8 Plugin Mobile WordPress Terbaik untuk Situs Web

Dedi

8 Plugin Mobile WordPress Terbaik untuk Situs Web

Anda dapat menggunakan Plugin Mobile WordPress untuk mengoptimalkan tampilan dan kinerja situs web WordPress Anda pada perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Plugin Mobile WordPress dapat membantu mengubah tampilan situs web Anda menjadi lebih responsif dan cepat di perangkat mobile.

Hal ini akan membantu meningkatkan pengalaman pengguna pada perangkat mobile dan meningkatkan tingkat pengunjung yang kembali kembali ke situs web Anda. Saat ini pengguna perangkat mobile sangat tinggi, oleh karena itu menampilkan website yang mobile friendly adalah cara terbaik untuk menjangkau mereka.

Inilah 8 Plugin Mobile WordPress Terbaik

Plugin Mobile WordPress adalah sebuah program tambahan atau software yang dapat diinstal pada situs web WordPress. Plugin mobile WordPress dirancang agar situs web lebih mudah diakses melalui perangkat seluler seperti ponsel atau tablet.

Fungsinya adalah untuk mengoptimalkan tampilan antarmuka situs web agar lebih cocok di layar perangkat seluler dengan ukuran layar yang lebih kecil. Selain itu juga dapat mempercepat kecepatan loading halaman, dan memperkuat fungsionalitas situs web pada perangkat seluler. Beberapa contoh plugin mobile WordPress populer antara lain:

1. WP Touch

WPTouch adalah Plugin Mobile WordPress yang sangat populer, dirancang untuk membuat website Anda lebih ramah mobile. Dengan bantuan plugin ini, Anda dapat meningkatkan tampilan mobile website tanpa mengganggu tampilan desktop.

Selain itu, WPTouch juga membantu memastikan bahwa versi mobile website Anda memenuhi standar Google Mobile Test, yang dapat membantu meningkatkan peringkat SEO Anda. Plugin WPTouch tersedia dalam dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar.

Jika Anda hanya membutuhkan fitur dasar untuk membuat website mobile friendly, versi gratisnya sudah mencukupi. Namun, jika Anda menginginkan lebih banyak kontrol, versi premium WPTouch memungkinkan Anda untuk mengatur opsi caching, mengganti font, dan mendapatkan support dari developer.

Baca Juga: Apa itu Homepage dan Peran Pentingnya dalam Web

2. Jetpack by WordPress

Plugin mobile WordPress selanjutnya yang mungkin sudah dikenal banyak orang adalah Jetpack. Jetpack adalah plugin All-In-One yang menawarkan berbagai fitur, termasuk keamanan dan integrasi media sosial untuk platform WordPress. Namun, yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang adalah bahwa Jetpack juga menyediakan tema yang ramah mobile untuk situs web WordPress Anda.

Anda dapat dengan mudah mengatur tampilan mobile situs web Anda melalui menu pengaturan yang disediakan oleh Jetpack. Plugin ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan aspek-aspek seperti tata letak, menu.

Dan juga ukuran gambar untuk pengalaman pengguna yang lebih baik di perangkat seluler. Yang lebih baik lagi, Jetpack tersedia secara gratis bagi semua pengguna WordPress. Anda dapat memiliki website yang mobile friendly dengan menggunakan plugin ini.

3. AMP for WP

AMP untuk WP adalah plugin WordPress yang memungkinkan situs web Anda untuk dimuat secara instan pada perangkat mobile yang mendukung Accelerated Mobile Pages (AMP). Accelerated Mobile Pages adalah proyek Google untuk membuat konten web menjadi lebih cepat dan lebih ringan pada perangkat seluler.

Dengan menggunakan plugin AMP untuk WP, Anda dapat mengoptimalkan halaman situs web Anda. Sehingga dapat dimuat lebih cepat pada perangkat seluler, meningkatkan waktu kunjungan pengguna dan peningkatan peringkat mesin pencari.

Plugin ini menyediakan fitur-fitur seperti desain responsif, mendukung Google AdSense dan Google Analytics, dan lainnya. Anda dapat menggunakan plugin ini jika Anda ingin situs web Anda cepat saat di akses di perangkat mobile.

4. WP Mobile Menu

Seringkali kita temui website versi mobile dengan tampilan yang indah dan responsif, tetapi menu yang sulit diakses. Dan supaya situs web anda tetap responsive dan menu mudah diakses. Maka WP Mobile Menu adalah plugin yang sangat cocok jika Anda ingin meningkatkan tampilan menu di versi mobile website Anda.

Masalah menu yang berantakan di website versi mobile dapat menyulitkan pengunjung dan bahkan mengurangi kemungkinan mereka untuk berinteraksi atau bertransaksi di situs Anda. WP Mobile Menu hadir sebagai solusi yang efektif.

Dengan WP Mobile Menu, Anda dapat dengan mudah mengkustomisasi menu di website Anda tanpa mengganggu desain asli. Anda dapat membuat menu dengan efek slide yang halus, ikon yang besar dan mudah dikenali, teks menu yang jelas, serta tombol yang mudah ditemukan. Dengan cara ini, pengunjung Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menavigasi situs Anda dan dapat dengan mudah menemukan menu yang mereka cari.

Baca Juga: Inilah 10 Plugin Wajib WordPress untuk SEO

5. WordPress Mobile Pack

WordPress Mobile Pack adalah Plugin Mobile WordPress yang memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan situs WordPress-nya menjadi lebih responsif dan ramah pengguna untuk perangkat mobile.

Plugin ini menyediakan tiga pilihan tampilan yang berbeda untuk perangkat mobile dan juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan situs mereka melalui WYSIWYG editor. Selain itu, WordPress Mobile Pack juga dapat mengoptimalkan konten situs untuk kecepatan loading dan kinerja yang lebih baik pada perangkat mobile.

Plugin ini dirancang untuk membantu para pengguna WordPress dalam memberikan pengalaman pengguna yang lebih optimal untuk audiens mobile mereka.

6. Max Mega Menu

Salah satu plugin WordPress yang sangat relevan untuk menciptakan situs yang ramah mobile adalah Max Mega Menu. Fitur utamanya adalah kemampuannya untuk mengubah menu situs web menjadi mega menu.

Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah menampilkan semua pilihan halaman situs web Anda dalam bentuk submenu yang lebih besar. Plugin ini sangat berguna terutama bagi pemilik toko online atau portal berita online yang memiliki banyak pilihan menu yang perlu ditampilkan.

Dengan Max Mega Menu, ketika pengunjung mengarahkan kursor mereka ke sebuah produk, mereka juga akan dapat melihat submenu yang tersedia. Kelebihan lain dari plugin ini adalah kemudahan penggunaannya berkat fitur drag and drop.

Anda tidak perlu menjadi seorang ahli dalam pemrograman untuk menggunakan plugin ini. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan berbagai widget seperti peta, ikon media sosial, kalender, formulir kontak, dan gambar ke dalam mega menu Anda.

Max Mega Menu hadir dalam dua versi, yaitu versi gratis dan versi premium. Anda dapat menggunakan versi premium dengan biaya tahunan sebesar 23 Dolar Amerika. Dengan versi premium, Anda akan mendapatkan lebih banyak fitur. Serta dukungan yang lebih baik untuk membantu Anda membuat situs web yang lebih menarik dan mudah digunakan bagi pengunjung yang menggunakan perangkat mobile.

7. AppPresser

AppPresser adalah sebuah plugin yang dirancang khusus untuk mengubah situs web Anda menjadi aplikasi smartphone yang sebenarnya. Ini merupakan solusi yang sangat berguna bagi Anda yang ingin memiliki versi mobile dari situs web Anda, baik untuk platform Android maupun Apple.

Namun, penting untuk diingat bahwa AppPresser lebih cocok digunakan oleh developer berpengalaman. Pengguna awam mungkin mengalami kesulitan dalam memahami pengoperasiannya.

Dalam hal biaya, AppPresser terlihat lebih mahal dibandingkan dengan beberapa plugin WordPress mobile-friendly lainnya. Paket termurah tersedia dengan harga $19 per bulan, yang mencakup app builder, dukungan selama satu tahun, dan satu tema.

Sementara itu, paket termahal seharga $49 per bulan memberikan lebih banyak fitur. Ini termasuk layanan geolocation, kemampuan berbagi konten sosial, dan integrasi iklan AdMob Ads.

8. Any Mobile Theme Switcher

Dengan plugin Any Mobile Theme Switcher, Anda memiliki kemampuan untuk mengaktifkan dua tema yang berbeda untuk perangkat yang berbeda. Ini memungkinkan Anda untuk memilih tema WordPress khusus untuk versi desktop. Sementara untuk versi mobile, Anda dapat memilih tema yang lebih cepat dan responsif.

Plugin ini sangat berguna jika tema WordPress yang Anda gunakan untuk versi desktop tidak cocok atau tidak cukup cepat untuk versi mobile. Dengan Any Mobile Theme Switcher, Anda dapat dengan mudah mengganti tema untuk versi mobile tanpa mengganggu tema asli yang digunakan untuk versi desktop.

Kesimpulan

Memiliki situs web versi mobile yang responsif dan mudah digunakan sangatlah penting.  Terutama mengingat jumlah pengguna internet yang semakin besar yang menggunakan perangkat mobile untuk browsing dan mengakses informasi.

Nah, untuk membuat website Anda lebih mobile friendly, Anda bisa menggunakan salah satu plugin yang telah dijelaskan diatas. Atau jika Anda kesulitan dalam menginstall Plugin Mobile WordPress, Anda bisa meminta bantuan SEO Agency Toprank.

Kami adalah salah satu jasa SEO terbaik dan terpercaya di Jakarta, Indonesia. Kami tidak hanya membuat konten website Anda mendapatkan rangking tinggi di hasil pencarian. Tapi juga mengoptimalkan website Anda supaya cepat dan mobile friendly.

Apabila Anda butuh bantuan jasa SEO untuk mengoptimasi website Anda, jangan ragu untuk menghubungi digital marketing agency Jakarta Toprank Indonesia. Kami sangat senang dapat membantu mengoptimasi website Anda sehingga menghasilkan traffic potensial dan konversi yang menguntungkan!

Published On: November 9th, 2023 / Categories: Website /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!