Cara Membuat Page Number di Blog dengan Mudah

admin

Cara Membuat Page Number di Blog dengan Mudah

Seorang blogger harus tahu bagaimana cara membuat page number di blog yang benar. Blog adalah sebuah website yang berisi tulisan. Website ini selalu digunakan oleh orang – orang untuk berbagai hal, seperti membagi informasi atau melakukan pemasaran dalam bentuk teks.

Jika Anda adalah seorang blogger yang suka membagi informasi penting dan melakukan pemasaran lewat artikel, tentu harus melakukan manajemen website agar disukai pembaca dan menambah jumlah pengunjung.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk manajemen blog agar terlihat lebih menarik adalah dengan mempelajari cara membuat page number di blog. Sehingga Anda bisa menambahkan nomor halaman seolah pengunjung sedang membaca buku di website secara online.

Jika Anda belum pernah belajar bagaimana cara membuatnya dan apa saja manfaatnya, Anda harus mempelajarinya melalui penjelasan berikut ini. Simak penjelasan berikut ini.

Cara Membuat Page Number di Blog

Setidaknya terdapat 2 cara yang dapat digunakan untuk membuat halaman di blog, yaitu cara manual dan otomatis. Anda bisa mempelajari keduanya dan memahami sendiri mana yang lebih baik digunakan.

1. Edit HTML Secara Manual

Mayoritas blogger atau orang yang bekerja di bidang jasa SEO lebih memilih menggunakan cara manual yaitu dengan edit tag HTML. Anda juga bisa melakukannya dengan mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Login ke akun blogger
  • Klik tema di sebelah kiri, kemudian klik edit html
  • Find atau gunakan ctrl + F kode ></b:skin> lalu ketik CSS di atasnya
  • Cari kode </body> menggunakan ctrl + F
  • Tuliskan kode javascript di atas kode </body>
  • Berikan instruksi nomor halaman sesuai kebutuhan
  • Klik save template setelah memberikan instruksi
  • Pilih setting atau pengaturan, atur jumlah maksimal posting
  • Klik save settings

Jika Anda ingin menggunakan cara membuat page number di blog manual tersebut, pastikan juga sudah memahami jumlah maksimal posting dalam 1 halaman sebanyak 4 posting. Saat menyimpan pengaturan, samakan jumlah maksimal posting dengan ketentuan itu.

Jika menggunakan cara manual, Anda harus melakukan perubahan pada pengaturan beberapa kali jika ada numbering yang kurang sesuai. Namun keunggulannya adalah Anda tidak perlu menggunakan bantuan aplikasi atau tools pihak ketiga.

Baca juga: Contoh Situs Web yang Wajib Kamu Ketahui

2. Membuat Page Number di Blog Memakai WP Pagenavi

Jika tidak ingin repot menggunakan cara manual, Anda juga bisa menggunakan WP Pagenavi. Caranya sangat mudah dengan mengikuti langkah – langkah berikut ini.

  • Install WP Pagenavi
  • Aktifkan plugin melalui setting atau pengaturan
  • Cari file index.php dan archive.php menggunakan fitur search
  • Tambahkan tag previous posts link dan next posts link
  • Jika sudah, pilih menu plugin dan editor
  • Pilih menu WP Pagenavi, lalu lakukan perubahan pengaturan nomor halaman pada CSS sesuai keinginan
  • Klik save setting jika sudah selesai melakukan perubahan

Dengan WP Pagenavi, Anda bisa leluasa melakukan pengaturan nomor halaman dan tidak akan kehilangan hasil pengaturan tersebut meskipun sedang update plugin. Cara install tools WP Pagenavi adalah dengan mengunduh filenya dulu di internet.

3. Membuat Page Number Memakai WP Paginate

Selain WP Pagenavi, ada juga tools bernama WP Paginate untuk membuat page number di blog. Berikut cara membuat page number di blog menggunakan WP Paginate.

  • Unduh WP Paginate
  • Install WP Paginate dan ikuti panduannya sampai selesai
  • Aktifkan plugin melalui setting
  • Cari file index.php dan archive.php setelah install selesai
  • Lakukan editing pada CSS sesuai nomor halaman yang dibutuhkan
  • Ubah tampilan page number melalui custom CSS
  • Klik save jika sudah melakukan perubahan

Sebenarnya cara membuat nomor halaman secara otomatis di blog sangat mudah dilakukan. Baik menggunakan WP Pagenavi atau WP Paginate, keduanya memiliki cara yang mirip. Itu sebabnya Anda bisa bebas memilih antara menggunakan WP Pagenavi atau WP Paginate.

Segera praktekkan jika Anda sudah banyak belajar bagaimana cara memberikan halaman pada sebuah blog. Dengan mempraktekkannya, Anda akan mendapat sejumlah manfaat dari memberikan page number di website.

Manfaat Membuat Page Number di Blog

Memberikan page number merupakan salah satu cara untuk manajemen blog agar lebih rapi. Namun, selain itu ada beberapa manfaat lainnya yang harus Anda ketahui seperti berikut ini.

1. Memberi Nomor Halaman

Berdasarkan namanya, Anda pasti tahu bahwa manfaat utama memberikan page number pada blog adalah untuk memberikan nomor halaman. Website dapat diibaratkan seperti kertas berisi banyak tulisan, meskipun hanya dapat diakses secara online menggunakan perangkat.

Jika tidak ada nomor halamannya pasti hal ini akan membuat pembaca merasa bingung dan kurang nyaman. Sebuah buku sudah seharusnya memiliki nomor halaman untuk mengetahui sudah sejauh mana orang membacanya, sama halnya dengan nomor pada website.

Baca juga: Cara Membuat Blog Responsive untuk Pemula

2. Memudahkan Penyusunan Daftar Isi

Bagi orang yang bekerja di jasa SEO, adanya page number dapat memudahkan penyusunan daftar isi. Bahkan website sebaiknya memiliki daftar isi untuk menarik perhatian para pengunjung. Daftar isi membantu pengunjung tahu apa saja isi dari website tersebut.

Daftar isi untuk website sebaiknya tidak dibuat manual, karena akan terlihat tidak rapi. Hal ini sama dengan penyusunan daftar isi di Microsoft word. Penyusunan daftar isi secara manual hanya akan membuatnya tidak rapi, bahkan bisa memakan waktu lebih lama dari cara otomatis.

3. Membuat Page Number Dapat Memudahkan Pencarian

Bagi pengunjung, manfaatnya adalah memudahkan pencarian terhadap judul – judul tertentu. Melakukan cara membuat page number di blog tidak harus hanya demi keuntungan blogger, namun juga harus memberi kemudahan pengunjung atau mencari informasi dengan leluasa.

Apalagi keuntungan yang didapatkan oleh pengunjung pasti akan menjadi keuntungan bagi blogger. Jika pengunjung merasa dimudahkan dalam mencari informasi di website Anda, maka pengunjung akan semakin senang berkunjung di blog Anda kapan saja membutuhkan informasi.

4. Mempercepat Reload

Page number juga berfungsi menyederhanakan website, sehingga tulisan dalam 1 halaman pasti tidak begitu banyak. Dengan begitu jasa website sederhana juga dapat mempercepat reload saat pengunjung membutuhkannya. Misalnya jika website eror atau perangkat mengalami lag.

Manfaat ini juga memberikan keuntungan bagi blogger. Karena reload dari blogger juga akan semakin cepat jika website sudah dibagi menjadi beberapa halaman. Misalnya Anda membutuhkan maintenance atau edit website. Pasti reload dapat dilakukan dengan lebih cepat.

5. Memiliki Nilai Plus

Manfaat lainnya adalah memiliki nilai plus terutama dari sudut pandang SEO. Banyak ahli SEO dan digital marketing agency Jakarta yang mengatakan bahwa page number membuat sebuah website terlihat sederhana dan pembaca jadi tidak lelah.

Sehingga dapat dipahami bahwa kualitas artikel SEO dalam blog tidak hanya dilihat dari isinya, namun juga dari cara manajemen agar blog terlihat lebih rapi. Memiliki nilai plus dari sudut pandang SEO memberi keuntungan berupa traffic yang semakin meningkat untuk blogger.

Tidak heran jika banyak blogger yang menggunakan page number untuk websitenya. Anda bisa merasakan sendiri beberapa manfaat tersebut setelah mempraktekkan cara membuat page number di blog.

Published On: Agustus 14th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!