Apa itu Baidu Search Engine? Kelebihan dan Kekurangannya

Dedi

Apa itu Baidu Search Engine

Baidu Search Engine adalah browser atau mesin pencari web gratis yang dikembangkan untuk platform Windows dan Android. Mesin pencari ini memiliki kecenderungan untuk mengirimkan data pengguna pribadi ke server Baidu tanpa enkripsi, atau dengan enkripsi yang dapat dengan mudah didekripsi.

Baidu Search Engine memiliki spesifikasi yang ringan untuk perangkat Android kelas bawah. Namun rentan terhadap potensi eksekusi kode arbitrer selama pembaruan perangkat lunak melalui serangan man-in-the-middle.

Apa itu Baidu Search Engine?

Baidu adalah mesin pencari terkemuka di Tiongkok yang mendominasi pasar pencarian dalam negeri dengan pangsa pasar yang signifikan. Selain itu, perusahaan ini juga merupakan salah satu pemain utama di industri teknologi Tiongkok, dengan fokus utama pada pengembangan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Baidu Search Engine tidak hanya menjadi penyedia layanan internet yang sangat diandalkan di Tiongkok. Namun juga merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia di bidang internet dan kecerdasan buatan (AI). Penyumbangan besar Baidu ini lebih diperkuat oleh fakta bahwa Google tidak diizinkan beroperasi di Tiongkok, kecuali melalui akses menggunakan VPN (Virtual Private Network).

Saat ini, Google hanya memegang kurang dari 4% pangsa pasar pencarian di Tiongkok. Sementara Baidu bersama dengan pemain kunci lainnya seperti Sogou, Haosou, dan Shenma, mendominasi pangsa pasar dengan kuat.

Sejarah Baidu

Baidu Inc., didirikan pada bulan Januari 2000 oleh Robin Li dan Eric Xu, mencatat sejarahnya sebagai perusahaan teknologi Tiongkok yang signifikan. Pada bulan Desember 2007, Baidu Inc. menjadi perusahaan Tiongkok pertama yang terdaftar dalam indeks NASDAQ-100.

Perusahaan ini menyediakan berbagai fitur untuk konsumen, termasuk berita, video, peta, TV internet, dan lainnya. Meskipun menawarkan berbagai layanan, pendapatan utama Baidu berasal dari sektor periklanan, menggunakan sistem yang mirip dengan Google.

Dalam dua dekade terakhir, Baidu telah berkembang menjadi perusahaan multinasional yang menyediakan layanan, produk, dan AI terkait internet. Didukung oleh inovasi dan pertumbuhan yang konsisten, Baidu terus memainkan peran penting dalam lanskap teknologi global.

Baca Juga: Apa itu AOL Search Engine? Kelebihan dan Kekurangannya

Alasan Baidu Menjadi Search Engine Utama di Tiongkok

Persaingan di Tiongkok menjadi sangat signifikan, terutama dalam konteks pertarungan antara Baidu dan mesin pencari global seperti Google. Beberapa faktor utama yang memperkuat posisi Baidu sebagai pemimpin mesin pencari di Tiongkok mencakup:

1. Google Diblokir

Dengan Google tidak diizinkan beroperasi di Tiongkok, Baidu mendominasi pangsa pasar mesin pencarian. Pengguna internet yang ingin mengakses Google hanya dapat melakukannya melalui VPN.

2. Bahasa dan Budaya Lokal

Baidu memanfaatkan pemahamannya yang mendalam tentang bahasa dan budaya Tiongkok untuk mengoptimalkan teknologi pencariannya. Bahasa China yang kompleks menjadi lebih mudah dimengerti oleh algoritma pencarian Baidu, yang dapat fokus pada relevansi kata-kata dalam konteks lokal. Ini merupakan tantangan besar bagi Google.

3. Penawaran Lokal

Penawaran lokal dari Baidu, seperti iQIYI untuk periklanan online dan Baidu Core untuk pemasaran berbasis kata kunci serta produk dan layanan berbasis AI, menjadi pendorong utama dominasinya di pasar.

4. Penawaran Unik

Sementara Google memusatkan penawaran uniknya untuk audiens global, Baidu secara khusus menyesuaikan penawarannya dengan kebutuhan Tiongkok, dengan memperhatikan persyaratan hukum yang ketat. Penawaran khusus Tiongkok, seperti pencarian paten, pencarian warga lanjut usia, dan pencarian orang hilang, memperkuat daya tarik Baidu di tingkat lokal.

Kelebihan Baidu Search Engine

Sama halnya dengan mesin pencari lainnya yang memiliki kelebihan. Baidu juga memberikan banyak manfaat dan kelebih bagi penggunanya. Berikut adalah kelebihan Baidu Search Engine:

1. Kemampuan Pencarian

Baidu Search Engine mendominasi pasar internet di Tiongkok sebagai aplikasi pencarian terpopuler. Dengan ruang pertumbuhan yang pesat mengingat tingkat konsumsi internet yang masih di bawah 35% di antara penduduk Tiongkok. Meskipun demikian, Baidu terus memperluas pangsa pasarnya di bidang mesin pencari, saat ini mencapai 75,8%.

2. Monetisasi Efektif

Model bisnis Baidu yang sangat scalable memungkinkan pemilik bisnis dengan mudah membeli dan mengarahkan iklan melalui sistemnya. Namun, hanya sebagian kecil dari jutaan bisnis di Tiongkok yang memanfaatkan pemasaran pencarian berbayar.

3. Ekspansi dan Diversifikasi

Dengan basis pengguna yang besar, Baidu berupaya untuk menyediakan lebih banyak layanan kepada pengguna dan terus berinvestasi agresif dalam penelitian dan pengembangan. Potensi akuisisi juga menjadi strategi yang mungkin diadopsi oleh Baidu.

Salah satu peluang signifikan adalah di industri smartphone, di mana Baidu telah berhasil menciptakan teknologi baru. Sebagai contoh, sekitar 80% ponsel berbasis Android di Tiongkok saat ini menggunakan mesin pencari Baidu.

Kekurangan Baidu Search Engine

Baidu Search Engine juga memiliki kekurangan sama seperti mesin pencari lainnya. Berikut adalah beberapa kekurangan dari Baidu:

1. Persaingan yang Tegang

Walaupun Google meninggalkan pasar Tiongkok pada tahun 2010, Baidu tetap dihadapkan pada persaingan yang sengit dari pesaing utamanya, seperti Alibaba dan Tencent. Perusahaan-perusahaan ini memiliki basis pelanggan yang besar dan aktif mencari peluang di pasar pencarian berbayar.

Bahkan, kehadiran Microsoft juga tetap menjadi faktor dalam pasar Tiongkok. Selain itu, kemunculan perusahaan jejaring sosial, seperti Renren, menambah kompleksitas sebagai potensi pesaing. Sementara Baidu mengalami keterlambatan dalam menambahkan fitur jejaring sosial ke platformnya.

2. Penilaian Saham yang Tantang

Saham Baidu diperdagangkan pada tingkat valuasi 95 kali lipat pendapatan, menciptakan tantangan besar untuk mempertahankan tingkat pertumbuhan yang tinggi. Kemungkinan adanya koreksi serius pada sahamnya menjadi risiko yang signifikan bahkan jika ada masalah kecil sekalipun.

3. Biaya Iklan yang Tinggi

Biaya iklan di platform Baidu tidak dapat dianggap murah. Meskipun hal ini berkontribusi pada peningkatan pendapatan, harga yang tinggi dapat menjadi hambatan untuk meningkatkan basis pengguna.

Baca Juga: Jenis-Jenis Search Engine Paling Populer di Dunia

Perbedaan Baidu dan Google

Jika Anda berencana menggunakan search engine ini sebagai salah satu saluran pemasaran Anda, pastikan Anda memiliki pemahaman mendalam tentang SEO Baidu. Berikut adalah rangkuman perbedaan antara Baidu dan Google yang perlu diingat:

1. Target Audiens

Google mendominasi pencarian global, sementara Baidu Search Engine hanya berfokus pada pasar Tiongkok. Pastikan strategi Anda sesuai dengan target audiens masing-masing.

2. Preferensi Bahasa

Baidu lebih condong kepada bahasa Mandarin, mencerminkan kebutuhan pengguna Tiongkok. Google, disisi lain, lebih fleksibel dalam menampilkan hasil pencarian dalam berbagai bahasa.

3. Tampilan SERP

Baidu dan Google memiliki perbedaan dalam tampilan halaman hasil pencarian (SERP). Di Google, hasil berbayar muncul di bagian atas, sedangkan hasil organik di bagian bawah. Baidu, sebaliknya, menggabungkan hasil organik dan berbayar, dengan opsi bagi merek untuk membayar agar tampil di bagian atas.

4. Masalah Sensor

Baidu tunduk pada kebijakan sensor pemerintah Tiongkok. Konten yang mencela pemerintah, berisi pornografi, atau konten sensitif lainnya tidak akan ditampilkan. Google, disisi lain, cenderung kurang membatasi hasil pencarian dari segi sensor.

Kesimpulan

Seiring dengan berkembangnya dunia digital, tidak hanya penting untuk memahami cara mesin pencari bekerja. Tetapi juga untuk fokus pada optimalisasi situs web Anda di mesin pencari global seperti Google. Jika tujuan Anda adalah meningkatkan peringkat dan jumlah traffic situs web Anda, layanan Jasa SEO Jakarta dari Toprank Indonesia dapat menjadi solusi yang tepat.

SEO adalah strategi yang kritis untuk memastikan visibilitas maksimal situs web Anda di hasil pencarian. Dengan menggabungkan teknik-teknik terkini dan pemahaman mendalam tentang algoritma mesin pencari. Digital marketing agency Jakarta Toprank Indonesia dapat membantu Anda mengoptimalkan konten, struktur situs, dan elemen-elemen kunci lainnya.

Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan peringkat situs web Anda di Google, yang pada gilirannya dapat membawa peningkatan signifikan dalam jumlah pengunjung dan potensi pelanggan. Tim ahli SEO Toprank Indonesia berfokus pada kata kunci yang relevan dan konten berkualitas.

Selain itu juga melakukan analisis mendalam terhadap perilaku pengguna, tren industri, dan perubahan algoritma mesin pencari. Dengan pendekatan yang holistik, Toprank Indonesia dapat mengembangkan strategi SEO yang disesuaikan dengan kebutuhan unik situs web Anda. Sehingga memberikan hasil yang berkelanjutan dan dapat diukur.

Bersama Toprank Indonesia sebagai mitra SEO agency Anda, tentunya Anda dapat yakin bahwa situs web Anda tidak hanya memenuhi standar mesin pencari. Tapi juga menyediakan pengalaman yang memikat bagi pengunjung, meningkatkan potensi konversi, dan memperluas dampak online Anda secara keseluruhan.

Published On: Desember 11th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!