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah tautan (link) yang mengarah dari situs web lain kembali ke situs web Anda. Backlink merupakan faktor penting dalam SEO karena mereka membantu mesin pencari untuk menilai kredibilitas dan kualitas situs web yang dihubungkan melalui backlink tersebut.

Backlink juga dikenal sebagai “inbound link” atau “incoming link.” Mereka adalah komponen penting dalam algoritma mesin pencari. Karena mereka membantu mesin pencari menentukan sejauh mana sebuah halaman web dapat dianggap otoritatif atau relevan dalam konteks pencarian.

Situs web dengan backlink berkualitas tinggi cenderung mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian dan mendapatkan lebih banyak traffic organik.

Ada dua jenis backlink utama yaitu:

  1. Backlink Internal

Ini adalah tautan yang menghubungkan halaman dalam satu situs web dengan halaman lain dalam situs yang sama. Backlink internal membantu dalam navigasi internal dan dapat meningkatkan pengalaman pengguna.

  1. Backlink Eksternal

Ini adalah tautan yang menghubungkan halaman web dari satu situs web dengan halaman web dari situs web lain. Backlink eksternal adalah yang paling relevan dalam konteks optimasi mesin pencari (SEO).

Jika situs web A memiliki banyak backlink dari situs web B, C, dan D, maka situs web A mungkin dianggap lebih otoritatif atau relevan oleh mesin pencari, yang dapat meningkatkan peringkatnya dalam hasil pencarian.

Meskipun backlink dapat menaikkan ranking, penting untuk diingat bahwa bukan jumlah backlink yang terpenting, melainkan kualitasnya. Backlink yang diperoleh secara organik dari situs web berkualitas tinggi dan relevan jauh lebih berharga daripada backlink yang diperoleh secara spam atau tidak etis.

Oleh karena itu, dalam praktiknya, strategi SEO seringkali melibatkan upaya untuk membangun backlink berkualitas dengan cara yang etis dan sesuai dengan pedoman mesin pencari.

Apa saja Manfaat Backlink?

Backlink memiliki sejumlah manfaat penting, terutama dalam konteks Search Engine Optimization (SEO) dan meningkatkan visibilitas serta otoritas situs web Anda. Inilah beberapa manfaat backlink yang perlu Anda ketahui:

  1. Meningkatkan Ranking Mesin Pencari

Salah satu manfaat paling penting dari backlink adalah bahwa mereka dapat membantu meningkatkan ranking situs web Anda dalam hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Mesin pencari menggunakan backlink sebagai salah satu faktor penting untuk menentukan seberapa otoritatif atau relevan situs web Anda dalam suatu topik atau niche tertentu.

  1. Meningkatkan Traffic Website

Backlink dari situs web lain yang relevan dapat mengarahkan traffic pengunjung ke situs Anda. Jika situs web yang memberikan backlink memiliki audiens yang sama dengan target Anda, maka Anda dapat mengharapkan pengunjung yang lebih terarah dan mungkin tertarik pada konten atau produk Anda.

  1. Meningkatkan Otoritas Situs Web

Semakin banyak backlink berkualitas yang Anda dapatkan, semakin besar peluang situs Anda dianggap sebagai sumber informasi yang kredibel oleh mesin pencari dan pengguna.

  1. Peningkatan Keterpaparan Merek

Backlink juga dapat membantu meningkatkan keterpaparan merek Anda. Ketika situs web lain menghubungkan ke konten Anda, ini berfungsi sebagai rekomendasi implisit dan dapat membantu Anda membangun citra merek yang kuat.

  1. Peningkatan Indeksasi

Backlink juga dapat membantu mesin pencari menemukan dan mengindeks halaman-halaman baru di situs Anda lebih cepat. Ini penting untuk memastikan bahwa konten Anda muncul dalam hasil pencarian segera setelah Anda mempublikasikannya.

  1. Penyaringan Traffic

Selain itu, backlink juga dapat berfungsi sebagai penyaring traffic. Ini berarti bahwa orang yang mengklik tautan tersebut mungkin sudah memiliki minat atau kebutuhan yang relevan dengan konten atau produk Anda, sehingga memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi.

Jenis-Jenis Backlink

Jenis-jenis backlink dapat diklasifikasikan berdasarkan berbagai faktor, termasuk sumber, kualitas, dan cara mereka diperoleh. Di bawah ini adalah beberapa jenis-jenis backlink paling umum:

1. Backlink Dofollow

Backlink Dofollow adalah jenis backlink yang tidak dibatasi oleh atribut ‘rel=nofollow’ dan memberikan pengaruh pada peringkat search engine result page (SERP) atau page rank. Artinya, mesin pencari akan mengikuti Backlink Dofollow ke halaman baru dan memberikan otoritas ke halaman tersebut. Sehingga membantu meningkatkan peringkat situs web pada SERP.

Ketika sebuah situs web memberikan backlink dofollow ke situs web Anda, ini mengirimkan sinyal positif kepada mesin pencari bahwa konten Anda dianggap relevan atau bermanfaat. Dan situs Anda mungkin menjadi lebih otoritatif dalam topik atau niche tertentu. Akibatnya, ini dapat meningkatkan peringkat Anda dalam hasil pencarian dan meningkatkan visibilitas online Anda.

Dalam membangun backlink dofollow harus secara wajar dan organik. Membangun backlink dengan cara yang tidak etis atau melibatkan praktik spam dapat mengakibatkan penalti dari mesin pencari dan merusak reputasi situs web Anda. Oleh karena itu, penting untuk berfokus pada membangun backlink dofollow berkualitas tinggi dengan cara yang sesuai dengan pedoman SEO dan etika online.

2. Backlink Nofollow

Backlink nofollow adalah jenis backlink yang tidak memberikan “link juice” atau nilai SEO ke situs web yang dihubungkan. Ini berarti bahwa tautan tersebut tidak berpengaruh pada peringkat situs web yang menerima tautan dalam hasil pencarian mesin pencari. Backlink nofollow biasanya memiliki atribut HTML rel=”nofollow”.

Backlink nofollow dapat digunakan untuk menghindari terlalu banyak link keluar dari situs web yang mungkin terasa spammy atau tidak relevan. Hal ini dapat membantu menjaga kualitas konten dan otoritas situs.

Ketika Anda ingin memberikan link ke situs web lain tetapi merasa kontennya tidak terkait dengan konten Anda, Anda dapat menggunakan backlink nofollow untuk menghindari memberikan pengaruh SEO yang tidak relevan.

Meskipun backlink nofollow tidak memberikan manfaat SEO langsung. Ini masih dapat memberikan nilai dalam bentuk traffic dan mengarahkan pengguna ke konten yang relevan. Selain itu, jenis backlink ini juga dapat membantu membangun hubungan dengan pemilik situs web lain dan meningkatkan visibilitas merek Anda. Ini artinya backlink nofollow tetap memiliki peran dalam strategi digital marketing.

3. Backlink Natural

Backlink Natural atau alami adalah jenis backlink yang terbentuk secara alami tanpa pengaruh atau intervensi dari pemilik situs web atau pihak ketiga. Artinya, backlink natural tumbuh secara organik karena kualitas konten yang baik dan bermanfaat, serta pengunjung yang aktif membagikan link ke situs tersebut.

Keuntungan dari backlink natural adalah memperkuat reputasi domain atau otoritas situs web karena tumbuh secara alami dan berkualitas tinggi. Selain itu, backlink natural juga tidak melanggar pedoman SEO karena merupakan jenis link yang tidak dibuat dengan sengaja oleh pemilik situs atau pihak ketiga.

Pembuatan backlink natural membutuhkan waktu dan upaya yang lebih besar dibandingkan jenis link lainnya, seperti backlink PBN atau guest posting. Karena butuh pengunjung dan komunitas yang aktif dan terhubung dengan konten yang dibuat. Pembuatan backlink natural dapat menjadi strategi jangka panjang dan berkelanjutan untuk meningkatkan reputasi situs web.

4. Backlink PBN (Private Blog Network)

Jasa backlink PBN (Private Blog Network) adalah jenis backlink yang dibangun dengan cara membuat beberapa blog yang dibuat khusus dengan tujuan memberikan backlink pada situs web yang ingin ditingkatkan peringkatnya di hasil pencarian. Backlink ini dibuat oleh pemilik situs web atau pihak ketiga dengan menggunakan domain dan hosting yang dimiliki.

Manfaat dari backlink PBN adalah bisa membuat backlink cepat dan mudah karena pemilik situs web bisa membuat blog baru sesuai dengan keinginan dan menyematkan backlink menuju situs web tujuan. Selain itu, kontrol penuh atas blog juga menjadi keuntungan, sehingga pemilik situs web bisa memastikan kontrol keamanan serta memanfaatkan untuk tujuan lainnya.

Tapi, menggunakan backlink PBN juga memiliki risiko karena Google melarang praktik pembuatan backlink ini. Jika terdeteksi oleh algoritma Google, situs web yang menggunakan PBN dapat berisiko kehilangan peringkat SEO dan bahkan didenda sepenuhnya.

5. Backlink Sosial

Backlink sosial mengacu pada tautan atau link yang berasal dari platform media sosial ke situs web atau konten tertentu. Ini adalah link yang dibagikan atau diposting di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, Pinterest, dan banyak lagi.

Backlink sosial adalah bagian penting dari strategi pemasaran konten. Dengan membagikan konten yang berharga dan menarik di media sosial, Anda dapat mencapai audiens yang lebih luas dan memperluas jangkauan konten Anda.

Dengan aktif berpartisipasi di media sosial dan memposting konten yang konsisten, Anda dapat membangun brand awareness yang lebih besar. Pengguna media sosial akan mulai mengenali dan menghubungkan merek Anda dengan konten dan nilai yang Anda berikan.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Setelah Anda mengetahui pengertian backlink, jenis backlink dan manfaat backlink, pastinya Anda juga ingin tahu cara mendapatkannya. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa dalam membangun backlink haruslah berkualitas sehingga memberikan efek positif pada ranking dan traffic website Anda. Berikut beberapa cara mendapatkan backlink berkualitas:

1. Buat Konten Berkualitas Tinggi

Konten yang berkualitas tinggi akan menarik perhatian para pembaca dan dapat memancing orang untuk membagikan dan menyebarkan postingan Anda. Bahkan sampai memberikan backlink ke halaman Anda.

Sebelum membuat konten, pastikan Anda mengetahui siapa target pembaca Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk membuat konten yang relevan dan menarik bagi mereka. Pastikan bahwa konten yang Anda buat memiliki nilai yang bisa diambil oleh pembaca.

Dalam pembuatan konten SEO, pastinya tidak lepas dari kata kunci. Pastikan kata kunci yang Anda gunakan secara alami dan relevan dengan topik konten yang dibahas.

Jangan lupa untuk menggunakan internal dan eksternal link. Hal ini juga bisa meningkatkan kualitas konten. Link internal mengarahkan pembaca ke halaman lain di situs web Anda. Sedangkan link eksternal mengarahkan ke situs web lain yang relevan dengan topik yang dibahas.

2. Guest Posting

Guest post atau postingan blog tamu adalah salah satu cara paling efektif dalam memperoleh backlink berkualitas tinggi dan meningkatkan eksposur situs web Anda. Dengan memposting konten berkualitas pada situs web otoritatif lain, Anda dapat meningkatkan otoritas situs web Anda. Backlink yang Anda peroleh dari situs web otoritatif juga dapat meningkatkan peringkat SEO Anda.

Selain itu, guest posting memungkinkan Anda untuk menyebarkan pengetahuan Anda dan membangun kredibilitas di dalam industri. Ini dapat membantu Anda menjadi ahli atau pemikir pemimpin dalam industri yang Anda hadapi.

Guest posting juga memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens yang mungkin belum pernah mendengar tentang situs web Anda sebelumnya. Hal ini membantu untuk meningkatkan visibilitas situs web Anda dan memperoleh lebih banyak pengunjung dari berbagai sumber.

Dengan kesabaran, ketekunan, dan terus berkarya, guest posting dapat membantu Anda memperoleh backlink yang lebih berkualitas dan meningkatkan otoritas situs web Anda.

3. Ikuti Komunitas Sesuai Industri Anda

Bergabung dengan komunitas sesuai industry sangat disarankan. Terutama bagi para blogger, ini adalah cara untuk membangun hubungan baik dengan blogger lain dapat membantu Anda memperoleh backlink berkualitas.

Dengan bergabung dengan komunitas, akan memungkinkan Anda untuk bertemu dengan pemilik website lain dalam niche yang sama atau sejenis. Anda dapat berbagi pengalaman, belajar teknik penulisan baru, dan membangun relasi dengan sesama pemilik website.

Anda dapat memposting artikel tamu pada blog-blogger terkait, atau mungkin mendapatkan backlink dari blogger lain yang menyukai artikel atau informasi yang Anda posting. Bergabung dengan komunitas blogger dapat menjadi cara yang cukup efektif untuk memperoleh backlink berkualitas. Serta memperluas jangkauan blog Anda, dan meningkatkan otoritas situs web Anda.

4. Manfaatkan Media Sosial

Memanfaatkan media sosial bisa menjadi salah satu strategi mendapatkan backlink berkualitas. Saat ini, media sosial menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mempromosikan situs web atau blog dan juga mendapatkan backlink.

Berbagi konten yang bermanfaat dan relevan di media sosial dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan backlink dari orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung. Menyertakan link ke situs web atau blog di bio dan postingan media sosial dapat meningkatkan peluang seseorang untuk memperoleh backlink dari orang lain.

Semakin aktif kita berinteraksi dengan pengikut di media sosial. Semakin besar kemungkinan situs web atau blog kita diperhatikan dan akhirnya memperoleh backlink berkualitas. Memanfaatkan media sosial dapat menjadi langkah awal dalam upaya membangun backlink berkualitas.

5. Daftarkan Website Anda ke Platform Direktori

Mendaftarkan website Anda ke platform direktori adalah salah satu cara untuk memperoleh backlink berkualitas. Directories adalah website yang berisi daftar situs web atau blog terkait dengan topik tertentu, dan biasanya. Direktori ini akan memperbolehkan situs web atau blog untuk didaftarkan secara gratis.

Pada dasarnya, mendaftarkan situs web atau blog pada platform direktori bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk meningkatkan visibilitas dan mendapatkan backlink berkualitas. Tapi, pastikan untuk mendaftarkan situs web atau blog pada direktori yang terpercaya dan relevan dengan konten situs web atau blog Anda agar dapat memperoleh dampak positif yang maksimal.

Ingin Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Website Anda?

Jika diterapkan dengan benar, maka backlink akan sangat membantu dalam menaikkan ranking dan traffic website. Oleh karena itu, dalam membangun backlink, pastikan bahwa Anda melakukannya dengan tepat dan benar.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membangun backlink berkualitas untuk website Anda. Anda bisa menggunakan jasa SEO Website dari Toprank Indonesia. Dengan menggunakan layanan SEO professional, maka website Anda akan diberi backlink berkualitas yang efektif meningkatkan ranking dan traffic.

Jangan ragu untuk menggunakan layanan SEO dari Toprank Indonesia yang merupakan digital marketing agency Toprank. Kami telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dan telah membantu banyak perusahaan dengan menerapkan strategi digital marketing yang efektif.

Published On: September 12th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!