Apa itu Ask Search Engine? Kelebihan dan Kekurangannya

Dedi

Apa itu Ask Search Engine

Ask Search Engine adalah mesin pencari yang didirikan pada tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di California. Seperti Google, mesin pencari ini memungkinkan pengguna untuk mencari informasi secara mendetail.

Dengan kemampuannya untuk menguraikan data lebih lanjut, Ask Search Engine juga dapat menampilkan link terkait yang masih relevan. Selain itu, mesin pencari ini memiliki kemampuan semantik dan ekstraksi data untuk mengenali jawaban terbaik bagi pertanyaan pengguna.

Apa itu Ask Search Engine?

Ask.com, yang awalnya dikenal sebagai Ask Jeeves, merupakan sebuah perusahaan bisnis elektronik dan mesin pencari web tanya jawab yang didirikan pada tahun 1996 oleh Garrett Gruener dan David Warthen di Berkeley, California, Amerika Serikat.

Perangkat lunak pertamanya dikembangkan oleh Gary Chevsky berdasarkan desain miliknya. Warthen, Justin Grant, Chevsky, dan rekan-rekannya bekerja sama untuk membangun situs AskJeeves.com dengan menggunakan desain tersebut.

Pada akhir tahun 2010, menghadapi persaingan dari mesin pencari lain yang lebih populer. Dan  perusahaan ini membuka teknologi pencariannya dan beralih ke model situs tanya jawab. Pada tahun 2010, Douglas Leeds diangkat sebagai CEO.

Ask.com sempat dikritik karena bilah alat perambannya berfungsi seperti malware. Bilah alatnya biasanya disatukan dengan instalasi program asli, terutama Java Oracle, dan sulit dihapus dari peramban setelah diinstal. Namun, setelah mendapat kritik, Ask.com tidak lagi menyatukan bilah alatnya dengan Java Oracle.

Pada awalnya, tiga badan modal usaha, yaitu Institutional Venture Partners, Highland Capital Partners dan The RODA Group, menjadi investor pertama di Ask Jeeves. Namun saat ini, Ask.com dimiliki oleh InterActiveCorp (IAC) dan terdaftar di NASDAQ dengan simbol Nasdaq: IACI.

Cara kerjanya Ask Search Engine mirip dengan Google, pengguna cukup memasukkan kata kunci dan mengklik tombol pencarian. Sebagai hasilnya, pengguna akan menemukan rangkaian hasil dan link yang membimbing mereka ke informasi yang masih relevan. Situs ini dilengkapi dengan beberapa tab yang dikategorikan, termasuk web, gambar, dan sebagainya.

Baca Juga: Apa itu Ecosia Search Engine? Kelebihan dan Kekurangannya

Teknik Pencarian Ask Search Engine

Saat ini, kehidupan kita sangat tergantung pada mesin pencari. Seiring dengan luasnya internet dan banyaknya halaman di dunia maya, mencari informasi yang diinginkan bisa menjadi tugas yang membingungkan dan sulit.

Oleh karena itu, hadirnya search engine menjadi suatu keharusan. Search engine merupakan sebuah program yang mengandung serangkaian instruksi untuk mencari berbagai jenis informasi dari internet dengan memasukkan kata kunci yang sesuai.

Struktur dari search engine sendiri biasanya terdiri dari dua bagian:

  1. Bagian pertama berfungsi sebagai tempat untuk memasukkan kata kunci yang akan menjadi pedoman dalam mencari data di internet.
  2. Bagian kedua berperan sebagai tombol pencarian yang memudahkan kita menemukan data yang diinginkan di internet.

Ask Search Engine memiliki cara kerja yang hampir identik dengan sebagian besar mesin pencari yang telah ada sebelumnya. Sistem operasinya dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Melakukan salinan atau penyimpanan data dari setiap informasi yang dimiliki oleh suatu situs web.
  2. Menyimpan hasil salinan tersebut ke dalam database yang terdapat di dalam search engine itu sendiri.
  3. Dari data yang disimpan di dalam database, terbentuk kata kunci yang akan digunakan untuk mengaitkan dengan informasi yang ingin dicari.
  4. Berfungsi dengan mencocokkan kata kunci tersebut dengan data yang ada di dalam database.
  5. Setelah pencocokan kata kunci dengan data di database, search engine akan menampilkan semua data yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.
  6. Pengguna kemudian memilih data yang ingin dibuka, dan secara otomatis search engine akan mengarahkan mereka ke situs web yang memiliki data tersebut dalam database.
  7. Search engine terus memperbarui database secara berkala dengan memonitor situs web di seluruh internet.
  8. Hasil pembaruan pada suatu situs web dicocokkan dengan database search engine, dan jika ada perubahan, data tersebut akan disimpan.
  9. Versi terbaru dari Ask Search Engine saat ini memiliki kecepatan 30% lebih cepat dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Search Engine Paling Populer di Dunia

Kelebihan dan Kelemahan Ask Search Engine

Setelah Anda mengetahui pengertian dari Ask Search Engine dan teknik pencariannya. Anda juga harus mengetahui kelebihan dan kelemahan dari Ask Search Engine. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Ask.com:

Kelebihan Ask.com

  • Pencarian Tanya Jawab

Ask.com menggunakan format pencarian tanya jawab yang memungkinkan pengguna mengajukan pertanyaan dan menerima jawaban yang relevan.

  • Opsi Pencarian Lanjutan

Ask.com menawarkan opsi pencarian lanjutan yang memungkinkan pengguna menyaring hasil pencarian berdasarkan kategori atau jenis konten.

  • Desain Antarmuka Simpel

Antarmuka Ask.com didesain dengan simpel dan mudah digunakan, memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mencari informasi.

  • Tampilan Rapi

Hasil pencarian Ask.com ditampilkan dengan tampilan yang bersih dan terstruktur, memudahkan pengguna untuk menemukan informasi yang diinginkan.

  • Koreksi Ejaan

Ask.com menyediakan fitur perbaikan ejaan yang membantu pengguna mencari kata-kata yang sulit dieja dengan benar.

  • Pencarian Gambar

Ask.com memungkinkan pengguna mencari gambar dengan mudah, menyajikan galeri gambar yang relevan dengan permintaan pencarian.

  • Pencarian Video

Ask.com juga menawarkan opsi pencarian video, memungkinkan pengguna menemukan video yang terkait dengan topik tertentu.

  • Pencarian Lokal

Selain itu, Ask.com memiliki fitur pencarian berbasis lokasi yang membantu pengguna menemukan informasi tentang bisnis, restoran, atau tempat di daerah tertentu.

  • Dukungan Multibahasa

Ask.com juga mendukung beberapa bahasa, memungkinkan pengguna dari berbagai negara mencari informasi dalam bahasa mereka sendiri.

  • Sumber Daya Pendidikan

Ask.com menyediakan sumber daya pendidikan seperti artikel, petunjuk, dan tutorial yang membantu pengguna mempelajari berbagai topik.

Kekurangan Ask.com

  • Keterbatasan Basis Data

Ask.com memiliki ukuran basis data yang lebih terbatas dibanding mesin pencari utama seperti Google. Ini menyebabkan hasil pencarinnya tidak seakurat dan sekomprehensif yang diharapkan pengguna.

  • Keterbatasan Penggunaan Internasional

Meskipun mendukung beberapa bahasa, popularitas Ask.com mungkin tidak sebesar di Amerika Serikat. Sehingga pengguna internasional mungkin mengalami keterbatasan dalam hal cakupan informasi.

  • Iklan yang Mengganggu

Mirip dengan banyak mesin pencari, Ask.com menampilkan iklan yang bisa mengganggu pengalaman pengguna dan mempengaruhi relevansi hasil pencarian.

  • Kurangnya Fitur Lanjutan

Ask.com tidak menyediakan fitur canggih seperti pencarian real-time, algoritma personalisasi, atau prediksi kata kunci yang dapat ditemukan di beberapa mesin pencari lainnya.

  • Dukungan Pengembang yang Terbatas

Ask.com mungkin tidak memiliki basis pengembang sebesar mesin pencari utama lainnya, yang dapat membatasi peningkatan fitur dan fungsionalitas platform tersebut.

Kesimpulan

Setiap mesin pencari memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mungkin Anda tidak familiar dengan Ask.com, karena lebih kalah populer dari Google. Namun mungkin ada saja masyarakat Indonesia yang menggunakannya. Oleh sebab itu, sebagai pemilik website bisnis, Anda harus mengoptimalkannya untuk semua mesin pencari.

Jika Anda ingin meningkatkan visibilitas dan keterlihatan situs web Anda di berbagai mesin pencari, maka menggunakan SEO Agency adalah solusi yang tepat. Dengan bantuan SEO Agency, Anda dapat mengoptimalkan elemen-elemen kunci seperti struktur situs, penggunaan kata kunci, dan strategi konten untuk meningkatkan peringkat situs Anda dalam hasil pencarian.

Dengan demikian, akan lebih mudah bagi calon pengunjung atau pelanggan potensial untuk menemukan dan mengakses informasi yang relevan di situs web Anda. Ini juga dapat meningkatkan potensi pertumbuhan dan kesuksesan bisnis online Anda secara keseluruhan.

Anda bisa menggunakan jasa SEO Jakarta dari Toprank Indonesia yang sebuah perusahaan digital marketing yang memiliki keahlian khusus dalam bidang SEO. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa situs web Anda tidak hanya muncul di Google saja namun juga muncul di hasil pencarian mesin pencarian lainnya seperti Ask Search Engine.

Hubungi digital marketing agency Jakarta Toprank Indonesia sekarang untuk meningkatkan peluang mendapatkan traffic yang lebih relevan dan potensial bagi perkembangan bisnis online Anda!

Published On: Desember 8th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!