5 Cara Membuat Website Toko Online dengan Mudah

toprank fadhil

Cara Membuat Website Toko Online

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis secara online, menggunakan jasa pembuatan website profesional untuk membuat situs toko online adalah pilihan yang tepat. Di mana dengan membuat situs untuk toko online, para audiens Anda akan dapat menelusuri semua produk yang Anda tawarkan pada mereka. Untuk itu, dalam membantu Anda membuat website toko online dengan mudah, dalam artikel ini kami akan memaparkan beberapa cara membuat website toko online.

Cara Membuat Website Toko Online

Berikut ini beberapa cara membuat website toko online dengan mudah yang telah kami rangkum:

Baca juga: Perbedaan Blog dan Website yang Sebenarnya

1. Memilih Hosting dan Domain

Memilih Hosting dan Domain

 

Cara pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat website toko online adalah dengan memilih hosting dan juga domain yang tepat. Dimana hosting sendiri merupakan tempat untuk menyimpan berbagai data situs dan juga berkontribusi untuk menampilkan situs Anda di hasil penelusuran internet.

Sedangkan domain merupakan alamat dari situs itu sendiri. Di mana domain ini nantinya akan menjadi identitas atau alamat yang akan di ingat oleh audiens Anda untuk mengunjungi situs Anda. Oleh sebab itu, penting dalam memilih domain yang sederhana dan mudah diingat. Karena jika domain Anda terlalu rumit, hal itu akan membuat situs Anda sulit untuk dikunjungi atau bahkan di temukan oleh para audiens Anda.

Untuk memilih domain dan hosting untuk sekolah sendiri Anda perlu mencari di penyedia jasa hosting dan domain yang sudah terpercaya. Di mana mereka umumnya mampu menyediakan hosting dan domain yang berkualitas. Dengan hosting dan domain yang berkualitas, situs website Anda juga semakin berkualitas dan nyaman untuk dikunjungi.

2. Install CMS

Cara Membuat Website Toko Online dengan Mudah

Cara membuat website toko online berikutnya adalah menginstall CMS. Pada dasarnya CMS sendiri ada banyak jenis. Mulai dari Blogspot, Joomla, Drupal, WordPress dan masih banyak lagi. Namun, dari sekian banyaknya CMS saat ini, WordPress adalah CMS yang terpopuler dan banyak digunakan hingga saat ini.

Selain karena banyaknya fitur menarik, di WordPress Anda juga dapat melakukan pengaturan berbagai bagian website mulai dari tema, menu, hingga halaman dengan mudah. Walaupun perlu diakui dari segi keramahan pengguna Blogspot jauh lebih baik, namun WordPress menawarkan paket lengkap untuk membuat website yang bukan hanya menarik namun tampak profesional.

DI dalam WordPress, Anda bahkan mengunduh berbagai tema dengan gratis. Di mana tema-tema ini nanti akan menjadi salah satu penentu apakah website Anda akan menarik atau tidak. Tidak hanya itu, di dalam WordPress Anda juga bisa mengunduh berbagai plugin yang dapat membantu menambahkan fitur-fitur khusus dalam website. Oleh sebab itu membuat website toko online melalui WordPress merupakan langkah yang bijak, sebab WordPress mampu memberikan fitur-fitur khusus yang diperlukan untuk membuat website toko online.

3. Sesuaikan Website

Cara Membuat Website Toko Online dengan Mudah

Setelah selesai menginstall CMS untuk situs web toko online Anda, langkah berikutnya adalah menyesuaikan  tampilan dan berbagai fitur dalam situs sesuai dengan apa yang Anda butuhkan dan Anda harapkan. Di mana hal ini penting dilakukan guna memastikan situs toko online yang akan Anda buat tampil menarik dan juga profesional.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan beberapa plugin khusus guna membuat Anda makin fungsional untuk toko online. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memilih tema yang dirasa cocok untuk toko online dan menggantinya untuk situs Anda. Dengan begini, Anda akan dapat membuat situs toko online yang menarik sehingga dapat membuat pengunjung betah berlama-lama di dalam situs web Anda.

Baca juga: Cara Membuat Website Sekolah Profesional dengan Mudah

4. Pakai Plugin WooCommerce

Cara Membuat Website Toko Online dengan Mudah

Bagi Anda yang belum pernah membuat situs web untuk toko online, mungkin Anda baru pertama kali mendengar plugin satu ini. Di mana plugin ini adalah plugin yang sangat populer digunakan oleh berbagai situs toko online karena sangat fungsional. Di mana dengan menggunakan plugin ini Anda dapat melakukan pencarian produk dengan lebih mudah yang mana hal ini penting khususnya bagi Anda yang akan menawarkan produk dalam jumlah yang banyak.

Selain itu, menggunakan plugin WooCommerce Anda juga dapat mengatur metode pembayaran untuk membeli produk di dalam situs toko online Anda. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menambahkan fitur cart dalam situs yang mana hal itu akan membuat website Anda tampak lebih profesional dan menarik layaknya marketplace.

Hal terbaik yang perlu Anda tahu dari plugin WooCommerce ini adalah ia dapat di install gratis tanpa membayar uang sepeserpun. Sehingga plugin ini merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang memiliki budget terbatas dalam membuat website toko online.

5. Mulai Mengisi Konten Produk

Cara Membuat Website Toko Online dengan Mudah

Setelah mendownload plugin WooCommerce Anda bisa masuk ke tahap pengisian konten produk. Di mana dalam tahap ini Anda hanya perlu mengisi semua produk yang ingin Anda tawarkan kepada pelanggan Anda di katalog produk. Anda juga perlu menambahkan deskripsi untuk setiap produk tersebut guna membuat audiens paham mengenai detail dari produk tersebut.

Untuk menambahkan konten produk melalui WooCommerce sendiri langkahnya cukup sederhana. Di mana Anda dapat mulai menekan menu product yang ada di sidebar kiri Anda. Setelah itu masukkan judul dan deskripsi yang menarik untuk produk yang akan Anda jual. Namun perlu diingat bahwa judul yang menarik tidak harus click bait atau bahkan menipu.

Bila sudah selesai Anda perlu menambahkan kategori untuk setiap produk yang akan Anda tawarkan. Jangan sampai produk Anda tidak memiliki kategori sebab hal ini akan menyusahkan konsumen Anda manakala mencari produk yang mereka inginkan. Bilamana Anda belum memiliki kategori produk yang sesuai, Anda dapat menambahkannya dengan memilih +Add New Category. Anda juga dapat menampilkan jumlah stok yang Anda miliki saat ini dengan memberi ceklis pada bagian Enable stock.

6. Atur Halaman ProdukCara Membuat Website Toko Online dengan Mudah

Langkah terakhir untuk membuat website toko online Anda tampil menarik adalah dengan mengatur halaman produk dengan rapi. Hal ini penting sebab halaman produk yang ditata kurang rapi dapat membuat konsumen cenderung enggan membeli produk pada Anda. Namun,

Selain itu, dengan mengatur halaman produk dengan lebih rapi, situs toko online Anda pun akan tampil lebih profesional dan menarik. Tidak hanya itu, situs yang terlihat rapih juga akan membuat audiens betah berlama-lama di situs web. Di mana hal ini akan meningkatkan kemungkinan terjadinya pembelian produk melalui website Anda.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara membuat website toko online yang dapat Anda coba terapkan. Dengan mengikuti cara-cara yang sudah kami rangkum di atas, Anda akan dapat membuat website toko online dengan lebih mudah dan terstruktur.

Namun, jika Anda masih merasa kesulitan dalam membuat website toko online yang menarik Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website Toprank. Kami sendiri adalah digital marketing agency profesional yang sudah berpengalaman dalam menangani berbagai pembuatan dan optimasi website selama bertahun-tahun. Jadi jangan ragu untuk menggunakan jasa kami untuk membuat website toko online yang menarik dan juga tampak profesional.

Published On: April 4th, 2024 / Categories: Website /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!