Cara Membuat Situs Web untuk Google Adsense yang Benar

admin

Cara Membuat Situs Web untuk Google Adsense yang Benar

Pemilik web harus tahu, ada cara membuat situs web untuk Google Adsense untuk menaikkan traffic ke situs Anda. Dulu membuat situs atau juga blog pribadi lebih ke tambahan atau kepuasan saja, lain halnya dengan sekarang ketika digitalisasi sudah meluas.

Pemilik situs tidak bisa begitu saja membuat lalu membiarkannya tanpa memperhatikan traffic ke situsnya. Apalagi jika pengelola adalah karyawan di perusahaan, tentu setiap harinya ada target kunjungan yang bisa membantu khalayak mengenal situs lebih jauh.

Mengenal Terlebih Dahulu Seputar Google Adsense

Sebelum lebih jauh ke arah cara membuat situs web untuk Google Adsense, lebih dulu mari bahas apa yang dimaksud dengan Google Adsense. Ini merupakan layanan iklan dari Google yang terbuka untuk situs jenis apa saja sehingga semuanya berkesempatan bekerja sama.

Setiap situs memiliki peluang untuk menyematkan iklan dalam situs dan mendapatkan keuntungan berupa uang dari iklan tersebut. Namun, sekalipun layanan periklanan ini dibuka secara umum untuk seluruh pemilik situs. Namun ada syarat dan ketentuan harus dipenuhi.

Untuk menerapkan cara membuat situs web secara tepat, perlu adanya monetisasi dari Google langsung. Proses monetisasi ini berhubungan dengan desain yang menarik, konten berkualitas, berikut traffic para pengunjung ke situs.

Setiap negara memiliki syarat dan ketentuan berbeda, sehingga di mana Anda menjalankan situs maka di situ aturan yang harus dipatuhi. Jadi, sebelum mempersiapkan semuanya, pastikan terlebih dahulu periksa aturan dan syarat ketentuan untuk website di Indonesia.

Baca juga: Contoh Situs Web yang Wajib Kamu Ketahui

Cara Membuat Situs Web untuk Google Adsense

Sudah memahami detail mengenai program periklanan dari perusahaan raksasa digital. Sekarang mari masuk ke berbagai cara mudah membuat situs web untuk Google Adsense secara tepat yang akan kami rangkum dalam langkah-langkah berikut:

1. Membuat Situs Web dengan Membeli Domain dan Hosting

Untuk pembelian domain dan hosting ini bisa melalui berbagai platform terkenal, salah satunya melalui WordPress. WordPress selain menyediakan layanan blogging secara gratis, juga memiliki pilihan berbagai jenis paket dengan harga bervariasi.

Salah satunya ada paket pelajar yang bisa digunakan oleh para pemula di bidang blogging. Saat membuat akun, Anda akan diminta membuat username dan password, pastikan diingat keduanya dengan baik untuk memastikan nanti bisa masuk ke situs dengan mudah.

2. Install Website

Untuk cara membuat situs web untuk Google Adsense selanjutnya adalah menginstall website pada perangkat komputer. Untuk proses instalasi ini bisa mengikuti berbagai langkah di bawah ini:

  • Gunakan akun hosting untuk login ke cPanel
  • Pilih softaculous
  • Klik WordPress atau lainnya, sesuai dengan pilihan Anda
  • Tunggu sejenak sampai sistem membawa ke proses instalasi
  • Gunakan dan pilih format antara kedua ini, https:// atau http:// dan pastikan juga Anda menghindari penggunaan WWW
  • Ada database pada kotak instalasi, kosongkan saja
  • Rangkai username dan password agar bisa masuk ke program periklanan
  • Tentukan default tema yang ingin digunakan
  • Input email instalasi
  • Pilih Instal
  • Tunggu sampai prosesnya selesai

Sebelas cara di atas harus dilakukan secara berurutan. Sudah selesai dengan cara kedua, sekarang Anda harus melanjutkan ke tahapan berikutnya. Kami akan menjelaskannya secara rinci di bawah ini.

3. Cara Membuat Situs Web dengan Install Tema yang High CTR

Sudah selesai melalui cara membuat website profesional untuk Google Adsense dengan menginstal website, sekarang mari masuk ke proses instal tema high CTR. Sampai langkah kedua tadi, artinya situs sudah jadi.

Tinggal selanjutnya ketikkan https://webkamu.com/wp-admin. Setelah masuk ke situsnya, sekarang Anda dapat mengubah tema melalui langkah-langkah berikut:

  • Klik appearance
  • Pilih dan klik tema
  • Klik menu tambah baru yang biasanya berlokasi di samping kiri atas
  • Silakan unggah tema dengan klik tombol Unggah
  • Pilih temanya
  • Klik upload

Sekarang tema pada halaman situs sudah diubah sesuai pengaturan yang dilakukan. Jangan lupa untuk melakukan konfigurasi agar tampilannya sesuai dengan spek situsnya.

Baca juga: Benarkah Situs Deep Web Indonesia Berisi Produk Ilegal?

4. Tambahkan Plug In

Selanjutnya menambahkan plug in sebagai salah satu cara membuat situs web untuk Google Adsense yang tepat. Instalasi plug ini ini berguna untuk mengoptimasi situs secara maksimal dan dalam pemilihannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Instalasi plug in merupakan sebuah pilihan, artinya sekalipun dirasa tidak perlu maka hal tersebut boleh saja dilewatkan. Namun, sebelum itu pastikan dulu bahwa Anda sudah mencari tahu sedetail mungkin terkait peran penting plug in apa saja.

5. Cara Membuat Situs Web untuk Google dengan Membuat Halaman Website Lengkap

Layanan periklanan dari Google memang terbuka luas, namun seleksinya juga sangat ketat. Pastikan semua bagian dan halaman pada situs terisi lengkap, sepanjang dan sependek apapun isinya, asalkan jangan dibiarkan kosong.

Sebagai referensi, beberapa hal yang harus ada pada situs adalah Beranda, Kontak, Tentang, Disclaimer, Privacy, serta Menu dan kategori. Pengisian berbagai bagian tersebut bisa saja menggunakan digital marketing agency Jakarta, namun harus tetap tahu langkah-langkahnya.

6. Posting Artikel

Poin keenam adalah memposting artikel untuk dijadikan konten secara berkelanjutan. Artikel yang diposting harus memenuhi berbagai standar agar memiliki kualitas terbaik. Ketika posting artikel, Anda juga bisa mempertimbangkan waktunya agar trafiknya naik.

Biasanya jika sudah beberapa kali posting dapat terlihat kapan waktu akses terbanyak dan oleh siapa. Misal, waktu akses paling sering di jam 3 sore oleh pengguna internet berjenis kelamin laki-laki dengan rentang usia 16 sampai 24 tahun.

7. Daftarkan ke Google Adsense

Terakhir, daftarkan websitenya ke Google Adsense, ikuti berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika sudah melakukan pendaftaran maka cara membuat situs web untuk Google Adsense selanjutnya adalah menunggu keputusan apakah diterima atau tidak.

Selesai dengan ketujuh langkah di atas, sekarang jika permohonan diterima maka akan ada beberapa penawaran iklan ke situs. Jika tidak, coba periksa dimana letak kekurangannya lalu perbaiki agar bisa diterima untuk penyematan iklan.

Cara Mendaftarkan Situs ke Program Periklanan

Setelah pembuatan situsnya selesai, selanjutnya harus mendaftarkan situsnya ke Google Adsense. Untuk mempermudah proses pendaftaran, pastikan Anda memenuhi kelima langkah di bawah ini:

  1. Pastikan beberapa hal wajib sudah terpenuhi dalam situs, diantaranya traffic bagus, Indeks situs minimal 10, backlinknya bagus, minimal kecepatan skor situs mencapai 70, dan akun media sosial untuk situsnya sudah lengkap.
  2. Pastikan selain fokus pada konten, Anda juga sudah mempersiapkan email dari Gmail yang aktif.
  3. Jika sudah, silakan daftar ke Google Adsense. Sebagai informasi, Anda bisa menaikkan kualitas konten dengan Jasa SEO profesional atau mengisi konten sendiri.
  4. Pasang skrip iklan dan tunggu jawaban dari Google.

Empat langkah di atas bisa sangat mudah, bisa juga sangat sulit jika sejak awal kriteria situs yang baik diabaikan. Daripada macet di tengah-tengah pengajuan, ada baiknya untuk memperhatikan detail situs yang di approve oleh Google sejak awal.

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana caranya mendaftarkan situs untuk menerima program periklanan. Tinggal dipraktikkan dengan seksama berbagai cara membuat situs web untuk Google Adsense tersebut agar mendapatkan approve dari pemilik program periklanannya.

Published On: Agustus 14th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!