Dalam strategi digital marketing terutama Search Engine Marketing (SEM), anda tentu akan sering mendengar kata PPC. Salah satu teknik umum yang digunakan dalam Search Engine Marketing. Akan tetapi tahukah anda apa sebenarnya PPC itu sendiri dan kegunaannya? anda bisa simak penjelasannya dibawah.

Penjelasan Pay Per Click (PPC)

PPC atau kepanjangannya adalah Pay Per Click, Merupakan sebuah teknik digital marketing yang tercakup dalam suatu strategi yang disebut Search Engine Marketing atau yang umum kita sebut SEM. PPC sendiri berfungsi untuk memperbanyak traffic website atau khususnya halaman produk dan jasa tertentu dan juga bertujuan meningkatkan konversi dari trafik produk atau jasa anda.

PPC menggunakan sebuah kampanye iklan, dimana metode ini memungkinkan anda sebagai pebisnis yang ingin mengiklankan produk atau jasa menggunakan internet secara mudah. Metode ini mempunyai sistem, dimana anda hanya perlu membayar biaya iklan ketika ada seorang pengguna yang mengklik iklan anda, sehingga pengguna tersebut akan dirujuk ke situs web produk atau jasa yang anda iklankan.

Strategi digital marketing yang menerapkan PPC merupakan salah satu aspek yang efektif. Jika anda menggunakan PPC, anda dapat dengan mudah menjangkau target market yang anda inginkan, hal ini bertolak belakang dengan penerapan SEO yang lebih cenderung fokus terhadap optimasi konten dan website anda dan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibanding Pay Per Click.

Manfaat Pay Per Click (PPC)

1. Waktu Yang Lebih Singkat Dalam Membuahkan Hasil

Ketika anda menggunakan iklan PPC untuk memasarkan produk atau jasa anda melalui internet, maka nanti iklan anda bisa langsung ditampilkan hanya dengan waktu yang relatif singkat. Hal ini memungkinkan anda dapat sekaligus melakukan strategi digital marketing lainya dalam satu waktu sekaligus agar nantinya strategi digital marketing anda dapat berjalan lebih efisien dan maksimal.

2. Jangkauan Target Audiens Iklan Lebih Terspesifik

Penggunaan metode Pay Per Click menentukan target market atau audiens secara detail dan sespesifik. Anda bisa menentukan target pengguna yang diinginkan sesuka hati, sehingga nantinya kampanye iklan yang anda lakukan akan lebih tepat sasaran dan menjadikan iklan relevan dengan apa yang dicari pengguna. Hal ini tentunya sangat penting untuk menjangkau calon customer yang ada di internet, dengan begitu PPC anda dapat menjumpai calon konsumen yang loyal.

3. Anggarannya Dapat Disesuaikan Sesuai Kebutuhan

Kampanye iklan melalui PPC membuat anda dapat menentukan sendiri berapa lama iklan tersebut tampil. Lalu platform apa saja yang akan anda gunakan sebagai platform PPC serta jenis iklan yang akan anda gunakan. Hal ini tentunya akan berdampak pada budget iklan anda, dengan ppc anda bisa dengan mudah menyesuaikan kebutuhan kampanye iklan dengan budget yang anda sudah rencanakan sebelumnya.

Platform atau Tempat untuk Beriklan PPC

1. Google Ads

Salah satu platform penyedia layanan PPC ini merupakan search engine yang mempunyai basis pengguna paling besar di dunia sekitar 90% lebih pengguna internet di seluruh dunia hampir dipastikan terbiasa menggunakan google. Hal ini lah yang membuat google menjadi salah satu penyedia layanan PPC yang paling populer saat ini, jika anda mengiklankan bisnis anda melalui google ads maka iklan anda bisa menjangkau ribuan bahkan jutaan orang sekaligus.

2. Facebook Ads

Sebagai salah satu sosial media yang populer di indonesia saat ini, potensi untuk mengiklankan produk dan jasa anda melalui PPC Facebook Ads pun sangat tinggi, Anda dapat dengan mudah memasarkan produk atau jasa anda melalui platform yang memiliki lebih dari 140 juta orang indonesia sebagai penggunanya. Sehingga bisnis yang anda iklankan melalui facebook ads akan sangatlah memungkinkan untuk meningkatkan penjualan dan pengembangan bisnis anda.

3. Instagram Ads

Platform yang satu ini adalah salah satu platform yang satu atap dengan facebook, akan tetapi penggunaanya sebagai penyedia PPC sangatlah potensial. Bagaimana tidak? di indonesia sendiri terdapat kurang lebih sekitar 91 juta pengguna instagram. Instagram ads sangat cocok untuk anda yang menargetkan pasar dengan demografi dari kalangan anak muda, karena hampir sekitar 34 juta pengguna adalah kelompok usia 18-24 tahun. Untuk penggunaannya sendiri hampir sama dengan facebook ads.

Jenis – Jenis Pay Per Click (PPC)

Selain anda harus mengetahui platform yang menyediakan Pay Per Click, anda juga harus tau jenis – jenis iklan PPC yang nanti akan anda gunakan, hal ini harus ditentukan sesuai dengan kebutuhan, anggaran dan jenis produk atau jasa anda agar nantinya kampanye PPC yang anda lakukan dapat berjalan secara efektif. Adapun jenis – jenis kampanye PPC adalah sebagai berikut :

1. Search Ads

Jenis PPC yang satu ini adalah iklan ppc yang muncul ketika anda sedang melakukan pencarian suatu keyword atau kata kunci dalam sebuah search engine. Ketika anda menggunakan PPC, iklan produk atau jasa anda akan tampil dalam SERP atau Search Engine Result Page dengan ditandai ikon “ads” atau “iklan”

2. Apps Ads

Iklan PPC jenis ini biasanya muncul setiap anda menggunakan suatu aplikasi yang ada di smartphone atau tablet anda. Iklan – iklan PPC ini biasanya ada di berbagai jenis aplikasi, dari mulai aplikasi chatting, media sosial, games dan aplikasi lainnya yang ada di smartphone anda.

3. Display Ads

PPC jenis ini biasanya menggunakan media tampilan sebagai alat iklannya, tampilan ini pun bisa mencakup teks atau gambar yang berhubungan dengan visual pengguna. Dengan menggunakan PPC ini anda bisa menarik perhatian mata pengguna sehingga nantinya mereka tertarik untuk mengklik iklan anda dan mengunjungi website produk atau jasa yang anda iklankan.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam PPC

1. Perbagus Landing Page

Ketika pengguna mengklik iklan PPC anda, nantinya pengguna akan dibawa ke produk anda, nantinya pengguna akan lihat landing page, sehingga landing page harus menarik agar pengguna tidak berpaling meninggalkan produk anda. Jika landing page sudah bagus, maka pengguna cenderung lebih nyaman dalam mengunjungi website anda dan meningkatnya potensi mereka untuk membeli.

2. Penggunaan Keyword PPC

Ketika memutuskan menggunakan iklan PPC, anda harus sudah tau keyword PPC apa yang  akan digunakan, Tujuan Keyword ini adalah agar dapat menjangkau orang – orang yang sedang membutuhkan informasi yang berhubungan dengan bisnis anda. Keyword PPC ini juga dibutuhkan riset yang mendalam tepat sasaran. Jangan lupa untuk menggunakan keyword yang relevan dengan bisnis anda.

3. Buatlah Konten yang Menarik

Copy yang dimaksud adalah iklan yang menarik pengguna, sehingga membuat mereka ingin membeli produk. Copywriting yang bagus, gambar produk yang menarik, hingga kalimat yang persuasif. Anda juga harus bisa memastikan pengguna mengklik iklan anda dan bukan ke kompetitor. Semakin bagus iklan, maka semakin banyak pula yang tertarik untuk mengklik iklan tersebut.

Meskipun PPC salah satu metode yang terbilang cukup efektif dalam menjangkau target pasar dan calon konsumen, akan tetapi hal ini tentunya bukan satu – satunya cara yang bisa anda gunakan. Terlebih baik lagi jika anda membarengi metode PPC dengan jenis – jenis strategi digital marketing lainnya. Agar jangkauan iklan menjadi lebih luas dan brand awareness pengguna terhadap bisnis anda pun semakin meningkat.

Published On: March 2nd, 2022 / Categories: Tips Digital /