Banyak orang yang masih bingung tentang perbedaan blog dan website. Setiap hari, jutaan orang mencari berbagai informasi di Internet dan sering menganggap blog dan website itu serupa. Secara teknis, keduanya bertindak sebagai website dan berbagi banyak kesamaan. Namun, ada beberapa perbedaan kecil yang menjadikannya berbeda.

Jika Anda Anda salah satu orang yang masih bingung terkait perbedaan blog dan website, nah artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan jawaban. Baca tulisan ini hingga selesai sehingga Anda dapat menentukan apakah Anda perlu membuat blog atau website.

Apa Itu Blog?

Blog atau Weblog adalah halaman web informasi atau situs web yang diterbitkan di World Wide Web, terdiri dari konten tekstual independen dan informatif tentang topik tertentu. Informasi yang dipublikasikan di blog ditampilkan dalam urutan kronologis terbalik sehingga postingan terbaru ditampilkan terlebih dahulu.

Blog biasanya dijalankan oleh individu atau sekelompok kecil orang, yang memiliki minat dan pengetahuan yang sama tentang sesuatu, seperti blog dapat dibuat untuk beberapa teknologi, mode, gaya hidup, dan lain sebagainya.

Namun, sekarang ada banyak sekali blog korporat yang menghasilkan banyak konten bergaya informasional terkait produk atau layanan yang ditawarkan.

*Baca Juga: Cara Membuat Blog untuk Menghasilkan Uang

Konten-konten yang ada di blog disebut postingan atau postingan blog. Postingan blog sendiri berisi teks, gambar, audio, video dan lain sebagainya. Ini menampilkan postingan dalam urutan kronologis atau urutan terbalik.

Postingan terbaru akan muncul di barisan terdepan, sedangkan postingan lama berada di urutan belakang. Setiap posting blog diperbarui secara berkala, dan posting blog baru ditambahkan, atau yang lama diperbarui, karenanya pengguna mendapatkan informasi yang relevan dan sedang tren.

Sebagian besar posting blog berisi bagian komentar di bagian bawah, yang memungkinkan pembaca untuk meninggalkan komentar publik sebagai pandangan mereka tentang posting itu, dan beberapa pengguna juga memberikan solusi untuk suatu masalah atau berdiskusi dengan pengguna lain.

Sejarah Singkat Blog

Di awal tahun 90-an, blog muncul sebagai jurnal online yang dapat diakses oleh pengguna internet. Pada saat itu, pengguna internet menggunakan halaman web mereka untuk mempublikasikan tentang kehidupan pribadi, pemikiran, dan komentar sosial mereka.

Istilah web blog pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 90-an, yang juga disebut “weblog” lalu “we blog” dan saat ini hanya “blog”.

Pada tahun 1999, platform blogging pertama Blogger.com meluncurkan platform blogging terpisah pertamanya, yang kemudian diakuisisi oleh Google pada Februari 2003. Pada tahun itu, WordPress juga merilis versi pertamanya sebagai platform blogging.

Tujuan Memulai Blog

Jika Anda bertanya-tanya apa tujuan membuat blog, berikut beberapa alasannya:

  • Bisnis – Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa blog berisis postingan blog yang berisi tentang informasi tertentu. Blog berguna untuk memberikan detail tambahan tentang produk dan layanan seperti tutorial dan postingan perbandingan dengan kompetitor. Ini juga berisi detail tentang penjualan dan diskon di website Anda, dengan adanya blog, Anda dapat menyampaikan informasi ini dengan lebih mudah.
  • SEO – Dengan blog, Anda bisa mendapatkan peringkat lebih tinggi di hasil pencarian mesin pencari. Blog diperbarui secara berkala hal inilah yang membuat situs web mendapatkan peringkat dan pengunjung lebih banyak.
  • Berita dan Informasi – Untuk menyediakan berita dan informasi tentang berbagai topik yang sedang tren, blog bisa menjadi platform terbaik. Menambahkan postingan ke blog juga membantu untuk sering memperbarui konten. Ini memungkinkan Anda untuk menumbuhkan audiens Anda dan menambahkan lebih banyak pengguna yang terlibat dengan blog Anda.
  • Terhubung dengan Pengunjung – Setiap blog didedikasikan untuk topik tertentu, dan karenanya pengguna membaca dan menemukan informasi yang berguna. Begitu mereka membaca blog Anda, mereka dapat dengan mudah membagikannya di media sosial mereka jika mereka menyukainya.
  • Tujuan Hiburan – Blog juga digunakan untuk media hiburan, misalnya saja menyajikan postingan blog berupa berita tentang selebriti, komedi, tutorial menari, ulasan film, dan banyak lagi.
  • Untuk penggunaan pribadi – Beberapa orang memulai blog untuk membagikan pemikiran atau hobi pribadi mereka. Misalnya saja menceritakan tempat liburan yang pernah dikunjungi maupun makanan yang mereka pernah makan dan banyak lagi.

Apa Itu Website?

Website adalah kumpulan halaman web dan konten multimedia yang tersedia di bawah satu domain di World Wide Web. Website sebagian besar di hosting melalui layanan hosting web. Ini memungkinkan halaman web dan konten website diakses melalui World Wide Web. Ini adalah situs internal yang diakses melalui jaringan area lokal yang aman.

Website memiliki nama domain yang unik dan dapat diakses oleh pengguna Internet. Domain ini di terbitkan di web server, sehingga pengguna internet dapat mengaksesnya secara global menggunakan web broser, seperti Chrome, Mozilla, dan lain sebagainya.

Biasanya, informasi website bersifat statis , artinya halaman dan informasi yang tersedia di website  tidak sering diperbarui. Namun, informasi diperbarui sesuai kebutuhan atau ketika informasi baru tersedia oleh administrasi website.

*Baca Juga: Perbedaan Web Statis dan Web Dinamis

Website dapat memiliki berbagai halaman web, dan halaman utama dari setiap website adalah Home. Home berisi informasi yang kurang lebih lengkap tentang situs tersebut dalam bentuk link, dan setiap link dapat dilihat setelah mengkliknya. Ini lebih untuk menjelajahi halaman lain daripada hanya memposting.

Umumnya website digunakan untuk bisnis, pribadi, dan bahkan lembaga pemerintah untuk tujuan informasi. Namun, ada berbagai macam aplikasi. Website dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada pengunjung atau audiens semacam brosur online untuk perusahaan atau organisasi.

Sejarah Singkat Website

Menurut Wikipedia, Penemu situs web adalah Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertama kali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja.

Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat di mana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.

Tag yang digunakan pada website tersebut hanyalah tag <table> dari HTML, karena saat itu belum banyak dikembangkan. Namun, dengan pengembangan mesin pencari pertama, ALIWEB, dan halaman arahan pertama MTV, WWW menjadi semakin baik. Kemudian, peningkatan lebih lanjut dari JavaScript untuk pop-up dan Flash untuk animasi web diperkenalkan. Setelah itu, orang mulai membangun situs web yang lebih kreatif.

Tujuan Memulai Website

Bisnis yang ingin menjangkau lebih banyak pelanggan dengan mudah, cepat dan murah, akan menggunakan website sebagai media promosinya. Berikut beberapa alasan umum untuk memulai website:

  • Bisnis – Untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, bisnis butuh website. Dengan cara ini, seseorang dapat meningkatkan bisnisnya lebih cepat dan mendapatkan keuntungan besar darinya. Website bisnis dapat digunakan untuk menyediakan semua informasi produk dan layanan bisnis itu dengan cara yang lebih interaktif dan efisien.
  • Pemasaran Digital – Dengan website, Anda dapat menjangkau pelanggan kapanpun dan dimanapun. Selama bertahun-tahun, website digunakan untuk pemasaran digital
  • Jejaring Profesional dan Sosial – Ada banyak jejaring sosial yang membantu pengguna internet terhubung dengan dengan pengguna internet lain secara profesional maupun sosial. Misalnya saja Facebook, Twitter, LinkedIn dan banyak lagi.
  • Berita dan Informasi – Mirip dengan blog, website juga dibuat untuk berbagi berita dan informasi. Orang-orang bisa mendapatkan berita dan informasi. Website terkait berita akan dikenal sebagai situs web dinamis, misanya saja detik.com, kompas.com dan banyak lagi.
  • Tutorial atau Forum Online – Website juga bisa berupa forum online yang dapat diakses oleh penggunanya untuk belajar dan mendapatkan banyak pengetahuan dari komunitas online dan situs forum.
  • Hiburan – Website juga dapat dibuat untuk tujuan hiburan, seperti menyediakan video komedi, Musik, Film, dll. Website hiburan yang paling terkenal adalah Youtube, Netflix, Spotify, dll.

Apa Perbedaan Blog dan Website?

Setelah mengetahui tentang apa itu blog dan website, sejarah dan tujuannya, Anda juga wajib tahu perbedaan antara keduanya. Berikut perbedaan blog dan website:

1. Definisi

  • Blog – Umumnya bersifat informal dan informative
  • Website – Sebagian besar bersifat formal dan profesional

2. Unit Dasar

  • Blog – Posting blog atau posting adalah unit dasar dari sebuah blog
  • Website – Konten adalah unit dasar dari situs web

3. Frekuensi Pembaruan

  • Blog – Blog diperbarui secara berkala, karenanya mereka bersifat dinamis
  • Website – Website bersifat relatif statis (Kecuali situs web pendidikan dan beberapa situs web dinamis lainnya), dan kontennya diperbarui ketika hanya produk atau layanan baru yang masuk ke pasar.

4. Urutan Konten

  • Blog – Blog direpresentasikan secara kronologis, artinya posting yang lebih baru muncul lebih dulu
  • Website – Tidak ada pengaturan khusus untuk konten, dan itu tergantung pada kebutuhan bisnis

5. Komentar

  • Blog – Di blog, selalu ada bagian komentar yang tersedia di akhir konten. Ini membantu pengguna untuk berinteraksi dengan blogger dan memberikan ulasan
  • Website – Di situs web, bagian komentar bersifat opsional

6. Kemudahan

  • Blog – Sangat mudah untuk memulai dan mengelola blog dibandingkan dengan situs web dan membutuhkan keterampilan teknis yang lebih sedikit
  • Website – Agak rumit untuk membuat dan mengelola situs web dan membutuhkan lebih banyak keterampilan teknis

Mana yang Lebih Baik, Blog atau Website?

Ketika Anda bertanya mana yang lebih baik dari keduanya, jawabannya adalah sama-sama bagus. Jika tujuan Anda adalah untuk mengembangkan bisnis, maka Anda bisa membuat website yang menyertakan halaman blog di dalamnya. Sehingga Anda memiliki website bisnis sekaligus blog yang dapat membantu meningkatkan peringkat website Anda.

Tapi jika Anda hanya ingin menuangkan hobi, bisa membuat blog. Anda bisa membuat postingan blog sesuai topik yang di pilih. Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website dari Toprank Indonesia. Website yang dibuat user friendly dan cocok untuk bisnis. Itulah informasi terkait perbedaan blog dan website yang dapat membantu Anda semua.

Published On: January 13th, 2023 / Categories: Tips Digital / Tags: , /