Backlink Berkualitas yang Bisa Menaikkan Traffic Kunjungan

admin

Backlink Berkualitas yang Bisa Menaikkan Traffic Kunjungan

Keberadaan backlink berkualitas mampu meningkatkan jumlah traffic ke situs secara organik. Semakin banyak orang klik link konten ke situs Anda maka semakin banyak orang mengenalnya dan merekomendasikannya kepada para pengguna internet lainnya.

Backlink dengan kualitas tinggi umumnya memenuhi berbagai persyaratan atau karakteristik penting. Karakteristik tersebut akan kami bahas secara tuntas di sini untuk mempermudah para pengelola maupun Jasa SEO dalam mendorong kualitas situs.

Mempertimbangan Relevansi Konten

Hal pertama yang wajib diperhatikan ketika ingin menciptakan backlink adalah penerapannya harus pada konten yang relevan. Tujuannya agar tidak mengganggu keterbacaan para pengguna internet yang sedang browsing pada situs tersebut.

Kemungkinan orang mengklik link akan lebih tinggi ketika Anda menempatkannya pada konten yang relevan. Misalkan linknya terkait kuliner, maka tempatkanlah pada halaman konten seputar kuliner juga. Kemungkinan orang akan mengkliknya akan lebih besar.

Berbeda dengan link terkait kuliner, tetapi Anda menempatkannya dalam konten bernuansa otomotif, maka kemungkinan orang klik lebih sedikit. Ketika tidak menempatkan link sesuai relevansinya, ada banyak hal yang bisa mengganggu traffic ke situs.

Pertama, orang enggan membuka situsnya karena tidak sesuai dengan preferensi bacaan mereka saat itu. Kedua, status backlink berkualitas jauh dari harapan karena akan mengganggu keterbacaan sehingga linknya justru dianggap sebagai spam.

Sekalipun ingin menaikkan traffic situs dengan cepat, namun jangan sembarangan menyematkan link pada berbagai konten tanpa riset. Relevansi ini sangat penting untuk menjamin bahwa target audiens yang mengunjungi situs Anda memang tepat sasaran.

Nilai DA dan PA Tinggi

Domain Authority atau DA dan Page Authority atau PA harus tinggi untuk memastikan situs Anda menempati rank teratas. Domain Authority adalah matriks yang digunakan untuk melakukan prediksi konten menempati peringkat berapa dalam hasil pencarian Google.

Sementara Page Authority adalah skor atau angka yang menunjukkan berapa bagus ranking situs pada halaman pencarian. Berkat adanya bantuan backlink berkualitas, nilai DA dan PA akan melesat tinggi yang membantu situs mengungguli para kompetitor konten serupa.

Hasil analisis SERP atau Search Engine Result Page akan menghasilkan perangkat 1 sampai terbawah di sebelah kiri. Bagian tengah diikuti oleh judul konten dan linknya, kemudian diikuti oleh jumlah DA dan jumlah PA dalam hitungan angka berbeda.

Umumnya PA ditempatkan lebih awal dengan angka lebih kecil dibandingkan DA, namun selisihnya tidak akan jauh berbeda. DA dan PA ini berhubungan erat dengan optimalisasi mesin pencari yang juga dilakukan oleh Digital Marketing Agency Jakarta.

Traffic ke situs bisa ditingkatkan melalui kualitas dan teknis penulisan konten SEO, selain itu juga adanya backlink berkualitas akan sangat berpengaruh. Optimalisasi situs tidak hanya bisa dilakukan dari dalam atau faktor internal, seperti konten berkualitas.

Namun, hal penting lainnya adalah mendukung peningkatan traffic ke situs melalui eksternal atau faktor luar situs. Untuk meningkatkan DA dan PA ini, pastikan Anda menempatkan link pada konten atau situs yang relevan dengan apa yang dibahas dalam link tersebut.

Backlink Berkualitas karena Usia Domain Tua

Kriteria berikutnya yang menjadi keberuntungan bagi pengelola situs lama adalah usia domain. Jadi, semakin tua usia domainnya maka semakin besar potensi traffic ke situs. Ketika traffic semakin tinggi maka semakin besar juga peluang untuk menjadi rank pertama.

Namun, apakah semua situs berusia tua memiliki peluang sama? Jawabannya tidak, hanya yang konsisten mengupayakan konten dan situs berkualitas saja yang memiliki peluang tersebut. Penerapan backlink berkualitas tetap penting sekalipun domainnya sudah tua.

Kata kunci domain lebih berumur ini menjadi pertimbangan penting ketika Anda ingin menyematkan link. Solusi untuk situs baru adalah membeli domain berusia lebih tua, namun perhatikan kembali seperti apa rekam jejak domain tersebut sebelumnya.

Patokan umur domain bukan salah satunya, selain itu penting juga untuk melihat seperti apa rekam jejaknya. Rekam jejak ini nantinya yang menentukan siapa kebanyakan target audiens yang diraih dan seperti apa Google akan menanggapi setiap postingan konten di situs Anda.

Pertanyaannya adalah dari mana kita tahu usia domain? Anda bisa memeriksanya sendiri melalui Web Archive serta Ahrefs. Ingat, untuk mendukung backlink berkualitas maka pastikan domain sebelumnya bukan digunakan untuk aktivitas spamming konten.

Kemungkinannya dua, jika tepat memilih domain berusia tua secara tepat maka traffic ke situs akan semakin tinggi. Namun, jika keliru memilih domain maka akan menghasilkan traffic yang rendah bahkan ternilai buruk oleh Google atau mesin pencari lainnya.

Situs dengan Traffic Tinggi

Hal berikutnya yang harus diperhatikan dan pasti Jasa Backlink PBN ketahui adalah traffic situs harus tinggi. Tidak sulit untuk menemukan situs traffic tinggi karena dengan menuliskan kata kunci tertentu, hasil pencarian teratas adalah situs dengan traffic tertinggi.

Keuntungan menempatkan backlink berkualitas pada situs dengan jumlah kunjungan tertinggi adalah menarik audiens dari situs tersebut. Namun, ingat kembali bahwa dalam menentukan situs dengan traffic tinggi ini, kontennya juga harus relevan.

Perlu diingat bahwa menempatkan link pada situs dengan traffic tinggi memang akan membantu meningkatkan jumlah kunjungan ke situs. Namun, tidak ada jaminan traffic akan selalu naik pesat ketika Anda menempatkan linknya pada situs dengan traffic tinggi.

Logikanya adalah jika pada situs dengan traffic tinggi saja tidak ada jaminan, apalagi dengan situs traffic rendah. Semua unsur harus terpenuhi, ketika menentukan situs dengan traffic tinggi maka tema atau pembahasan dari situs tersebut harus sesuai dengan situs Anda.

Relevansi pada situs dengan jumlah kunjungan tertinggi membantu para pembaca mendapatkan referensi dari sumber lain terkait konten serupa. Penempatan backlink berkualitas memberikan bantuan meningkatkan traffic, bukan membentuk traffic.

Hal penting setelah berhasil menarik sebanyak mungkin audiens ke situs adalah mempertahankan kualitas konten. Konsistensi dalam posting konten juga tidak kalah penting untuk memastikan setiap harinya pembaca mendapatkan referensi atau sumber bacaan baru.

Menggunakan Backlink Dofollow

Terakhir, hal yang harus diperhatikan ketika menyematkan link adalah memanfaatkan link dofollow. Sesuai dengan namanya, do artinya melakukan sesuatu atau mengarahkan orang untuk melakukan kunjungan ke situs Anda melalui link yang dibagikan.

Link ini jenisnya ada dua, pertama dofollow dan kedua nofollow. Backlink berkualitas dofollow artinya mengarahkan orang untuk melakukan kunjungan, sementara nofollow artinya tidak mengarahkan orang untuk melakukan kunjungan.

Backlink adalah komponen penting dalam mengoptimasi SEO, selain tentunya dukungan dari konten berkualitas. Dofollow artinya memberikan izin kepada robot secara otomatis melakukan crawling terhadap tautan tertentu.

Berkat bantuan robot ini dapat mempermudah setiap pengguna internet menemukan situs Anda. Semua hal yang kami sebutkan menjadi penting untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke situs, apapun tema dan kontennya.

Ketika mengelola sebuah situs, ada banyak hal yang harus diupayakan untuk membuat situsnya naik menjadi ranking pertama. Dengan memahami backlink berkualitas dan bagaimana cara membangunnya, Anda tinggal mempraktikkannya secara tepat.

Published On: September 18th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!