Tugas Digital Marketing dan Penjelasan Lengkapnya

Dedi

tugas digital marketing

Tugas digital marketing adalah melibatkan serangkaian aktivitas untuk mempromosikan produk, layanan atau merek melalui platform digital. Teknologi yang terus berkembang telah memberikan dampak positif yang signifikan pada dunia pemasaran. Yang mana praktik pemasaran yang biasanya dilakukan secara langsung, kini telah beralih ke ranah digital.

Digital marketing membuka peluang besar bagi pelaku bisnis untuk mengembangkan dan memajukan bisnis. Saat ini, semakin banyak perusahaan yang mengandalkan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan kinerja dan daya saing bisnis yang mereka miliki. Jika Anda penasaran dengan tugas digital marketing, mari simak penjelasannya di artikel ini.

Apa itu Digital Marketing?

Sebelum Anda mengetahui tugas digital marketing, alangkah baiknya Anda mengetahui pengertian digital marketing itu sendiri. Digital marketing atau pemasaran digital adalah strategi promosi dan pemasaran merek atau produk menggunakan media digital atau internet dengan tujuan menarik konsumen atau calon konsumen secara efektif.

Metode ini melibatkan penggunaan situs web, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari, dan saluran serupa untuk mencapai konsumen dalam skala yang lebih luas. Digital marketing tidak hanya dianggap sebagai pendekatan baru dalam berinteraksi dengan konsumen, tetapi juga merupakan kombinasi dari prinsip-prinsip pemasaran konvensional.

Aktivitas berbelanja online telah menjadi gaya hidup di Indonesia, didorong oleh perkembangan teknologi yang pesat. Konsumen kini beralih dari pembelian offline ke pembelian secara digital, memanfaatkan kenyamanan belanja online. Pemasaran digital melibatkan strategi gabungan dari teknik pemasaran konvensional dan digital untuk mencapai hasil maksimal.

Revolution digital telah mengubah cara perusahaan berinteraksi dengan konsumen secara signifikan. Internet memungkinkan konsumen untuk menganalisis harga berdasarkan opini yang tersebar luas, bahkan terkadang mereka dapat mengatur harga sendiri.

Teknologi digital juga menciptakan konsep konsumen siber dan bisnis siber. Perusahaan yang ingin meningkatkan pangsa pasarnya harus menghadapi tantangan dalam menerapkan model hubungan baru dengan konsumen.

Pengaruh ponsel cerdas dan media sosial terasa signifikan dalam dinamika pemasaran digital. Oleh karena itu, menjangkau calon klien melalui telepon seluler dan jejaring sosial menjadi saluran komunikasi terkini yang efektif untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Pengertian Digital Marketing Plan dan Cara Membuatnya

Tugas Digital Marketing

Setelah Anda mengetahui pengertian digital marketing dan pengertian digital marketing, pastinya Anda juga ingin tahu tugas dari digital marketing. Tugas digital marketing adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Branding

Sebagai seorang digital marketer, tugas utama adalah mengembangkan dan meningkatkan brand awareness perusahaan melalui berbagai media digital. Dengan melakukan pemasaran yang efektif, digital marketer dapat membangun kepercayaan pembeli, yang berdampak positif pada keputusan pembelian.

2. Merancang Konsep dan Rencana pada Platform yang Digunakan

Memilih platform online yang akan digunakan dalam mempromosikan bisnis adalah tugas dari digital marketing. Dalam pemasaran digital tidak hanya menggunakan platform sosial media saja, namun ada banyak, misalnya seperti situs web, jenis iklan lainnya.

Selain memilih platform yang sesuai dengan karakteristik perusahaan. Tugas digital marketing adalah merumuskan konsep dan rencana distribusi konten sosial media guna meningkatkan interaksi dan keterlibatan (engagement).

3. Mengatur Website Perusahaan

Website perusahaan umumnya dikembangkan oleh para web developer atau programmer yang tergabung dalam tim internal perusahaan. Setelah tahap pembuatan website selesai, peran digital marketer menjadi krusial dalam mengelola dan mengoptimalkan kinerja website perusahaan.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, tugas seorang digital marketer mencakup pembentukan citra perusahaan. Oleh karena itu, digital marketer bertanggung jawab untuk merancang konsep tampilan website agar menarik dan mudah dinavigasi oleh konsumen.

Tugas digital marketing adalah harus menciptakan desain yang tidak hanya estetis, tetapi juga mampu menyampaikan kesan yang sesuai dengan identitas perusahaan kepada konsumen.

4. Meningkatkan SEO

Melaksanakan strategi Search Engine Optimization (SEO) menjadi salah satu tugas krusial bagi digital marketer guna meningkatkan peluang mendapatkan lebih banyak pengunjung website. Google, sebagai search engine yang umumnya digunakan oleh banyak orang, menjadi sarana penting untuk mengubah pengunjung website menjadi konsumen potensial.

Tugas digital marketing adalah berupaya agar website perusahaan menduduki peringkat teratas dalam hasil pencarian Google melalui penerapan teknik SEO. Selain itu, praktik SEO juga memberikan keuntungan Return On Investment (ROI) yang signifikan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Baca Juga: Daftar Digital Marketing Agency Terbaik di Indonesia

5. Mengelola SEM (Search Engine Marketing)

Search Engine Marketing atau SEM merupakan strategi pemasaran digital yang melibatkan penempatan iklan di platform online. Khususnya search engine seperti Google Ads atau Bing Ads. Melalui Google Ads atau Bing Ads, perusahaan dapat memastikan bahwa website mereka muncul di bagian teratas halaman pencarian Google atau Bing.

Proses ini melibatkan pembayaran sesuai dengan budget iklan yang dipilih. Tugas seorang digital marketer adalah efektif mengelola kampanye iklan agar pengeluaran biaya pada Google Ads maupun Bing Ads sejalan dengan hasil yang diharapkan.

6. Mengelola SMM (Social Media Marketing)

Social Media Marketing merupakan salah satu cara untuk membentuk citra perusahaan. Mengingat penggunaan media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari banyak orang di seluruh dunia. Oleh karena itu, pemasaran melalui media sosial menjadi strategi efektif untuk memperkenalkan produk dan jasa perusahaan.

Tugas digital marketing adalah menciptakan konsep menarik untuk media sosial perusahaan melalui social media marketing. Umumnya, social media marketing ini dilakukan melalui iklan yang dipasang di platform seperti Instagram dan Facebook, dengan tujuan menarik perhatian pengguna media sosial.

7. Mengelola Iklan Display

Seorang digital marketer memiliki tanggung jawab untuk mengelola iklan display yang ditampilkan di situs web. Umumnya, mereka menggunakan teknik GDN (Google Display Network), yang merupakan bagian dari Google Ads. GDN ini bersifat berbayar, di mana biaya akan dikenakan setiap kali ada pengunjung yang mengklik atau melihat iklan.

Tujuan dari iklan display ini adalah menarik perhatian pengunjung untuk melihat produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan terkait.

8. Mengembangkan Strategi Funneling

Selain itu, seorang digital marketer juga memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan strategi funneling yang melibatkan tahapan interest, decision, dan action. Tujuannya adalah untuk meningkatkan peluang konsumen dalam melakukan pembelian produk atau jasa dari perusahaan. Sebagai bagian dari perencanaan strategi, digital marketer harus dapat merancang strategi funneling dengan cermat dan efektif.

Penutup

Tugas digital marketing adalah pekerjaan yang memerlukan pemahaman khusus dan mendalam untuk bisa menerapkan strategi pemasaran digital. Oleh sebab itu, tidak semua orang memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas sebagai digital marketing.

Oleh karena itu, ketika Anda merasa memerlukan bantuan profesional dalam mengelola kampanye pemasaran digital, Toprank Indonesia hadir sebagai solusi yang tepat. Sebagai digital marketing agency Jakarta, Toprank selalu menawarkan layanan terbaik untuk aspek pemasaran online.

Mulai dari jasa Google Ads, jasa SMM, jasa desain web dan jasa SEO Jakarta. Dengan tim yang berpengalaman dan berkomitmen tinggi, Toprank Indonesia memiliki kapabilitas untuk mengoptimalkan online presence dan meningkatkan visibilitas bisnis Anda di dunia digital.

Kami berfokus pada target audiens, analisis pasar, dan trend terkini dalam industri digital marketing. Dengan demikian, kami bisa menjadi mitra digital marketing Anda yang dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi bisnis Anda dalam menghadapi tantangan pasar yang terus berubah.

Dengan menggunakan jasa SEO agency Toprank, Anda dapat memfokuskan energi dan waktu pada aspek-aspek lain dari bisnis Anda sendiri. Sementara, ahli-ahli kami akan mengelola dan mengoptimalkan strategi pemasaran digital Anda secara menyeluruh dengan efektif.

Published On: Desember 18th, 2023 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!