Mudah dan Cepat, Begini Cara Test Ping Koneksi Internet Anda

Dedi

Mudah dan Cepat, Begini Cara Test Ping Koneksi Internet Anda

Salah satu cara untuk mengetahui cara test ping koneksi Internet Anda adalah dengan menggunakan google. Anda bisa mengecek apakah koneksi internet anda saat ini stabil atau tidak dengan melakukan test ping ke Google. Tapi apakah Anda mengerti tentang apa itu test ping serta cara melakukannya? Berikut ini kami jasa digital marketing agency Toprank akan memberikan solusinya untuk Anda.

Apa itu Test Ping?

Ketika anda terkoneksi dengan suatu jaringan internet, pastinya anda pernah merasakan jika koneksi anda terasa lambat dan tidak responsif, sebelum anda komplain ke ISP anda, anda juga ternyata bisa melakukan pengecekan secara mandiri. Dalam sebuah koneksi internet ada tiga unsur utama yang dijadikan tolak ukur kecepatan dan kestabilan koneksi internet anda, yaitu upload, download serta ping.

Upload merupakan sebuah proses pengiriman data dari jaringan ke server, sedangkan untuk download adalah kebalikannya, yaitu proses penerimaan data dari server ke perangkat atau jaringan anda. Mungkin untuk kedua istilah tersebut anda sudah cukup familiar karena sering digunakan dalam keseharian kita, akan tetapi ternyata ada unsur lain yang cukup penting yang disebut dengan Ping.

Ping sendiri merupakan suatu alat untuk mengukur responsivitas dan reaksi server, proses ini dilakukan dengan pengiriman dan penerimaan sebuah informasi yang dilakukan secara dua arah antara server dan client, ukuran seberapa cepat waktu reaksi yang didapat dari proses ping inilah yang disebut sebagai latency. Semakin singkat waktu latency yang dibutuhkan untuk mendapatkan reaksi dari server, maka itu tandanya semakin cepat dan responsif juga sebuah jaringan koneksi internet. Untuk ukuran Ping atau latency sendiri, biasanya menggunakan satuan ms atau milliseconds.

Baca juga: Mengenal Peran Seorang Influencer Marketing

Fungsi dari Test Ping

Fungsi ping sendiri adalah untuk menakar latency dan kestabilan koneksi suatu jaringan dari server ke client. Hal ini akan sangat berpengaruh ketika anda sedang melakukan aktivitas yang membutuhkan koneksi internet secara real-time seperti bermain game online. Semakin bagus ping anda, maka responsivitas dalam bermain game akan semakin bagus pula. Hal ini juga berlaku sebaliknya, jika ping buruk, maka pengalaman dalam menjalankan aplikasi akan terasa lambat atau lag.

Ping sendiri dipengaruhi oleh beberapa hal penting, salah satunya adalah kualitas koneksi internet ISP atau Internet Service Provider yang anda gunakan. Semakin bagus kualitas ISP anda, maka dapat dipastikan kualitas koneksi serta ping dan latency jaringan anda akan semakin bagus juga.

Selain kualitas koneksi internet, faktor lokasi geografis juga menjadi penentu ping anda bagus atau tidak. Ketika anda mengakses sebuah aplikasi atau website yang mempunyai server cukup jauh dari tempat anda berada, misalnya di luar negeri maka ping anda pun akan semakin besar dan latency juga menjadi lebih buruk jika dibandingkan saat anda mengakses server yang relatif lebih dekat dari posisi anda sekarang.

Protokol jaringan juga bisa mempengaruhi besar kecilnya latency dan ping yang anda lakukan, berbagai aplikasi yang berhubungan dengan koneksi internet seperti VPN atau Firewall bisa menjadi pengaruh yang cukup signifikan dalam cara test ping koneksi internet dan kestabilan latency pada jaringan anda.

Cara Melakukan Test Ping Ke Google

Jika anda ingin mengetahui berapa besar latency dan kestabilan jaringan anda, anda dapat melakukan test ping ke server Google, hal ini dikarenakan Google merupakan suatu hal yang sangat sering kita pakai sehari – hari sehingga sangat cocok untuk dijadikan objek ping yang akan kita lakukan, untuk tahapannya anda tidak perlu menginstall aplikasi apapun dan anda bisa langsung ikuti cara berikut ini.

1. Klik Start pada Menu Bar Window

Anda bisa klik Start/Logo Windows di pojok kiri bawah desktop

Klik Start

2. Ketikan CMD

Setelah itu ketikkan kata “CMD” Dan Tekan “Enter”

CMD

3. Ketik ping google.com

Setelah Command Prompt Atau CMD Terbuka Anda Tinggal Ketikkan “ping google.com” dan Tekan “Enter”.

Tekan Enter

4. Tunggu Proses Ping

Tunggu Beberapa Saat dan CMD Akan Mulai Menampilkan Hasil Ping Ke Server Google.

Hasil Ping

5. Ketik command “-t”

Proses diatas merupakan cara untuk mengecek kestabilan koneksi anda dalam waktu yang singkat, jika anda ingin mengetahui atau memantau koneksi secara terus – menerus anda perlu menambahkan beberapa scrip berupa command “-t” seperti dibawah ini.

Baca juga: Mengenal Marketplace Terbesar di Indonesia

Command

6. Hasil Test Ping

Dengan begitu, anda dapat melihat kestabilan koneksi anda saat ping ke server Google secara terus-menerus. Jika anda tidak mengerti apa maksud dari istilah yang anda lihat saat melakukan tes ping anda bisa simak penjelasannya dibawah ini.

Ping Server

Ada tiga unsur yang perlu anda ketahui untuk dapat memahami hasil test ping:

Pertama adalah variabel bytes dan time, bytes disini merupakan besaran data yang dikirimkan ke server saat melakukan test ping, dalam test ping diatas besaran data yang dikirim adalah sebesar 32 bytes, sedangkan untuk time sendiri adalah waktu yang dibutuhkan oleh server untuk merespons ping yang anda lakukan, ukuran yang digunakan adalah menggunakan satuan ms atau milliseconds/milidetik.

Kedua adalah keterangan pengiriman data ke server dari test ping yang telah dilakukan, disini anda dapat mengetahui berapa paket data yang terkirim (sent) dan berapa yang diterima (received) , anda juga bisa mengetahui bila ada paket data yang gagal terkirim (lost).

Ketiga adalah gambaran kestabilan atau latency dari test ping jaringan anda ke server. Disini anda bisa melihat seberapa cepat respons server saat anda melakukan tes ping, karena nantinya akan ada keterangan minimum, maximum dan average atau rata – rata.

Itulah cara test ping koneksi internet dengan mudah yang sudah jasa seo tulis, Anda juga bisa melakukan tes ping di smartphone dengan mendownload berbagai aplikasi ping di playstore untuk melihat kestabilan jaringan operator seluler Anda. Hal ini penting, agar kalian tahu kestabilan internet yang sedang digunakan.

Published On: Maret 25th, 2022 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!