Apa Itu SEM (Search Engine Marketing)?

Dedi

Apa Itu SEM

Jika Anda sudah sangat akrab dengan SEO, bagaimana dengan SEM (Search Engine Marketing)? SEM adalah salah satu strategi pemasaran online paling untuk mengembangkan bisnis Anda di pasar yang semakin kompetitif. Ada ratusan bahkan ribuan bisnis yang sama seperti bisnis miliki Anda yang berlomba-lomba mendapatkan konsumen yang sama secara online. Dan tentunya Anda tahu bahwa mesin pencari Google adalah sumber konsumen terbesar bisnis Anda. Jika Anda menempatkan bisnis Anda di sana, maka itu dapat membantu meningkatkan bisnis Anda. Search Engine Marketing atau apa itu SEM adalah cara paling efektif untuk mempromosikan produk Anda dan mengembangkan bisnis Anda. Mari pelajari tentang SEM di bawah ini!

Pengertian apa itu SEM

Gambaran umumnya, SEM adalah praktik pemasaran yang menggunakan iklan berbayar yang muncul di SERP atau di halaman hasil mesin pencari. Pengiklan menawar kata kunci yang mungkin dimasukkan oleh pengguna layanan seperti Google dan Bing saat mencari produk atau layanan tertentu, yang memberikan kesempatan kepada pengiklan agar iklan mereka muncul di samping hasil untuk permintaan pencarian tersebut.

Atau pengertian lebih sederhananya, Search engine marketing atau disingkat SEM adalah strategi pemasaran digital marketing agency yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencari (SERP). Tujuan utamanya sudah jelas, yaitu untuk mendapatkan prospek berkualitas yang memungkin mereka mengkonversi.

Meskipun istilah industri pernah merujuk pada aktivitas penelusuran organik, seperti Search Engine Optimization (SEO) tapi ada juga yang berbayar, kini istilah tersebut merujuk hampir secara eksklusif pada iklan pencarian berbayar. SEM secara bergantian disebut sebagai Paid Search or Pay Per Click (PPC).

Manfaat SEM

Setiap orang yang ingin melakukan SEM dalam strategi pemasarannya, pastinya akan penasaran dengan manfaatnya. Nah berikut beberapa manfaat menggunakan SEM:

1. Menargetkan audiens yang tepat

SEM memungkinkan bisnis Anda ditemukan oleh audiens target saat mereka mencari produk dan layanan yang Anda tawarkan. Anda menjangkau orang-orang di pasar untuk alasan apa pun. Dan pastinya tepat pada saat mereka mencari jawaban atau solusi. Anda dapat mendorong seseorang untuk membeli produk atau layanan Anda tanpa terlebih dahulu meyakinkan mereka akan suatu kebutuhan.

2. Cara instan untuk mendapatkan leads

SEM adalah cara mudah dan cepat untuk mendatangkan prospek berkualitas ke bisnis baru. Bila Anda adalah produk baru di bidang yang ramai, kampanye SEM yang ditargetkan memungkinkan Anda untuk segera muncul di samping pesaing yang lebih mapan, memperkenalkan nama produk Anda kepada konsumen.

3. Real time dan terukur

SEM bisa membantu Anda melihat rasio orang yang akan mengklik iklan dibandingkan dengan mereka yang membeli produk atau layanan. Baik itu peningkatan penjualan situs web, mengisi formulir perolehan prospek, atau meningkatkan jumlah pembaca blog, itu dapat menggunakan SEM. Dan jika Anda melihat kampanye tidak berhasil, mudah untuk segera mengubah atau mematikan iklan Anda untuk mengurangi kerugian.

4. Lebih targeted

SEM memungkinkan Anda untuk mencari pelanggan potensial yang ingin Anda targetkan. Cara ini memang akan membutuhkan biaya  besar di awal. Tetapi kampanye ini dapat ditargetkan secara geografis, pada perangkat, ditayangkan untuk waktu atau musim tertentu dan secara umum, merupakan cara untuk memperluas jangkauan Anda dan mendapatkan prospek yang benar-benar tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Contoh SEM

Pastinya Anda sering mendengar istilah Google Ads atau bahkan Bing Ads. Keduanya termasuk ke dalam SEM (Search Engine Marketing). Jadi, saat Anda menjalankan Google Ads, itu juga disebut sebagai strategi SEM.

Tidak hanya itu, SEM memiliki berbagai macam format yang digunakan untuk mengiklankan bisnis Anda seperti format yang berbentuk teks, Product Listing Ads/Shopping Ads (PLAS), review, rating yang bersifat visual, harga dan berbentuk produk.

Contoh SEM tidak hanya Google Ads saja melainkan ada banyak misalnya seperti Bing Ads, Yahoo Gemini dan Ask. Dengan SEM Anda dapat menjangkau lebih banyak konsumen di tempat yang tepat dan waktu yang tepat.

Perbedaan SEM dan SEO

Lalu apa bedanya SEM dan SEO? Keduanya bahkan sama-sama memiliki tujuan utama yang sama yaitu mendatangkan traffic. Meskipun memiliki tujuan utama yang sama, namun kedua pemasaran online ini memiliki perbedaan yang sangat jelas.

SEM (Search Engine Marketing) mengacu pada pemasaran pencarian berbayar, sebuah sistem di mana bisnis membayar Google untuk menampilkan iklan mereka di hasil pencarian. Sementara SEO (Search Engine Optimization) mengacu pada pengoptimalan lalu lintas situs web dari mesin pencari untuk meningkatkan lalu lintas secara organik.

SEO, berbeda  dengan SEM karena bisnis tidak perlu membayar Google untuk traffic dan klik yang didapatkan.  sebaliknya, mereka mendapatkan tempat gratis di hasil pencarian dengan memiliki konten yang paling relevan untuk pencarian kata kunci tertentu.

Baik SEO dan SEM harus menjadi bagian mendasar dari strategi pemasaran online Anda. SEO adalah cara ampuh untuk mendorong traffic organic ke situs web Anda, sementara SEM adalah cara yang cepat dan instan untuk mendorong konversi. Lebih jelasnya berikut penjelasan perbedaan SEM dan SEO:

1. Target Audiens

Dengan SEM, Anda memiliki kesempatan untuk menargetkan audiens yang disesuaikan dengan bisnis Anda. Search Engine Marketing seperti Google Ads menyediakan fitur untuk menargetkan audiens mulai dari umur, demografi, jenis kelamin dan lain sebagainya.

SEO memiliki cara yang berbeda untuk menargetkan audiens target, yaitu dengan riset keyword, membuat konten berkualitas dan lain sebagainya. Di awal optimasi SEO tidak dapat mengatur jenis kelamin, demografi dan umur. Untuk melakukan itu maka harus melihat data analitik sehingga dapat membuat konten yang sesuai audiens target.

2. Kecepatan Ranking

Kita tahu bahwa SEO membutuhkan waktu berhari-hari, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk menampilkan situs web di halaman depan hasil pencarian mesin pencari. Tapi dengan SEM, hanya dengan hitungan menit iklan Anda sudah muncul di halaman depan hasil pencarian mesin pencari.

3. Jangka Waktu

Meskipun SEO membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai puncak pencarian mesin pencari, namun untuk hasil yang diberikan dapat bertahan lama. Selama halaman tersebut tetap dioptimasi dengan benar maka peringkat yang didapat akan bertahan lama sehingga dapat menghasilkan lebih banyak traffic. Sementara SEM hanya akan tampil di hasil pencarian sesuai dengan waktu yang ditentukan. Jika Anda berhenti beriklan, maka situs web tidak akan muncul lagi di hasil pencarian.

4. Anggaran

SEO tidak perlu membayar kepada pihak mesin pencari untuk mendapatkan ranking tinggi dan klik. Sedangkan SEM membutuhkan anggaran untuk setiap klik yang diperoleh dari menampilkan iklan di hasil pencarian mesin pencari. Jadi bisa dibilang bahwa SEO itu gratis sedangkan SEM itu berbayar.

5. Potensi CTR (Click Through Rate)

Perbedaan SEM dan SEO yang terakhir dilihat dari segi CTR (Click Through Rate). Yang mana SEO memiliki potensi CTR yang lebih besar jika dibandingkan dengan apa itu SEM. Hal ini karena ada sebagian orang yang tidak suka mengklik situs yang memiliki tanda iklan, sehingga mereka cenderung mengklik konten yang dioptimasi SEO.

Keuntungan Menggunakan SEM

Dengan meningkatnya jumlah konsumen yang mencari info dan membeli produk atau layanan  secara online, SEM telah menjadi strategi pemasaran online yang penting untuk meningkatkan jangkauan perusahaan.

1. Menghasilkan Lebih Banyak Traffic

SEM adalah cara cepat menghasilkan lebih banyak traffic berkualitas. Ketika Anda melakukan SEM, Anda akan memiliki lalu lintas yang baik. Anda dapat mendapatkan traffic lebih cepat dan pastinya mereka adalah orang-orang yang memang tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Ketika bentuk pemasaran Anda yang lain tidak berjalan dengan baik, Anda  dapat mengandalkan  paid search. Meskipun SEO juga memiliki manfaat ini, salah satu manfaat SEM dibandingkan SEO adalah Anda dapat mengharapkan lalu lintas yang berkelanjutan saat lalu lintas SEO gagal atau berfluktuasi.

SEM menguntungkan bisnis yang ingin menghasilkan lebih banyak lalu lintas. Bahkan, Anda dapat menghasilkan lalu lintas yang lebih berkualitas untuk mengumpulkan prospek berkualitas tinggi. Jadi sangat rekomendasi sekali untuk kalian menerapkan apa itu SEM.

2. Biaya yang Terjangkau Fleksibel

Bagi orang yang belum mengetahui tentang SEM, mungkin akan berpikir bahwa pemasaran ini membutuhkan banyak uang. Salah satu manfaat terbaik dari SEM adalah bahwa SEM bisa dibilang merupakan bentuk pemasaran digital yang paling terjangkau.

Anda dapat memilih budget iklan Anda sendiri, karena SEM khususnya iklan Google menawarkan biaya iklan dari yang terendah hingga tertinggi dan itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan iklan Anda. Inilah apa itu SEM dianggap sebagai strategi pemasaran online yang terjangkau dan fleksibel.

3. Menjangkau Orang di Tempat & Waktu yang Tepat

Ada jutaan penggunaan pengguna internet di Indonesia dan tentu saja ini adalah peluang bagi Anda untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Anda perlu tahu bawah Lebih dari 93% pencarian informasi produk atau layanan dimulai dengan mesin pencari .

Orang menggunakan mesin pencari karena mereka sedang mencari sesuatu. Menjadi bisnis yang muncul di halaman depan hasil pencarian mesin pencari dengan iklan yang relevan adalah cara terbaik untuk menjangkau konsumen.

Bahkan jika klik tidak berubah menjadi penjualan langsung, itu adalah titik temu yang melanjutkan perjalanan orang tersebut untuk menjadi pelanggan di lain waktu.

4. Menargetkan Prospek yang Tepat

Pemasaran mesin pencari memungkinkan Anda untuk benar-benar fokus pada target pelanggan Anda dengan cara yang tidak pernah Anda lakukan dengan pemasaran tradisional. Mengapa? Karena itu akan sangat mahal dengan rute tradisional.

Dengan strategi SEM, Anda dapat menargetkan pelanggan berdasarkan: Kata kunci yang mereka gunakan dalam pencarian, lokasi,usia, jenis kelamin dan lain sebagainya.

Anda bahkan dapat membuat kampanye yang berbeda untuk persona pembeli yang berbeda. Segmentasi audiens Anda dapat membantu Anda mempersonalisasi konten Anda. Posting atau iklan blog Anda akan lebih beresonansi dengan pelanggan Anda.

5. Memperkuat Pengenalan Merek

Ada beberapa orang yang tidak langsung membeli ketika mereka menemukan informasi produk atau layanan yang dibutuhkan. Tapi kemungkinan besar mereka akan membeli produk atau layanan di esok hari, minggu depan, atau bahkan berbulan depan.

Apabila Anda secara konsisten dan berulang kali mempresentasikan merek Anda selama waktu itu membantu mengubah prospek menjadi pelanggan yang membayar. Mereka akan menemukan merek yang sama saat mereka mencari info yang sama di esok harinya tau minggu depan bahkan bulan depannya.

Orang-orang memperhatikan merek yang mereka kenal daripada merek yang tidak mereka kenal. Kebanyakan orang lebih suka menghabiskan sedikit lebih banyak dengan merek yang mereka kenal daripada merek yang tidak pernah mereka kena.

6. Tingkat Konversi Lebih Tinggi

Salah satu keuntungan dari pemasaran SEM adalah mereka memposisikan produk atau layanan tepat di depan pelanggan ketika mereka siap melakukan pembelian. Misalnya, dengan membeli iklan untuk kata kunci produk “Skincare memutihkan kulit” pelanggan yang ingin membeli secara online akan melihat iklan produk perusahaan terlebih dahulu.

Dengan SEM, besar pengunjung yang akan mengklik iklan untuk melakukan pembelian, meningkatkan konversi pelanggan, dan mengoptimalkan niat membeli pelanggan.

Analisis Apa itu SEM (Search Engine Marketing)

Bbagaimana SEM dapat berguna untuk meningkatkan bisnis? Bagaimana cara menganalisis SEM? Dalam menjalankan pemasaran ini, Anda wajib tahu beberapa hal, seperti riset keyword dan pengelompokan keyword.

Mengapa perlu riset keyword? Seberapa pentingkah keyword untuk kesuksesan bisnis? Perlu Anda garis bawahi bahwa, keyword atau frasa sangat penting dalam pemasaran online karena keyword adalah ujung tombak dalam mendapatkan prospek berkualitas.

Oleh karena itu, riset keyword sangat penting dan harus dilakukan dengan tepat dan benar. Riset keyword bertujuan untuk  menemukan kata kunci relevan untuk digunakan dalam menjalankan SEO dan SEM. Berikut cara melakukan riset keyword yang benar:

  1. Untuk mendapatkan keyword relevan dan memiliki volume pencarian, Anda bisa menggunakan alat riset keyword seperti Google Keyword Planner atau Ahref. Anda juga perlu mengidentifikasi keyword dan membuat daftar keyword yang relevan dengan industri Anda. Sehingga iklan Anda dapat ditemukan oleh orang-orang yang tepat sasaran.
  2. Karena umumnya apa itu SEM ditujukan untuk orang-orang yang sudah ada niatan untuk membeli, Anda juga bisa memilih keyword yang memiliki intensi pembelian., misalnya dengan beli, promo, kupon bahkan diskon.
  3. Jika Anda sudah mendapatkan daftar keyword yang relevan, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat struktur kampanye dengan cara mengelompokkan keyword di dalam beberapa kategori.

Saat melakukan analisis Search Engine Optimization, pastikan Anda tidak melakukannya dengan sembarangan. Karena ini akan di daftarkan ke paid search. Anda perlu mengelompokkan keyword dalam kategori yang sesuai dengan industri Anda.

Misalnya, bisnis Anda di bidang pengiriman barang ke luar negeri. Maka kategori yang Anda buat harus berdasarkan dengan jenis layanan atau industry bisnis Anda ‘ekspor’. Dan pada setiap kelompok keyword, Anda bisa memasukan keyword yang relevan.

SEM memang tidak selalu menampilkan iklan Anda di halaman satu hasil pencarian, apalagi jika keyword yang Anda gunakan memiliki query yang tinggi maka Anda harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pesaing yang juga mengiklankan dengan keyword tersebut.

Meskipun SEM akan memunculkan iklan di halaman depan Google dengan cara yang lebih cepat dan instan. Ini bertujuan mendapatkan prospek berkualitas lebih cepat, SEM membuat bisnis Anda mendapatkan lebih banyak visibilitas.

Baca juga: Cara membuat blog yang menghasilkan uang

SEM vs SEO, Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis?

Mungkin bagi orang yang baru mulai menjalankan pemasaran online akan bingung menentukan strategi apa yang menguntungkan untuk bisnis mereka. Sebenarnya SEO dan SEM sama-sama menguntungkan, apalagi jika dijalankan secara bersamaan.

Search Engine Marketing menempatkan bisnis Anda langsung di depan pengguna yang secara aktif mencari apa yang Anda tawarkan. SEM dapat menjadi investasi besar untuk bisnis Anda. Mengungguli setiap hasil organik yang dilihat pelanggan potensial Anda adalah keuntungan yang sangat besar, bahkan jika Anda harus membayar untuk setiap klik.

Namun, berinvestasi pada jasa SEO juga sangat penting bagi bisnis karena bisa mendapatkan banyak traffic tanpa harus mengeluarkan biaya lebih besar. Anda cukup menyediakan konten-konten berkualitas yang relevan dengan pencarian audiens target.

Jika Anda ingin mendapatkan prospek lebih cepat tanpa harus menunggu waktu berbulan-bulan, maka Anda bisa menggunakan SEM. Namun jika Anda ingin bisnis Anda mendapatkan prospek untuk jangka panjang, Anda bisa menggunakan SEO.

Atau Anda bisa menggunakan keduanya. SEO membutuhkan waktu untuk memulai. Sambil menunggu situs Anda mendapatkan peringkat tinggi untuk pencarian organic, Anda dapat melakukan pemasaran SEM untuk mendapatkan traffic secara instan dan cepat.

Itulah penjelasan tentang apa itu SEM (Search Engine Marketing). Kami harap setelah membaca artikel ini, Anda dapat memahami SEM. Jika Anda tertarik melakukan pemasaran online khususnya Google Ads, Anda bisa menggunakan jasa Google Ads Toprank.

Published On: Februari 3rd, 2023 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!