10 Template Email Marketing Terbaik untuk Bisnis Anda

Dedi

template email marketing

Template email marketing merupakan alat yang dapat disesuaikan dan diedit sesuai kebutuhan Anda. Dengan menggunakan template, Anda tidak perlu membuat email dari awal untuk setiap kampanye yang berbeda. Tentu saja ini bisa meningkatkan efisiensi serta menghemat waktu.

Ini memudahkan Anda dalam menjalankan kampanye email marketing. Karena cukup dengan memilih desain yang sesuai dengan preferensi Anda. Lalu sesuaikan pesan dan tautan sesuai kebutuhan kampanye promosi, sambil tetap mempertahankan gambar yang konsisten.

Template Email Marketing

Email marketing adalah strategi jangka panjang yang dapat memberikan keuntungan signifikan bagi bisnis atau merek Anda. Terutama ketika Anda menyadari banyaknya keunggulan yang dimilikinya. Jika Anda sedang mencari template email marketing yang sesuai untuk bisnis Anda, pertimbangkanlah beberapa rekomendasi berikut ini:

1. Omnisend

Salah satu email marketing tools yang sangat bermanfaat dalam pembuatan template email marketing adalah Omnisend. Alat ini bahkan menyediakan versi gratis yang memungkinkan Anda mengakses beragam template email marketing tanpa biaya tambahan, yang sangat cocok untuk membantu bisnis skala kecil hingga menengah.

Template email marketing ini dirancang untuk menghemat waktu dan dapat disesuaikan agar Anda dapat meningkatkan penjualan. Omnisend menawarkan user interface (UI) drag-n-drop untuk email dengan berbagai fitur menarik. Mulai dari landing pages dan pop-up yang dapat membantu memperluas basis pelanggan.

Selain menggunakan template yang sudah tersedia, Anda juga dapat merancang email Anda sendiri menggunakan editor layout. Kedua opsi ini dapat Anda manfaatkan untuk membuat template yang dapat disimpan dan digunakan dalam kampanye email marketing selanjutnya.

Baca Juga: Kelebihan Email Marketing Dibandingkan Strategi Lainnya

2. Tidio Email Marketing

Jika Anda mencari template email marketing yang powerfull, Tidio adalah pilihan yang tepat. Ini adalah pilihan populer di kalangan pemilik toko online karena menyediakan layanan pelanggan seperti live chat, chatbots, dan email marketing. Dengan Tidio, Anda dapat menghubungkan semua ini untuk hasil yang optimal.

Tidio menyajikan lebih dari 250 template email marketing, termasuk:

  1. Newsletter
  2. Welcome email
  3. Email diskon
  4. Newsletter Natal
  5. Black Friday email

Anda dapat dengan mudah menyesuaikan template sesuai keinginan dengan menggunakan drag-n-drop template builder dan editor yang intuitif. Semua template yang disediakan responsif, memastikan tampilan yang baik di semua perangkat.

Jika diperlukan, Tidio juga memungkinkan personalisasi dengan menambahkan elemen seperti menyapa pelanggan dengan nama mereka. Properti kontak dapat digunakan untuk membuat konten email marketing yang dinamis.

3. Sendinblue

Masih merasa ragu dalam memilih template email marketing? Sendinblue menyediakan lebih dari 60 template yang sepenuhnya responsif. Pengguna dapat memilih antara layanan gratis atau berbayar sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.

Dengan Sendinblue, Anda dapat membuat email yang menarik tanpa perlu keahlian dalam CSS atau HTML. Cukup pilih template yang diinginkan dan gunakan alat drag-and-drop untuk menyusun elemen-elemen yang akan ditambahkan ke dalam email Anda.

4. Zoho Campaign

Zoho adalah platform CRM (Platform Customer Relationship Management) yang juga menyediakan solusi untuk berbagai kebutuhan bisnis. Zoho Marketing menawarkan beragam alat untuk penjualan, pemasaran, manajemen tim, dan keuangan. Selain itu, Zoho juga menyediakan layanan template email marketing dan kampanye yang sudah disiapkan sebelumnya.

Zoho memiliki beragam desain email yang dapat Anda pilih, termasuk lebih dari 190 template yang tersedia. Email-email ini dikategorikan dalam beberapa jenis, antara lain:

  1. Email ulang tahun
  2. Email Bisnis
  3. Email Natal
  4. Email liburan
  5. Thank you email
  6. Welcome email
  7. Email hadiah
  8. Email tahun baru

Yang menarik, Anda dapat menggunakan layanan Zoho Campaign secara gratis, meskipun dengan keterbatasan jumlah email dan pelanggan. Namun, untuk menikmati fitur seperti A/B testing, Anda dapat memilih layanan berbayar dengan harga yang terjangkau.

5. Litmus

Litmus adalah layanan email marketing yang menyediakan berbagai alat untuk membuat dan mengelola kampanye. Anda dapat mengakses dan mengedit lebih dari 30 template menggunakan Litmus builder. Ketika mengakses perpustakaan template, Anda dapat memilih salah satu dari opsi berikut:

  1. Email undangan acara
  2. Email kupon penjualan
  3. Email newsletter
  4. Email pemberitahuan produk
  5. Email postingan blog terbaru
  6. Personal note email
  7. Email stationery

Selain itu, tersedia juga template email tambahan untuk e-commerce dan manajemen akun. Dengan akun Litmus Plus, Anda dapat mengintegrasikan Litmus dengan Mailchimp atau Campaign Monitor.

6. Zurb Email Template

Meskipun Zurb bukanlah layanan email marketing, melainkan sebuah perusahaan desain produk, mereka menyediakan email template HTML yang responsif. Meski tampak sederhana, template ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membuat akun atau menginput alamat email.

Beberapa jenis template email marketing HTML yang tersedia meliputi basic, sidebar hero, dan newsletter. Namun, disayangkan bahwa pengguna Zurb harus berurusan dengan kode jika ingin melakukan kustomisasi pada template tersebut.

Jika Anda mencari template email untuk keperluan pemasaran, mungkin sebaiknya mempertimbangkan opsi template lain.

7. EmailOctopus

Meskipun tidak begitu terkenal, EmailOctopus menawarkan berbagai pilihan template email marketing yang menarik. Anda dapat menggunakannya secara gratis, dan template-template tersebut telah dirancang responsif untuk perangkat mobile.

Meski penerima email membuka kampanye email marketing Anda melalui smartphone. Namun template tersebut akan tetap menampilkan tampilan yang baik, seolah-olah mereka membuka email dari komputer atau laptop.

Terdapat 11 template unik yang dapat memenuhi kebutuhan desain email dasar. Jadi, Anda dapat dengan cepat membuat email marketing menggunakan template tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Email Marketing untuk Menarik Pelanggan

8. Mailchimp

Mailchimp sangat populer sebagai salah satu alat email dan pemasaran terbaik di dunia. Mailchimp juga menyediakan berbagai template email yang dapat dipilih oleh pengguna berdasarkan layout dan fungsi.

Template email di Mailchimp dibagi ke dalam beberapa kategori tema, seperti e-commerce, acara, newsletter, unggulan, notifikasi, fotografi, dan stationary. Mailchimp juga merekomendasikan jenis email yang berbeda untuk tujuan tertentu, seperti penjualan produk atau pengumuman.

Namun, penting untuk diingat bahwa akses ke template email marketing di Mailchimp hanya tersedia setelah melakukan upgrade akun. Oleh karena itu, pastikan Anda telah memilih rencana yang memungkinkan penggunaan template sesuai kebutuhan pemasaran email Anda.

9. Campaign Monitor

Campaign Monitor merupakan sumber yang sangat baik untuk mendapatkan template email yang responsif di berbagai perangkat, dan yang lebih baik lagi, template tersebut tersedia secara gratis. Pengguna dapat memilih dari lebih dari 50 template yang tersedia.

Anda akan menemukan template email marketing untuk segala kebutuhan bisnis, mulai dari email pengumuman, newsletter, hingga welcome email. Template yang Anda pilih dapat digunakan untuk berbagai jenis email dan mudah untuk dimodifikasi. Dengan begitu, proses membuat email yang menarik akan menjadi lebih efisien.

10. Campaigner

Campaigner dapat memenuhi kebutuhan Anda dalam mendapatkan template yang sangat luas. Di platform ini, terdapat lebih dari 900 template email marketing dengan berbagai fitur yang akan membuat kampanye email Anda berbeda dari pesaing.

Salah satu fitur unggulan dari Campaigner adalah email tak terbatas per bulan, tergantung pada layanan yang Anda pilih. Selain desain yang responsif, Campaigner juga menyediakan A/B testing yang lebih canggih, pelaporan, integrasi API. Dan berbagai fitur lain yang tentunya akan membantu pengirim email melacak dan memantau kampanye mereka.

Nah itulah 10 template email marketing yang bisa Anda pertimbangkan. Jika Anda ingin memasarkan produk atau layanan Anda melalui digital marketing, maka digital marketing agency dari Toprang bisa menjadi pilihan. Dengan menjalankan digital marketing yang tepat untuk bisnis Anda, maka akan lebih mudah menjangkau audiens target dan meningkatkan penjualan.

Toprank Indonesia menyediakan layanan digital marketing seperti SEO agency, jasa Google Ads, jasa Social Media Marketing, jasa Design Web dan lainnya. Setiap strategi dari layanan ini dapat disesuaikan dengan bisnis Anda sehingga dapat meningkatkan pelanggan, konversi dan penjualan.

Jika Anda ingin menggunakan jasa SEO Jakarta maupun layanan digital lainnya yang kami tawarkan, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap memberikan layanan dan pelayanan terbaik untuk bisnis Anda!

Published On: Februari 20th, 2024 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!