Tahukah Anda bahwa search engine bukan hanya Google, melainkan ada banyak jenis search engine yang juga sangat populer di dunia. Google memang menjadi search engine populer di Indonesia, namun perlu diketahui bahwa selain Google, masih banyak search engine yang juga populer di dunia.

Bisa dibilang search engine telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, baik itu untuk menemukan informasi tips, tutorial maupun informasi mengenai produk atau layanan yang ingin dibeli dan gunakan. Orang-orang sekarang menjadi semakin bergantung pada search engine untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan sehari-hari mereka.

Inilah 10 Jenis Search Engine Paling Populer di Dunia

Search engine atau mesin pencari menjadi alat penting sehari-hari untuk menemukan informasi yang dibutuhkan tanpa mengetahui di mana tepatnya disimpan. Penggunaan internet telah sangat meningkat dalam beberapa hari terakhir dengan mesin pencari yang mudah digunakan.

Ada berbagai jenis search engine untuk mendapatkan informasi yang Anda cari. Berikut beberapa jenis search engine terbaik dan populer di dunia:

1. Google

Yupz, hingga saat ini masih belum ada yang menandingi Google dari segi pengguna-nya. Google adalah salah satu mesin pencari yang digunakan oleh miliaran orang di seluruh dunia. Search engine Google merupakan mesin pencari terbaik di dunia dan juga menjadi salah satu produk paling populer dari Google.

Bisa dikatakan bahwa Google adalah raksasa teknologi yang selalu berkembang dan ingin meningkatkan algoritma mesin pencari untuk memberikan hasil terbaik kepada penggunanya. Google menganalisis relevansi konten pada halaman dan faktor lain seperti kecepatan, keramahan seluler untuk menaikkan peringkat website.

Selain itu, Google juga menilai-nilai sebuah halaman web berdasarkan jumlah backlink yaitu link kembali ke website Anda. Backlink dari halaman yang dianggap penting oleh Google dapat meningkatkan peringkat halaman yang di backlink. Perlu diketahui juga, bahwa algoritma Google terus berubah setiap harinya.

2. Bing

Bing adalah search engine yang juga populer di dunia bahkan di Indonesia saja, mesin pencari ini digunakan oleh banyak orang. Mesin pencari ini adalah jawaban Microsoft untuk Google yang diluncurkan pada tahun 2009. Bing adalah mesin pencari Microsoft yang memberikan pengalaman pencarian default untuk pengguna Windows 10 dan versi terbaru dari sistem operasi Windows Phone.

Sebagai search engine pastinya Bing juga selalu berusaha menjadi yang terbaik, tetapi itu masih jauh untuk bersaing dengan Google. Mesin pencari Bing Microsoft memeringkat situs web berdasarkan konten halaman web, jumlah dan kualitas situs web yang tertaut ke halaman Anda, dan relevansi konten situs web Anda dengan kata kunci. Bing adalah mesin pencari terpopuler kedua.

3. Yahoo

Lebih tepatnya Bing lebih bersaing satu sama lain dengan Yahoo daripada dengan Google. Yahoo adalah search engine yang didirikan pada tahun 1995 oleh Jerry Yang dan David Filo. Perusahaan ini diakuisisi oleh Verizon Communications pada Juli 2017 dengan harga sekitar $ 4,83 miliar.

Selain sebagai penyedia penyedia email gratis, Yahoo adalah salah satu portal web pertama yang menawarkan mesin pencari yang didasarkan pada pemrosesan bahasa alami, yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian teks di seluruh situs.

Yahoo saat ini menjadi bagian dari Oath, perusahaan induk baru yang dibentuk setelah akuisisi AOL oleh Verizon. Saat lalu lintas web perusahaan menurun, perusahaan mulai berfokus pada pencarian seluler dan teknologi periklanan. Yahoo juga memiliki pengguna yang cukup besar di dunia.

4. Baidu

Apakah Anda merasa dengan nama mesin pencari ini? Yupz, Baidu memang tidak sepopuler ke tiga mesin pencari yang kami sebutkan sebelumnya. Tetapi Baidu adalah search engine yang cukup populer dan memiliki banyak pengguna di seluruh dunia.

Baidu adalah search engine dari China dan paling banyak digunakan di China. Baidu didirikan pada Januari 2000 oleh Pengusaha Cina, Eric Xu. Pencarian web ini dibuat untuk memberikan hasil untuk situs web, file audio, dan gambar.

Baidu adalah mesin pencari web China yang berfungsi sebagai mesin pencari utama negara China. Baidu menyediakan beberapa layanan lain, termasuk peta, berita, cloud dan banyak lagi. Baidu digambarkan sebagai Googlenya China, karena mendominasi pasar pencarian China dan memiliki pangsa besar basis pengguna internet China.

5. DuckDuckGo

Jenis search engine yang paling populer di dunia berikutnya adalah DuckDuckGo yang merupakan mesin pencari populer yang dikenal melindungi privasi pengguna. DuckDuckGo adalah search engine yang berbasis di Amerika Serikat. Ini menawarkan pengalaman pencarian yang lebih pribadi dan aman daripada banyak pesaingnya, termasuk Google, Yahoo, dan Baidu.

DuckDuckGo tidak melacak atau menyimpan data pengguna. Mesin pencari ini didirikan pada tahun 2008 oleh Gabriel Weinberg, di California Amerika Serikat yang menginginkan alternatif dari mesin pencari yang dominan saat itu. Untuk pendapatannya berasal dari jaringan aliansi pencarian Yahoo-Bing dan Afiliasi.

Perusahaan ini awalnya mengumpulkan uang dari pemodal ventura dan mulai beroperasi pada tahun 2009. DuckDuckGo sejak itu diperluas untuk menyertakan aplikasi seluler, yang dirilis pada November 2016.

6. Yandex

Mungkin bagi masyarakat Indonesia, Yandex masih terdengar asing dan bahkan tidak tahu bahwa Yandex adalah salah satu mesin pencari yang juga populer di dunia. Yandex adalah perusahaan pencarian dan periklanan online Rusia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1997 oleh Arkady Volozh dan Alexei Yandex. Nama Yandex sendiri diambil dari nama Alexei Yandex

Pada tahun 1998, Yandex menjadi perusahaan Rusia pertama yang terdaftar di bursa saham NASDAQ. Sekarang menjadi salah satu mesin pencari online terbesar di dunia dengan kapitalisasi pasar lebih dari $24 miliar.

7. AOL

AOL adalah layanan berbasis web yang menyediakan akses ke Internet. Ini awalnya dibuat pada tahun 1995 sebagai cara bagi orang untuk terhubung ke World Wide Web dari komputer pribadi mereka. Verizon Communication membeli AOL seharga $4,4 miliar. Itu dimulai kembali pada tahun 1983 sebagai Control Video Corporation.

Itu bernama America Online pada tahun 1991 dan pada tahun 2009 sebagai AOL Inc. AOL adalah perusahaan media massa global yang berbasis di New York. Perusahaan juga menyediakan layanan periklanan sebagai AOL Advertising, AOL mail, dan AOL Platform.

Sejak saat itu AOL telah dibeli dan diganti namanya beberapa kali, terakhir oleh Verizon pada tahun 2017. AOL saat ini beroperasi sebagai platform periklanan dan menyediakan layanan email , media sosial, dan pesan instan.

8. Ecosia

Jenis search engine yang populer di dunia selanjutnya adalah Ecosia. Mungin nama Ecosia tidak begitu populer di kalangan pengguna internet di Indonesia. Tapi Ekosia juga menjadi salah satu search engine terpopuler di dunia loh.

Ecosia adalah perusahaan sosial yang menggunakan teknik pengoptimalan mesin pencari mutakhir untuk membantu orang yang membutuhkan. Didirikan pada Oktober 2013 oleh pengusaha Jerman Nicholas Spritz, yang ingin membuat perbedaan di dunia dengan memberikan informasi yang berkualitas dan relevan kepada orang-orang.

Misi Ecosia adalah membantu orang menemukan dan memberikan informasi terbaik di web, dan hal ini dilakukan dengan menggunakan teknologi miliknya untuk meningkatkan peringkat mesin pencari situs web nirlaba. Ini membantu situs web ini mendapatkan lebih banyak pengunjung, yang pada gilirannya membantu mereka memberikan informasi yang lebih berkualitas.

9. Ask.com

Ask.com didirikan pada tahun 1995, sebelumya Ask.com dikenal sebagai Ask Jeeves. Konsep utama mereka adalah memiliki hasil pencarian berdasarkan format web pertanyaan + jawaban sederhana. Ask.com adalah mesin pencari yang membantu Anda menemukan informasi tentang topik yang Anda minati.

Anda dapat mencari istilah tertentu atau menelusuri hasil untuk menemukan apa yang Anda cari. Anda juga dapat mengajukan pertanyaan dan menerima umpan balik dari pengguna lain.

Bisa dibilang bawah Ask.com adalah komunitas tanya jawab di mana Anda bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan Anda dan mengintegrasikan sejumlah besar data arsip untuk menjawab pertanyaan Anda.

10. Lycos

Lycos memiliki reputasi yang baik di industri mesin pencari. Area utamanya yang dilayani adalah email, hosting web, jejaring sosial, dan situs web hiburan. Didirikan pada tahun 1995 oleh dua pengusaha, Jerry Yang dan David Filo, Lycos menjadi search engine yang populer di dunia.

Lycos dengan cepat menjadi salah satu mesin pencari paling populer di internet , dan terus menjadi pilihan populer bagi pengguna yang mencari pengalaman pencarian yang cepat dan mudah. Lycos juga menawarkan berbagai fitur yang sehingga tidak heran jika search engine ini masih eksis di kalangan pengguna internet di berbagai dunia.

Itulah jenis-jenis search engine paling populer di dunia. Saat ini, Anda dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan pencarian online. Jasa SEO adalah salah satu upaya yang bisa kalian lakukan untuk bisa muncul di Halaman Pencarian. Anda dapat menghubungi Toprank Indonesia untuk melakukan optimasi mesin pencari atau search engine.

Published On: January 16th, 2023 / Categories: SEO News / Tags: , /