Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok untuk Pemula

Dedi

cara mendapatkan uang dari tiktok untuk pemula

Masa sih bermain tiktok bisa menghasilkan uang? Tidak percaya? Ikutin deh cara mendapatkan uang dari tiktok untuk pemula yang akan kami bahas ini. Selain sebagai platform hiburan, TikTok juga bisa dimanfaatkan sebagai aplikasi penghasil uang. TikTok di luncurkan pada tahun 2016 dan pada januari 2022 telah menempati peringkat ke 6 sebagai platform sosial media yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif.

TikTok sama seperti Instagram dan Youtube, platfom sosial media yang digunakan oleh orang-orang untuk membangun karir sebagai influenser dan menghasilkan uang.

Tapi bagi pemula, bagaimana cara melakukannya? Mari simak artikel dari digital marketing agency Jakarta di bawah ini!

Apa itu TikTok?

TikTok merupakan aplikasi atau platform sosial media berbagi video berdurasi pendek yang diluncurkan oleh Zhang Yiming pada tahun 2016.

Pengguna TikTok dapat membuat dan membagikan video musik berdurari 15 detik  menggunakan efek, filter dan klip musik kepada pengguna lain dengan topik apa saja.

Sejak diluncurkan pada tahun 2016, popularitas TikTok semakin berkembang dan hingga saat ini menjadi aplikasi foto dan video yang paling banyak di unduh.

Cara Mengasilkan Uang dari TikTok

Saat ini TikTok menjadi apliakasi terpopuler untuk berbagi video musik yang bisa dimanfaatkan untuk sumber penghasilan. Jadi, bagaimana pengguna bisa menghasilkan pendapatan dari TikTok? Ada 3 cara orang-orang menghasilkan uang di Tiktok dengan:

1. Memasarkan Produk untuk Menarik Konsumen

Banyak bisnis yang memanfaatkan platform Tiktok sebagai alat mempromosikan produk atau layanan mereka. Konten TikTok yang Anda buat dapat menarik lebih banyak audiens target dan calon pembeli.

Buatlah konten TikTok yang memamerkan detail produk Anda dengan cara yang unik dan pastikan bahwa Anda menyertakan link ke website Anda di bio Anda.

Cara ini sangat efektif untuk mengarahkan traffic ke seluruh saluran misalnya ke website, ke saluran Youtube Anda dan ke daftar email.

2. Mendapatkan Bayaran dari Dana Creator TikTok

Orang-orang bisa menghasilkan uang dari TikTok apabila mereka memiliki setidaknya 10.000 pengikut dan menerima setidaknya 100.000 penanyangan video dalam waktu 30 hari terakhir. Selain itu juga sudah memenhui kualifikasi lain sepeeri sudah berusia 18tahun keatas dan Memiliki akun yang mematuhi Pedoman Komunitas TikTok dan ketentuan layanan.

Untuk penghasilannya sendiri disesuaikan dengan pemilik akun itu sendiri karena sejumlah faktor berpengaruh dalam cara perhitungan dana untuk video di bawah program ini.

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pada perhitungan dana creator ialah penayangan video, keterlibatan video dan juga mematuhi community guidelines and terms of service.

Meskipun penghasilan dengan cara ini tidak terlalu banyak, tapi tak masalah selain menjalani hobi, Anda juga menghasilkan uang bukan?

3. Mencetak Sponsor Melalui Content Post

Menghasilkan uang dari Sponsored Content Post bisa dilakukan jika akun TikTok memiliki ribuan pengikut.

Perusahaan-perusahaan yang ingin mempromosikan merek mereka melalui TikTok Anda akan menghubungi Anda. Bisa dengan cara memberikan produk gratis dan meminta Anda untuk menyebutkan merek mereka di salah satu video Anda. Atau bisa dengan memberikan sejumlah uang untuk biaya jasa.

Atau Anda juga bisa mengajukan kontrak dengan perusahaan untuk sejumlah postingan yang dibuat khusus untuk mempromosikan merek mereka dengan imbalan sejumlah uang yang sudah disepakati sebelumnya.

Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok untuk Pemula

Apabila Anda ingin menjadi influencer yang menghasilkan uang akan lebih baik jika Anda memiliki strategi multi saluran. Maksudnya tidak hanya bergerak di 1 platform saja, melainkan di berbagai platform seperti Youtube, Instagram, dan TikTok

Dengan berada di beberapa platform dapat membantu Anda dikenal lebih luas oleh banyak audiens target dari berbagai media. Dengan begitu Anda akan lebih mudah membangun kepercayaan dengan pengikut yang pada akhirnya dapat mencipatakan lebih banyak peluang untuk menghasilkan penghasilan.

Bagi Anda yang ingin menghasilkan uang dari Tiktok namun masih pemula, mungkin tips ini dapat membantu Anda untuk memulai:

1. Temukan Niche Anda

Langkah awal yang perlu Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari TikTok  adalah dengan berpegang pada satu niche di bandingkan dengan memposting konten random.

Untuk memudahkan Anda menghasilkan uang dari TikTok adalah menentukan niche terlebih dahulu, karena dengan menentukan niche yang tepat ini bisa membantu TikTok Anda berkembang.

Saat menentukan niche pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu dan terlibat ke dalam komunitas tersebut. Misalnya dengan memberikan suka dan komentar pada video yang sama dengan niche Anda.

Dengan begitu Anda memberikan sinyal kepada TikTok jenis konten yang menarik minat Anda. Dengan begitu TikTok akan menyajikan konten-konten serupa kepada Anda. Dan ketika Anda memposting konten yang terkait, maka tiktok akan menampilkan konten Anda kepada audiens yang relevan.

Misalnya saja Anda ahli dibidang pembuatan kerajinan tangan dan Anda ingin menggunakan TikTok untuk mengarahkan audiens target ke toko online Anda. Ikuti TikTokers yang tertarik dengan kerajinan tangan dan terlibat dengan postingan mereka.

Hal ini dapat membantu Anda memberi sinyal kepada TikTok bahwa Anda tertarik dengan kontenh-konten tersebut. Kemudian saat Anda memposting konten kerajinan tangan milik Anda, kemungkinan besarnya konten Anda akan di lihat oleh audiens target yang menyukai kerajinan tangan.

Selain menentukan niche yang tepat, Anda juga harus membangun komunitas dan memposting konten yang relevan, sehingga akan membantu meraih kesuksesan di TikTok.

baca juga: Strategi Promosi Menggunakan Konsep AIDA

2. Ciptakan Profil yang Unik

Langkah kedua adalah dengan membuat profil TikTok lebih unik dari TikTokers lain. Profil adalah kesan pertama yang akan dilihat oleh audiens Anda. Jika Anda memapu menciptakan profil yang unik dengan nama akun yang mudah di ketik dan diingat akan memudahkan audiens target mengingat Anda.

Hal ini penting, karena selain untuk mengumpulkan pengikut, profil yang unik juga dapat meningkatkan brand awareness untuk diri anda dan sponsor.

3. Bangun Personal Branding

Jika Anda memutuskan untuk mencari penghasilan melalui internet, berarti Anda harus memiliki merek yang mengidentifikasi diri Anda. Apabila tujuan Anda bermain TikTok untuk menghasilkan uang, maka membangu merek yang menggambarkan diri Anda akan memudahkan pengguna lain mengenali Anda.

Merek juga berperan penting dalam meningkatkan jumlah pengikut. Karena untuk menghasilkan uang dari TikTok harus memiliki 10.000 hingga 1 juta pengikut.

Seperti aplikasi Instagram dan Youtube, membangun merek di TikTok juga harus menjadikan diri Anda  sebagai peran utama yang memiliki nilai.

4. Buat Konten yang Menarik

Tidak hanya sekedar bagus, tapi video yang dibuat harus sesuai dengan trend niche. Jika Anda tidak menampilkan keunikan pada postingan video, bagaimana audiens target tertarik untuk mengikuti Anda?

Jadi, sebelum membuat postingan TikTok akan lebih baik jika Anda mengamati terlebih dahulu konten-konten seperti apa yang di sukai oleh orang-orang yang berada di niche Anda.

Selain konten yang bagus, Anda juga harus konsisten memposting video-video baru yang dapat menarik minat audiens Anda.

Baca juga: Daftar Aplikasi Untuk Membuat Website Profesional

5. Perbanyak Pengikut

Karena salah satu syarat untuk menghasilkan uang dari tiktok harus memiliki setidaknya 10.000 hingga 1 juta pengikut, maka tugas Anda selajutnya adalah memperbanyak pengikut.

Apabila Anda menyajikan konten-konten yang menarik dan unik, maka orang-orang akan dengan suka rela mengikuti akun Tiktok Anda.

6. Kosisten dengan Content

Saat Anda memutuskan untuk berkarir menjadi influencer marketing di platform apapun, itu artinya Anda harus konsisten memberikan konten-konten yang menarik bagi pengikut.

Apabila Anda konsisten, tidak hanya berguna untuk meningkatkan pengikut tapi juga meningkatkan kepercayaan perusahaan yang ingin bekerjsama.

Nah, itulah cara mendapatkan uang dari tiktok untuk pemula yang sudah jasa seo Toprank tulis, semoga dapat memabntu Anda dalam belajar.

Published On: Agustus 5th, 2022 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!