Apa Itu Alt Text? Berikut Pengertian dan Fungsi

admin

Apa Itu Alt Text? Berikut Pengertian dan Fungsi

gambar dan grafik telah menjadi elemen yang tak terpisahkan dari situs web, media sosial, dan berbagai platform online lainnya. Namun, tahukah Anda bahwa mesin pencari seperti Google tidak dapat “melihat” gambar dengan cara yang sama seperti manusia? Inilah mengapa konsep Alt Text (alternative text) menjadi sangat penting dalam dunia SEO (Search Engine Optimization) dan aksesibilitas web.

Apa Itu Alt Text?

Alt Text, atau sering disebut juga sebagai “teks alternatif,” adalah deskripsi singkat dan jelas yang digunakan untuk menjelaskan gambar atau elemen media visual lainnya di dalam sebuah situs web. Ini adalah teks yang akan muncul jika gambar tidak dapat dimuat atau jika seseorang menggunakan perangkat pembaca layar untuk menjelajahi web. Alt Text adalah elemen kunci dalam mengoptimalkan gambar untuk SEO dan juga berperan penting dalam memastikan bahwa situs web Anda dapat diakses dengan baik oleh semua orang, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan.

Fungsi Alt Text

Funsgi Alt text ada 2 yaitu untuk SEO dan juga untuk Aksesibilitas, berikut ini penjelasnnya:

Fungsi Alt Text dalam SEO

Salah satu peran utama dari teks alternatif adalah dalam konteks SEO (Search Engine Optimization). Mesin pencari seperti Google menggunakan berbagai algoritma kompleks untuk mengindeks dan memeringkat situs web. Salah satu elemen yang diperhatikan oleh mesin pencari adalah konten visual seperti gambar dan grafik.

Namun, mesin pencari tidak dapat memahami konten gambar tanpa bantuan. Inilah mengapa Alt Text sangat penting dalam SEO. Fungsi utamanya dalam konteks SEO adalah sebagai berikut:

1. Membantu Mesin Pencari Memahami Konten Gambar: Ketika mesin pencari mengindeks situs web, Alt Text memberikan informasi tentang apa yang terdapat dalam gambar tersebut. Ini membantu mesin pencari memahami konteks dan relevansi gambar terhadap kata kunci yang dicari oleh pengguna.

2. Meningkatkan Peringkat SEO: Dengan menyediakan Alt Text yang relevan dan deskriptif untuk gambar-gambar di situs web Anda, Anda dapat meningkatkan peringkat situs Anda dalam hasil pencarian. Mesin pencari cenderung memberikan peringkat lebih tinggi pada situs web yang memiliki konten visual yang terkait dengan kata kunci yang dicari.

3. Memperluas Target Kata Kunci: Alt Text juga memungkinkan Anda untuk memasukkan kata kunci yang relevan ke dalam gambar Anda. Ini memperluas keragaman kata kunci yang dapat diindeks oleh mesin pencari, yang dapat meningkatkan visibilitas situs web Anda untuk berbagai pencarian.

Fungsi Alt Text dalam Aksesibilitas Web

Selain perannya dalam SEO, Alt Text juga memainkan peran penting dalam aksesibilitas web. Aksesibilitas web adalah upaya untuk membuat situs web dapat diakses dengan baik oleh semua orang, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan. Fungsi utama Alt Text dalam aksesibilitas web adalah sebagai berikut:

1. Membantu Pengguna dengan Masalah Penglihatan: Pengguna dengan masalah penglihatan yang mengandalkan perangkat pembaca layar akan mendengar Alt Text saat mereka menjelajahi situs web. Alt Text yang baik memberikan deskripsi yang jelas tentang gambar, sehingga pengguna dapat memahami konten gambar tersebut.

2. Memastikan Pengalaman Pengguna yang Sama: Alt Text memastikan bahwa semua pengguna, termasuk mereka yang tidak dapat melihat gambar, memiliki pengalaman pengguna yang serupa. Ini mendorong inklusivitas dan memastikan bahwa semua pengunjung dapat mengakses informasi dengan baik.

Cara Kerja Alt Text

Teks alternatif, mungkin terlihat seperti hal yang sederhana, tetapi perannya dalam memahami dan mengkomunikasikan gambar di situs web adalah sangat penting. Mari kita jelaskan bagaimana cara kerjanya secara lebih rinci:

1. Deskripsi Gambar

Cara kerja Alt Text yang paling dasar adalah dengan memberikan deskripsi gambar kepada mesin pencari dan pengguna. Ketika gambar dimuat di halaman web, peramban web akan membaca teks alternatif ini dan menampilkannya jika gambar tidak dapat dimuat atau jika pengguna mematikan gambar pada perangkat mereka. Ini memungkinkan semua orang, termasuk pengguna dengan masalah penglihatan, untuk memahami konten gambar tersebut.

2. Konteks Konten

Alt Text juga membantu menghubungkan gambar dengan konten di sekitarnya. Ini membantu mesin pencari memahami hubungan antara gambar dan teks di halaman web. Misalnya, jika Anda memiliki gambar produk di halaman produk, Alt Text yang baik akan menjelaskan produk tersebut sehingga mesin pencari tahu bahwa gambar tersebut terkait dengan produk yang dibahas di halaman tersebut.

3. Optimisasi SEO

Dalam konteks SEO, Alt Text juga memiliki peran penting. Ketika Anda menulis Alt Text yang relevan dan mengandung kata kunci yang sesuai dengan konten gambar, Anda membantu mesin pencari mengindeks gambar tersebut dengan lebih baik. Ini dapat meningkatkan peringkat SEO situs web Anda dalam hasil pencarian yang relevan.

4. Keragaman Kata Kunci

Alt Text juga memungkinkan Anda untuk memasukkan variasi kata kunci yang relevan ke dalam gambar Anda. Ini memperluas keragaman kata kunci yang dapat diindeks oleh mesin pencari, yang dapat membantu meningkatkan visibilitas situs web Anda untuk berbagai pencarian.

5. Navigasi Internal

Beberapa situs web menggunakan Alt Text untuk menghubungkan gambar-gambar ke halaman-halaman internal situs web. Ini membantu dalam navigasi internal dan mengarahkan pengguna ke konten yang relevan.

Dengan memahami cara kerja Alt Text yang baik, Anda dapat mengoptimalkan gambar-gambar di situs web Anda untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, meningkatkan SEO, dan memastikan bahwa semua pengunjung dapat mengakses informasi dengan baik.

Menulis Alt Text yang Efektif

Pada bagian ini, kita akan membahas langkah-langkah dan panduan untuk menulis Alt Text yang efektif. Menulis Alt Text yang baik adalah kunci untuk memberikan deskripsi yang jelas dan relevan terhadap gambar-gambar di situs web Anda.

  1. Deskripsi yang Jelas dan Singkat
    Alt Text harus memberikan deskripsi gambar yang jelas dan singkat. Hindari membuat Alt Text terlalu panjang atau terlalu umum. Fokus pada informasi yang paling penting yang ingin Anda sampaikan kepada pengguna. Deskripsi yang tepat akan membantu pengguna memahami konten gambar tanpa melihat gambar tersebut.
  2. Relevansi dengan Konteks
    Pastikan Alt Text terkait erat dengan konteks konten di halaman web. Alt Text harus menjelaskan bagaimana gambar tersebut terkait dengan informasi di sekitarnya. Ini membantu mesin pencari memahami hubungan antara gambar dan konten, serta meningkatkan relevansi SEO.
  3. Gunakan Kata Kunci yang Relevan
    Ketika memungkinkan, masukkan kata kunci yang relevan ke dalam Alt Text. Ini membantu mesin pencari mengidentifikasi konten gambar yang relevan dengan kata kunci pencarian pengguna. Namun, jangan berlebihan dalam penggunaan kata kunci; pastikan Alt Text tetap terlihat alami dan deskriptif.
  4. Hindari Alt Text Kosong atau Generik
    Jangan biarkan Alt Text kosong atau diisi dengan teks generik seperti “gambar” atau “foto.” Ini tidak memberikan nilai tambah kepada pengguna atau mesin pencari. Selalu berikan deskripsi yang konkret.
  5. Deskripsi untuk Gambar Dekoratif
    Jika Anda memiliki gambar dekoratif yang tidak memiliki relevansi penting dengan konten atau tidak memiliki informasi tambahan, Anda dapat menggunakan Alt Text kosong dengan mengosongkan atribut “alt” atau menggunakan tanda petik ganda kosong (“”). Ini membantu perangkat pembaca layar melewati gambar dekoratif tanpa mengganggu pengalaman pengguna.
  6. Spesifikasi untuk Grafik Data atau Grafik Informasi
    Jika gambar adalah grafik data atau grafik informasi, pastikan Alt Text menyampaikan informasi inti dari gambar tersebut. Ini dapat mencakup angka, statistik, atau informasi yang relevan dalam gambar tersebut.
  7. Gunakan Bahasa yang Sederhana dan Jelas
    Hindari penggunaan bahasa yang rumit atau teknis yang mungkin sulit dipahami oleh semua pengguna. Gunakan bahasa yang sederhana dan jelas untuk menjelaskan gambar.
  8. Uji Alt Text
    Terakhir, setelah Anda menulis Alt Text, uji seberapa efektifnya dengan melakukan pengujian. Mintalah beberapa orang untuk membaca Alt Text dan melihat apakah mereka dapat memahami gambar dengan deskripsi yang diberikan.

Dengan mengikuti panduan-panduan di atas, Anda dapat menulis Alt Text yang efektif dan membantu pengguna memahami konten gambar di situs web Anda dengan baik. Alt Text yang baik bukan hanya bermanfaat untuk SEO, tetapi juga untuk aksesibilitas web dan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Cara Menggunakan Alt Text Yang Benar

Bagian ini akan membahas implementasi Alt Text dalam situasi praktis di berbagai jenis situs web dan cara memanfaatkannya secara optimal.

  1. E-Commerce dan Produk Online
    Di situs web e-commerce, penggunaan Alt Text yang baik pada gambar produk sangat penting. Alt Text harus mencakup informasi penting tentang produk, seperti merek, jenis, ukuran, dan warna. Ini membantu pembeli online memahami produk tanpa melihat gambarnya. Contoh Alt Text yang efektif untuk produk baju adalah: “Kaos merah berkerah, ukuran M, merek XYZ.”
  2. Berita dan Publikasi Online
    Pada situs berita dan publikasi online, Alt Text digunakan untuk memberikan deskripsi singkat tentang gambar yang mengilustrasikan berita atau artikel. Ini membantu pembaca memahami konteks gambar dan relevansinya dengan cerita. Sebagai contoh, Alt Text untuk gambar pemilihan umum bisa berupa: “Pemilih antri di tempat pemungutan suara.”
  3. Blog dan Konten Visual
    Pada blog dan situs web dengan konten visual seperti infografis, Alt Text dapat digunakan untuk menjelaskan gambar-gambar yang digunakan dalam posting. Ini membantu membawa konten visual ke pengguna yang menggunakan perangkat pembaca layar atau yang mematikan gambar dalam peramban mereka.
  4. Pendidikan Online
    Di situs web pendidikan online, Alt Text penting untuk mendukung aksesibilitas dan pembelajaran yang lebih baik. Gambar-gambar dalam materi pembelajaran harus didukung dengan Alt Text yang menjelaskan konsep atau ilustrasi yang disajikan.
  5. Situs Web Pariwisata
    Situs web pariwisata seringkali menggunakan gambar untuk menarik pengunjung. Alt Text digunakan untuk memberikan deskripsi singkat tentang lokasi atau atraksi yang ditampilkan dalam gambar. Misalnya, Alt Text untuk gambar pemandangan gunung bisa berupa: “Pemandangan Gunung Himalaya dengan langit biru cerah.”
  6. Situs Web Non-Profit
    Di situs web organisasi non-profit, gambar-gambar sering digunakan untuk menceritakan kisah atau menunjukkan dampak program. Alt Text digunakan untuk menjelaskan gambar-gambar tersebut dan memberikan konteks bagi para pengunjung yang ingin mendukung tujuan organisasi tersebut.
  7. Sosial Media
    Di platform media sosial seperti Facebook dan Twitter, Anda juga dapat menambahkan Alt Text ke gambar yang Anda bagikan. Ini membantu audiens Anda memahami gambar dan meningkatkan aksesibilitas konten Anda di platform sosial.
  8. Konten Multimedia
    Pada konten multimedia seperti podcast atau video, Alt Text juga dapat digunakan pada gambar-gambar yang disertakan dalam konten tersebut. Ini membantu pendengar atau penonton yang menggunakan perangkat pembaca layar untuk memahami konten multimedia.
  9. Mobile Apps
    Pada aplikasi seluler, penggunaan Alt Text pada gambar atau ikon adalah praktik yang baik untuk meningkatkan aksesibilitas aplikasi Anda.
  10. Uji dan Pemantauan
    Setelah mengimplementasikan Alt Text, penting untuk secara berkala menguji dan memantau situs web Anda. Pastikan bahwa Alt Text berfungsi dengan baik dan memberikan deskripsi yang sesuai dengan gambar yang digunakan.

Dengan menerapkan Alt Text dengan bijak sesuai dengan jenis situs web Anda, Anda dapat meningkatkan aksesibilitas, SEO, dan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Alt Text adalah alat yang kuat untuk membuat konten visual Anda lebih inklusif dan informatif bagi semua pengunjung situs Anda.

Tak dapat dipungkiri, Alt Text adalah salah satu aspek penting dalam dunia SEO dan aksesibilitas web yang perlu diperhatikan. Dengan memahami cara kerja, manfaat, dan cara menulis Alt Text yang efektif, Anda telah mengambil langkah penting menuju meningkatkan visibilitas situs web Anda di mesin pencari dan menjadikannya lebih inklusif bagi semua pengguna. Namun, jika Anda ingin mengambil langkah selanjutnya dalam meningkatkan kualitas SEO dan mendapatkan hasil yang optimal, kami merekomendasikan untuk bekerja sama dengan ahli SEO profesional. Toprank Indonesia, dengan pengalaman dan komitmen untuk memberikan layanan jasa SEO terbaik, siap membantu Anda mencapai tujuan pemasaran online Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami hari ini untuk mendiskusikan strategi SEO yang sesuai dengan bisnis Anda dan mulailah meraih kesuksesan online yang lebih besar. Mari kita bergerak maju bersama untuk mencapai hasil yang luar biasa!

Published On: September 25th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!