Semrush Adalah? Pengertian dan Manfaatnya

Dedi

semrush

Tahukah Anda bahwa saat ini ada banyak tools yang digunakan digital marketer ataupun penyedia jasa SEO untuk memaksimalkan dan atau mempermudah tugas mereka. Namun, dari sekian banyaknya tools saat ini Semrush adalah salah satu tools paling banyak digunakan dan digemari oleh banyak digital marketer. Berikut ini kami akan memaparkan definisi dari Semrush hingga manfaat yang dapat Anda rasakan ketika menggunakannya.

Apa Itu Semrush?

Pada dasarnya Semrush adalah salah satu tools paling populer di dalam dunia digital marketing yang mampu melakukan berbagai kegiatan yang dibutuhkan oleh seorang digital marketer, seperti keyword research, SEO Audit, dan masih banyak lagi. Selain karena berbagai fungsi menarik yang pastinya akan membantu tugas para digital marketer, Semrush juga memiliki jumlah database besar yang mencakup lebih dari 46 juta domain dan 120 juta kata kunci.

Semrush sendiri umumnya digunakan untuk melakukan optimasi atau audit pada strategi SEO, SEM ataupun strategi digital marketing lainnya. Sebagai contoh, Semrush mampu menghitung jumlah pay-per-click (PPC) yang masuk ke suatu website atau halaman. Selain itu, Semrush juga mampu melakukan keyword research secara detail, di mana Anda akan mampu menemukan berbagai kategori kata kunci baik yang bersifat short-tail hingga long-tail keyword. Tidak hanya itu, tools ini juga mampu membantu Anda mengetahui data-data terkait dengan organic search domains, paid search, backlink hingga iklan (ads).

Baca Juga: Perbedaan SEO dan SEM yang Harus Anda Ketahui

Fitur-Fitur Semrush

Untuk mengetahui lebih detail mengenai fitur-fitur Semrush, berikut kami akan paparkan beberapa fitur yang cukup menarik dari Semrush.

1. Keyword Research

Di dalam Semrush, Anda akan menemukan berbagai fitur untuk melakukan keyword research, mulai dari keyword overview yang memungkinkan Anda untuk bisa mengetahui berbagai data organik dan iklan dari sebuah keyword, seperti search volume, CPC, tingkat kompetisi dan masih banyak lagi. Selain itu, dalam tools ini Anda bisa menggunakan fitur organic research yang mampu mengetahui berbagai macam data keyword yang digunakan oleh kompetitor. Ada juga fitur lain seperti keyword magic tool yang akan membantu Anda untuk men generate ribuan kombinasi dari satu seed keyword.

Tidak hanya itu, di Semrush juga ada fitur organic traffic insight dan juga keyword gap. Di mana organic traffic insight akan membantu Anda untuk mengetahui data cross-reference guna mencari tahu performa organic search website yang ingin Anda audit. Sedangkan fitur keyword gap mampu membantu untuk mengetahui perbedaan penggunaan keyword antara suatu website dengan website lain.

2. Technical SEO

Tidak hanya dari segi keyword, Semrush juga dapat berguna untuk melakukan kegiatan seputar technical SEO. Di mana Anda akan bisa menggunakan fitur side audit yang mampu membantu mendapatkan berbagai data terkait dengan website yang di audit mulai dari masalah yang terjadi hingga solusi yang diterapkannya. Selain itu, ada juga fitur On page SEO checker yang mampu memberikan daftar-daftar data SEO yang mampu membantu menaikan ranking suatu halaman website.

Tidak hanya itu, ada juga fitur log file analyzer yang dapat membantu digital marketer untuk bisa menganalisis access log dan melihat cara crawler Google berinteraksi dengan website yang diteliti. Dengan berbagai fitur yang ada di Semrush untuk kegiatan Technical SEO, hal ini pastinya akan membantu para digital marketer khususnya yang bekerja dalam ranah SEO untuk dapat menghasilkan hasil yang maksimal.

3. Competitor Analysis

Fitur lain yang dapat Anda temukan di Semrush adalah competitor analysis yang dapat membantu untuk menganalisa berbagai poin penting milik kompetitor. Sebagai contoh, ada fitur organic research untuk mengetahui search ranking organik dari berbagai halaman yang dimiliki oleh kompetitor.

Selain itu, ada juga fitur backlink analytics dan backlink gap, di mana backlink analytics akan membantu untuk bisa melihat berbagai macam backlink yang dimiliki dan digunakan oleh kompetitor. Sedangkan untuk backlink gap sendiri akan membantu untuk bisa melihat website-website yang menjadi backlink bagi halaman kompetitor namun tidak dengan halaman yang di audit.

4. Rank Tracking

Selain dapat melihat keyword, backlink dan technical SEO, Semrush juga mampu membantu untuk mengetahui keyword dan domain mana saja yang mungkin saja menjadi kanibal atau saling serang satu sama lain pada website yang di audit. Selain itu, tentunya tools ini juga memungkinkan penggunanya untuk bisa melacak perubahan ranking suatu halaman secara rutin, di mana data yang diberikan akan di update setiap hari. Tidak hanya itu, ada juga fitur ranks yang memungkinkan pengguna Semrush untuk meriset domain dengan tingkat pengunjung organik dan tingkat paid keyword terbanyak.

Baca Juga: Manfaat SEM untuk Bisnis yang Harus Anda Tahu

Manfaat Semrush

Setelah mengetahui pengertian dan juga fitur-fitur dari Semrush, kini saatnya Anda mengetahui apa saja manfaat dari Semrush

1. Mengetahui Kinerja Website

Manfaat Semrush yang pertama adalah mengetahui kinerja website. Di mana Anda bisa mengetahui berapa banyak traffic baik itu secara organik maupun yang berbayar. Selain itu, tools yang satu ini juga dapat sangat bermanfaat untuk memastikan apakah website Anda sedang memiliki masalah atau tidak. Di mana jika ada masaah dalam website, Semrush akan dapat mengidentifikasikannya dan juga memberikan solusi yang dapat Anda terapkan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Dengan mengetahui kinerja website secara umum, hal ini akan sangat berguna bagi Anda yang memiliki strategi campaign ataupun SEO yang sedang dijalankan. Di mana dengan mengetahui kinerja website maka hal itu akan membantu Anda untuk mengoptimalkan berbagai strategi SEO yang mungkin kurang bekerja maksimal. Selain itu, Anda juga bisa memastikan bahwa setiap bagian dari strategi SEO yang ingin kerjakan akan selalu berada di jalur yang tepat.

2. Mendapatkan Keyword yang Tepat

Manfaat kedua dari menggunakan Semrush adalah mendapatkan keyword yang tepat. Di mana Anda bisa memperoleh berbagai keyword yang memiliki potensi paling menguntungkan untuk Anda gunakan. Hal ini bukan hanya dapat membuat konten Anda menjadi lebih terarah dan lebih jelas, melainkan juga akan membantu dari sudut pandang paid campaign untuk dapat menargetkan audiens yang paling relevan untuk produk atau layanan yang mereka tawarkan.

Selain itu, Semrush juga dapat membantu Anda untuk mengetahui tingkat kompetisi yang dimiliki oleh keyword tertentu. Di mana hal ini akan sangat berguna bagi pengguna Semrush untuk mengetahui bagaimana mereka harus bertindak untuk dapat bersaing dengan keyword yang memiliki tingkat kompetisi yang tinggi.

Sebagai contoh, bila Anda adalah seorang pengguna Semrush yang menemukan keyword dengan persaingan rendah, maka untuk bisa bersaing dan memenangkan keyword tersebut, mungkin Anda tidak perlu mengeluarkan banyak usaha. Namun, berbeda dengan keyword yang memiliki persaingan rendah, keyword dengan persaingan tinggi memiliki kemungkinan menang yang kecil, karena banyak persaingan untuk merebutkan keyword tersebut. Untuk itu, dalam upaya memenangkan keyword dengan persaingan tinggi, Anda mungkin perlu upaya lebih dan riset mendalam mengenai berbagai keunggulan kompetitif Anda.

3. Membandingkan Performa Website

Manfaat ketiga dari penggunaan Semrush adalah membandingkan performa website dengan para kompetitornya. Di mana seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa Semrush memungkinkan Anda untuk bisa mengetahui berbagai data terkait dengan website atau halaman milik kompetitor atau perusahaan lain.

Hal ini akan sangat membantu Anda untuk mengetahui kelemahan dari setiap halaman atau website kompetitor Anda. Dan, dengan mengetahui kelemahan tersebut Anda dapat dengan mudah menentukan cara paling tepat agar bisa unggul dibandingkan para kompetitor.

Penutup

Itulah tadi beberapa informasi mengenai Semrush yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya Semrush adalah alat yang sangat efektif dan berguna untuk membantu Anda memenangkan persaingan bisnis yang sangat ketat dalam industri digital marketing. Dengan berbagai fitur menarik yang ada di dalamnya, tidak heran ia bisa menjadi salah satu tools paling populer saat ini.

Jika Anda tertarik untuk memaksimalkan strategi digital marketing bisnis Anda namun terkendala dengan sistem operasional dari Semrush, Anda dapat menggunakan jasa digital marketing agency Toprank. Toprank sendiri merupakan salah satu top agency profesional yang berfokus untuk menawarkan jasa SEO ataupun strategi digital marketing lainnya. Jika Anda tertarik menggunakan jasa kami, segera hubungi kami sekarang juga!

Published On: Maret 7th, 2024 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!