Tools SEO YouTube untuk Tingkatkan Viewers

admin

SEO YouTube

Youtube merupakan sebuah platform Video Sharing yang menjadi bagian dari dari layanan Google. Dalam situs Youtube anda bisa menonton dan membagikan video secara gratis kapanpun. Bila kita lihat YouTube memiliki sekitar kurang lebih 2 miliar pengguna aktif tiap bulannya, bisa anda bayangkan betapa banyaknya pencarian yang dilakukan oleh pengguna YouTube setiap harinya.

Meskipun Youtube digunakan layaknya social media, ternyata Youtube merupakan salah satu mesin pencarian terbesar di dunia. Pengunjung dapat mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian di YouTube, sehingga pengguna bisa mencari video yang mereka inginkan dengan cepat. Oleh karena itu, hal ini membuat search engine YouTube memiliki kemiripan dengan search engine lainnya.

Untuk menerapkan SEO YouTube, anda terlebih dahulu harus mengetahui beberapa tools SEO  YouTube yang bisa anda gunakan untuk mendongkrak views channel atau video – video Youtube anda. Simak daftar tools – tools SEO YouTube yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan viewers tersebut dibawah ini.

SEO Tools YouTube untuk Tingkatkan Viewers

1. Google Trends

Tools yang bisa anda gunakan yaitu google trend, Anda bisa menggunakan Google Trends untuk mencari topik – topik video yang sedang ramai dicari. Anda bisa menentukan keywords atau topic yang ingin dicari hanya dengan memilih kategori “YouTube Search”, lalu anda akan dengan mudah mendapatkan informasi mengenai berapa banyak volume pencarian YouTube terkait topik tersebut.

2. Rapidtags

Tags merupakan suatu hal yang cukup penting bagi sebuah video YouTube, meskipun tidak dilihat oleh para penonton, akan tetapi tags berguna untuk memberikan info pada YouTube terkait isi video yang anda upload. Tags menjadi salah satu faktor penting dalam algoritma pencarian YouTube. Anda bisa gunakan RapidTags untuk menghasilkan tag – tag yang sesuai dengan target keyword anda.

3. TubeBuddy

TubeBuddy merupakan sebuah tools SEO YouTube yang digunakan dengan cara menginstallnya melalui ekstensi Chrome. Dengan TubeBuddy anda bisa mengetahui SEO pada sebuah video youtube dan data – data penting lainnya yang tidak kalah bagus untuk tingkatkan viewers. Disamping itu, tools yang satu ini juga bisa membantu anda dalam memanage channel YouTube yang anda miliki.

4. YouTube Analytics

Mirip seperti Google Analytics, tools ini bisa mengetahui channel mana saja yang unggul dan kurang bagus. Anda bisa mempelajari tentang background dari audiens atau viewers channel anda, selain itu juga bisa mengetahui kira – kira jenis content apa yang mereka sukai. Disini anda bisa melihat perkembangan channel anda dan juga mendapatkan info tentang watch time di video – video channel tersebut.

5. Keyword Planner

Salah satu tools dari google yang satu ini juga merupakan sebuah tools yang sangat berguna bagi seorang kreator video YouTube. Anda bisa menggunakan tools ini untuk mencari keywords yang tepat, sehingga nantinya anda dapat menyisipkan keyword – keyword yang populer tersebut ke dalam judul atau deskripsi video YouTube atau channel anda sesuai dengan relevansi yang ada.

6. vidIQ

vidIQ merupakan tools brekstensi Chrome yang bisa anda gunakan untuk mengetahui informasi mengenai statistik penting. Tools ini bisa dipakai untuk mengukur performa channel YouTube anda seperti view per jam dan seberapa besar kemungkinan video anda masuk ke dalam pencarian suggested videos. Anda juga bisa melakukan riset kompetitor dengan mengkomparasi channel anda dengan kompetitor

7. Youautocompleteme

Jika anda sedang mencari sebuah topik atau keyword yang sedang ramai dicari oleh kebanyakan pengguna youtube, anda bisa memanfaatkan fitur YouTube yang satu ini. Anda cukup ketikkan keyword utama anda kedalam bar pencarian YouTube, anda tinggal lihat bagaimana YouTube menginterpretasi kata kunci tersebut dengan memberikan beberapa autocomplete suggestion yang bisa anda jadikan referensi.

8. TagsForYouTube

Ekstensi browser Chrome yang satu ini juga merupakan salah satu tools yang memiliki fitur yang sangat berguna. Anda dapat melihat tags dari sebuah video YouTube dengan menggunakan ekstensi ini, hal ini juga berguna bagi anda untuk mengetahui kira – kira tag apa yang digunakan oleh channel kompetitor anda.

Published On: Maret 10th, 2022 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!