Backlink Natural Adalah, Manfaat dan Tips Mendapatkannya

admin

Backlink Natural Adalah, Manfaat dan Tips Mendapatkannya

Backlink natural adalah salah satu jenis tautan yang sangat diinginkan oleh berbagai pemilik website. Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang backlink, yaitu sebuah tautan yang diletakkan di sebuah situs dengan tujuan mengarahkan pengunjung ke arah website lainnya.

Banyak orang yang meletakkan tautan seperti ini di dalam situs untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke halaman atau website lain. Konsepnya adalah ketika ada pengunjung yang merasa membutuhkan informasi lebih, maka mereka bisa klik tautan tersebut.

Memiliki backlink natural adalah keuntungan yang besar pagi pengelola situs terutama di bidang SEO. Hal ini karena situs yang memiliki tautan seperti itu juga bisa mendapatkan kepercayaan dari google sehingga naik peringkat di halaman utama google juga pasti mudah.

Melihat dari keuntungan tersebut, tentu saja Anda memiliki keinginan untuk memilik backlink natural. Namun sebelum itu, jika Anda belum pernah mengenalnya, pastikan untuk mempelajari dulu apa yang dimaksud dengan backlink, manfaat serta cara mendapatkannya.

Mengenal Pengertian Backlink Natural Adalah

Backlink sendiri sering disebut dengan pranala balik, yaitu tautan yang digunakan oleh pengunjung untuk mengunjungi halaman atau website lainnya.

Sedangkan backlink PBN yang natural adalah tautan yang ada di dalam website secara natural atau alami karena adanya kepercayaan dari pengunjung. Selain itu tautan ini juga didapatkan karena google sudah melakukan indeks, sehingga google akan memberi tautan karena situsnya layak.

Dengan kehadiran tautan tersebut, tentu situs Anda akan mendapatkan berbagai manfaat untuk mengangkat nama website. Selain manfaat tersebut, masih ada banyak manfaat lainnya yang membuat orang – orang berusaha keras untuk mendapatkan tautan alami seperti itu.

Baca juga: Cara Membuat Backlink di Blogger yang Benar

5 Manfaat Menggunakan Backlink Natural

Bagi pemilik situs atau website, tentu mendapatkan backlink secara natural merupakan pencapaian yang luar biasa, karena hal ini juga menjadi bukti bahwa kualitas konten Anda sangat bagus sampai layak mendapatkan penilaian yang bagus dari google.

Mendapatkan backlink natural juga menjadi salah satu bentuk penghargaan yang sangat dinantikan oleh pemilik situs. Hal ini karena ada banyak manfaat yang bisa didapatkan seperti berikut ini.

1. Meningkatkan peringkat rekomendasi

Manfaat utama backlink natural adalah meningkatkan peringkat rekomendasi dari google. Semua pembuat konten SEO pasti sangat ingin websitenya ada di halaman utama google. Hal ini karena pengunjung biasanya akan melihat konten dari situs yang ada pada halaman utama.

Dengan begitu jumlah pengunjung sudah pasti akan bertambah. Pengunjung biasanya tidak akan mau repot mencari informasi di halaman kedua dan seterusnya di google. Hal ini karena biasanya situs di halaman utama google biasanya sudah terpercaya isi informasinya.

Peringkat rekomendasi dari google ini akan otomatis muncul setelah google sudah melakukan penilaian dan merasa bahwa situs Anda layak direkomendasikan. Bahkan mungkin saja situs Anda akan masuk ke dalam beberapa deretan paling atas di halaman utama google.

2. Backlink natural dapat meningkatkan kualitas konten

Manfaat kedua adalah meningkatkan kualitas konten di dalam situs Anda. Seperti yang Anda ketahui, untuk mendapatkan tautan tersebut secara alami, Anda perlu membuat konten yang berkualitas dan tentunya sesuai standar dari google.

Namun setelah mendapatkan tautan secara alami tersebut, pekerjaan Anda masih belum selesai untuk terus meningkatkan kualitas konten. Bedanya kali ini, backlink natural akan membuat Anda sadar bahwa update situs menjadi lebih baik lagi merupakan hal yang penting.

Misalnya saat ini Anda sudah berada di peringkat paling atas di halaman google. Peringkat ini akan turun kapan saja ketika ada konten lain yang dianggap layak oleh google untuk menduduki peringkat paling atas. Jadi pastikan untuk selalu update situs agar kualitasnya terus membaik.

3. Meningkatkan kinerja website

Selain meningkatkan kualitas konten, manfaat lainnya dari backlink natural adalah meningkatkan kinerja website. Dengan meningkatkan kinerja website, Anda harus senang karena pembuatan website profesional yang telah dilakukan sebelumnya tidak sia – sia.

Meningkatnya kinerja website artinya optimasi website juga berjalan dengan lancar. Tidak heran jika banyak situs web yang mengharapkan adanya tautan secara alami. Bisnis atau jasa seperti digital marketing agency Jakarta atau lainnya pasti membutuhkan backlink natural.

Dengan meningkatnya kinerja website, Anda juga akan mendapatkan pekerjaan yang bertambah seperti memeriksa kelangsungan performa website dan lainnya. Namun hal ini bukan masalah selama jumlah pengunjung semakin meningkat setelah mendapatkan tautan alami.

4. Memudahkan google mengindeks website

Jika Anda sudah mendapatkan backlink natural, itu artinya google juga mudah mengindeks website atau menganalisis konten di dalamnya. Menganalisis isi konten dalam sebuah website akan dilakukan google beberapa periode sekali.

Jika google mudah mengindeks website, kemungkinan besar website Anda akan mendapat penilaian yang cukup bagus dari sisi SEO. Hal ini sudah pasti berdampak pada bertambahnya jumlah pengunjung.

5. Backlink natural memudahkan branding jika untuk bisnis

Jika website digunakan untuk keperluan bisnis, maka adanya backlink natural juga akan memudahkan branding produk dan menaikkan citra Perusahaan. manfaat ini sangat penting didapatkan jika Anda sedang mengelola bisnis atau jasa, misalnya bisnis barang atau Jasa SEO Jakarta.

Kini setelah memahami apa saja manfaatnya untuk keperluan bisnis, tentunya Anda ingin tahu bagaimana cara mendapatkan backlink natural. Semua pemilik situs sebenarnya bisa mendapat tautan secara alami tersebut dengan mempelajari bagaimana tips untuk mendapatkannya.

Tips Mudah Mendapatkan Backlink Natural

Cara utama untuk mendapatkan backlink natural adalah terus menerus meningkatkan kualitas konten. Namun jika hanya melakukan hal tersebut, mungkin akan membutuhkan waktu lama untuk mendapat backlink natural. Itu sebabnya Anda harus melakukan beberapa tips berikut.

Baca juga: Pengertian SEO Off Page dan Panduan Optimasinya

1. Mempelajari algoritma google

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempelajari dulu bagaimana algoritma google. Pastikan melakukan pengamatan terhadap kinerja mesin pencarian google, karena pada dasarnya google dijalankan oleh mesin.

Dengan mempelajari bagaimana pola dalam algoritma google, Anda bisa mendapatkan referensi tentang bagaimana cara menaikkan peringkat rekomendasi berdasarkan algoritma tersebut.

2. Membuat konten yang berkualitas dan unik

Tips lainnya untuk mendapatkan backlink natural adalah dengan membuat konten berkualitas dan unik. Ini sudah menjadi salah satu syarat utama untuk mendapatkan tautan secara alami. Konten berkualitas adalah konten yang berisi kata kunci dan informasi lengkap.

Selain itu kualitas sebuah konten juga dapat dinilai dari fokus dalam pembahasan. Jika terlalu banyak topik lain yang tidak berhubungan dengan pembahasan utama, maka konten ini masih belum bisa dikatakan berkualitas.

3. Tidak membuat konten plagiat dan melakukan spam

Tips terakhir adalah dengan membuat konten asli atau jangan sampai melakukan plagiasi. Kesalahan plagiasi tentu tidak bisa ditoleransi. Begitu juga jika Anda terlalu banyak melakukan spam iklan, pasti hal ini akan mempersulit mendapat backlink.

Jika Anda masih pemula di dunia SEO, jangan khawatir tentang bagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjung dan peringkat rekomendasi dari google. Hal ini karena informasi tentang backlink natural adalah materi yang bisa dijadikan strategi untuk meningkatkan ranking.

Published On: Agustus 30th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!