Apa Itu SMM (Social Media Marketing)?

Dedi

Apa Itu SMM

Apa Itu Social Media Marketing?

SMM adalah pemasaran yang menggunakan platform media sosial untuk terhubung dengan audiens dalam membangun merek, meningkatkan penjualan, dan mengarahkan traffic ke situs web Anda. Ini melibatkan penerbitan konten di profil media sosial, menganalisis hasil dan menjalankan iklan di media sosial.

Social Media Marketing atau disingkat SMM adalah cara yang ampuh untuk bisnis dari semua ukuran untuk menjangkau prospek dan pelanggan. Menjalankan strategi SMM yang tepat dapat membawa kesuksesan luar biasa bagi bisnis Anda, menciptakan pelanggan yang setia, dan bahkan mendorong prospek dan penjualan.

Anda dapat menggunakan platform media sosial, seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lain sebagainya untuk mempromosikan merek Anda dan menjual produk atau layanan Anda. Jika bisnis Anda mengeluarkan produk baru dan Anda berencana untuk mempromosikan peluncurannya di media sosial, itulah SMM.

Jika Anda berinteraksi dengan pelanggan melalui komentar, itulah Social Media Marketing. Dan jika Anda membuat konten menarik yang menampilkan nilai dan kisah merek Anda, itu juga disebut SMM. Social Media Marketing memungkinkan bisnis untuk menciptakan hubungan yang erat dengan audiens Anda seperti dalam jasa social media management.

Ada alat yang digunakan untuk memanajemen sosial media. Misalnya, Facebook platform media sosial yang menyediakan alat manajemen promosi. Alat ini dapat membantu Anda mencapai kesuksesan dengan pemasaran di media sosial. Anda bisa membangun merek atau mengembangkan bisnis di Facebook dengan cara yang mudah.

Memproduksi konten yang relevan dan berkualitas, lalu membagikannya kepada para pengikut atau pengguna, tentu dapat membantu meningkatkan merek. Ini juga memperluas jangkauan ke pengguna lain dan calon pelanggan baru yang potensial.

Ini memberi pengguna akhir sebuah platform untuk mengajukan pertanyaan, menyuarakan keluhan dan secara umum didengar. Ini juga memberi merek kesempatan untuk merespons, mengadaptasi, dan menyesuaikan proses bisnis atau produk.

Alasan Social Media Marketing Penting

Social Media Marketing memang sangat penting untuk kebutuhan bisnis, ini akan memberikan visibilitas merek perusahaan di internet. Apalagi untuk bersaing dengan kompetitor, perlu yang namanya promosi pemasaran. Nah, dibawah ini alasan mengapa SMM sangat penting untuk keberlangsungan bisnis.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat utama pemasaran media sosial adalah meningkatkan brand awareness. Setiap pengguna internet pastinya memiliki akun media sosial yang saat ini populer. Twitter, Instagram, Facebook, Youtube dan Pinterest adalah beberapa sosial media yang memiliki jutaan bahkan milyaran pengguna.

Jika bisnis Anda tidak hadir di media sosial yang kami sebutkan diatas, Anda kehilangan potensi untuk menjangkau ribuan, jutaan bahkan milyaran orang.

Faktanya, media sosial telah terbukti meningkatkan brand awareness dengan meningkatkan keterlibatan. Keterlibatan sosial mencakup hal-hal seperti komentar, suka, bagikan, dan kirim ulang, dan simpan.

Ini juga membantu Anda meningkatkan brand awareness dengan mengarahkan traffic langsung ke website Anda. Anda dapat melakukan ini dengan menyertakan link langsung ke situs web Anda di profil, bio, dan pos Anda.

Baca juga: Bahasa Pemrograman Terbaik Untuk Dipelajari

2. Menciptakan Komunitas dan Loyalitas Merek

Media sosial memungkinkan Anda mengubah bisnis menjadi peserta aktif di pasar. Profil, postingan, dan interaksi Anda dengan pengguna membentuk persona yang dapat didekati yang dapat dibiasakan dan dihubungkan oleh audiens Anda, dan dipercaya.

Orang secara alami mengatur diri mereka sendiri ke dalam komunitas di media sosial, seperti Grup Facebook. Ketika merek mendukung dan terlibat dalam komunitas tersebut, bisnis Anda mungkin bisa mendapatkan kredibilitas yang baik dengan orang-orang yang cenderung tertarik kepada produk atau layanan Anda.

Menyediakan sumber daya, informasi, atau bahkan konten menghibur yang bermanfaat di media sosial membantu orang mengidentifikasi merek Anda. Mereka akan menjadi pendukung merek setia yang melakukan pembelian berulang dan menyebarkan berita tentang merek Anda melalui saluran media sosial mereka sendiri.

3. Menghasilkan Prospek dan Tingkatkan Konversi

Mempromosikan dan membagikan produk ke media sosial adalah cara sederhana untuk meningkatkan konversi dan penjualan, karena Anda berikan kepada orang-orang yang telah memilih untuk terlibat dengan Anda dengan mengikuti akun Anda.

Anda juga dapat menghasilkan prospek dan konversi langsung di platform media sosial. Tentunya melalui fitur, seperti toko Instagram/Facebook, pesan langsung ke WA, tombol CTA di profil, dan pemesanan untuk janji temu atau COD.

Fitur ini memungkinkan pengunjung dan pengikut Anda mengklik produk yang telah Anda bagikan di media sosial untuk melihat informasi harga, ukuran, dan lain sebagainya. Kemudian, pengunjung melanjutkan pembayaran melalui platform.

4. Membina Hubungan Dengan Pelanggan

Dengan terhubung dan terlibat dengan pengikut media sosial Anda, Anda akan dapat membangun hubungan yang langgeng antara mereka dan bisnis Anda. Anda dapat melakukan ini dengan berinteraksi dengan mereka di pos Anda, menanggapi pertanyaan dan komentar mereka, dan memberikan bantuan apapun yang mereka butuhkan.

Anda juga dapat mengajukan pertanyaan kepada pengikut Anda tentang produk atau membuat hadiah giveaway untuk membantu Anda membangun kepercayaan kepada mereka betapa Anda menghargai masukan dan dukungan dari mereka.

Baca juga: SEO Tools Terbaik yang Wajib Kamu Coba

5. Dapat Menjangkau Jutaan Orang

Platform media sosial membuka jalur komunikasi langsung dan tidak langsung dengan pengikut Anda dimana Anda dapat membangun jaringan, mengumpulkan umpan balik, mengadakan diskusi, dan terhubung langsung dengan individu.

Pengguna sosial, seperti facebook mencapai 2,95 miliar pengguna aktif. Itu artinya, jika merek Anda hadir di media sosial Facebook, maka merek Anda dapat menjangkau ribuan bahkan jutaan konsumen. Anda tidak hanya menjangkau konsumen dari wilayah lokal saja, tapi Anda juga bisa menjangkau pelanggan dari mancanegara.

Cara Membuat Strategi Social Media Marketing

Dalam membuat strategi Social Media Marketing memang tidak mudah, Anda perlu memahaminya secara penuh. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membangun strategi Social Media Marketing yang efektif.

1. Pilih Platform Sosial Media yang Tepat

Pilihlah platform media sosial yang baik berdasarkan target audiens Anda, lalu platform yang populer untuk industri Anda, serta bandwidth Anda. Ambil saja jumlah platform yang dapat Anda ikuti secara aktif. Lalu, Anda dapat memulai dengan satu dan kemudian menambahkannya lagi saat Anda memahaminya.

2. Tetapkan Tujuan Dan Sasaran

Ini harus sederhana dan seperti tugas untuk memulai, seperti memposting sekali sehari selama sebulan, siapkan profil Anda, atau lakukan analisis kompetitif . Setelah Anda memahami ritme dan mengumpulkan wawasan, Anda akan dapat menetapkan tujuan yang lebih spesifik dan strategis seperti meningkatkan pengikut sebesar atau menerbitkan jenis konten yang menurut Anda disukai audiens secara rutin

3. Analisis Hasil

Gunakanlah analitik di setiap platform media sosial untuk mengidentifikasi postingan mana yang menghasilkan keterlibatan paling banyak dengan pengguna, apakah Anda mendapatkan lebih banyak pengikut, dan untuk melihat demografi audiens Anda. Manfaatkan dan tingkatkan apa yang berhasil dan perbaiki apa yang tidak.

Demikianlah penjelasan tentang Social Media Marketing dari jasa SEO Toprank yang wajib Anda ketahui. Social Media Marketing bagi bisnis ternyata mampu memberikan banyak keuntungan. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat pemasaran sosial media seperti yang sudah jasa digital marketing agency jakarta jelaskan diatas, pastikan Anda melakukannya dengan strategi yang tepat.

Published On: Maret 1st, 2023 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!