Cara Membuat Link Dofollow Pada Blog dengan Benar

Dedi

Cara Membuat Link Dofollow Pada Blog dengan Benar

Cara membuat link dofollow pada blog ini dapat membantu meningkatkan popularitas dan rangking blog Anda di mesin pencari. Link Dofollow adalah link yang diberikan sebagai backlink, memungkinkan robot crawler untuk menjelajahi, merayapi, dan mengindeks link yang Anda sisipkan di situs web orang lain.

Backlink menjadi elemen penting untuk mengoptimalkan performa situs web Anda. Komponen ini memiliki peranan signifikan dalam strategi SEO. Secara sederhana, backlink merujuk pada praktek memberikan link ke situs lain dengan menggunakan teks anchor tertentu. Pemahaman tentang jenis link dofollow/nofollow menjadi kunci dalam membentuk backlink yang berkualitas.

Perbedaan Link Nofollow Link dan Dofollow Link

Nofollow adalah atribut HTML yang memberikan petunjuk kepada mesin pencari, termasuk Google, untuk mengabaikan “nilai SEO” dari link tertentu. Dengan kata lain, menggunakan atribut HTML nofollow membuat Google tidak mengikuti link atau URL yang disematkan.

Atribut nofollow umumnya digunakan untuk mengidentifikasi link yang dianggap kurang menguntungkan. Seperti link dari domain dengan reputasi buruk atau link yang dapat menyebabkan spam, seperti link di kolom komentar.

Sebaliknya, link dofollow memberikan sinyal kepada Google untuk mengikuti dan memperhitungkan link tersebut. Link dofollow biasanya tidak memerlukan konfigurasi tambahan karena secara default Google akan mengikuti semua link yang disematkan dalam artikel atau halaman web.

Link dofollow sering kali ditempatkan di sekitar kata kunci yang ditargetkan, meningkatkan nilai SEO dari konten tersebut. Link dofollow juga dapat digunakan untuk memberikan dukungan SEO yang kuat kepada domain lain.

Anda dapat memeriksa apakah suatu link dofollow atau nofollow dengan melihat atribut di baris kodenya. Berikut adalah contoh penulisan link dofollow:

<a href=”https://www.namawebsite.com/”>Nama Website</a>

Sementara itu, untuk membuat link menjadi nofollow, Anda cukup menambahkan atribut rel=”nofollow”. Berikut adalah contoh cara menuliskan link nofollow:

<a href=”https://www.namawebsite.com/” rel=”nofollow”>Nama Website</a>

Perbedaan antara keduanya terletak pada atribut rel, di mana link dofollow tidak memiliki atribut rel, sementara link nofollow memiliki atribut rel=”nofollow”. Atribut rel=”nofollow” memberitahu Google untuk tidak mengikutinya, tetapi pengunjung masih dapat mengakses situs yang dituju jika link tersebut di klik.

Baca Juga: 10 Cara Optimasi SEO Instagram untuk Meningkatkan Penjualan

Cara Membuat Link Dofollow Pada Blog

Link dofollow memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa mereka harus mengikuti tautan tersebut dan mengalirkan otoritas SEO ke halaman yang ditautkan. Berikut adalah cara membuat link dofollow pada blog:

1. Membuat Guest Post

Guest post, atau yang sering disebut sebagai penulis tamu, telah menjadi hal umum dan akrab bagi para penulis. Ini adalah proses di mana konten dibuat secara gratis untuk situs atau blog milik orang lain. Salah satu metode yang sangat efektif dalam membuat link dofollow.

Dalam pertukaran memberikan link pada blog lain, Anda dapat dengan langsung mengarahkan traffic ke situs Anda sendiri. Jenis link ini sering kali disisipkan dalam bentuk kutipan informasi di dalam artikel, yang juga dikenal sebagai anchor text.

Cara membuat link dofollow pada blog ini sangat diminati oleh pemilik situs web karena memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, baik penulis maupun pemilik blog. Artikel dengan link dofollow cenderung mendapatkan lebih banyak eksposur di berbagai halaman atau situs.

2. Menciptakan Konten Berkualitas

Untuk mendapatkan backlink berkualitas terbaik, Anda dapat mengadopsi cara membuat link dofollow pada blog ini. Dalam pendekatan ini, Anda diharuskan untuk menghasilkan konten yang sejajar dengan kualitas backlink yang diinginkan. Aktivitas ini menjadi krusial karena dapat memberikan kontribusi signifikan pada branding brand secara menyeluruh di mata pembaca.

Sebaliknya, memiliki situs dengan kualitas rendah dan informasi yang tidak bernilai dapat mengakibatkan penilaian negatif. Bahkan, para audiens mungkin kehilangan minat untuk kembali mengunjungi situs web Anda. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kualitas konten agar dapat membangun reputasi yang baik dan mempertahankan minat pengunjung.

3. Membuat Konten Secara Jelas

Cara membuat link dofollow pada blog berikutnya adalah dengan memastikan bahwa konten yang dihasilkan jelas dan informatif. Saat membuat artikel, Anda perlu menjalankan proses ini dengan penuh perhatian, menggunakan beberapa format yang dapat menghasilkan konten yang jelas dan berkualitas.

Pertama-tama, Anda dapat memilih jenis format konten yang memiliki kinerja lebih unggul. Sebagai contoh, Anda dapat memilih infografik, video, kuis, serta beberapa konten berupa tips dan tutorial. Pembuatan artikel dengan format-format tersebut dapat meningkatkan kemungkinan kunjungan dari situs lain ke link artikel Anda.

Secara umum, konten artikel yang berupa panduan atau tutorial cenderung memiliki jumlah kata yang lebih banyak dan bersifat komprehensif. Menggunakan jenis konten ini dapat memberikan hasil yang lebih baik daripada pembuatan artikel yang singkat.

Ketika Anda membuat konten dengan panduan lengkap, artikel tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber referensi. Terutama ketika penulis lain menghasilkan konten dengan topik serupa, mereka kemungkinan besar akan merujuk ke situs web Anda.

Untuk meningkatkan jumlah dan visibilitas artikel, Anda perlu mengumpulkan beberapa referensi. Selain itu, teknik seperti riset keyword yang tepat dan penggunaan pola long tail keyword dapat membantu agar artikel lebih mudah ditemukan oleh orang lain.

4. Membuat Skyscraper Content

Setelah menemukan beberapa konten yang cocok untuk dipublikasikan di situs web Anda. Maka Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya dalam pembuatan dofollow backlink. Dalam proses ini, Anda dapat melakukan penyempurnaan kecil untuk meningkatkan kualitas kontennya. 

Beberapa langkah yang dapat Anda ambil yaitu melibatkan pembaruan isi artikel dengan menyesuaikannya dengan informasi terkini. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan bagian-bagian yang mungkin kurang dalam artikel tersebut.

Dengan menerapkan metode ini, Anda dapat meningkatkan peluang agar artikelnya muncul di halaman pertama hasil pencarian. Tentunya, kesuksesan menggunakan cara pembuatan link dofollow ini dapat diukur dari jumlah pembaca yang signifikan. Bahkan, sebagian orang mungkin akan menganggap artikel Anda sebagai sumber referensi yang berharga.

5. Memberikan Beberapa Tools Secara Gratis

Cara membuat link dofollow pada blog yang terakhir adalah dengan menyediakan beberapa tool secara gratis bagi pengguna. Contoh sederhana dari berbagai tool gratis tersebut mencakup template blog, email marketing, dan masih banyak lagi. Sebelum Anda memilih tools gratis yang akan digunakan, disarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu.

Disarankan untuk memilih beberapa tools yang paling banyak dibutuhkan oleh kalangan pembaca. Dengan menyediakan berbagai tools gratis ini, diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengunjung di blog Anda.

Baca Juga: 10 Cara Optimasi SEO Toko Online dengan Mudah

Cara Menerapkan Link Dofollow Pada Blog

Saat menambahkan link ke dalam konten, secara default link tersebut akan menjadi link dofollow. Untuk cara membuat link dofollow pada blog, ikuti tutorial berikut ini untuk pengguna WordPress:

  1. Langkah pertama adalah menyorot kata/teks yang ingin Anda berikan link dofollow. Setelah itu, arahkan kursor ke atas Gutenberg block editor atau klik ikon link atau tekan CTRL+K.
  2. Salin URL dan tempelkan ke dalam kotak yang muncul.
  3. Untuk pengaturan lengkap, arahkan kursor ke opsi link untuk mendapatkan menu opsi, termasuk penambahan tab baru ketika link diakses.
  4. Pada opsi pengaturan link, klik “Open New Tab” atau “Buka Tab Baru” agar saat di klik, link akan membuka jendela baru.

Kesimpulan

Anda bisa menggunakan cara membuat link dofollow pada blog di atas untuk meningkatkan relevansi situs web Anda. Penerapan link dofollow sangat penting untuk meningkatkan visibilitas situs web. Jika Anda butuh bantuan jasa SEO Jakarta untuk mengoptimasi situs web, Anda bisa menghubungi layanan digital marketing agency Jakarta dari Toprank Indonesia.

Kami adalah layanan SEO Agency terbaik di Indonesia yang dapat membantu situs web Anda mendapatkan ranking tertinggi di mesin pencari. Kami terdiri dari tim yang ahli dan profesional dalam melakukan optimasi SEO. Anda bisa konsultasi kepada kami untuk bertanya SEO dan cara kerjanya, kami akan melayani Anda dengan sepenuh hati setiap saat.

Published On: November 27th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!