12+ Trik Google Search yang Wajib Anda Ketahui

Dedi

12+ Trik Google Search yang Wajib Anda Ketahui

Trik Google Search ini dapat Anda terapkan untuk mempersingkat waktu pencarian di mesin pencari Google. Pastinya Anda sudah tahu bahwa Google adalah salah satu mesin pencari terpopuler di dunia. Bahkan Google menjadi mesin pencari yang memiliki pengguna terbanyak nomor satu di dunia.

Google menawarkan informasi yang lengkap, mulai dari pencarian teks, gambar hingga video. Anda bisa menggunakan trik Google Search supaya pencarian lebih cepat. Trik Google Search sangat memudahkan Anda dalam menemukan informasi di Google.

Trik Google Search

Dalam pencarian informasi melalui Google Search, ada trik yang dapat Anda gunakan sehingga dapat dengan mudah dan cepat menemukan informasi yang Anda butuhkan. Berikut beberapa trik Google Search yang wajib Anda ketahui:

1. Menampilkan Informasi yang Spesifik

Jika Anda ingin menemukan informasi yang spesifik tanpa waktu yang lama, Anda bisa menggunakan trik Google Search yang satu ini. Anda cukup gunakan tanda petik (“…”) saat mencari informasi di Google Search.

Dengan menggunakan tanda petik, maka Google hanya akan menampilkan daftar konten yang spesifik kata kunci yang Anda gunakan. Contohnya, Anda ingin mencari informasi terkait “Cara optimasi website WordPress”. Maka hasil yang ditampilkan Google akan lebih spesifik sesuai dengan pencarian Anda.

2. Mencari Informasi dengan Pengecualian

Dengan trik Google Search ini Anda bisa menyaring hasil pencarian dengan cepat. Misalnya saja Anda ingin mencari informasi terkait dengan tips iklan dengan Instagram Ads sebagai pengecualian. Maka Anda cukup menggunakan tanda hubung (-) di bagian keyword yang Anda sisihkan tanpa spasi.

Dalam menggunakan trik ini, sangat mudah. Anda cukup mengetikan “tips ads -instagram ads” sehingga Anda akan mendapatkan hasil pencarian yang berisi dengan tips iklan untuk berbagai platform, kecuali dengan Instagram Ads.

Baca Juga: CTR Adalah? Pengertian dan Cara Meningkatkannya

3. Menemukan Beberapa Topik Konten Sekaligus

Cara berikutnya untuk meningkatkan efisiensi pencarian Google adalah dengan mencari beberapa topik sekaligus. Google memungkinkan Anda untuk melakukan pencarian dengan lebih dari satu kata kunci.

Caranya, tambahkan OR di antara keyword yang Anda gunakan. Dengan langkah ini, Google akan menampilkan konten yang mencakup kedua informasi tersebut. Dengan demikian, Anda dapat mendapatkan hasil pencarian untuk dua topik sekaligus dalam satu kali pencarian, menghemat waktu Anda secara signifikan.

Contohnya “ide membuat kue kering enak or cara jualan online kue kering”. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan dua informasi sekaligus sesuai dengan keyword yang Anda ketikan di Google.

Baca Juga: 10 Cara Optimasi SEO Instagram untuk Meningkatkan Penjualan

4. Gunakan Tanda Bintang

Trik Google Search ini dapat membantu Anda menemukan artikel dengan cakupan tema yang lebih luas dan populer. Caranya sangat sederhana, cukup tambahkan tanda bintang atau asterisk (*) sebelum keyword yang ingin Anda cari. Misalnya, jika Anda mencari informasi tentang sepatu casual, cukup ketik *sepatu casual pada mesin pencari.

Selain itu, tanda bintang juga dapat digunakan untuk menemukan informasi ketika kalimat terpotong. Misalnya, saat Anda ingin mencari lirik lagu. Jika Anda mengingat potongan liriknya, Anda dapat menggunakan bantuan Google dengan menggantikan kata yang tidak diketahui menggunakan tanda bintang (*).

5. Ramalan Cuaca

Anda bisa menggunakan trik Google Search ini jika ingin tahu cuaca hari ini. Ketika merencanakan perjalanan ke suatu tempat dan merasa ragu tentang kondisi cuacanya. Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat dengan mudah mengetahui ramalan cuaca melalui smartphone.

Cukup terhubung dengan internet dan menggunakan aplikasi Google, lalu ketikkan nama tempat atau kota yang akan Anda kunjungi diikuti dengan kata “forecast”. Sebagai contoh, apabila Anda mengetik “Bandung forecast”.

Maka Google akan menampilkan informasi terkait suhu, kecepatan angin, dan aspek cuaca lainnya di wilayah tersebut dari hari ini hingga tujuh hari kedepan.

6. Mengetahui Waktu di Lokasi Tertentu

Trik ini bisa Anda gunakan untuk mengetahui waktu di belahan bumi manapun. Jika Anda memiliki kerabat atau teman di luar negeri dengan zona waktu yang berbeda dan ingin menghubunginya melalui pesan atau telepon. Anda bisa menggunakan trik ini untuk mengetahui apakah disana masih siang atau sudah malam.

Hal ini karena, karena Anda menghubunginya siang hari, belum tentu di tempat kerabat Anda juga siang hari juga. Nah menggunakan trik Google Search ini sangat mudah, Anda cukup ketik “waktu London” apabila Anda ingin tahu waktu London.

7. Penggunaan Kalkulator Google

Dengan menggunakan trik pencarian Google ini, Anda dapat dengan mudah menyelesaikan perhitungan Matematika sederhana langsung dari bilah pencarian. Cukup masukkan perhitungan yang diinginkan dan Google akan menampilkan hasil lengkap beserta kalkulator yang siap digunakan untuk perhitungan lebih lanjut.

Dengan memanfaatkan trik ini, Anda tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk melakukan perhitungan Matematika. Cukup dengan mengetikan angka yang ingin Anda hitung. Misalnya “500*100/20” maka Google akan menampilkan hasilnya.

8. Mengkonversikan Mata Uang

Salah satu trik Google Search yang dapat Anda gunakan adalah konversi mata uang. Trik ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengetahui nilai tukar mata uang dari satu negara ke negara lain di seluruh dunia.

Contohnya, jika kamu ingin mengetahui nilai tukar mata uang dari dollar Amerika ke rupiah, cukup ketikkan “1000 USD to IDR” di kolom pencarian Google. Maka Google akan menampilkan hasilnya sesuai dengan kurs pada hari ini.

9. Mencari Nilai Saham

Trik ini sangat berguna bagi para investor saham, karena bisa mengetahui apakah saham suatu perusahaan sedang naik atau turun. Dengan trik ini Anda dapat mengetahui nilai indeks pasar saham dengan mudah hanya dengan mengetikkan “Stocks: nama pasar saham” di kolom pencarian Google.

Dalam sekejap, Google akan menampilkan grafik pergerakan nilai saham yang Anda inginkan. Agar tetap terinformasi, Anda juga dapat mengklik tombol Follow yang terletak di dekat grafik tersebut. Contohnya “Stocks: Coca Cola” maka Anda dapat mengetahui nilai saham Coca Cola.

Baca Juga: 10 Cara Optimasi SEO Instagram untuk Meningkatkan Penjualan

10. Menemukan Halaman Website untuk Interlink

Interlink adalah link dalam teks yang mengarahkan pengunjung ke halaman lain di domain yang sama, berperan penting dalam meningkatkan SEO dengan mengurangi tingkat penolakan.

Dalam mengelola blog, menentukan interlink yang tepat bisa menjadi tugas yang sulit mengingat jumlah artikel yang ada di blog Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, ada trik pencarian Google yang dapat membantu.

Caranya cukup sederhana, ketik “site: [nama website] [keyword yang dibutuhkan]” di kolom pencarian Google. Misalnya “site: toprankindonesia.com SEO” maka hasilnya akan menampilkan semua artikel di blog Anda dengan topik yang sesuai dengan pencarian Anda.

Dengan demikian, Anda dapat lebih mudah memilih artikel mana yang akan digunakan sebagai interlink. Praktis dan efisien, bukan?

11. Mencari Konten dengan Keyword Tertentu di URL

Jika website Anda masih belum mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari. Maka salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah melalui strategi backlink, yaitu dengan memasang link rujukan di website orang lain melalui guest blog. Namun, menemukan guest blog yang relevan bisa menjadi tugas yang sulit.

Anda dapat mengatasi kesulitan ini dengan trik Google Search. Cukup ketikkan “inurl: keyword” dan Google akan menampilkan daftar blog yang menyematkan kata kunci tersebut dalam URL-nya. Dengan cara ini. Anda dapat menemukan deretan website yang berpotensi menjadi guest blog dan sesuai dengan niche Anda. Tinggal memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

12. Menemukan Judul dengan Kata Kunci Tertentu

Jika Anda ingin konsisten dalam mengunggah konten namun kehabisan ide, hal ini dapat menjadi hambatan yang menghambat perkembangan SEO website Anda. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba melakukan riset menggunakan trik Google Search dengan “intitle: keyword yang ingin Anda cari”.

Ini memungkinkan Anda untuk menemukan deretan konten dengan judul yang mengandung kata kunci tertentu. Dengan mengumpulkan berbagai inspirasi ide konten, Anda dapat menciptakan artikel yang unik dan lebih komprehensif dibandingkan dengan kompetitor Anda. Dengan demikian, website Anda dapat bersaing dengan lebih baik!

Kesimpulan

Anda bisa menggunakan beberapa trik Google Search diatas untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan. Jika Anda butuh bantuan, silahkan hubungi Toprank sebagai digital marketing agency Jakarta. Tim kami sangat ahli dan profesional dalam membantu bisnis online Anda.

Kami menyediakan jasa SEO jakarta untuk Anda yang butuh bantuan dalam pengoptimalan website. Bahkan, kami juga menyediakan layanan iklan google ads, website, dan media press release. Anda bisa bekerjasama dengan kami untuk meningkatkan bisnis yang lebih baik lagi.

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan layanan digital marketing kami. Profesional, cepat, handal, dan sesuai kebutuhan. Kami dapat menjadi partner bisnis yang baik untuk Anda. Jadi, tunggu apalagi? Segera hubungi SEO Agency kami sekarang juga!

Published On: November 23rd, 2023 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!