Cara Membuat Logo Perusahaan dengan Mudah

Dedi

Cara Membuat Logo Perusahaan dengan Mudah

Logo merupakan salah satu identitas yang cukup penting untuk sebuah bisnis dan perusahaan. Logo mencerminkan sebuah brand yang representasi dari gambaran sebuah perusahaan secara umum. Dengan logo, setiap bisnis akan lebih mudah dikenal oleh banyak orang karena menjadi merek tersendiri. Dalam cara membuat logo perusahaan sendiri tidak boleh sembarangan, harus dilakukan dengan detail dan teliti berdasarkan nilai dan ciri perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan agar bisa mendapatkan value yang baik, karena dilakukan melalui proses yang komprehensif agar logo tersebut bisa bersaing dengan logo lainnya. Berikut ini jasa seo Toprank akan memberikan tutorialnya kepada Anda.

Cara Membuat Logo Perusahaan dengan Benar

1. Masukkan Tagline Brand Ke Dalam Logo

Ketika anda merancang sebuah logo, ada baiknya menyematkan tagline brand anda dalam logo tersebut. Hal ini berfungsi untuk menunjukkan karakteristik dan visi sebuah brand, karena dengan menggunakan tagline orang yang melihat akan menjadi paham bagaimana identitas brand dan karakteristik yang dimiliki. Tagline yang digunakan juga harus simpel, padat dan jelas. Jika tagline terlalu berbelit – belit, hal ini akan merusak kesan dari logo brand anda, sehingga akan berdampak negatif pada image brand anda.

Baca juga: Apa itu Reseller? Cara Menjadi Reseller Sukses

2. Satukan Tagline dengan Image Logo Brand

Penyatuan tagline dengan image logo akan memberikan kesan yang senada dengan identitas perusahaan, gambar yang digunakan pun harus merupakan sebuah gambar yang mudah diingat dan dikenali agar nantinya konsumen dapat mengingat logo brand anda dengan mudah di benak mereka. Keselarasan kedua unsur tersebut akan dapat membuat sebuah logo brand menjadi terlihat kohesif dan menarik.

3. Gunakan Kombinasi Warna Yang Menarik

Perpaduan warna yang digunakan ketika mendesain logo juga harus diperhatikan. Hal ini karena tiap – tiap warna memiliki kesan yang berbeda – beda, sehingga pesan visual yang didapatkan dari konsumen ketika melihat logo brand tersebut akan selaras dengan identitasnya. Contohnya pada penggunaan warna cerah, seperti merah atau kuning untuk produk brand makanan atau minuman. Hal ini akan memberikan kesan menyenangkan dan membuat orang tertarik untuk membelinya.

4. Gunakan Teknik Desain Visual Double Entendre

Teknik ini adalah sebuah teknik pembuatan desain sebuah gambar yang memiliki dua makna sekaligus. Penggunaan teknik ini akan membuat logo tersebut terkesan unik dan artistik sehingga seorang konsumen akan mudah mengingat logo brand yang anda miliki, selain itu anda juga bisa menyisipkan nama brand pada logo dengan teknik ini sehingga tidak perlu lagi menggunakan teks terpisah. Hal ini secara tidak langsung akan membuat logo brand anda terlihat profesional dan cerdas.

5. Pakai Font Custom Untuk Logo Anda

Pemilihan font dalam cara membuat logo perusahaan merupakan salah satu hal penting, karena akan diasosiasikan dengan brand anda ketika logo tersebut dilihat oleh seorang konsumen. Maka dari itu, sebaiknya mendesain sebuah logo dengan menggunakan font custom agar nantinya logo terlihat unik dan berbeda jika dibandingkan dengan logo brand lainnya yang menggunakan stock font umum digunakan oleh banyak orang.

6. Buat Sebuah Logo Dengan Desain Simpel

Logo yang simpel juga akan menambahkan kesan profesional kepada orang yang melihatnya. Logo tersebut akan menjadi mudah diingat, sehingga brand anda akan selalu terlintas di benak seseorang. Logo yang simpel juga akan lebih mudah digunakan di berbagai produk ataupun media manapun, sehingga logo tersebut akan lebih fleksibel untuk diaplikasikan di berbagai background dan situasi. Pada logo yang terlalu kompleks akan membuat konsumen bingung, karena cenderung lebih mudah dilupakan.

7. Buat Logo yang Mempunyai Makna Lebih

Sebuah logo yang bagus sarat akan makna, hal ini karena selaras dengan karakteristik brand anda. Suatu logo yang memiliki makna tersirat akan memantik imajinasi dan sisi emosional dari seorang konsumen yang melihatnya. Hal ini juga akan memberikan ketertarikan secara emosional dari hati seseorang yang melihat logo tersebut. Sehingga logo brand yang anda miliki akan memberikan kesan mendalam bagi seseorang.

8. Rancang Logo Agar Lebih Mudah Dikenal

Logo yang memiliki karakteristik tinggi biasanya akan lebih mudah dikenal. Hal ini karena keunikan dan bahasa desainnya sangat mudah dikenali oleh banyak orang. Setiap logo yang mudah dikenali akan menjadikan logo tersebut memiliki brand identity yang kuat, sehingga brand anda akan semakin mudah di ketahui untuk menarik hati calon konsumen. Maka dari itu, usahakan merancang logo sebaik mungkin dari awal. Hal ini agar nantinya hasil dari logo tersebut bisa digunakan secara terus menerus.

Baca juga: Cara Menaikkan Follower Instagram Dengan Mudah

9. Pastikan Logo Bisa Ditaruh Di Berbagai Media

Hal yang sebenarnya penting tapi seringkali terlewatkan dan diabaikan ketika mendesain sebuah logo brand adalah apakah logo tersebut memiliki pengaplikasian yang bagus di berbagai media? Baik itu media digital seperti posting media sosial ataupun iklan, media cetak konvensional seperti banner atau poster baliho, dan lain-lain hingga media – media lain seperti merchandise baju, tumbler atau tas.

10. Bisa Sebagai Brand Awareness untuk Bisnis

Aspek dalam cara membuat logo perusahaan yang satu ini sangatlah penting karena dari berbagai media tersebut, maka logo itu akan memperkuat brand awareness suatu produk yang nantinya akan membuat sebuah brand jadi banyak dikenali oleh khalayak umum. Jika sebuah brand sudah sangat dikenali maka akan menjadi yang pertama kali terlintas didalam benak konsumen ketika nama sektor industri produk anda disebut.

Nah, demikianlah artikel dari digital marketing agency mengenai cara membuat logo perusahaan, semoga dapat bermanfaat.

Published On: April 7th, 2022 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!