Backlink Dofollow, Peranannya untuk Penelusuran ke Situs

admin

Backlink Dofollow, Peranannya untuk Penelusuran ke Situs

Dalam sebuah upaya untuk mendorong situs ke peringkat pertama Google, dikenal namanya backlink dofollow dengan peran pentingnya untuk penelusuran ke situs. Dalam praktiknya, dofollow kerap disandingkan dengan nofollow, dimana keduanya memiliki perbedaan.

Di sini akan dijelaskan apa saja hal penting dari salah satu upaya menaikkan peringkat situs ini. Tingginya persaingan di dunia digital membuat para pengelola harus semakin giat dan bisa bersaing ketat untuk memenangkan posisi situs mereka ke halaman pertama Google.

Mengenal Tentang Backlink Dofollow Adalah

Upaya penerapan backlink dofollow ini membuat robot pencari mengcrawling situs Anda dengan baik. Untuk bisa crawling oleh Google maka Anda lebih dulu dituntut harus tahu seperti apa trik penerapan backlinknya dengan tepat agar hasilnya efektif.

Berbeda dengan HTML, jenis backlinks satu ini memiliki peluang lebih besar karena nilainya tinggi. Sedikit tentang cara kerjanya adalah menunjukkan pada mesin pencari bahwa situs Anda layak dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Semaksimal mungkin upaya menarik orang ke situs Anda harus berimbang dengan kualitas konten yang tinggi. Anggap saja backlinks ini merupakan pintu masuk, sementara konten berkualitas adalah sebuah cara untuk mempertahankan kunjungan.

Sementara itu fungsi utama dari backlink dofollow adalah menaikkan peringkat situs. Situs yang ditautkan ke backlinks memiliki potensi menaikkan link juice atau page rank untuk memperbanyak jumlah klik ke situs Anda.

Saat secara organik jumlah klik bertambah maka dengan sendirinya posisi situs naik ke peringkat pertama Google. Ketika konten pada situs terjaga dengan baik dan semakin berkualitas dari waktu ke waktu maka besar kemungkinan traffic jadi lebih tinggi.

Baca juga: Backlink Natural Adalah, Manfaat dan Tips Mendapatkannya

Berikut Peran Penting Dofollow Backlinks

Peran penting jasa backlink pbn ini dalam menunjang optimasi mesin pencari atau SEO bisa dilekatkan pada situs sendiri atau situs orang lain. Anda bisa mendorong situs sendiri ke halaman pertama Google atau membantu situs lain menempati posisi tersebut.

Untuk mendorong situs sendiri ke halaman pertama Google, jelas Anda harus memanfaatkan situs lain. Jika pekerjaan dilakukan oleh jasa Digital Marketing Agency Jakarta maka tidak sulit mendapatkan izin kerja sama dari situs lain.

Namun, jika harus melakukannya sendiri maka Anda dituntut untuk memiliki jiwa persuasif yang meyakinkan. Tentunya agar disepakati oleh situs lain adalah menjelaskan keuntungan apa yang bisa mereka dapatkan apabila membantu situs Anda naik ke peringkat pertama.

Salah satunya bisa balik mempromosikan konten dari situs mereka di situs Anda. Dengan begitu, ada simbiosis mutualisme antara kedua pihak. Perhatikan kembali bahwa isi konten dari link ini harus sesuai dengan pengantar pada setiap pembagian tautannya.

Karena situs lain sudah membantu Anda menaikkan peringkat situs melalui backlink dofollow, maka minimal selisih peringkat kedua situs tipis. Misal, peringkat satu dan dua atau dua dan tiga. Jika berhasil meraih tujuan maka kerja sama berhasil dengan baik.

Ketika merasa kerja sama dengan satu pihak berjalan lancar maka untuk kedepannya bisa terus melakukan kerja sama. Jangan lengah ketika merasa ada kejanggalan, sebab sebaik apapun kerja sama, tujuan utama pengelola situs adalah menjadi yang paling pertama.

Keunggulan dan Kelemahan dari Dofollow

Selain dofollow, ada namanya nofollow, dimana sebenarnya jika ingin menempatkan link orang di situs Anda, sebaiknya menggunakan nofollow. Keduanya memiliki perbedaan besar, namun di sini kami akan membahas kelebihan dan kekurangan backlink dofollow.

Keunggulannya adalah mempersilakan robot crawler melakukan penelusuran terhadap situs Anda. Hal ini sangat memungkinkan untuk menaikkan situs ke peringkat pertama Google. Apalagi jika Anda memiliki akses ke situs-situs umum, seperti contohnya Wikipedia.

Atau juga memiliki akses ke situs-situs berita yang banyak dibuka pembaca secara berkala setiap hari. Intensitas pembaca berita memungkinkan mereka melirik link ke situs Anda dan akhirnya membuka hingga membaca kontennya sampai selesai, bahkan sampai berlangganan.

Namun, penting sekali untuk dicatat bahwa kelemahan dari backlink dofollow ini adalah jumlah traffic bisa dengan mudah menurun drastis. Apabila Anda mendapatkan banyak kunjungan dari situs spam atau situs yang tidak kredibel di dunia maya.

Ini menjadi alarm betapa pentingnya melakukan riset terlebih dahulu sebelum menyematkan link ke situs Anda. Mungkin secara singkat, kunjungan bisa begitu tinggi jika menyimpan link pada situs spam, namun potensi turunnya juga sangat besar.

Akan lebih aman jika mempercayakan hal seperti ini pada profesional, akan tetapi Anda sebagai pemilik situsnya juga harus tahu. Dengan pemahaman tepat, lebih mudah melakukan komunikasi terkait apa yang akan dilakukan guna mendorong peringkat situs.

Baca juga: Pengertian SEO Off Page dan Panduan Optimasinya

Berikut Ini Manfaat Backlink Dofollow

Selanjutnya kami akan membahas terkait apa saja manfaat dari salah satu jenis backlinks ini. Berikut merupakan berbagai manfaat yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan dofollow, baik diatur sendiri atau dikelola oleh Jasa SEO.

1. Dilaporkan sebagai Spam

Ketika berhasil menemukan satu situs terpercaya yang terjamin bukan spam maka besar kemungkinan situs Anda mendapatkan traffic dalam jangka panjang. Misal, Anda berhasil mendapatkan akses ke media Kompas, maka intensitas orang baca sebanding dengan traffic ke situs Anda.

2. Dofollow dapat Membuat Traffic Naik Pesat

Potensi mendapatkan referral traffic lebih tinggi karena salah satu jenis backlinks ini merupakan default. Kunjungan ke situs bisa lebih cepat dan mudah jika memanfaatkan jenis backlinks ini secara tepat atau menunjuk tim profesional untuk mengurusnya.

3. Traffic Naik Karena Crawler

Izin dari backlinks untuk robot crawler bekerja secara luas membuka potensi index oleh Google semakin luas. Tidak perlu setting manual, dengan backlink dofollow, Anda bisa menaikkan jumlah traffic ke situs secara lebih mudah.

4. Kredibilitas Situs Meningkat

Kredibilitas situs menjadi lebih terjamin, dengan catatan Anda membuat konten berkualitas. Dua hal setidaknya yang harus diperhatikan, yakni menempatkan link pada situs tepat dan membuat konten menarik serta berkualitas untuk mempertahankan pengunjung.

Ini Alasan Pentingnya Backlink Dofollow

Ada banyak alasan kenapa setelah situs tercipta, pemiliknya tidak bisa langsung lepas tangan begitu saja. Apalagi yang mendapatkan penghasilan dari situs atau bisnis online, tentu menempatkan situs ke halaman pertama hasil pencarian menjadi poin penting.

Teknologi komputer semakin kesini semakin maju, semakin banyak aturan dari Google dalam mendukung naiknya peringkat situs. Banyak orang membuat situs seperti Anda, artinya banyak kompetitor yang bahkan mungkin sekali memanfaatkan backlink dofollow.

Jika setelah membuat situs lalu dibiarkan saja tanpa dikelola dengan baik maka besar kemungkinan peringkat situs tergerus ke posisi terakhir. Kebutuhan manusia di zaman serba digital adalah mengklik situs paling atas atau setidaknya tiga halaman pertama.

Bahkan ketika merasa hasil pencarian sudah memberikan jawaban dari halaman pertama, maka halaman kedua dan ketiga akan diabaikan. Terlalu sulit untuk situs Anda mendapatkan kunjungan, bahkan penambahan traffic jika tidak diupayakan dengan strategis.

Ada banyak cara mendorong situs maju ke peringkat pertama Google, tentunya paling valid melalui konten. Namun, konten berkualitas ini bisa ditemukan apabila teknis, seperti backlink dofollow diterapkan dengan baik juga dalam pelaksanaan pengelolaan situsnya.

Published On: Agustus 30th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!