Ahrefs Adalah? Pengertian dan Manfaatnya

Dedi

ahrefs

Ahrefs adalah salah satu tools yang banyak digunakan para penyedia jasa SEO, digital marketer ataupun agency marketing untuk membantu mengoptimalkan strategi SEO milik mereka. Selain dikenal ampuh dalam mengoptimalkan strategi SEO milik suatu bisnis, tool ini juga ampuh dalam mencari target keyword paling potensial untuk digunakan. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai tool Ahrefs ini, mari simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Pengertian Ahrefs

Seorang profesional dalam digital marketing khususnya SEO pasti sudah tidak asing dengan Ahrefs. Bagaimana tidak, tool ini menawarkan berbagai fitur menarik yang bukan hanya meringankan tugas mereka namun juga membuat tugas mereka jauh lebih efektif. Ahrefs sendiri pada dasarnya adalah sebuah software suite yang memungkinkan Anda untuk menggunakan berbagai fungsi tools dalam software. Di mana melalui Ahrefs Anda bisa melakukan riset keyword, SEO audit, riset backlink dan masih banyak lagi.

Pengertian lain dari Ahrefs adalah tools SEO yang digunakan untuk menganalisa performa SEO seperti trafik, kata kunci, backlink dan masih banyak lagi. Dibandingkan dengan tools SEO lainnya, Ahrefs memiliki data dan fitur yang jauh lebih lengkap sehingga akan memudahkan para penggunaanya dalam mengoptimasi website dalam 1 tempat software saja. Dengan paket lengkap yang ditawarkan, tidak heran jika Ahrefs jadi salah satu tool favorit saat ini dalam digital marketing.

Baca Juga: Screaming Frog adalah: Pengertian dan Juga Manfaatnya

Fitur-Fitur Ahrefs

Dalam tools ini ada banyak fitur menarik yang dapat Anda gunakan. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai fitur-fitur yang ada di Ahrefs.

1. Site Explorer

Salah satu fitur menarik yang ada di Ahrefs adalah site explorer, di mana fitur ini sangat berguna bagi Anda yang ingin menganalisa inbound link ataupun backlink yang masuk ke website Anda. Hal ini sangat penting untuk memastikan setiap link yang masuk ke dalam website kita adalah link yang berkualitas. Dengan link yang berkualitas, Google bukan hanya akan menilai website Anda sebagai website yang kredibel namun juga memungkinkan untuk meningkatkan peringkat website Anda

Selain itu, melalui fitur site explorer ini, Anda dapat mengetahui data-data penting, seperti keyword paling menguntungkan dan juga jumlah halaman yang sudah di crawl oleh mesin search enggine. Tidak hanya itu, data-data penting tersebut juga dapat Anda peroleh bukan hanya dari website Anda sendiri, namun data-data tersebut juga bisa Anda lihat di website kompetitor..

2. Content Explorer

Fitur menarik berikutnya adalah content explorer. Di mana dalam fitur ini Anda dapat menemukan berbagai referensi konten yang pernah populer dan banyak dibagikan oleh banyak orang. Menurut WebFX sendiri, popularitas dari konten tersebut ditentukan oleh seberapa banyak dibagikan melalui media sosial, traffic organik, dan seberapa banyak situs menggunakan link konten tersebut.

Dengan menggunakan fitur ini Anda dapat dengan mudah menemukan ide konten yang menarik yang bisa Anda gunakan untuk mengisi website Anda. Selain itu, dengan banyaknya konten yang menarik di website Anda, pastinya akan mengundang banyak trafik juga yang masuk dan pada akhirnya meningkatkan kredibilitas dan peringkat website Anda.

3. Ahrefs Keyword Explorer

Fitur menarik dari Ahrefs adalah Keyword Explorer. Di mana dalam fitur ini Anda akan mempu menemukan berbagai kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi. Selain itu, Anda juga bisa menemukan berbagai variasi kata kunci sesuai dengan tema yang telah Anda tentukan.

Hal ini akan membantu Anda menemukan ide konten yang akan Anda buat untuk mengisi halaman website Anda. Selain itu, dengan menggunakan fitur ini juga akan memudahkan Anda untuk mendapatkan traffic organic yang besar dengan lebih mudah.

Baca Juga: Perbedaan SEO dan SEM yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Menggunakan Ahrefs

Setelah mengetahui pengertian dari Ahrefs dan juga beberapa fitur menarik yang ada di dalamnya, kini saatnya Anda mengetahui apa saja manfaat yang dapat diperoleh menggunakan tool ini.

1. Mampu Melakukan Analisis Domain

Untuk mengoptimasi website agar SEO friendly, maka salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan analisis domain. Dalam analisis domain menggunakan Ahrefs Anda akan mengetahui kualitas domain Anda sekarang, trafik yang masuk ke website hingga keyword apa saja yang unggul performanya dalam website Anda. Dengan mengetahui semua data tersebut Anda dapat mengetahui kekuatan dan juga kelemahan dalam penerapan strategi SEO Anda dalam website.

Tidak hanya itu, hal ini juga Anda bisa lakukan pada kompetitor Anda. Di mana Anda bisa mengetahui kualitas domain mereka, trafik yang masuk hingga keyword apa saja yang unggul dalam website mereka. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menyusun strategi yang tepat untuk mengalahkan kompetitor Anda.

2. Memudahkan Riset Keyword

Ahrefs akan sangat membantu bagi Anda yang selalu rutin melakukan riset keyword. Bukan hanya keyword-keyword biasa, Anda dapat memperoleh berbagai macam keyword hanya dengan memasukkan satu kategori keyword. Selain itu, data dari keyword-keyword di Ahrefs juga selalu di update sehingga hal itu memastikan bahwa data-data keyword yang ada di Ahrefs merupakan data yang kredibel.

Dengan mengetahui berbagai keyword yang efektif untuk mengisi website, hal tersebut bukan hanya akan membantu Anda menaikan traffic yang masuk ke website namun juga memungkinkan terjadinya proses transaksi yang ada di dalam website.

3. Rank Tracking

Manfaat lain dari menggunakan Ahrefs adalah mampu melakukan rank tracking pada website Anda. Rank tracking sendiri adalah proses monitoring performa konten di mesin pencari untuk keyword tertentu. Hal ini penting untuk dilakukan guna mengetahui sejauh mana performa konten Anda di Google.

Selain itu, dengan mengetahui performa konten di Google hal ini juga akan membantu Anda mengetahui apakah strategi SEO yang Anda gunakan sudah tepat atau tidak. Jika dirasa performa konten Anda kurang maksimal maka sebaiknya Anda merombak ulang ataupun melakukan evaluasi mengenai strategi SEO yang Anda gunakan.

Penutup

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai Ahrefs. Setelah mengetahui fitur-fitur menarik dan juga manfaat menggunakan Ahrefs Anda seharusnya sudah paham betapa tool ini sangat berguna baik untuk seorang digital marketer ataupun penyedia jasa SEO. Selain karena dapat membantu meringankan berbagai tugas terkait dengan research keyword dan backlink, Ahrefs juga dapat menjadi media yang berguna untuk menganalisa apakah strategi SEO yang Anda terapkan sudah bekerja dengan baik atau tidak.

Jika Anda ingin menerapkan strategi SEO yang tepat untuk bisnis Anda, jangan ragu untuk menghubungi digital marketing agency Toprank. Kami adalah digital marketing yang fokus pada layanan SEO. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang juga untuk mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai layanan kami.

Published On: Maret 8th, 2024 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!